Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


6 December 2022

Waspada! Modus Penipuan Baru Lewat WA Mengaku Kurir Paket

By Cekresi .com


Media sosial baru-baru ini heboh dengan munculnya penipuan gaya baru berkedok kurir paket. Penipu mengirim pesan lewat Whatsapp berpura-pura sebagai kurir ekspedisi dan mengirim file dengan ekstensi APK.



Penipu tersebut mengecoh korbannya dengan cara mengirim dokumen dengan judul “lihat foto paket” dalam bentuk APK. Korban yang terlanjur mengunduh file tersebut karena merasa sedang menanti paket dilaporkan kehilangan saldo di rekening bank miliknya.

Kejadian tersebut tentu saja menambah daftar panjang modus penipuan yang menyasar penerima paket. Modus penipuan lainnya yang sudah diketahusi seperti aktivasi paket, biaya asuransi, hingga paket ditahan bea cukai.

Baca juga: Penipuan ganda berkedok barang ditahan bea dan cukai

Karena itu kami selalu mengingatkan bahwa orang-orang licik selalu mengintai saat kita belanja online. Jangan pernah lengah, karena itulah celah yang dimanfaatkan oleh penipu. Mereka biasanya mengirim pesan massal (blast) lewat sms atau WA.

Pihak kurir ekspedisi biasanya tidak banyak berinteraksi dengan penerima paket. Kalau pun ada notifikasi (via sms/whatsapp) biasanya itu hanya berupa pesan otomatis.

Kurir hanya akan menghubungi untuk konfirmasi alamat (share loc) atau mereka akan menelepon kalau sudah di depan rumah. Jadi perlu dicurigai kalau ada yang mengaku kurir tapi menghubungi selain untuk tanya alamat atau menanyakan apakah ada orang di rumah.

Selalu waspada jika terpaksa harus belanja di medsos seperti facebook, instagram, tiktok, dsb. Kewaspadaan harus berlipat dibanding saat belanja marketplace seperti di Tokopedia dan Shopee.



Di marketplace besar seperti itu penipu masih juga sering gentayangan dengan modus menawarkan harga yang sangat murah. Lalu meminta no whatsapp dan berpura-pura mengirim kode promo ke nomor ponsel.

Sekali lagi waspadalah. Baik saat akan berbelanja dan ketika akan menerima paket. Penipu bisa mengincar kita kapan saja!



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Artikel kurir penipuan


Artikel Terkait





21 comments

    1. Hi Kak,

      Boleh disebutkan no resi dan ekspedisinya supaya bisa kami bantu tracking/lacak ?

      Terima kasih

    1. Hi Kak,

      Boleh disebutkan no resi dan ekspedisinya supaya bisa kami bantu tracking/lacak ?

      Terima kasih

    1. Hai kak,

      Boleh disebutkan jasa ekspedisinya? Supaya kami bisa bantu lacak/tracking.

      Terima kasih



  1. Paket tidak bergerak selama 2 hari dengan nomor resi JX1523416662 dan jasa kirim nya adalah J&T EKSPRESS

  2. Knp barang udh di pickup oleh pihak cargo anteraja.. Bisa2 di cancel pengirimannya itu knp yah



  3. Saya Uda jadi korban penipuan sya harap dengan adanya berita ini smoga orang orang selalu tetap waspada atas tindakan orang orang yang tidak bertanggung jawab



    1. Hai Kak,

      Nomor resi 014670091102418 kemungkinan salah atau masih dalam proses penginputan data. Coba minta kembali kepada pengirim paket.
      Saat ini pengecekan dengan menggunakan nomor resi yang lain normal.

      Terima kasih



  4. Status pengiriman sudah di terima. Padahal pembeli belum menerima barang. Itu knapa yya kak?

  5. Pake sy no resi :JD0243769997. J & T ekpres.sdh 5hari ini blm datang.sy cek resi msh diam sj di drop di j&t ekpres balaraja.tolong ya di bantu agar cepat terkirim.






Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Waspada! Modus Penipuan Baru Lewat WA Mengaku Kurir Paket", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »