03 Jun 2018 10:08:49

Penting! Inilah Ekspedisi Paket Barang Berat dan Besar..

By Cekresi Plus


Meski tidak sering, boleh jadi suatu waktu kamu perlu jasa pengiriman untuk mengantar barang yang ukurannya besar dan berat. Begitu pula saat belanja online dan barangnya berukuran besar, mungkin kamu mulai berpikir untuk mencari ekspedisi yang ongkir nya lebih murah.

Nah, adakah ekspedisi pengiriman yang khusus melayani kiriman barang berat tersebut?



Selain menyediakan jasa pengiriman cepat (express), banyak perusahaan logistik juga memberikan layanan pengantaran untuk barang dengan ukuran besar dan bobot yang berat. Biaya layanan ini biasanya lebih murah, namun dengan waktu pengantaran yang lebih lama.

Baca Juga: Mau Kiriman Paket Cepat Sampai? Ini Solusinya

Biasanya kiriman barang berat menggunakan angkutan darat seperti truk dan kereta api, atau memakai jasa angkutan laut. Karena itu, beda dengan paket biasa, dari sisi jumlah, ukuran, dan jenis paket yang dapat dikirimkan juga lebih bervariasi (tidak seperti kiriman ekspres via udara yang harus tunduk pada ketentuan penerbangan).

Beberapa barang yang dianggap berbahaya seperti cairan kimia dan barang mudah terbakar masih bisa kamu kirim juga.

Berikut ini sejumlah ekspedisi pengiriman yang biasa digunakan untuk mengantar kiriman barang berat yang cekresi.com himpun dari berbagai sumber. Kami juga melakukan riset untuk membandingkan ketersediaan layanan dan biayanya.

1. JNE Trucking -- sesuai namanya layanan ini menggunakan armada truk dengan minimal pengiriman 10kg dan melayani kiriman dari dan untuk cabang utama yang berada di Pulau Sumatera, Jawa, dan Bali. Estimasi lama waktu pengiriman berkisar antara 3 (tiga) sampai dengan 7 (tujuh) hari kerja tergantung kota tujuan.

2. Wahana -- ekspedisi ini menggunakan transportasi darat sebagai armada utamanya. Tarifnya dikenal murah mulai dari Rp5000 per kg untuk kiriman sesama Jabodetabek.

3. Dakota -- tarifnya sangat kompetitif untuk berat pengiriman di atas 100kg. Berat paket minimal 20kg dan untuk selanjutnya biaya dihitung per kg berat. Pilihan kota tujuan lebih sedikit.

4. Herona Express -- layanan pengirimannya menggunakan kereta api dengan pengantaran dari dan ke stasiun, dan antar kota yang punya stasiun kereta api di pulau Jawa. Ekspedisi ini cukup populer untuk pengiriman sepeda motor.

5. ESL Express -- jasa pengiriman ini mengandalkan armada darat truk dan bus untuk melakukan pengantaran barang berat. Pelayanannya terutama meliputi pulau Jawa dan Sumatera.

6. Pos Indonesia -- jasa pos juga bisa digunakan untuk mengirim paket ukuran berat. Pos Indonesia sangat disarankan untuk pengiriman ke pelosok karena pos menjangkau seluruh kecamatan.

Sejumlah ekspedisi juga dikenal 'jago'-nya untuk pengiriman ke daerah tertentu, seperti:

Transjaya untuk daerah Bali, NTB, NTT. Darat Laut Jaya untuk Lampung.
UD Rasa Sayang untuk NTB, NTT. dll. Silahkan hubungi CS kami untuk saran ekspedisi.
PT. TRANSJAYA khusus Bali dan Denpasar melalui darat
Agung Cargo khusus udara Bali
Ekspedisi ABC murah untuk ke Ambon karena mereka memang 'spesialis' Ambon.
Ekspedisi Cobra murah untuk ke Jawa karena mereka memang ahli trucking Jawa, BKL untuk daerah Timur.
MEGASAKTI khusus JAMBI DAN SUMATRA
MEX BARLIAN umumnya cukup murah dan reliable baik udara dan darat
DUTA CARGO umumnya untuk daerah kalimantan
PT. Lancar Jaya umumnya untuk daerah jawa
Pralaba umumnya untuk Sulawesi
Darat Laut Jaya untuk Lampung
BKL umumnya untuk daerah timur Indonesia
Garuda Ekspress umumnya untuk Sulawesi
Ganda Express untuk daerah Timur Indonesia (Ambon, Papua)
Cipaganti, KI8 dan 4848 untuk daerah Bandung (ada kereta dan ada mobil travel)

Selain ekspedisi di atas tentu saja masih banyak lagi jasa pengiriman yang biasa digunakan untuk mengantar barang besar dan berat. Keagenan mereka biasanya ada di dekat stasiun kereta, pasar, dan pusat kulakan.

Sebagian sudah memanfaat teknologi informasi, banyak juga yang website saja tidak punya. Jadi jangan berharap bisa tracking posisi paket secara realtime!

Nah, apakah dari semua ekspedisi yang disebutkan di atas bisa diandalkan untuk melakukan pengiriman? Yang penting diketahui, pengalaman setiap orang dalam menggunakan jasa pengiriman pasti berbeda-beda.

Angkutan barang melalui jalur darat sudah pasti lebih lambat dibanding via udara. Ada kemacetan di jalanan, antrean di pelabuhan, hingga barang mungkin tidak bisa langsung menyeberang karena gelombang tinggi untuk kiriman antar pulau.

Baca Juga: Kiriman Paket Sering Telat? Lakukan 7 Hal Ini Biar Kamu Tidak Galau Lagi

Karena itu, ada baiknya kamu juga membaca pengalaman orang lain yang diceritakan di forum-forum online maupun blog sebagai bahan penilaian dan perbandingan sebelum kamu menjatuhkan pilihan, ekspedisi mana yang akan digunakan.

Terakhir, saat hendak melakukan pengiriman, pastikan juga apakah paket akan diantar ke rumah (door to door) atau harus diambil di agen terdekat? Banyak jasa pengiriman barang berat hanya melayani pengambilan barang di agen mereka.

Referensi:
Kaskus, Tokopedia, Muhdhito, alatselam.com.



Jasa Pengiriman