Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


2 June 2018

Mau Kiriman Paket Cepat Sampai? Ini Solusinya

By Cekresi .com


Siapa pun pasti ingin cepat menerima barang kiriman seperti dari online shop atau dari saudara yang mengirim sesuatu kepada kita. Tapi sebetulnya seberapa cepat sih kurir jasa pengiriman bisa mengantar paket ke depan pintu rumah kita?



Kecepatan pengantaran paket tergantung dari pilihan jenis layanan pengiriman yang kamu pilih. Jika menggunakan JNE Express misalnya, ada paket hemat (OKE), reguler (REG) dan esok sampai (YES).

Baca Juga: 5 Fakta Tentang JNE Express yang Jarang Terungkap

Nah, masing-masing jenis layanan kiriman tersebut memiliki estimasi lama waktu pengantaran yang berbeda. Semakin mahal biayanya, kian cepat sampainya.

Setiap ekspedisi pengiriman punya penamaan yang berlainan untuk menyebut jenis layanan pengiriman mereka. Tetapi untuk kiriman cepat, pada umumnya menggunakan istilah tiba di hari yang sama (same day delivery) atau tiba esok hari (next day delivery).

Jadi, hal pertama yang perlu dilakukan jika barang kamu ingin cepat sampai, gunakanlah dua jenis layanan tersebut.

Cut off time
Setiap layanan pengiriman ekspres biasanya memiliki syarat dan ketentuan khusus yang telah ditetapkan pihak ekspedisi. Contohnya, adanya ketentuan batas waktu (cut off time) penerimaan dan pengantaran paket.

Ada jasa pengiriman yang menetapkan batas terakhir same day delivery jam 10 pagi, tapi ada juga yang jam 2 siang. Sementara untuk next day delivery biasanya batas waktu yang dijanjikan adalah paket akan diterima pelanggan paling lambat besok tengah malam.

Dengan demikian, jika kamu ingin menggunakan jasa kiriman cepat tersebut, selalu perhatikan jadwal cut off tiap ekspedisi. Jika kebetulan sebagai penerima paket, siap-siap pula menunggu hingga tengah malam sebagai batas waktu pengantaran yang dijanjikan.



Area terbatas
Kiriman cepat biasanya hanya tersedia pada area terbatas dan tertentu saja. Layanan tiba di hari yang sama umumnya untuk pengiriman di dalam kota.

Sedangkan layanan esok tiba, biasanya hanya melayani kota-kota besar yang memiliki akses bandara. Pengiriman cepat antar pulau biasanya menggunakan angkutan udara untuk memindahkan barang kiriman.

Baca Juga: Kiriman Paket Sering Telat? Lakukan 7 Hal Ini Biar Kamu Tidak Galau Lagi

Jadi kalau kamu mau beli rendang padang atau pempek palembang langsung dari daerah asalnya, asalkan tinggal di kota besar, bisa menggunakan jasa pengiriman sehari sampai tersebut.

Tetapi kalau kamu bermukim di pelosok yang jaraknya ratusan kilometer dan perlu berjam-jam ke pusat kota, dapat dipastikan tidak dilayani kiriman ekspres.

Tidak semua barang
Kiriman cepat tidak bisa digunakan untuk mengirim semua jenis barang. Ada batasan berat, ukuran, dan jenis barang yang diperbolehkan.

Untuk itu, sebelum menggunakan layanan cepat, sebaiknya cek terlebih dulu di website masing-masing ekspedisi.

Barang-barang berbahaya –seperti mudah terbakar dan bahan kimia– yang tidak diizinkan masuk pesawat udara juga tidak bisa dikirim.

Pengiriman instan
Sekarang kamu juga bisa mengirim barang dengan cepat dan langsung kirim. Kiriman instan ini merupakan inovasi dari perusahaan transportasi berbasis aplikasi seperti Go-Jek dan Grab.



Instant courier ini lebih cepat karena satu paket dikirim oleh satu kurir. Keuntungan lainnya, paket bisa dikirim kapan saja dan proses pengantaran bisa dilacak secara realtime.

Baca Juga: Inilah Daftar 5 Ekspedisi Pengiriman Paling Populer di Indonesia. Mana Favorit Kamu?

Tentu saja kiriman instan ini biayanya lebih mahal karena dihitung berdasarkan jarak. Area pengiriman juga dibatasi hingga radius tertentu.

Saat ini, kiriman instan bisa dinikmati di berbagai kota dimana Go-Jek dan Grab beroperasi.

Solusi pengiriman
Berikut ini daftar layanan pengiriman cepat yang disediakan sejumlah ekspedisi pengiriman.

JNE Express — memiliki layanan Yakin Esok Sampai (YES). Batas pengantaran yang dijanjikan paling lambat besok tengah malam sampai. Layanan YES ini juga melakukan pengantaran pada hari minggu dan libur nasional.

TIKI — nama layanannya Same Day Service (SDS) dengan cakupan pengiriman saat ini baru melayani area Jabodetabek.

RPX – menyediakan layanan Sameday Package di 20 kota dan Nextday Package di 27 kota.

Atri Express — punya layanan kiriman dokumen dan paket dengan komitmen satu hari tiba untuk kota-kota besar di seluruh Indonesia dengan nama Priority Express (PRIO)



First Logistics — layanannya diberi nama same day services untuk tiba di hari yang sama dan one night services untuk kiriman esok tiba.

Lion Parcel — layanan garansi satu hari sampainya diberi nama Overnight Express Package Services (ONEPACK)

Go-Jek — layanan GoSend untuk pengiriman instan dan same day delivery (kerjasama dengan ecommerce)

Grab — layanan kiriman instantnya disebut Grab Express tersedia untuk kiriman instan dan sameday delivery (kerjasama dengan ecommerce).

Kurir internal
Jika kamu belanja online, salah satu pilihan untuk pengiriman cepat yaitu dengan menggunakan kurir internal yang dimiliki pihak ecommerce. Pengantaran oleh kurir internal ini biasanya hanya tersedia pada toko online besar seperti Lazada, Blibli, Zalora, MatahariMall, dan sebagainya.

Apakah semua belanjaan kamu bisa dikirim oleh kurir internal? Tidak. Hanya barang yang tersedia di gudang masing-masing ecommerce saja yang bisa dikirim menggunakan kurir internal.

Biasanya, barang-barang yang bisa dikirim kurir internal akan diberi keterangan ‘disediakan/dijual/diproses/dikirim’ oleh toko online tersebut. Misalnya, barang dikirim oleh Zalora.



Jangan salah pilih
Dengan demikian, jika kamu ingin lebih cepat terima paket, jangan salah pilih jenis layanan pengirimannya. Cepat sampai, artinya lebih besar biaya yang akan dikeluarkan.

Sesuaikan dengan kebutuhan saja. Sebab tidak semua barang itu sangat urgen sehingga harus diterima secepatnya bukan?



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Tips


Artikel Terkait





1 comment




Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Mau Kiriman Paket Cepat Sampai? Ini Solusinya", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »