Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


13 June 2021

10 Tripod Kamera Terbaik yang Bikin Hasil Foto Semakin Bagus dan Maksimal

By Cekresi .com
10 Tripod Kamera Terbaik yang Bikin Hasil Foto Semakin Bagus dan Maksimal


Untuk menghasilkan foto yang bagus dan maksimal, tentu tidak hanya ditentukan oleh kualitas kamera saja. Namun, juga perlengkapan lain sebagai penunjang kegiatan fotografi, yakni tripod yang berfungsi sebagai penopang kamera atau HP.



Dengan menggunakan tripod, jepretan kamera akan lebih fokus tanpa ada gerakan sehingga memungkinkan hasil foto menjadi lebih sempurna.

Meskipun begitu, saat membelinya Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti ukuran dan bobot, kualitas bahan, kesesuaian dengan kamera, hingga fitur tambahan lainnya. Selain itu, pertimbangkan harga dan juga mereknya.

Berikut kami sajikan 10 tripod terbaik yang bikin hasil foto semakin bagus dan maksimal lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan memberikan informasi tentang tripod dan cara memilihnya dengan tepat.

Alasan mengapa Anda membutuhkan tripod

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa tripod bisa membantu Anda untuk mendapatkan gambar terbaik tanpa kendala getaran dan lainnya. Tidak hanya itu, tripod juga bisa membantu seorang fotografer untuk membuat bingkai yang pas.

Kemudian, tripod juga membantu Anda untuk mengatur aperture, menambah filter fotografi ataupun mencari sudut dan perspektif yang lebih baik.

Selain itu, tripod dapat digunakan untuk mengontrol cahaya saat Anda membidik kamera. Pengambilan banyak foto atau objek menjadi lebih mudah jika Anda menggunakan tripod.

Kenali perbedaan tripod dan monopod!

Tripod memiliki tiga kaki dimana Anda bisa memotret dengan hasil lebih stabil. Meski monopod juga bisa mengurangi goyangan kamera, tetapi tripod terbilang lebih baik untuk mengambil eksposur dalam beberapa detik. Desain tripod ini khusus untuk menyangga kamera dengan lebih aman.

Tripod cocok digunakan untuk solo travelling. Anda bisa menyetel timer pada kamera jika tidak ada yang bisa mengambil potret dari kamera. Terutama untuk dibawa dalam perjalanan, Anda bisa memilih tripod travelling yang banyak pilihannya.

Lalu bagaimana dengan monopod? Fungsinya tidak jauh berbeda dengan tripod. Monopod hanya memiliki satu kaki dan relatif ringan jika dibawa bepergian.



Jika Anda menggunakan tongsis maka penggunaan monopod tidak akan sulit. Gambar yang dihasilkan memang tetap stabil. Namun untuk perekaman menggunakan shutter speed maka tripod lebih unggul.

Mengenal bagian-bagian tripod

Tripod memiliki beberapa bagian dimana setiap komponennya mendukung kestabilan foto yang Anda ambil. Mulai dari atas hingga bawah memiliki fungsinya sendiri.

Pertama, kepala tripod. Bagian ini memiliki beberapa tipe dasar yang fungsinya adalah sebagai tempat untuk memasang kamera. Jika kepala tripod tidak bisa berfungsi dengan baik, maka dikhawatirkan kamera Anda juga tidak bisa membingkai foto dengan maksimal.

Jenis kepala tripod yang paling umum adalah kepala tiga arah atau pan and tilt. Biasanya digunakan untuk gerakan panning, vertikal, horizontal ataupun untuk melonggarkan salah satu lengan tripod.

Kedua, puncak tripod merupakan tempat kedua kaki tripod bisa terhubung. Beberapa tripod memiliki pelat tengah yang bisa ditukar atau ditambah di bagian kolom tengah. Bagian ini biasanya dibuat dari logam.

Ketiga, kunci kaki yang berfungsi untuk menyesuaikan lebar kaki tripod agar bisa digunakan di ketinggian yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Kunci kaki ini dirancang agar bisa menahan kaki tripod pada sudut tertentu.

Keempat, kolom tengah yang berfungsi untuk memasang kamera dibawah rangka tripod. Bagian ini biasanya digunakan untuk pengambilan foto makro. Meski penggunaan kolom tengah untuk meletakkan kamera ini tidak begitu sering dilakukan.



Terakhir, kaki tripod. Kaki tripod biasanya terbuat dari bahan seperti aluminium, serat karbon, dan kayu. Kaki tripod ini terdapat bagian yang bisa dilipat dengan tujuan untuk menyesuaikan ketinggian dan memudahkan saat pengangkutan.

Perhatikan ukuran dan bobot tripod

Ada berbagai macam ukuran dan bobot tripod. Untuk kebutuhan travelling, sebaiknya Anda memilih tripod mini dengan ukuran yang lebih kecil.

Selain itu, pertimbangkan berat tripod, semakin ringan tentu semakin baik dan mudah dibawa kemana-mana. Untuk ini, Anda bisa memilih tripod yang terbuat dari material serat karbon yang terkenal ringan dan kuat.

Namun, jika untuk kebutuhan di rumah atau studio, Anda bisa memilih tripod dengan ukuran yang lebih besar dan bobot yang sedikit lebih berat. Biasanya bahan yang digunakan untuk jenis tripod ini terbuat dari aluminium. Kelebihannya adalah harga lebih terjangkau dan murah.

Perhatikan jenis kamera yang digunakan

Agar mendapat tripod terbaik, Anda patut mencermati jenis kamera yang akan digunakan. Pastikan bahwa Anda memilih tripod yang cocok dengan perangkat kamera.

Ketahui bahwa tripod kamera video dirancang khusus dan memiliki kapasitas serta stabilitas bobot yang lebih besar.

Tripod untuk kamera profesional atau DSLR tentu berbeda dengan tripod untuk smartphone. Pengguna harus mengetahui spesifikasi tripod dan bagaimana fungsinya sesuai dengan perangkat yang akan digunakan.

Perhatikan fitur tambahan tripod

Beberapa tripod memiliki fitur tambahan. Misalnya saja di bagian tengah tripod yang bisa menambah ketinggian. Ada juga yang bisa digunakan secara horizontal. Sementara tiap kunci kaki tiap tripod juga berbeda.



Anda bisa mempertimbangkan apakah lebih suka tripod dengan kunci tuas QPL tranvel atau yang bergaya twist M-Lock yang dirasa lebih ringan. Ada jenis tripod terbaik lainnya, dimana kaki bisa dilepas dengan mudah dan dijadikan sebagai monopod.

Pilih tripod sesuai dengan kebutuhan medan

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan tripod bisa saja berada di medan yang ekstrim. Misalnya seperti hiking, di dalam air dan kondisi lainnya. Jika hanya digunakan pada studio, Anda tidak perlu bingung memilih tripod terbaik seperti apa.

Tetapi jika diperuntukkan di medan tertentu seperti hiking atau di dalam air, Anda perlu mendapat tripod yang memiliki spesifikasi khusus. Memahami situasi medan fotografi sangat penting.

Meski Anda berencana melakukan solo travelling, pastikan bahwa tripod yang digunakan tepat. Umumnya tripod sudah dirancang khusus agar tahan terhadap getaran yang membantu pengguna menghasilkan foto atau video dengan lebih stabil tanpa banyak gerakan yang mengganggu.

10 Tripod kamera terbaik yang bikin hasil foto semakin bagus dan maksimal

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang tripod hingga cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi tripod kamera terbaik dari berbagai merek berikut ini.

10. Joby Gorilla Pod 1K

foto-tripod-kamera-terbaik-yang-bikin-hasil-foto-semakin-bagus-dan-maksimal-10

Harga : Rp 390.000

Kaki tripod fleksibel dan nyaman digunakan

Mini tripod Joby GorillaPod 1K ini terbilang legendaris. Alasannya adalah karena kaki tripod bisa ditekuk menyesuaikan ke segala arah. Pengguna bisa menggenggamnya sesuai kenyamanan dan kebutuhan pengambilan gambar.



Apabila Anda menggunakan kamera mirrorless atau smartphone, tripod jenis ini adalah yang terbaik. Pengambilan video atau selfie di tempat ekstrim bisa tetap memungkinkan. Pegangan yang kokoh dan nyaman. Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

9. Manfrotto Befree

foto-tripod-kamera-terbaik-yang-bikin-hasil-foto-semakin-bagus-dan-maksimal-9

Harga : Rp 2.350.000

Kuat, ringan, dan cocok digunakan untuk travelling

Mengabadikan momen penting seperti liburan bersama keluarga sangat cocok jika Anda memilih tripod Manofrotto Befree. Ada empat kaki dengan ketinggian maksimum 144cm. Sebagian besar para fotografer professional memilih jenis tripod ini untuk mendukung aktivitas mereka.

Bentuknya sederhana dan cukup ringan untuk dibawa. Desainnya kuat dan kokoh serta dilengkapi penjepit berbentuk klip. Manfrotto Befree bisa menjadi teman perjalanan Anda untuk merekam video atau mengambil foto terbaik. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

8. Manfrotto 190go!

foto-tripod-kamera-terbaik-yang-bikin-hasil-foto-semakin-bagus-dan-maksimal-8

Harga : Rp 5.000.000

Tripod dengan penjepit twist-action yang kokoh

Tripod Manfrotto 190go! Memiliki penjepit twist-action atau pengganti kunci klip. Dilengkapi dengan empat kaki bagian aluminum atau serat karbon. Ada pivot yang praktis dan memungkinkan Anda mengoperasikannya dengan maksimal.

Ketinggian dari tripod ini maksimum adalah 159 cm. Kaki tripod memang tidak bisa dilipat sampai dalam bentuk kecil. sehingga Anda tetap harus mempertimbangkan apakah membawa jenis tripod ini jika perjalanan jauh dan membutuhkan banyak ruang. Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.



7. Vanguard Alta Pro 2+

foto-tripod-kamera-terbaik-yang-bikin-hasil-foto-semakin-bagus-dan-maksimal-7

Harga : Rp 3.600.000

Fasilitas pivot 180 derajat penuh bikin pergerakan lebih maksimal

Terkadang dalam merekam video ada beberapa gerakan yang mengharuskan kita bergerak cepat, lambat atau memutar. Tripod Vanguard Alta Pro+ ini membantu memaksimalkan pengambilan video. Ada tiga kaki dengan empat sudut kunci dan memudahkan pengambilan gambar atau video.

Tripod terbaik ini memiliki soket 3/8 inci jika Anda ingin menambahkan aksesoris seperti lampu LED. Hanya saja untuk bagian kaki tripod tidak bisa fleksibel. Ukurannya masih terbilang besar meski sudah terlipat. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

6. MeFOTO Backpacker S

foto-tripod-kamera-terbaik-yang-bikin-hasil-foto-semakin-bagus-dan-maksimal-6

Harga : Rp 1.300.000

Tripod perjalanan dengan berat 1.1kg

Tripod perjalanan yang paling murah dan direkomendasikan adalah milik MeFOTO Backpacker S. Jika Anda ingin menghemat budget untuk tripod, maka Anda bisa mempertimbangkan tripod yang satu ini.

Meski desainnya tidak begitu kokoh namun fungsinya sangatlah baik. Bisa disebut sebagai tripod pemula karena penggunaannya yang mudah. Cocok untuk tripod perjalanan karena beratnya sekitar 1.1 kg. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

5. Sirui W-1004K10 Tripod Kit River Runner

foto-tripod-kamera-terbaik-yang-bikin-hasil-foto-semakin-bagus-dan-maksimal-5



Harga : Rp 1.950.000

Pengambilan gambar atau video dalam air makin mudah

Ingin mengabadikan foto di dalam air? Anda bisa menghasilkan gambar atau video yang maksimal dengan tripod Sirui W-1004K10 Tripod Kit River Runner ini. Dirancang khusus sebagai tripod yang tangguh meski penggunaannya di dalam air.

Meski Anda menggunakan lensa besar untuk berfoto, tripod ini tetap mampu digunakan. Desainnya kokoh dan mudah dipasang. Anda bisa mengabadikan gambar atau video di dalam air sekalipun menggunakan tripod andalan ini. Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

4. Slik Sprint Mini III Travel Tripod

foto-tripod-kamera-terbaik-yang-bikin-hasil-foto-semakin-bagus-dan-maksimal-4

Harga : Rp 1.100.000

Bentuk minimalis dan dilengkapi dengan fitur pengunci ganda

Tripod Slik Sprint Mini III Travel ini bukanlah tripod dengan tinggi yang ekstrem. Tetapi tripod yang cocok untuk kamera DSLR ataupun mirrorless kecil. Di setiap kaki tripod terdapat bantalan busa yang memungkinkan Anda mengambil gambar dengan sudut rendah.

Selain itu, bagian kuncian tripod juga bisa dikunci ganda. Tripod terbaik untuk yang ingin membawanya dalam perjalanan karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

Selain karena ukurannya yang minimalis, Slik Sprint Mini III Travel ini terbilang terjangkau harganya.Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

3. Gitzo GT2542 Mountaineer Series 2

foto-tripod-kamera-terbaik-yang-bikin-hasil-foto-semakin-bagus-dan-maksimal-3



Harga : Rp 9.356.000

Hasil gambar maksimal untuk pengambilan ultra-rendah

Menjadi salah satu produsen tripod terbaik, kali ini Gitzo GT2542 Mountaineer Series 2 paling direkomendasikan untuk menemani para pendaki gunung. Tahan terhadap getaran sehingga bisa membantu menghasilkan gambar terbaik. Ada 4 kaki dan desainnya sederhana.

Fitur berguna lainnya dari Gitzo GT2542 Mountaineer Series 2 ini adalah pengguna bisa melepas bagian kolom tengah dengan mudah. Bisa juga difungsikan untuk pengambilan gambar level ultra-rendah. Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

2. Peak Design Travel Tripod

foto-tripod-kamera-terbaik-yang-bikin-hasil-foto-semakin-bagus-dan-maksimal-2

Harga : Rp 5.845.000

Kegiatan hiking makin asik dengan tripod kokoh

Harga dari jenis tripod terbaik ini mungkin lebih mahal jika dibandingkan lainnya. Tetapi, ada kualitas yang bisa Anda pertimbangkan.

Peak Design Travel Tripod di desain dengan kokoh dan tahan terhadap getaran. Tidak hanya berguna saat di perjalanan tetapi bahkan Anda bisa membawanya saat hiking.

Panjangnya sekitar 39 cm dengan desain tangguh dan kokoh. Tripod perjalanan yang sesungguhnya untuk hasil foto dan video terbaik. Peak Design Travel Tripod sedikit lebih mahal dari pesaingnya terutama Gitzo. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

1. Benro Go Plus Travel

foto-tripod-kamera-terbaik-yang-bikin-hasil-foto-semakin-bagus-dan-maksimal-1

Harga : Rp 4.600.000

Travelling menyenangkan dengan tripod minimalis

Sebagai posisi pertama, Benro Go Plus Travel memang tripod terbaik yang disarankan. Ringan dan bisa dibawa bepergian dengan pengoperasian yang mudah. Tingginya sekitar 179 cm dengan empat kaki. Bisa Anda fungsikan sebagai monopod.



Di bagian kolom tengah, Anda bisa memutar tripod hingga 180 derajat secara vertikal dengan beberapa sudut penguncian. Benro bisa memberi Anda fleksibilitas saat merekam atau mengambil gambar terbaik. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli tripod ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Dengan menggunakan tripod, jepretan kamera akan lebih fokus tanpa ada gerakan sehingga memungkinkan hasil foto menjadi lebih sempurna.
  • Sebelum membeli tripod, sebaiknya Anda mempertimbangkan ukuran dan berat tripod, fitur tambahan tripod, sesuaikan dengan jenis kamera yang digunakan, harga dan juga mereknya.
  • Untuk Anda yang hobi travelling, Anda bisa memilih tripod Benro Go Plus Travel yang juga bisa difungsikan juga sebagai monopod.
  • Namun, jika Anda yang suka hiking atau berpetualang, maka Anda bisa memilih tripod Peak Design Travel Tripod, karena desainnya kokoh dan tahan terhadap gerakan.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin tripod berkualitas yang bisa ditekuk ke segala arah, Anda bisa memilih Joby GorillaPod 1K.

Referensi

1. Bhphotovideo (2020), 10 Recommended Full-Sized Tripods, https://www.bhphotovideo.com/explora/photography/buying-guide/10-recommended-tripods-photography
2. Digital Camera World(2021), The Best Tripod for Photographers in 2021: Get Sharper Shots in Any Conditions, https://www.digitalcameraworld.com/buying-guides/best-tripod
3. Manfrotto(2020), Buying Guide Tripod, https://www.manfrotto.com/global/buying-guide/tripod-buying-guide/
4. Nytimes(2020), The Best Tripod, https://www.nytimes.com/wirecutter/reviews/best-tripod/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Beauty Vlog Camera Tripod Vlogger


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Tripod Kamera Terbaik yang Bikin Hasil Foto Semakin Bagus dan Maksimal", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »