Cek Resi

Pengiriman paket
14 September 2021

Status paket sudah terkirim (delivered) tapi barangnya belum diterima. Apa yang harus saya lakukan?

By Cekresi .com
Image: freepik

Sering kali muncul pertanyaan: saat cek resi muncul keterangan paket sudah diterima tapi barangnya belum diterima.

Apa yang sebetulnya terjadi?

Meski jarang namun kejadian seperti itu bisa saja terjadi. Paketnya belum diterima, tapi statusnya sudah “delivered” atau terkirim.

Jangan cemas dulu kalau terjadi hal seperti itu. Lakukan beberapa langkah berikut ini:

Tanyakan kepada orang yang tinggal serumah

Jika tinggal bersama keluarga, apalagi jumlah anggota keluarganya banyak, pastikan sudah menanyakannya kepada anggota keluarga yang lain. 

Adakah diantara mereka yang sudah menerima paket tersebut?

Biasanya nama orang yang menerima paket disebutkan dalam hasil lacak resi, tapi sering pula hanya ditulis “diterima orang serumah”.

Atau mungkin ditulis nama kamu sebagai penerima, padahal sebetulnya yang menerima adalah orang lain.

Pastikan juga tidak ada yang iseng menyembunyikan paket kamu. Misalnya, karena ada yang iri kamu menerima paket tiap hari. 😀

Periksa sekitar pintu depan rumah

Jika kurir sudah sering mengirim paket ke alamat rumah kamu, biasanya mereka “pede” untuk meletakkan paket di teras rumah (jika gerbang depan rumah tidak terkunci.)

Kurir biasanya harus mengantar paket ke banyak tempat, jadi mereka harus bergerak cepat dan tidak menunggu lama-lama penerima paket. 

(Tip: agar paket kamu tidak diletakkan begitu saja, selalu pastikan ada orang yang akan menerima paket saat kurir datang dan cepat merespon saat kurir teriak: paket!).

Tanya tetangga dekat rumah

Banyak kasus nama jalan dan nomor rumah yang mirip sehingga membuat kurir baru bingung. Di banyak perumahan sering terjadi nomor rumahnya sama, tapi bloknya yang beda. 

Pastikan bahwa kamu sudah bersosialisasi dengan tetangga dan semua tahu nama kamu. Jadi kalau ada kurir datang menanyakan letak rumah kamu, semua tetangga bisa menjawab dengan benar.

Bayangkan kalau mereka tanya salah satu tetangga dan mengaku tidak kenal kamu, boleh jadi paketnya akan dibawa lagi oleh kurirnya.

Tanya resepsionis atau satpam kantor

Jika kejadiannya di kantor, kamu harus tanya petugas yang biasa menerima kiriman paket. Sekali lagi kamu perlu sosialisasi dengan mereka jika frekuensi kamu menerima paket menggunakan alamat kantor cukup sering.

Hubungi kurir atau customer service ekspedisi

Apabila semua langkah di atas sudah dilakukan namun paket belum ditemukan, saatnya menghubungi pihak ekspedisi pengiriman. (Lihat: Daftar nomor call center dan whatsapp jasa pengiriman).

Jika pada hasil pelacakan nomor resi ada nomor kontak kurirnya, kamu juga bisa menghubungi kurir yang bertanggung jawab mengirim paket tersebut.

Jadi, sekali lagi kamu tidak perlu khawatir berlebihan jika disebutkan paket sudah terkirim namun barangnya belum diterima. Selama kamu sudah menulis alamat dengan benar dan lengkap, seharusnya paket tidak akan nyasar ke mana-mana.



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Pengiriman paket



Artikel Terkait