Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


18 Jul 2021 05:00

Simak Spesifikasi Lengkap dan Perbedaan Redmi Note 10s vs Redmi Note 10 Pro

By Cekresi Plus


Xiaomi merilis lagi ponsel powerfull dengan harga terjangkau, yakni Redmi Note 10s dan Redmi Note 10 Pro. Kedua ponsel ini merupakan bagian generasi ke-10 dari Redmi Note. Meski begitu, baik Note 10s maupun Note 10 Pro tetap memiliki beberapa perbedaan pada spesifikasinya.

Simak penjelasan mengenai perbedaan spesifikasi pada Redmi Note 10s dan Redmi Note 10 Pro berikut ini. Tidak lupa juga kami sertakan harga, ulasan fitur, hingga ponsel mana yang paling unggul sebagai referensi Anda saat ingin membelinya.

Redmi Note 10s

foto-spesifikasi-lengkap-dan-perbedaan-redmi-note-10s-vs-redmi-note-10-pro-01



Harga: Rp 2.799.000

Display
Type: AMOLED (with Corning Gorilla Glass 3 Protection)
Resolution: 1080 x 2400 piksel
Size: 6.43 inch

Network
2G/3G/4G LTE

Platform
OS: Android 11
UI: MIUI 12,5
GPU: Mali-G76 MC4
CPU: Octa-core
Memory card: microSDXC
RAM/ROM: 6GB/64GB, 6GB/128GB, 8GB/128GB
Chipset: Mediatek Helio G95

Camera
Main (Quad): 64 MP (Wide) + 8 MP (Ultrawide) + 5 MP (Macro) + 5 MP (depth) & Video (1080p with 30fps)
Selfie: 13MP (Wide) & Video (1080p with 30fps)

Body
Dimension body: 160,5 mm x 74,5 mm x 8,3 mm
Weight: 178,8 gram
SIM: Dual SIM
Colors: Onyx Gray (Shadow Black), (Pebble Whitez) Frost White, Ocean Blue (Deep Sea Blue)

Other:
Feature: Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, GPS, Bluetooth 5.1, NFC, FM Radio, Audio Jack 3.5 mm
Battery: 5000 mAh, Li-Ion (non-removable, with fast charging 33W)
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
USB: USB Type-C 2.0

  • Desain bodi praktis dan nyaman digenggam

Dari segi desain, Redmi Note 10s ini bagai pinang dibelah dua bila dibandingkan dengan seri Redmi Note 10 lainnya.

Bentuknya cukup tipis dengan diameter 160,5 mm x 74,5 mm x 8,3 mm. Bobotnya pun juga termasuk ringan, hanya 178,8 gram. Diameter dan bobot yang praktis ini membuat ponselnya terasa nyaman saat digenggam.

Bagian frame serta cover belakangnya terbuat dari material plastik sehingga jauh lebih kukuh dan kuat akan benturan.

Bentuknya yang dibuat melengkung pun memberi kesan cantik dan elegan pada bodinya. Ditambah lagi bagian belakang ponselnya tidak menyematkan motif atau corak apapun, selain tulisan logo “Redmi”.

Tersedia tiga varian warna trendi yang bisa dipilih sesuai gaya Anda. Ketiga warna tersebut antara lain Onyx Gray (Shadow Black), (Pebble Whitez) Frost White, serta Ocean Blue (Deep Sea Blue).

Secara keseluruhan, desain ponsel ini sudah tergolong sempurna. Seperti tidak ada yang bisa dikomplain lagi. Apalagi ditambah dengan proteksi dari Corning Gorilla Glass 3 serta sertifikasi IP53 yang tahan debu dan air.

Satu-satunya kekurangan yang dirasakan beberapa penggunanya hanya pada lubang kamera selfienya. Di mana ukurannya dianggap lebih besar bila dibanding Redmi Note 10 lainnya.

Bagi beberapa orang, ukuran lingkar kamera depan yang besar akan terasa kurang nyaman. Meski begitu, hal ini tidak terlalu mengganggu dalam penggunaan lainnya.

  • Layar dengan paparan cahaya biru rendah

Redmi Note 10s menjadi salah satu ponsel pintar mid-range dengan harga terjangkau yang menyematkan panel AMOLED pada layarnya. Bersama dengan layar berukuran 6,43 inci serta resolusi 1080 x 2400 piksel alias Full HD plus, ponsel ini unggul dalam hal reproduksi warna.

Kedalaman warna dari ponsel ini sangat luas.Wajar kalau mengingat kedalaman warnanya yang masuk pada rentang DCI-P3. Kontras warna pada layarnya sendiri mencapai 4,5 juta banding 1. Memberikan Anda kemampuan tampilan warna pada layar yang oke.

Beralih ke sisi kecerahannya. Redmi Note 10s dapat menghasilkan tingkat kecerahan 700 nit di luar ruangan, dan maksimal 1100 nit pada konten resolusi HDR. Karena itu, ponsel ini termasuk salah satu yang terbaik dalam hal kecerahan di kelasnya.

Bila Anda sering menggunakan ponsel pada malam hari atau menjelang tidur, tersedia fitur Anti Flicker atau DC Dimming yang dapat mengurangi kedipan pada layar.

Dengan begitu, mata Anda tidak akan terasa lelah ketika sedang menatap layarnya. Fitur ini terasa begitu istimewa mengingat ponsel kelas flagship sekalipun masih ada yang belum memiliki fitur ini.

Menariknya lagi, layar Redmi Note 10s sudah mendapat sertifikasi dari lembaga inspeksi Swiss, Société Générale de Surveillance (SGS). Artinya, radiasi cahaya biru yang dipancarkan dari layarnya termasuk rendah dan aman untuk mata.

  • Peningkatan setup kamera

Berbeda dengan desain bodi dan layarnya, sektor kamera Redmi Note 10s tidak sama dengan seri Note 10 lainnya. Bukan dalam hal buruk, karena resolusi lensa kamera utamanya justru mengalami peningkatan, yakni dengan 64 MP.

Untuk setup kamera belakang lainnya, terdiri dari lensa ultrawide dengan resolusi 8 MP, lensa makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Sementara untuk kamera depannya dibekali lensa beresolusi 13 MP.

  • Performa kartu grafis yang lebih tinggi

Redmi Note 10s diotaki dengan chipset Helio G95 yang dibuat oleh MediaTek. Sebenarnya, kemampuan chipset ini hampir mirip dengan Snapdragon 678 yang terdapat di Redmi Note 10. Apalagi arsitektur dan CPU yang disematkan pada kedua chipset tersebut sama.

Perbedaannya terdapat pada setelan fabrikasi dan clockspeed-nya. Selain itu, kemampuan grafis yang dipakai juga berbeda. Di mana Xiaomi menyematkan kartu grafis GPU Mali-G76 yang memiliki kecepatan lebih tinggi ketimbang milik seri Redmi Note 10 lainnya.

Dari sisi ketahanan baterai, sepertinya tidak ada yang perlu dikeluhkan lagi. Pasalnya Redmi Note 10s dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Bahkan untuk pemakaian berat pun, ponsel ini bisa tahan sampai lebih dari satu hari.

Kelebihan Redmi Note 10s

  • Memakai material plastik pada bodinya sehingga lebih kukuh dan kuat.
  • Menggunakan panel layar AMOLED.
  • Dibekali dengan fitur DC Dimming yang belum dimiliki ponsel kelas flagship sekaligus.
  • Sudah mendapat sertifikasi IP53 yang tahan air dan debu.
  • Radiasi cahaya birunya rendah sehingga aman bagi mata.
  • Memiliki diameter bodi yang praktis dan nyaman digenggam.
  • Resolusi kameranya mengalami peningkatan dibanding versi regulernya.
  • Sudah dibekali fitur NFC.

Kekurangan Redmi Note 10s

  • Laju penyegarannya masih rendah, hanya 60Hz.
  • Versi MIUI 12.5 yang disertakan hanya versi sementara.

Redmi Note 10 Pro

foto-spesifikasi-lengkap-dan-perbedaan-redmi-note-10s-vs-redmi-note-10-pro-02

Harga: Rp 3.499.000

Display
Type: AMOLED (with Corning Gorilla Glass 5 Protection)
Resolution: 1080 x 2400 piksel
Size: 6.67 inch

Network
2G/3G/4G LTE

Platform
OS: Android 11
UI: MIUI 12
GPU: Adreno 618
CPU: Octa-core
Memory card: microSDXC
RAM/ROM: 6GB/64GB, 6GB/128GB, 8GB/128GB
Chipset: Snapdragon 732G

Camera
Main (Quad): 108 MP (Wide) + 8 MP (Ultrawide) + 5 MP (Macro) + 2 MP (depth) & Video (4K with 30fps, 1080p with 30/60fps)
Selfie: 16 MP (Wide) & Video (1080p with 30fps, 720p with 120fps)

Body
Dimension body: 164 mm x 76,5 mm x 8,1 mm
Weight: 193 gram
SIM: Dual SIM
Colors: Gracier Blue, Gradient Bronze, Onyx Gray

Other:
Feature: Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, GPS, Bluetooth 5.1, NFC, FM Radio, Audio Jack 3.5 mm
Battery: 5020 mAh, Li-Po (non-removable, with fast charging 33W)
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
USB: USB Type-C 2.0, USB On The Go

  • Bodi premium dan minimalis

Rasanya tidak berlebihan untuk memuji kinerja hebat Xiaomi dalam merancang ponsel pintarnya satu ini. Perpaduan kaca berbentuk melengkung di bodi belakang dengan Corning Gorilla Glass dalam sebuah frame plastik, berhasil memberi kesan premium dan minimalis sekaligus.

Secara ukuran, bodi Redmi Note ini terbilang lebih langsung dan tipis bila dibanding dengan pendahulunya, Redmi Note 9 Pro. Diameter ponsel ini memang hanya 164 mm x 76,5 mm x 8,1 mm serta berbobot 193 gram.

Ukuran bezel-nya pun terlihat sedikit lebih kecil ketimbang Redmi Note 9 Pro. Padahal secara diameter, sebearnya mereka sama-sama memiliki angka 6,67 inci. Hal ini membuat layar dari Redmi Note 10 Pro terlihat lebih besar.

Selain itu, lensa kamera depan yang dibuat bergaya punch hole membuatnya terlihat semakin kecil. Diameter lensa selfienya memang hanya berukuran 2,96 mm saja. Dibuat demikian kecil bertujuan agar tidak mengganggu penggunanya.

Berlanjut ke sisi kamera belakang. Xiaomi menyematkan modul kamera Redmi Note 10 Pro ini di bagian pojok kanan atas secara bertingkat.

Bagian pertama berisikan flash, laser autofocus, dan sebuah sensor. Sementara pada bagian kedua diisikan empat buah lensa kamera belakang yang memiliki formasi vertical 1-2-1.

Lensa utama dari kamera belakang ini terlihat begitu mencolok karena terdapat cincin perak di sekelilingnya. Tampilan lensa kamera ini berhasil membuat Redmi Note 10 Pro tampak futuristik dan canggih ketimbang seri lain.

Rancangan desain Redmi Note 10 Pro yang totalitas ini membuatnya juga terasa nyaman digenggam. Frame tipis dengan kaca lengkung di bagian belakang dan depannya membuat daya cengkram tangan akan ponsel ini menjadi lebih baik.

Jangan lupa juga dengan sertifikasi IP53 yang tahan air dan debu sehingga memberi rasa aman dalam berbagai kondisi.

  • Layar yang kaya akan fitur dan teknologi mumpuni

Untuk pertama kalinya, seri Redmi Note menggunakan panel layar AMOLED dengan resolusi Full HD Plus serta diameter 6,67 inci. Berkat itulah ponsel ini berhasil menghadirkan banyak peningkatan pada fitur dan teknologinya.

Salah satunya adalah refresh rate 120 Hz yang adaptif dengan touch sampling rate 240 Hz. Angka tersebut sekarang ini masih jadi standar tertinggi yang biasa terdapat pada ponsel pintar kelas atas.

Tingginya angka laju penyegaran tersebut memungkinkan Anda memperoleh pengalaman animasi dan scrolling yang super mulus.

Sementara touch sampling rate 240 Hz berhasil membuat layar Redmi Note 10 Pro mampu memproses hingga 120 titik sentuhan hanya dalam waktu satu detik.

Imbasnya, layar ponsel ini hanya memerlukan waktu selama 4,16 milidetik agar dapat memproses sebuah titik sentuhan hingga jadi suatu pergerakan. Wajar mengingat angka 240 Hz ini menjadi salah satu standar minimal pada ponsel gaming.

Hal menarik lagi dari bagian layar ini ialah keberadaan fitur always on display. Fitur ini biasanya hanya dimiliki oleh ponsel dengan panel layar OLED, bukan AMOLED seperti Redmi Note 10 Pro. Fungsinya adalah untuk menampilkan notifikasi pada layar ponsel yang terkunci tanpa harus membuat daya baterainya terkuras cepat.

  • Konfigurasi kamera terbaik

Bergeser ke sektor kameranya. Redmi Note 10 Pro dibekali dengan empat buah kamera belakang dengan lensa utama beresolusi 108 MP (Wide), lensa ultrawide 8 MP, lensa makro 5 MP, serta sensor kedalaman 2 MP. Adapula sebuah lensa kamera selfie dengan resolusi 16 MP yang terletak di bagian atas layarnya.

Lensa utama pada kamera ini bukan hanya dapat mengahasilkan gambar detail dan tajam, tapi juga memungkinkan Anda mengambil foto di malam hari atau tempat gelap dengan fitur night mode-nya. Kamera ultrawide-nya sendiri dapat memberi hasil jepretan hingga sudut 118˚.

Yang disayangkan adalah absennya fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang dapat menstabilkan gambar dalam basis optik. Mau tidak mau, Anda harus berjuang untuk memegang ponsel dengan stabil atau memakai alat eksternal.

  • Performa kuat dengan baterai awet

Xiaomi membekali Redmi Note 10 Pro ini dengan System on Chip (SoC) Snapdragon 732G dengan fabrikasi 8 nanometer. Sama seperti yang terdapat pada ponsel POCO X3 NFC. Chipset kelas menengah premium ini merupakan keluaran terbaru dari Qualcomm.

Di dalam chipset ini terdapat enam CPU Kyro 465 Silver yang berlandaskan Cortex A55 dengan kecepatan 1,8 GHz, dua CPU Kyro 470 yang berbasis Cortex A76 berkecepatan 2,3 GHz, dan sebuah kartu grafis Adreno 618.

Performa yang oke tersebut juga didukung dengan ketahanan baterai yang luar biasa dari Redmi Note 10 Pro. Di mana ponsel ini sudah dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 5020 mAh yang membuatnya jadi lebih awet dan tahan lama.

Dalam mode refresh rate 120 Hz, ponsel ini bisa digunakan untuk menelepon selama 28 jam 45 menit, browsing dengan Wi-Fi selama 13 jam 58 menit, serta menonton video offline hingga 15 jam 47 menit. Sementara untuk sekadar pemakaian sehari-hari, ketahanannya bisa hampir mencapai dua hari.

Selain kapasitasnya yang besar, baterai ini sudah mendukung teknologi fast charging 33 Watt yang cukup cepat. Berdasarkan uji coba dari GSM Arena, waktu pengecasan yang diperlukan dari baterai kosong hingga penuh hanya memakan waktu 81 menit saja.

Kelebihan Redmi Note 10 Pro

  • Memiliki ukuran layar yang lebar, 6,67 inci.
  • Ukuran bezel-nya dibuat tipis sehingga layarnya terlihat lebih besar.
  • Dibekali sertifikasi IP53 yang tahan air dan debu.
  • Sudah menggunakan sistem operasi terbaru Android 11.
  • Kapasitas ruang penyimpanan dan RAM-nya tergolong lega.
  • Lensa utama kameranya memiliki resolusi 108 MP.
  • Laju penyegarannya mencapai angka 120 Hz.
  • Dibekali kapasitas baterai jumbo dengan teknologi fast charging 33 W.
  • Sudah menggunakan fitur NFC.

Kekurangan Redmi Note 10 Pro

  • Terdapat tonjolan bertingkat pada kamera belakangnya sehingga tidak stabil ketika diletakkan di atas meja.
  • Bagian cover belakangnya cukup licin.
  • Kameranya tidak dibekali fitur OIS.
  • Tidak menghadirkan fitur reverse charging.

Perbedaan Redmi Note 10s dan Redmi Note 10 Pro

Meski merupakan bagian dari smartphone kelas menengah yang dirilis oleh Redmi, baik Redmi Note 10s dan Redmi Note 10 Pro tetap memiliki perbedaan di beberapa spesifikasinya, antara lain:

  • Kamera belakang Redmi Note 10s dibekali lensa beresolusi 64 MP, 8 MP, 2MP, dan 2 MP. Sementara resolusi lensa kamera utama pada Redmi Note 10 Pro adalah 108 MP, 8 MP, 5 MP, dan 2 MP.
  • Lensa kamera selfie pada Redmi Note 10s hanya memiliki resolusi 13 MP, sedangkan Redmi Note 10 Pro 16 MP.
  • Redmi Note 10s menggunakan proteksi layar Corning Gorilla Glass 3, sedangkan Redmi Note 10 Promemakai Corning Gorilla Glass 3.
  • Bobot dari Redmi Note 10s hanya 178,8 gram, sedangkan Redmi Note 10 Pro bobotnya193 gram.
  • Redmi Note 10s menggunakan chipset Helio G95 dari MediaTek, sedangkan Redmi Note 10 Pro sudah dipersenjatai Snapdragon 732G keluaran Qualcomm.
  • Redmi Note 10s sudah dibekali sistem antarmuka MIUI 12,5, sedangkan Redmi Note 10 Pro hanya memakai MIUI 12.
  • Redmi Note 10s menyematkan kartu grafis Mali-G76 MC4, sedangkan Redmi Note 10 Pro dibekali Adreno 618.
  • Redmi Note 10s menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh, sedangkan kapasitas baterai Redmi Note 10 Pro adalah 5020 mAh.

Redmi Note 10s vs Redmi Note 10 Pro, mana yang paling unggul?

Pada dasarnya, Redmi Note 10s dan Redmi Note 10 Pro sama-sama merupakan ponsel kelas menengah keluaran Xiaomi dengan spesifikasi mumpuni. Meski begitu, tetap terdapat perbedaan pada spesifikasi keduanya.

Perbedaan pertama ada pada ketebalan dan bobotnya. Di mana Redmi Note 10s memiliki ketebalan 8,3 mm serta bobot 178,8 gram yang ringan dan nyaman digenggam. Sementara bobot dan ketebalan dari Redmi Note 10 Pro adalah 193 gram dan 8,1 mm.

Selanjutnya, kedua ponsel ini dibekali dengan jenis proteksi layar yang berbeda. Di mana Redmi Note 10s sudah memakai Corning Gorilla Glass 3.Sementara Redmi Note 10 Pro menyematkan Corning Gorilla Glass 5.

Terakhir adalah penggunaan chipsetnya. Redmi Note 10s diotaki chipset Helio G95 yang memiliki performa cukup baik.Sementara Redmi Note 10 Pro memakai Snapdragon 732G yang lumayan kuat dan tangguh.

Redmi Note 10s disarankan bagi Anda yang menginginkan ponsel kualitas terbaik dengan bodi ramping. Sementara bila Anda mencari ponsel yang dengan performa yang tangguh, Redmi Note 10 Pro adalah solusi terbaik.

Kesimpulan

  • Redmi Note 10s & Redmi Note 10 Pro merupakan produk smartphone keluaran Xiaomi yang diluncurkan di Indonesia pada waktu berbeda.
  • Redmi Note 10 Pro diluncurkan lebih dulu pada tanggal 6 April 2021, sedangkan Redmi Note 10s rilis kemudian pada tanggal 18 Mei 2021.
  • Redmi Note 10s & Redmi Note 10 Pro memiliki spesifikasi yang berbeda pada resolusi lensa kamera, panel layar, bobot dan ketebalan, sistem antarmuka, kartu grafis, jaringan internet, serta chipset.
  • Sementara persamaan dari Redmi Note 10s &Redmi Note 10 Pro terdapat pada kapasitas baterai, fitur fast charging dan NFC, serta sistem operasi.

Referensi

1. GSM Arena (2021), Redmi Note 10s, https://www.gsmarena.com/xiaomi_redmi_note_10s-10769.php
2. GSM Arena (2021), Redmi Note 10 Pro, https://www.gsmarena.com/xiaomi_redmi_note_10_pro-10662.php
3. Mi.com(2021), Redmi Note 10s, https://www.mi.com/global/product/redmi-note-10s/overview
4. Mi.com (2021), Redmi Note 10 Pro, https://www.mi.com/global/product/redmi-note-10-pro/overview



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.