Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


8 September 2021

Paket kamu tidak bergerak dan status tidak berubah.. (Ini penyebab dan solusinya)

By Cekresi .com
paket tidak bergerak


Saat mengirim atau menunggu kedatangan paket terkadang kita menemukan kejadian status pengirimannya berhenti/tidak berubah atau paketnya diam tidak bergerak di satu lokasi.



Kenapa bisa demikian?

Sebelumnya kamu perlu memahami terlebih dulu kalau proses pengiriman paket itu dilakukan secara estafet dan melalui beberapa kali transit di gudang ekspedisi pengiriman di kota yang berbeda.

Saat transit di kota asal pengiriman dan kota tujuan itulah biasanya status pengiriman sebuah paket akan diperbaharui (update) sehingga pengirim atau penerima paket bisa tahu keberadaan paket yang ditunggunya sudah sampai dimana.

Jadi, berbeda dengan pengiriman instan —seperti menggunakan Grab Express atau Gosend— lacak paket untuk pengiriman dengan ekspedisi tidak real-time.

Penyebab paket tidak bergerak saat cek resi

Ada beberapa kemungkinan kenapa paket yang sedang dikirim statusnya saat cek resi lama tidak bergerak atau lama tidak berubah statusnya di satu kota.

status paket tidak berubah
image: tanyapaket.com

Paket menggunakan layanan pengiriman dengan ongkir ekonomis/hemat.

Biasanya paket seperti ini akan dikirim lewat transportasi darat seperti truk/mobil box yang memerlukan waktu lama.

Misalnya, paket yang dikirim dengan SiCepat GOKIL dari Jakarta ke Denpasar, Bali, estimasi lama pengiriman 2-4 hari.

Maka status pengiriman akan lama (seolah-olah) tidak bergerak di Jakarta, dan baru akan di-update lagi 2-3 hari kemudian begitu sampai di kota tujuan Denpasar.

Jarak dari kota pengirim ke kota penerima paket sangat jauh, antarpulau misalnya.

Tapi jarak yang jauh ini tidak akan menyebabkan paket terhenti lama status resinya jika kamu memilih layanan pengiriman tiba dihari yang sama (same day) atau tiba esok hari (next day).



Misalnya, kamu beli pempek selam yang dikirim langsung dengan JNE YES dari Palembang ke Jakarta.

Kalau pun status resi pengiriman tidak bergerak, paling hanya beberapa jam saja. Tidak sampai berhari-hari lamanya.

Kendala operasional perusahaan ekspedisi

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di perjalanan. Jika tiba-tiba terjadi musibah bencana alam seperti banjir atau gempa bumi; bisa juga karena pembatasan perjalanan seperti sering terjadi di saat pandemi yang menyebabkan frekuensi penerbangan dan penyeberangan laut terbatas; semua bisa menyebabkan paket tertahan di satu tempat lebih lama.

Pihak ekspedisi pengiriman biasanya akan menginformasikan di website dan saluran medsos resminya jika ada kendala operasional seperti itu.

Contohnya J&T Express mengabarkan penyesuaian waktu pengiriman akibat PPKM.

Untuk mengantisipasi kendala operasional agar tidak menyebabkan kerugian yang besar, maka disarankan untuk mengasuransikan setiap paket yang kamu kirim.

Solusi paket tidak bergerak/terhenti lama

Agar paket cepat sampai tujuan dan tidak membuat kamu khawatir — sehingga terus-terusan mengecek keberadaan paket sudah sampai dimana— cara paling aman yaitu dengan memilih layanan pengiriman instan, ekspres atau kilat.

Contoh layanan paket sampai di hari yang sama atau sehari sampai:

  • SiCepat BEST
  • JNE YES
  • J&T Super
  • ID Express Sameday
  • Anteraja Same day/Next day
  • Lion Parcel Onepack
  • TIKI SDS/ONS
  • Dll

Dengan layanan same day atau next day maka status paket tidak bergerak kemungkinan hanya dalam hitungan jam saja.

Tapi ada kasus yang jarang terjadi, kadang-kadang karena kurirnya telat update status pengiriman, paket barang sudah diterima tapi statusnya masih dalam pengiriman di perjalanan.

Tentu saja layanan bebas khawatir ini harus ditebus dengan harga ongkir yang lebih mahal.

Kalau layanannya hanya ada reguler dan ekonomi?

Tak perlu khawatir berlebihan jika status paket tidak bergerak cukup lama.



Selama no resi milik kamu benar/valid — apalagi memberikan hasil pelacakan saat tracking– tidak perlu cemas apabila status paket tidak berubah hingga berhari-hari.

Paket tersebut sebetulnya sedang dikirim dan masih dalam perjalanan menuju kotamu.

Paket memang seolah-olah tidak bergerak, namun karena jarak pengirimannya jauh baru akan di-update statusnya lagi begitu tiba di kota tujuan.

Kiriman antarkota, apalagi antarpulau yang jaraknya sangat jauh, kemungkinan akan menyebabkan status resi mengalami jeda (delay) tidak diperbaharui statusnya.

Beda paket tidak bergerak dan pesanan masih diproses

Saat belanja online, ketika kamu sudah transfer pembayaran, maka pihak penjual akan memproses pesanan kamu tersebut.

Jika pesanan masih diproses artinya penjual belum menyerahkan barang yang kamu beli kepada pihak ekspedisi.

Memang tidak semua penjual/seller yang bisa mengemas dan mengirim paket dengan cepat.

Banyak juga penjual yang berjualan part-time atau tidak memiliki staf sehingga tidak langsung mengirimkan barang pesanan.

Jika barang belum diserahkan kepada jasa pengiriman, berarti tanggung jawabnya masih pada pihak penjual. Kamu bisa bertanya lewat chat kepada pihak penjual kenapa paket lama diproses?

Tetapi jika paket sudah diserahkan (manifested) atau dijemput (pickup) ekspedisi, maka kamu bisa menanyakan paket tersebut kepada pihak jasa pengiriman yang digunakan.

Jika sudah keluar nomor resi pengiriman dan status paket sudah dibawah kurir ekspedisi, maka kamu bisa memantaunya lewat web/aplikasi perusahaan ekspedisi tersebut.

Jika paket tidak bergerak melebihi estimasi waktu pengiriman

Berapa lama waktu dibutuhkan ekspedisi pengiriman untuk mengantar sebuah paket ke alamatmu?



Untuk mengetahui estimasinya, kamu bisa menggunakan fasilitas cek ongkir di website/app ekspedisi pengiriman yang digunakan. Atau bisa berkunjung ke web cektarif.com.

Misalnya, kamu belanja di Tokopedia dengan barang dikirim oleh penjual dari Jakarta. Jika kamu tinggal di kota Kediri, Jawa Timur, maka estimasi paket akan tiba sebagai berikut:

EkspedisiEstimasi Waktu
JNE ExpressREG (1-2 hari)
OKE (2-3 hari)
JTR (3-4 hari)
J&T ExpressReguler (2-3 hari)
Economy (5-14 hari)
SiCepatReg (1-2 hari)
Gokil (4-5 hari)

Jika sudah lewat batas waktu yang dijanjikan kamu bisa menghubungi call center perusahaan ekspedisi untuk menyampaikan keluhan, komplain, atau menanyakan keberadaan paket.

(Lihat daftar call center dan nomor Whatsapp berbagai jasa pengiriman.

Penutup

Kesimpulannya, semakin jauh jarak pengiriman dan makin lama estimasi waktu pengiriman, maka kemungkinan paket akan tidak bergerak cukup lama di satu tempat.

Kamu tidak perlu khawatir berlebihan, selama nomor resinya valid dan bisa dilacak, paket tersebut sebetulnya tetap dikirim ke alamat rumahmu.

Tunggu saja!

Lacak paket sekarang




TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Pengiriman paket tidak bergerak


Artikel Terkait





2 comments

  1. Paket Saya JT12429295891 Menuju Ambon
    Sudah sejak tanggal 4 status tidak bergerak masih tetap di Departed From SGD

    1. Hai kak,

      Boleh disebutkan jasa ekspedisinya? Supaya kami bisa bantu lacak/tracking.

      Terima kasih




Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Paket kamu tidak bergerak dan status tidak berubah.. (Ini penyebab dan solusinya)", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »