Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


20 September 2022

Paket Shopee tidak bergerak (penyebab dan solusinya)

By Cekresi .com
Paket Shopee tidak bergerak (penyebab dan solusinya)


Kalo kamu belanja di Shopee ada kemungkinan hasil cek resi paketnya tidak bergerak atau tidak berubah status pengirimannya, bahkan bisa berhari-hari lamanya.



Terutama untuk pengiriman dengan estimasi waktu lebih dari 3 hari, apapun jasa pengiriman (ekspedisi) yang dipilih untuk mengirim paket, kemungkinan akan ada jeda (delay) untuk status pengirimannya ketika kamu mengecek no resi paket dari Shopee.

Tapi sebelum mendiskusikan kenapa hal itu bisa terjadi, kalo kamu belum mengecek resi paket dari Shopee hari ini, gunakan fitur lacak paket di bawah ini.

Lacak paket sekarang


Kenapa paket dari Shopee tidak bergerak?

Yang perlu kamu tahu, saat ini ada 8 tipe pengiriman yang tersedia di Shopee.

  • Instan
  • Same Day
  • Next Day
  • Reguler
  • Hemat
  • Kargo
  • Bluebird Kirim
  • Ambil di Tempat

Nah, kalo kamu memilih tipe pengiriman reguler, hemat, apalagi kargo, kemungkinan paket tidak bergerak lama sangat mungkin terjadi.

Kenapa bisa begitu?

Tipe pengiriman tersebut biasanya lebih murah dan bisa untuk mengirim paket ukuran besar dan berat untuk kargo. Kebanyakan kiriman reguler menggunakan angkutan darat dan laut sehingga waktunya lebih lama.

Beda dengan pengiriman instant atau same day dan next day yang hanya tersedia untuk pengiriman dalam kota, atau antarkota besar yang terhubung dengan transportasi udara, jasa pengiriman reguler dan kargo ini biasanya menjangkau hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Ini penyebab dan solusi paket tidak bergerak



Jadi sekali pun tinggal di daerah terpencil, kamu tetap bisa belanja online di Shopee karena kemungkinan ada jasa pengiriman yang melayani pengiriman ke alamat kamu.

Nah, karena jarak yang jauh ini yang menyebabkan kenapa pengiriman paket kadang saat di-tracking no resinya seolah-olah tidak bergerak.

Paket hanya di-update statusnya saat diserahkan ke pihak ekspedisi (agen), di pusat sortir, gudang transit, pusat transit dan agen di kota tujuan, dan terakhir saat akan dibawa oleh kurir ke alamat tujuan.

Sedangkan ketika paket masih di perjalanan, mungkin selama di truk sepanjang tol trans jawa atau ketika di atas kapal laut melintasi lautan, paket tersebut tidak di-update status pengirimannya.

Dan perjalanan tersebut, kalalau jaraknya sangat jauh bahkan sering antar pulau, bisa selama berhari-hari lamanya. Misalnya, kamu belanja di Shopee dan barang dikirim oleh penjual dari Jakarta ke alamat kamu di Papua.

Jadi secara umum kenapa paket tidak bergerak karena kamu memilih tipe pengiriman reguler/hemat/kargo. Kalo estimasi lama pengiriman atau paket akan diterima waktunya lebih dari 3 hari, kemungkinan paket tidak bergerak saat dicek resinya.

Solusi paket Shopee tidak bergerak apa?

Kalau paket kamu dibutuhkan segera, pilihlah layanan pengiriman instan, sameday, atau nextday, saat belanja di Shopee. Dengan tipe pengiriman tersebut status pengiriman paket pasti akan di-update tiap beberapa jam.

Urutan berikutnya, pilih tipe pengiriman reguler agar estimasi lama pengiriman lebih singkat. Nggak secepat instan dan kiriman nextday, tapi untuk antarpulau mungkin dikirim dengan transportasi udara, bukan angkutan darat atau laut.



Untuk kiriman reguler Shopee menyediakan jasa pengiriman berikut ini:

  • Shopee Xpress Standard
  • J&T Express
  • SiCepat REG
  • Anteraja Reguler
  • Pos Kilat Khusus
  • Ninja Xpress
  • ID Express
  • JNE Reguler

Nah, kalo kamu memilih tipe pengiriman hemat, apalagi menggunakan cargo, sementara alamat kamu jaraknya jauh dari tempat penjual, siap-siap saja kadang paket beberapa hari tidak bergerak.

Ongkir gratis biasanya menggunakan tipe pengiriman hemat karena biayanya lebih murah. Jadi kalo tidak mau paket tidak bergerak status pengirimannya, jangan manfaatkan gratis ongkir karena biasanya kamu nggak bisa memilih jasa ekspedisi yang mau digunakan untuk mengirim paket.

Beda paket tidak bergerak dan telat

Paket tidak bergerak saat tracking no resi sebetulnya bukan sungguh-sungguh atau beneran paket itu nggak gerak. Karena biasanya itu sedang dalam perjalanan pengiriman.

Jadi selama masih dalam estimasi lama pengiriman, seperti diinformasikan saat checkout di Shopee, sebaiknya kamu bersabar menunggu status pengiriman paket tersebut diupdate lagi.

Kasusnya beda kalo pengiriman paket tersebut sudah lewat batas waktu seperti dijanjikan oleh pihak Shopee. Kalo sudah telat dan lewat tanggal perkiraan paket sampai, kamu sudah bisa bertanya atau komplain ke pihak Shopee.

Contoh paket kargo lama tidak bergerak

Berikut ini contoh paket dikirim menggunakan JNE Trucking (JTR) dari Surabaya ke Jember, Jawa Timur.

sumber: jne.co.id

Paket dikirim tanggal 13 September dan diterima pada tgl 20 September 2022. Status pengiriman sempat tidak berubah lama yaitu mulai tgl 13 dan baru ada update lagi tgl 19 September.



Dari contoh tersebut, paket tetap diantar dan diterima di alamat tujuan meski sempat macet status pengirimannya hampir satu minggu.

Nah, kalo menggunakan pengiriman cargo, kemungkinan paket tidak bergerak lama sangat mungkin terjadi jika jarak pengiriman jauh (bukan dalam kota atau aglomerasi).

Saat ini Shopee menyediakan layanan pengiriman cargo sebagai berikut:

  • JNE Trucking (JTR)
  • SiCepat Gokil
  • J&T Cargo
  • Sentral Cargo
  • Anteraja Kargo

Jadi kalo kamu belanja di Shopee dan barang pesanan dikirim dengan kargo, harus lebih bersabar karena mungkin paketnya akan sampai lebih lama ketimbang kiriman dengan kurir reguler.

Meski begitu nggak perlu cemas berlebihan, selama no resinya bisa dilacak, berarti paket masih dalam pengiriman.



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Artikel cek paket shopee paket shopee tidak bergerak


Artikel Terkait





36 comments

  1. Kenapa paket sya gk bergerak2, padahal estimasinya sebelum tgl 24 harusnya sdh sya terima. Masa pengiriman satu kota (sama2 Tangerang) begitu lama sampai 1 Minggu blm jg sya terima.

    1. Hi Kak,

      Boleh disebutkan no resi dan ekspedisinya supaya bisa kami bantu tracking/lacak ?

      Terima kasih

  2. Paket saya kok tidak bergerak,pesan dr tgl 02 desember dan estimasi datang tgl 05 desember ,tpi sejauh ini tidak ada pergerakan sama sekali

    1. Hi Kak,

      Boleh disebutkan no resi dan ekspedisinya supaya bisa kami bantu tracking/lacak ?

      Terima kasih

  3. Kenapa paket saya tidak diantar2 juga padahal sudah pesan dri tgl 29 dan smpe skrng blm juga sampai padahal dekat loch dri jakarta ke tangerang
    Ini no resi 004160749991

    1. Hai kak,

      Boleh disebutkan jasa ekspedisinya? Supaya kami bisa bantu lacak/tracking.

      Terima kasih



  4. Kenapa paket saya gak sampaiĀ² lama sekali pengiriman nya, pdhal dekat sekali harusx 2 hari sudh smpai klo pkai pngiriman yg laen, saya pkai shopee expres lama sekali malah yg kemaren pngiriman gagal trus hbis itu saya yg kena gk bsa pkai COD lgi huft mngecewakan sekali

    1. Hi Kak,

      Boleh disebutkan no resi dan ekspedisinya supaya bisa kami bantu tracking/lacak ?

      Terima kasih

  5. Halo kak, kenapa nomor resi pengiriman saya tidak bisa di lacak ya kak. Ini nmr nya kak 360000101680866

    1. Hai kak,

      Boleh disebutkan jasa ekspedisinya? Supaya kami bisa bantu lacak/tracking.

      Terima kasih



    1. Hi Kak,

      Boleh disebutkan no resi dan ekspedisinya supaya bisa kami bantu tracking/lacak ?

      Terima kasih

  6. Halo kak. Pesanan saya nomor SPXID02409626628C kenapa gak bergerak dari tgl 10 ya? Padahal harusnya kemarin tgl 12 udah sampe. Mohon bantuannya. Terimakasih

    1. Paket sudah dalam pengiriman, sbb:

      13/12/2022 18:36 [Tempel Hub] Your parcel has been delivered [Riana Rahmawati]
      13/12/2022 14:42 [Tempel Hub] Your parcel is being delivered by courier
      13/12/2022 13:58 [Tempel Hub] Your parcel has been received by delivery hub

      https://cekresi.com/?noresi=SPXID02409626628C.

      Terima kasih



  7. Kak minta tolong cek in nomor resi ini, info nya udah sampe si cepat cipondoh, 003111768757 soalnya dari tgl 11 ngga bergerak padahal sudah deket ke rumah, saya hubungin no telpon nya ngga ada yg bisa, saya mau susulin ajah ke toko nya kak, bisa minta tolong bantu ????????

  8. Saya beli barang dari luar negeri no. Resi ID228723955141A tracking terakhir sdh melalui pemeriksaan bea cukai tgl 16 desember, tapi sampai hari ini tgl 22 desember kok barang belum saya terima ya? Tolong bantuannya donk.. tks

    1. Hai kak,

      Boleh disebutkan jasa ekspedisinya? Supaya kami bisa bantu lacak/tracking.

      Terima kasih



  9. Paket saya dua hari tidak bergerak,sya pesan melalui shopee express, sya pesan dari tgl 28 desember 2022 ne skrg dh tgl 01 thn 2023 knp tdk d update status nya dlm dua hari sdh sampek kmna sudah pket saya. No resi saya SPXID02641306218C saya pengiirman paket mnggunakan jasa shopee express hemat,tlong d bntu cek

    1. Hi Kak,

      Boleh disebutkan no resi dan ekspedisinya supaya bisa kami bantu tracking/lacak ?

      Terima kasih



  10. Halo paket saya sudah 6 hari dengan keterangan menunggu jadwal transportasi penyebabnya apa ya kok bisa

  11. Paket saya kok gak bergerak gerak ya biasanya seharian itu ada perubahan
    Saya pakai shopee ekspress cuman paket ini yang gak bergerakĀ² dari kemari



  12. Order dari tgl 3 sampe sekarang paket gaada datang, tiap hari cek resi cuma ada tulisan order has been created, perjalanan paling lambat sampe 5hri tapi gaada terus sampe sekarang, duit udah duluan, minta refund sama sellernya juga gaada respon sama sekali, nomor resi SPXID036484359731

  13. Kenapa paket saya tidak bergerak padahal sudah ada seminggu. Resi 10006507081629 (anteraja). Mohon bantuannya

    1. Paket sedang dalam proses pengiriman, sbb:

      19 Jan 2023 06:36 Parcel sudah tiba di SS Kota Makassar – Balla Parang untuk proses delivery.
      19 Jan 2023 03:33 Parcel menuju ke Staging.
      19 Jan 2023 00:24 Parcel sedang diproses di Hub Maros

      https://cekresi.com/?noresi=10006507081629, silahkan ditunggu terlebih dulu.

      Terima kasih



  14. Paket saya dari tanggal 7 januari sampe sekarang belum berubah statusnya sudah 2 minggu lebih ini

    1. Hi Kak,

      Boleh disebutkan no resi dan ekspedisinya supaya bisa kami bantu tracking/lacak ?

      Terima kasih

  15. SPXID032137951131
    Paket dari tanggal 7 januari 2023 sampe sekarang ndak bergerak2 kenapa kak bisa bantu ndak

    1. Paket sedang dalam proses pengiriman, sbb:

      07/01/2023 15:09 [Surabaya DC] Your parcel is being transported to [Baguala Hub]
      07/01/2023 01:07 [] Your parcel has been received by sorting center
      07/01/2023 00:15 [Tambaksari First Mile Hub] Your parcel is being transported to [Surabaya DC]

      https://cekresi.com/?noresi=SPXID032137951131, kami sarankan membuat laporan ke pihak https://spx.co.id/.

      Terima kasih



  16. Kak paket saya sudah sampai dikota saya tapi paket masih belum diberikan kepada saya padahal udah lewat dengan estimasi




Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Paket Shopee tidak bergerak (penyebab dan solusinya)", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »