Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


11 October 2021

Mengenal Lebih Jauh Acer Swift 3 AMD Athlon 300U, Laptopnya Konten Kreator

By Cekresi .com
Mengenal Lebih Jauh Acer Swift 3 AMD Athlon 300U, Laptopnya Konten Kreator


Laptop Acer Swift 3 AMD Athlon 300U disukai banyak kalangan, termasuk para konten kreator. Tidak hanya karena bodi nya yang ramping, tapi juga performanya andal dan mumpuni. Cocok digunakan untuk mendukung aktivitas produktif sehari-hari.



Menariknya lagi, harga yang dibanderol cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 5 jutaan saja. Untuk mengetahui lebih detail laptop Acer Swift 3AMD Athlon 300U, simak spesifikasi dan ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Acer Swift 3 AMD Athlon 300U
Prosesor : AMD Athlon 300U
GPU : AMD Radeon Graphics Vega 3
RAM : 4GB (bisa diupgrade hingga 20GB)
Storage : 256 GB SSD NVMe x4
Layar : 14 inch Full HD IPS LCD
WiFi : 802.11 ax atau WiFi 6
Bobot : 1, 45 kg
Sistem operasi: Windows 10 64 Bit
Dimensi : 323 x 218 x 15.95 mm
Baterai : 3 cell 48

Kelebihan Acer Swift 3 AMD Athlon 300U

Berikut beberapa kelebihan dari Acer Swift 3AMD Athlon 300U, antara lain :

1. Desain ramping dan tangguh

foto-acer-swift-3-1

Seri Swift dari Acer ini memang sudah dikenal ramping semenjak dulu. Jelas tidak akan menyusahkan ketika harus dibawa ke mana-mana. Pekerja kreatif profesional seperti para Youtuber pun akan sangat menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh Acer Swift 3.

Tipe Swift 3 didesain seramping mungkin, agar memudahkan pergerakan penggunanya. Anda bebas bepergian membawa laptop ini tanpa resiko sakit punggung karena membawa beban berat.

Lebih menarik lagi, desain yang ramping tidak membuat daya tahan baterainya melemah. Justru baterai yang ada mampu bertahan hingga 10 jam pemakaian normal. Hal tersebut dimungkinkan karena kebutuhan daya diatur hanya sebesar TDP 15 watt saja.

Walaupun tipis, bodi perangkat ini tetap kokoh bahkan tangguh. Hal itu dikarenakan adanya penggunaan aluminium untuk memperkokoh bodi laptop.

Sedangkan warna yang disediakan adalah warna perak dengan nuansa futuristik. Bisa dipastikan Anda akan terpesona begitu unboxing laptop ini dari kotaknya.



Dengan desain yang dibuat seramping mungkin, beratnya pun tidak akan membebani pengguna. Secara keseluruhan, berat Acer Swift 3 ini hanya 1, 45 kg saja. Jadi mudah dibawa dalam tas laptop tanpa membuat tangan atau punggung mudah pegal.

Desainnya memang tidak terlalu menonjol, tapi hal tersebut masih ditutupi oleh penggunaan build quality yang cukup berkualitas.

Penambahan bahan aluminium dan warna perak yang dipakai, juga menambah kesan istimewa pada laptop. Sehingga menarik hati begitu dipandang sekilas mata. Terlebih ada tambahan lis pada setiap sisi laptop yang membuatnya kian mewah.

Selama ini banyak orang yang langsung membayangkan penampilan laptop Acer lengkap dengan bodi plastik. Sehingga tampak murahan dan rawan rusak bila mengalami benturan. Namun pada seri ini, kekhawatiran tersebut dapat ditepis dengan mudah.

2. Layar IPS

foto-acer-swift-3-2

Panel LCD yang digunakan laptop ini adalah jenis IPS, dimana kualitas reproduksi warna pada layar menjadi lebih sempurna. Baik warna maupun kontras yang muncul pada layar, akan tetap sama meski dilihat dari berbagai sudut pandang berbeda.

Reproduksi warna diolah sedemikian rupa seiring dengan cahaya yang melewatinya. Jadi wajar bila teknologi layar IPS ini banyak dipergunakan oleh para pembuat konten kreatif. Baik dalam bidang fotografi, desain grafis, ataupun bagian produksi film.

Tidak heran memang jika Acer Swift 3 ini menjadi pilihan pekerja kreatif tersebut. Pasalnya bagian panel LCD yang digunakan sangat mendukung kinerja mereka.

Selain menghasilkan warna dengan kualitas baik, layar IPS juga tahan dari benturan. Kemungkinan rusak karena benturan ringan pun bisa dihindari.



Tidak cukup dengan warna yang tajam, sudut pandang dari laptop Acer Swift 3 pun cukup luas.

Bagi Anda penggemar film, pasti akan merasa dimanjakan dengan layar berukuran 14 inchi tersebut. Begitu juga jika dipergunakan untuk bermain game akan membuat permainan semakin seru.

3. Performa andal

foto-acer-swift-3-3

Untuk memuaskan keinginan para pelanggan, maka Acer Swift 3 ini dibekali dengan perangkat hardware yang cukup canggih.

Prosesor yang digunakan adalah AMD Athlon 300U dengan TDP 15W, base clock 2.4 GHz, dan boost clock 3.3 GHz. Dengan demikian bisa digunakan sebagai perangkat multitasking yang sangat membantu kegiatan penggunanya.

Sedangkan pada bagian grafis dipercayakan pada GPU AMD Radeon Vega 3 graphics. Hasilnya kualitas grafik pun sangat memuaskan. Jadi para pecinta film maupun penggemar game, dapat semakin menikmati kegiatan favorit mereka.

Namun mengingat prosesor yang digunakan masih berada pada level menengah. Jadi hanya sebagian gaming rendah saja yang bisa dimainkan di laptop ini. Contohnya seperti DOTA 2 dan CS : GO. Tentunya dengan pengaturan grafis yang telah mengalami penyesuaian sebelumnya.

Walaupun demikian, Anda tetap bisa menikmati permainan tersebut. Pasalnya Acer Swift 3 ini bukan laptop jenis kentang yang sering kali rewel ketika tengah dijalankan. Berbagai editing video ringan pun dapat dilakukan dengan cepat menggunakan laptop tersebut.

4. RAM cukup besar

foto-acer-swift-3-4

RAM yang ditambahkan pada laptop Acer Swift 3 ini hanya 4 GB. Namun sudah cukup mumpuni untuk memenuhi berbagai kebutuhan konten kreator, pelajar, ataupun mahasiswa. Agar performanya semakin gahar, Acer menambahkan storage berupa SSD NVME 256GB.



Dengan storage besar tersebut, pengalaman berselancar di Internet pun semakin menyenangkan. Pasalnya SSD NVME semenjak dulu telah dikenal memiliki performa ngebut.

Dalam kotak kemasan telah disertakan pula baut tambahan untuk mengunci harddisk yang akan dipasang pada braket. Ini artinya semakin banyak ruang penyimpanan yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pengguna.

5. Fitur canggih

foto-acer-swift-3-5

Performa Acer Swift 3 pun semakin seru karena adanya tambahan banyak fitur. Mulai dari fitur sensor sidik jari, yang ditempatkan sedemikian rupa pada bawah tombol panah kanan.

Pemilihan lokasi sidik jari ini membuat perangkat lain tidak terganggu fungsinya. Anda pun dapat memakai laptop tanpa repot membuka kunci terlebih dulu.

Anda juga akan dimudahkan oleh touchpad berukuran besar. Ukuran touchpad yang besar kini memang menjadi tren. Tujuannya agar tangan pengguna dapat bergerak bebas ketika tengah memindah kursor.

Lebih istimewanya lagi, touchpad tersebut juga mendapat dukungan dari Windows Precision Driver. Walhasil, gerakan keduanya menjadi lebih selaras.

6. Keyboard istimewa

foto-acer-swift-3-6

Produk ini memiliki keyboard yang boleh dibilang istimewa. Dikatakan istimewa karena keyboard telah dibekali oleh lampu backlight. Dimana Keyboard akan tetap mendapat cahaya meski sedang berada di ruangan yang gelap.



Penampilan laptop pun menjadi lebih cantik dengan adanya lampu backlight ini. Sungguh paduan serasi antara bodi laptop yang berbahan aluminium dengan cahaya dari keyboard.

Hanya sedikit kelemahan dari lampu tersebut, yakni tidak bisa diatur seberapa tinggi kecerahannya. Selain itu tombol F8 hanya dapat berfungsi untuk mematikan dan menyalakan lampu. Namun tidak bisa meredupkan lampu.

Meski begitu, cahaya yang dikeluarkan tidak akan terlalu menyilaukan mata. Jadi masih bisa ditoleransi, mata pun dapat beradaptasi dengan kecerahan yang ada.

Tombol-tombol pada keyboard ini juga tidak terlalu sempit. Sehingga tangan dapat mengetik dengan cepat tanpa khawatir meleset ke tombol yang berbeda. Sensasi yang dirasakan saat menekan tuts keyboard pun terasa berbeda.

Tidak seperti pada laptop tanggung lain yang cenderung menggunakan bahan murahan. Dari penggunaan Keyboard ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa Acer menggarap seri Swift dengan sangat serius.

7. Memiliki banyak pilihan Port

foto-acer-swift-3-7

Hal lain yang menjadi kelebihan dari laptop Acer Swift 3 adalah tersedia banyak pilihan port. Semua dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Misalnya dua port 3.1 Gen 1 dan USB 2.0.

Kedua macam port tersebut merupakan tipe A dengan bentuk kotak yang sudah lazim digunakan oleh masyarakat.

Kehadirannya sangat membantu bila Anda ingin menghubungkan perangkat lawas ke Acer Swift 3. Misalnya printer, DVD Eksternal, atau flashdisk.



Untuk mengimbangi kebutuhan tren terkini, Acer juga memberikan tambahan berupa port tipe C. Bahkan kabar yang beredar juga menyatakan port tersebut dapat terintergrasi dengan Thunderbolt.

Bila kabar ini benar, maka proses pengiriman data pun dapat berlangsung kilat. Maklum, kecepatan transfer yang dimiliki oleh Thunderbolt I/O mencapai laju 8x lebih cepat dari USB 3.0.

Selain port USB, dilengkapi pula dengan port HDMI, jack 3.5mm mic/audio combo, Kensington lock slot, serta SD Card Reader. Kesemuannya dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

8. Baterai tahan lama

foto-acer-swift-3-8

Laptop Acer Swift 3 telah dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas 48 Wh. Baterai berkapasitas demikian dapat digunakan untuk menonton video selama 11 jam lebih.

Namun bila digunakan untuk mengedit video atau berselancar di Internet, kurang lebih masih mampu bertahan hingga 5 jam.

Acer Swift 3 juga memiliki fitur pengisian cepat. Jadi bila Anda kehabisan baterai, hanya dibutuhkan waktu 1 jam saja agar dapat kembali digunakan.

Dengan demikian, kegiatan Anda pun masih dapat dilanjutkan setelah mengisi baterai selama beberapa saat. Sangat cocok bukan bagi para konten kreator ?

9. Harga bersahabat

foto-acer-swift-3-9

Selain cocok digunakan untuk para konten kreator, laptop ini juga sangat cocok untuk para mahasiswa. Apalagi jika berbicara masalah harga. Seri ini tampaknya juga menyasar para mahasiswa sebagai tujuan pasar mereka.



Jadi harga yang dibanderol pun relatif terjangkau untuk kantong para mahasiswa. Hanya dengan harga mulai dari 5 jutaan saja, Anda sudah dapat memiliki laptop dengan performa lumayan baik ini.

Kekurangan Acer Swift 3 AMD Athlon 300U

foto-acer-swift-3-10

Sebagaimana perangkat elektronik lain, meski sudah dirancang sebaik mungkin, tetap saja ada kekurangan yang menjadi ganjalan.

Meskipun demikian, semua kekurangan tersebut biasanya akan diperbaiki pada masa mendatang. Juga bisa menjadi acuan untuk mengembangkan produk yang lebih baik lagi. Harapannya semua pengguna loyal pun akan merasa puas dengan hasilnya.

Jika Anda penasaran apa saja kekurangan dari produk ini, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Speaker kurang bagus

Acer Swift 3 yang menggunakan prosesor Athlon 300U memiliki desain berupa penempatan speaker yang sedikit mengganggu.

Pasalnya speaker tersebut justru ditempatkan pada bagian kiri dan kanan. Lalu menghadap ke bagian bawah. Akibatnya suara pun menjadi terdiam lalu tidak terdengar dengan jelas.

Hal tersebut sebenarnya biasa ditemui pada sebagian besar laptop pada kelas yang sama. Keluhan pun umumnya sama, yakni suara yang tidak lantang.

Jika Anda sedang mencari laptop yang bagus audionya, laptop ini tampaknya kurang cocok untuk Anda. Semoga kedepannya pihak Acer akan lebih memperhatikan hal tersebut dan memperbaikinya lagi.



2. Tidak bisa mengatur backlight

Keyboard yang digunakan pada laptop Acer Swift 3 telah dilengkapi dengan bantuan lampu backlight.

Penambahan ini ditujukan agar pengguna tidak mengalami kesulitan mengetik biarpun berada dalam ruangan gelap. Hanya saja, tidak ada pengaturan tinggi rendahnya cahaya yang ditimbulkan.

Pengguna juga harus terus menerus menekan tombol F8 agar backlight segera menyala. Hal ini memang tidak terlalu sulit jika dilakukan ketika tengah mengetik.

Lain halnya jika tengah menonton atau melakukan kegiatan lain. Besar kemungkinan akan terganggu karena harus menekan tombol F8 berulang kali.

3. Hanya untuk game ringan

Laptop ini memang tidak ditujukan untuk para pecinta game. Pasalnya lebih banyak ditujukan kepada para mahasiswa, pelajar, atau karyawan dengan budget minim.

Jadi wajar bila game yang bisa digunakan hanyalah permainan ringan. Game tersebut hanya bisa dimainkan untuk menghilangkan lelah usai belajar atau bekerja.

Game semacam DOTA atau CS:GO dapat dimainkan dengan mudah di sini. Hanya saja butuh penyesuaian grafis agar tidak membuat laptop menjadi lag. Permainan dapat dilangsungkan dengan lancar bila kapasitasnya tidak terlalu besar.

4. RAM single channel kurang menarik minat

Konfigurasi RAM single channel berkapasitas 4GB jelas tidak menarik minat, terlebih pada tahun 2021 sekarang ini.



Hal tersebut membuat prosesor tidak dapat berkembang dengan potensial. Meskipun RAM seri ini bisa diupgrade hingga 20 GB, tetap saja bagi pengguna yang malas untuk meng-upgrade akan merasa kerepotan menggunakan produk ini.

Kesimpulan

  • Harga Acer Swift 3 AMD Athlon 300U sangat terjangkau, tapi secara kualitas dapat diandalkan untuk mendukung berbagai aktivitas produktif sehari-hari. Belum lagi banyak fitur menarik dan canggih yang semakin membuat laptop ini banyak diburu masyarakat.
  • Selain itu, desain laptop ramping, ringan, dan mudah dibawa kemana-mana. Tampilan bodinya juga terlihat mewah karena terbuat dari aluminium, serta memiliki warna yang elegan.
  • Layar IPS yang digunakan sangat cocok untuk para konten kreator. Apalagi baterainya sangat Awet. Bahkan dapat bertahan lebih dari 10 jam ketika dipakai menonton.
  • Sensor sidik jari laptop ini ditempatkan pada bagian panah kanan, sehingga tidak mudah rusak. Performa seri ini juga terbilang bagus, bahkan bisa digunakan untuk main game ringan.
  • Namun yang perlu Anda perhatikan jika membeli seri ini adalah kualitas speaker yang tidak terlalu bagus. Lampu backlight pada keyboard-nya juga tidak bisa diatur pencahayaannya.

Referensi

  1. Acerid (2019), Swift 3 AMD Athlon Series, Laptop Stylish dengan Performa Grafis Terbaik, https://www.acerid.com/swift-3-amd-athlon-300u/
  2. Prasetyo Herfianto (2021), Gizmologi, Review Acer Swift 3 SF314-42: Laptop Tipis & Ringan, Terbaik di Kelasnya, https://gizmologi.id/review/acer-swift-3-sf314-42/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik Acer Elektronik Handphone


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Mengenal Lebih Jauh Acer Swift 3 AMD Athlon 300U, Laptopnya Konten Kreator", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »