Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


18 May 2021

10 Rekomendasi Kamera Polaroid untuk Anak Muda

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Kamera Polaroid untuk Anak Muda


Saat ini, banyak anak muda mulai menggeluti dunia fotografi. Di antara berbagai jenis kamera yang ada di pasaran, kamera polaroid menjadi salah satu kamera favorit yang sering digunakan.



Hal itu tidak lepas dari bentuk kamera polaroid yang unik dengan warna dan modelnya yang kekinian. Meskipun begitu, pastikan Anda mempertimbangkan beberapa hal penting sebelum membelinya seperti peruntukkannya, sensor, ukuran, hingga berat atau bobotnya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi kamera polaroid untuk anak muda dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai kamera polaroid serta cara pemilihannya.

Mengenal kelebihan kamera polaroid

Kamera polaroid sebenarnya sudah ada sejak kisaran tahun 1940-an lalu. Meski begitu, sampai sekarang pun kamera ini masih belum sepi peminat.

Justru penggunanya malah terus bertambah tiap tahunnya. Kebanyakan di antaranya adalah kaum muda yang gemar mengekspresikan diri.

Fitur yang terdapat pada kamera polaroid memang tidak secanggih yang ada di DSLR. Akan tetapi, kamera ini tetap memiliki keunikan tersendiri yang membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya.

Selain itu, jenis kamera ini bukan hanya dapat mengambil gambar dalam kualitas terbaik, tapi juga bisa langsung memperlihatkan hasilnya dalam bentuk fisik. Oleh karena itu, kamera polaroid dikenal sebagai kamera langsung jadi.

Dengan banyaknya produk dan jenis kamera yang dijual di pasaran, Anda mungkin akan bertanya-tanya kenapa harus memilih kamera polaroid. Berikut kami sajikan beberapa kelebihan kamera polaroid sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda membelinya.

  • Sangat mudah digunakan

Bagi yang masih baru memulai pengalaman fotografi, kamera polaroid ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Kamera ini dirancang khusus dengan berbagai fitur otomatis sehingga dapat memudahkan para penggunanya.



Tidak banyak tombol pengaturan yang disematkan pada kamera polaroid. Anda tidak perlu lagi mengatur banyak hal sebelumnya. Tinggal bidik objek yang ingin difoto lalu klik tombol shutter-nya. Kemudian hasil fotonya bisa langsung jadi dan kelaur. Sangat mudah bukan?

  • Cetak fotonya tidak sampai 1 menit

Inilah keunggulan yang paling mencolok dari kamera polaroid. Biasanya Anda harus pergi ke studio foto terdekat untuk mencetak hasil jepretan. Namun, dengan kamera polaroid ini, Anda bisa langsung menerima hasil cetakan fotonya.

Prosesnya mencetak fotonya pun sangat cepat. Anda bahkan tidak perlu menunggu lebih dari satu menit. Pilihan terbaik untuk Anda yang ingin seru-seruan berkreasi untuk mencetak kenangan indah dalam bentuk foto.

  • Desainya unik dan stylish

Kalau kamera lain seringkali memiliki bentuk persegi biasa, kamera polaroid justru menghadirkan desain yang unik stylish. Bentukannya pun berbeda-beda. Ada yang berbentuk gemuk atau persegi.

Tampilan warnanya pun tidak kalah kerennya. Hal ini lah yang memberi kesan stylish pada kamera polaroid. Banyak juga yang sering memadukan kamera ini dengan aksesori lain, misalnya tas kulit.

  • Hadirkan kesan ekslusif

Karena hanya dapat mencetak satu buah foto dalam sekali pemotretan, rasanya tiap film di dalam kamera ini jadi terasa sangat berharga. Penggunaannya pun lebih dikhususkan untuk mengabadikan momen-momen yang penting saja.

Inilah yang membuat kebanyakan hasil foto dari kamera polaroid memiliki nilai dan kenangan tersendiri. Gambar dari polaroid biasa memiliki elemen estetika sekaligus jadi daya tariknya tersendiri. Tiap buah foto akan terasa begitu ekslusif dan terasa begitu berharga untuk disimpan.



Mengasah kreativitas

Dengan menggunakan kamera polaroid, Anda bisa mendapatkan hasil gambar dalam bentuk lembaran kertas foto. Makin banyak jepretan yang diambil, lembaran foto yang didapat pun semakin banyak.

Anda bisa mengkreasikan lembaran-lembaran kertas foto tersebut agar bisa menjadi suatu hal yang unik. Misalnya saja dengan menempelkan lembaran foto di dinding dan menyusunnya hingga menjadi pola berbentuk love. Anda juga bisa sekadar meletakkanya di album foto khusus sebagai kenang-kenangan indah.

Pertimbangkan peruntukkannya

Tiap orang memiliki tujuan berbeda saat membeli kamera polaroid. Ada yang menggunakannya untuk keperluan profesional, ada juga yang sekadar untuk having fun saja. Keduanya membutuhkan model kamera polaroid yang berbeda.

Bagi yang menggunakan kamera polaroid untuk kebutuhan pekerjaan, tentu harus memilih yang memiliki spek tinggi.

Sementara kalau Anda hanya sekadar ingin bersenang-senang saja, spek manapun tidak jadi masalah. Akan tetapi, sebaiknya pilih yang memiliki desain simpel dan praktis agar lebih mudah dibawa-bawa.

Sesuaikan ukuran dan bobotnya

Tidak sedikit pengguna polaroid yang menggunakan kamera ini untuk aktivitas di luar ruangan. Ada juga yang menggunakannya untuk mengabadikan momen-momen ketika berkumpul bersama keluarga atau teman dekat.

Agar lebih mudah dibawa bepergian, sebaiknya pilih kamera polaroid yang memiliki ukuran praktis dengan bobot yang ringan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dan nyaman ketika harus membawanya bepergian.

Perhatikan hasil cetakan yang digunakan

Polaroid memiliki dua jenis hasil cetakan, yakni ZINK dan film. Zero Ink atau ZINK merupakan teknologi yang memungkinkan Anda mencetak foto tanpa menggunakan tinta. Jadi, Anda bisa mencetak foto berulang kali tanpa harus mengganti tintanya terlebih dahulu. Fitur ini biasanya disematkan pada kamera polaroid jenis digital.



Sementara untuk hasil cetakan dalam bentuk film biasa terdapat pada kamera polaroid. Hasil jepretan yang diambil akan dicetak langsung dengan film tersebut. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati saat mengambil gambar agar film di dalamnya tidak terbuang sia-sia.

Pilih yang sesuai budget

Salah satu hal yang wajib Anda perhatikan sebelum membeli kamera polaroid adalah harganya. Kamera polaroid biasanya memiliki harga yang cukup mahal.

Hal tersebut karena fitur langsung cetak yang dimilikinya. Belum lagi keberadaan fitur canggih lain yang membuat harganya bisa semakin melambung.

Meski begitu, tidak semua kamera polaroid dibanderol dengan harga yang mahal. Ada juga produk polaroid yang memiliki harga relatif murah dan terjangkau untuk anak muda.

Sebelum membeli, ada baiknya Anda memeriksa informasi mengenai harga kamera tersebut agar bisa menyesuaikan dengan budget yang tersedia.

Cara merawat kamera polaroid agar lebih awet

Agar kamera polaroid Anda bisa tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya nya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kamera polaroid:

  • Simpanlah kamera di dalam tempat tertutup yang suhunya kering dan tidak terlalu lembap.
  • Kalau sudah tidak digunakan, lepaskanlah baterai dari dalam kamera. Anda bisa memasang baterainya lagi ketika ingin menggunakan kamera tersebut.
  • Apabila Anda ingin membawanya bepergian, gunakanlah tas khusus kamera untuk melindunginya dari gesekan dan benturan.
  • Jangan lupa untuk membersihkan bagian lensa dan roller-nya secara rutin.
  • Pastikan kondisi kamera selalu bersih untuk menghindari munculnya karat dan jamur.

10 Rekomendasi kamera polaroid untuk anak muda

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kamera polaroid lengkap dengan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi kamera polaroid untuk anak muda dari berbagai merek berikut ini.

10. Polaroid Originals i-Type Onestep 2

foto-rekomedasi-kamera-polaroid-untuk-anak-muda-10

Harga : Rp 2.558.700

Waktu stand by-nya sampai 60 hari

Suka dengan model klasik atau vintage? Polaroid Originals i-Type Onestep 2 pasti cocok untuk Anda. Kamera analog ini dibekali dengan beragam teknologi modern. Di antaranya adalah slot USB serta baterai tipe Li-Ion dengan stand by time sampai 60 hari.



Pengoperasian kamera ini sangatlah mudah. Cukup menekan satu tombol yang terdapat di bodinya dan hasil jepretannya akan langsung keluar. Karena itulah kamera polaroid ini sangat disarankan bagi para pemula yang baru menjajaki dunia fotografi.

9. Lomography Lomo Instant Wide

foto-rekomedasi-kamera-polaroid-untuk-anak-muda-09

Harga : Rp 3.750.000

Flash-nya bisa dinyala-matikan otomatis

Produk keluaran brand asal Rusia ini dipersenjatai dengan lensa 35 mm disertai flash otomatis yang bisa dinyala-matikan. Karena itulah, kamera polaroid ini dapat memberikan hasil jepretan dengan kualitas yang sangat bagus.

Selain itu, juga dibekali kemampuan splitzer yang membuatnya dapat menggabungkan dua foto dalam satu frame yang sama. Menariknya lagi, Anda pun bisa menggunakan tutup lensa kamera ini sebagai tombol shutter-nya.

8. Fujifilm Instax Mini Wide 210

foto-rekomedasi-kamera-polaroid-untuk-anak-muda-08

Harga : Rp 2.816.000

Ukurannya praktis, mudah dibawa ke mana-mana

Kamera instax ini hadir dalam desain klasik dengan ragam pilihan warna yang membuatnya terlihat elegan. Dimensi kamera ini tidak terlalu besar, hanya 178 x 117 x 94 mm. Jadi, Anda bisa membawanya ke mana-mana dengan mudah.

Fitur utama kamera polaroid ini adalah area focusing range mencapai 95 mm serta motor driven 2 range switching. Hasilnya, Anda bisa mendapat jepretan foto yang maksimal dan jelas.



7. Polaroid Snap

foto-rekomedasi-kamera-polaroid-untuk-anak-muda-07

Harga : Rp 2.727.000

Kecepatan pengambilan gambarnya tidak sampai 1 menit

Model kamera poket instan berdesain simpel dan stylish ini dibekali dengan lensa beresolusi 10 MP. Tentunya membuat foto yang dihasilkannya jadi terlihat lebih tajam dan jernih. Ada juga enam mode jepretan yang makin mempermudah pengambilan gambarnya.

Keunggulan menarik lainnya adalah kehadiran teknologi Zero Ink (ZINC). Fungsinya agar Anda bisa mencetak foto kesukaan tanpa memerlukan tinta. Kecepatan pengambilan gambarnya tidak lama, bahkan di bawah satu menit.

6. Polaroid Cube

foto-rekomedasi-kamera-polaroid-untuk-anak-muda-06

Harga : Rp 1.135.000

Dibekali fitur Wi-Fi dan live streaming

Bentuk kamera ini cukup unik, kubus persegi dengan dimensi 35 mm. Meski bodinya kecil, kemampuan pengambilan gambarnya sangatlah baik. Kamera ini bisa mengambil foto dengan resolusi 6 MP, sedangkan untuk video bisa mencapai 1080 MP.

Uniknya, kamera polaroid ini juga dibekali fitur Wi-Fi. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan live streaming. Terdapat pula lampu flash LED serta mikrofon bawaan yang memberi pengalaman terbaik dalam pengambilan gambar.

5. Fujifilm Instax Mini 70 Blue

foto-rekomedasi-kamera-polaroid-untuk-anak-muda-05



Harga : Rp 1.499.000

Hasil foto tetap cerah walau di tempat gelap

Kecil-kecil cabai rawit. Julukan itu sangat layak disematkan pada produk satu ini. Desain kamera polaroid ini sangat praktis dan minimalis. Anda bisa membawanya ke berbagai tempat dengan lebih nyaman dan mudah.

Kamera ini sudah didukung dengan teknologi automatic exposure control. Dengan teknologi ini, latar belakang tangkapannya akan tetap terlihat jelas dan cerah walau diambil di tempat yang gelap sekalipun.

4. LEICA Sofort

foto-rekomedasi-kamera-polaroid-untuk-anak-muda-04

Harga : Rp 8.509.000

Daya tahan hingga 100 kali jepretan

Harganya memang cukup mahal, tapi sesuai dengan fitur dan spesifikasi unggulan yang dimilikinya. Kemampuan foto makro dari lensa 600 mm dengan kekuatan f/12.7 dijamin dapat memberikan hasil jepretan yang amat maksimal.

Bagi Anda yang ingin membawa kamera ini bepergian, tidak perlu khawatir. Baterai kamera polaroid ini memiliki daya tahan hingga 100 kali jepretan. Dengan begitu, Anda bisa mengambil banyak gambar kualitas terbaik sepuasnya.

3. Fujifilm Instax Mini 90 Neo Classic

foto-rekomedasi-kamera-polaroid-untuk-anak-muda-03

Harga : Rp 1.690.000

Pengambilan gambar landscape jadi lebih sempurna

Perpaduan konsep retro-klasik menjadi ciri khas dari kamera polaroid ini. Walau tampilannya terlihat mirip dengan kamera tua, Fujifilm Instax Mini 90 Neo Classic memiliki ragam fitur canggih di dalamnya.



Salah satunya adalah keberadaan dua buah tombol shutter yang membuat pengambilan gambar landscape jadi terlihat lebih sempurna.

Anda juga bisa menggunakan fungsi superimpose dan double exposure untuk mencetak gambar yang ada di satu film. Caranya cukup dengan menekan tombol shutter-nya sebanyak dua kali.

2. Fujifilm Instax Mini 25s

foto-rekomedasi-kamera-polaroid-untuk-anak-muda-02

Harga : Rp 725.000

Kemampuan jepretan dan rentang fokusnya bagus

Produk ini menghadirkan media utama berupa lensa dengan ukuran 60 mm untuk mengambil gambar dengan detail dan jelas. Sementara frame kamera ini memiliki diameter 62×64 dengan total keseluruhan 10 buah.

Kemampuan jepretan kamera ini berkisar antara 1/3 sampai 1/400 detik. Kamera polaroid ini juga menyematkan rentang fokus yang lumayan bagus, antara 1,6 inci hingga tidak terbatas.

Harga yang ditawarkan untuk seluruh keunggulan tersebut sangatlah murah. Hanya berkisar Rp 1 jutaan saja.

1. Lomography Lomo’ Instant Automat

foto-rekomedasi-kamera-polaroid-untuk-anak-muda-01

Harga : Rp 3.249.000

Banyak pilihan lensa tambahan untuk kreativitas tanpa batas

Anak muda biasanya memiliki gairah kreativitas yang sedang tinggi-tingginya. Kamera ini bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin mengekspresikan diri tanpa batas.

Ada berbagai pilihan lensa tambahan yang disematkan pada kotak penjualannya, di antaranya fish-eye lens, close up, serta wide angle.

Yang menarik, sekaligus jadi pembeda adalah tombol shutter-nya. Di mana pengaplikasian tombol shutter Lomo’ Instant Automat Camera ini dilakukan dengan cara didorong, bukan ditekan seperti pada kamera polaroid lainnya.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli kamera polaroid, sebaiknya Anda mempertimbangkan ukuran, sensor, penerapan kabel, dan juga bobotnya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara merawatnya agar kamera polaroid bisa lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilihFujifilm Instax Mini 90 Neo Classic, karena menghadirkan konsep klasik-retro yang elegan.
  • Sedangkanuntuk Anda yang ingin mendapat hasil foto cerah dan menawan walau di tempat gelap sekalipun, Anda bisa memilih Fujifilm Instax Mini 70 Blue.
  • Namun, jika Anda ingin mengekspresikan diri tanpa batas, maka Anda bisa memilih Lomography Lomo’ Instant Automat.

Referensi

1. Medium (2017),5 Major Reasons To Buy A Polaroid Camera, https://medium.com/@fujifilmstore/5-major-reasons-to-buy-a-polaroid-camera-e6686be5961b
2. Stars for Streetlights (2012), How to Choose a Polaroid Camera, https://www.starsforstreetlights.com/how-to-choose-a-polaroid-camera/
3. Unique Photo (2021), Polaroid Cameras Buying Guide, https://www.uniquephoto.com/polaroid-cameras-buying-guide
4. Medium (2016), Four Steps to Keep Your Polaroid Camera Safe Forever, https://medium.com/@fujifilmstore/four-steps-to-keep-your-polaroid-camera-safe-forever-7a153733aa11



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Camera Gadget Polaroid


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Kamera Polaroid untuk Anak Muda", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »