Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


23 July 2021

10 Perangkat IP Camera Canggih dan Berkualitas untuk Jaga Keamanan Rumah

By Cekresi .com
10 Perangkat IP Camera Canggih dan Berkualitas untuk Jaga Keamanan Rumah


Kamera pengawas menjadi salah satu alat keamanan rumah yang sedang populer sekarang ini. Salah satu jenis yang banyak diminati adalah IP Camera. Selain terkenal akan kecanggihannya, kualitas hasil rekaman video dari perangkat ini juga sangat memuaskan.



Karena itu, kami menyajikan sepuluh rekomendasi perangkat IP Camera canggih dan berkualitas untuk jaga keamanan rumah lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai IP Camera dan cara merawatnya.

Mengenal perbedaan IP Camera dengan CCTV

Internet Protocol Camera atau biasa disingkat IP Camera seringkali difungsikan sebagai pengawas. Harganya cenderung terjangkau, namun tetap berkualitas.

Hasil rekaman video dari IP Camera bisa dilihat langsung melalui ponsel pintar. Meskipun bersifat wireless, perangkat ini tetap aman dari risiko penyadapan.

Sistem kerja dari IP Camera cukup mirip dengan Closed-Circuit Television atau CCTV. Keduanya memang memiliki fungsi yang sama, sebagai kamera pengawas.

Meski begitu, kualitas dari IP Camera bisa dikatakan lebih baik ketimbang CCTV analog biasa. Terutama dalam hal ketajaman dan efisiensi. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut perbedaan CCTV dan IP Camera, antara lain:

  • CCTV menggunakan bantuan kabel dan monitor dengan sinyal berbasis analog untuk melihat hasil rekaman videonya. Sementara IP Camera bisa langsung mengirim dan melihat hasil videonya via jaringan internet. Penyimpanan videonya pun bisa dilakukan secara digital.
  • CCTV hanya bisa diletakkan di satu lokasi tertentu saja. Sementara IP Camera bisa ditaruh di beberapa lokasi sesuai keinginan. Bahkan di area blindspot sekalipun.
  • Kualitas video yang direkam CCTV memiliki resolusi rendah (720×575) dalam format DVR. Sementara IP Camera menghadirkan kualitas mencapai 1080p dan sudah dibekali resolusi night vision.
  • IP Camera memiliki cakupan tangkap yang lebih luas dibanding dengan CCTV sehingga hanya perlu satu alat untuk area yang luas
  • IP Camera cenderung lebih aman dibanding CCTV karena hasil rekaman videonya sudah diproteksi oleh enkripsi.
  • Pemasangan IP Camera membutuhkan ketersediaan jaringan internet yang memiliki bandwidth lumayan besar. Sementara pemasangan CCTV tidak perlu memperhatikan internetnya.

Perhatikan cakupan bidang pandang IP Camera

Sebelum memilih IP Camera, penting untuk memperhatikan cakupan bidang pandang yang ingin didapat. Inilah yang nantinya akan memengaruhi ukuran lensa dari perangkat ini.

Semakin besar ukuran lensanya, sudut pandang yang didapat akan semakin menyempit. Pun begitu sebaliknya. Supaya area pandang yang dijangkau jadi lebih luas, Anda bisa memilih produk IP Camera yang bisa memperbesar objek dan digerakkan secara vertikal atau horizontal.



Pertimbangkan sistem instalasi IP Camera

Ada dua model IP Camera berdasarkan sistem instalasinya. Pertama adalah yang dipasang di dinding. Model ini memiliki area tangkapan yang lebih luas dan bisa ditempatkan di bagian luar rumah. Namun, proses instalasinya cukup sulit sehingga membutuhkan bantuan dari teknisi professional.

Kemudian ada juga model duduk yang fleksibel dan mudah ditempatkan di mana saja. Karena mudah dipindahkan, proses instalasinya pun tidak begitu rumit. Yang penting medan penempatannya datar dan terdapat stopkontak di dekatnya.

Cek fitur-fitur yang ada pada IP Camera

Ada beberapa fitur yang biasa tersemat pada IP Camera, di antaranya motion detection yang berfungsi untuk mendeteksi aktivitas dan pergerakan tertentu dan two way audio untuk membantu komunikasi dua arah secara langsung.

Selain itu, ada juga night vision untuk pengawasan lebih jelas pada kondisi minim cahaya, serta waterproof yang membuat perangkat mampu bertahan di segala kondisi cuaca.

Periksa sistem penyimpanan IP Camera

Media penyimpanan hasil rekaman video pada IP Camera ada dua, yaitu cloud storage dan local storage. Penyimpanan cloud storage menggunakan jaringan internet dan memiliki kapasitas yang besar. Anda bahkan bisa mendapat unlimited storage dengan membayar biaya tertentu.

Penggunaan penyimpanan ini mempermudah Anda dalam mengakses hasil video. Lalu yang berikutnya ialah local storage. Sistem penyimpanan ini menggunakan media kartu memori SD card serta microSD. Besaran kapasitasnya tergantung pada seri yang Anda pilih. Harganya pun lumayan terjangkau.

Cara merawat IP Camera

Agar IP Camera tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam waktu lama, pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat IP Camera:



  • Jaga kebersihan kamera secara keseluruhan. Mulai dari lensa hingga bodi-nya. Jangan sampai lensanya menjadi kotor dan berdebu. Karena hal ini dapat membuat kinerja sistemnya kurang maksimal.
  • Selalu perhatikan mode perekamannya. Tujuannya agar kualitas hasil rekamannya bisa didapat secara optimal.
  • Periksa kondisi komponennya secara berkala. Pastikan semuanya masih berfungsi dengan baik dan tepat sasaran.
  • Lihat keakuratan waktu perekamannya. Perangkat yang masih berfungsi dengan baik memiliki jam yang tepat.
  • Sangat disarankan untuk mem-backup semua hasil rekaman videonya, terutama yang penting. Tujuannya agar hasil rekaman tetap bisa dilihat kembali walau terjadi masalah pada perangkat IP Camera.

10 Perangkat IP Camera canggih dan berkualitas untuk jaga keamanan rumah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang IP Camera lengkap dengan cara memasangnya, maka perkenankan kami memberikan sepuluh rekomendasi perangkat IP Camera canggih dan berkualitas untuk jaga keamanan rumah dari berbagai merek berikut ini.

10. EZVIZ C6CN HD 720p IP Camera

foto-perangkat-ip-camera-canggih-dan-berkualitas-untuk-jaga-keamanan-rumah-10

Harga : Rp 298.000

Dilengkapi fitur komunikasi dua arah

EZVIZ menjadi salah satu merek IP Camera yang wajib Anda pertimbangkan. Desain yang diusungnya memiliki bentuk bulat sempurna, hampir mirip seperti sebuah bola.

Bentukan bulat serta kemampuan pan yang mencapai 340 derajat memungkinkan kamera ini melakukan pengambilan gambar hingga 360 derajat. Terdapat sebuah slot untuk meletakkan kartu memori (microSD) dengan kapasitas maksimal 128 GB.

Di dalamnya juga sudah disematkan kamampuan untuk menampilkan video real time. Untuk melihat hasil perekaman video atau gambarnya, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tertentu melalui Google Play Store.

Selain itu, tersedia juga speaker internal dan mikrofon yang memungkinkan Anda melakukan komunikasi dua arah melalui suara. Akan tetapi, produk ini kurang cocok digunakan di luar ruangan. Hal ini karena kemampuan infra merahnya yang hanya sampai 10 m saja.

9. BARDI Smart outdoor STC IP Camera

foto-perangkat-ip-camera-canggih-dan-berkualitas-untuk-jaga-keamanan-rumah-09



Harga : Rp 379.000

Merekam tetap jelas di segala kondisi cuaca

Berbicara soal perangkat pintar, nama BARDI tidak boleh ketinggalan. Brand satu ini memang jadi spesialisnya perangkat rumah tangga pintar. Salah satunya adalah produk ini.

Sesuai namanya, IP Camera ini dapat ditempatkan di area luar ruangan. Warnanya yang hitam membuat perangkat keamanan ini tidak akan mudah kotor dan kusam walaupun terkena berbagai partikel debu dan kotoran dari luar.

Soal kualitas hasil rekaman, tidak perlu diragukan lagi. BARDI menyematkan hasil rekaman berkualitas tinggi mencapai resolusi 1080p, baik untuk pengambilan di siang hari maupun malam hari. Derajat lensa lebarnya yang mencapai 130° memungkinkan kamera menjangkau objek dengan lebih luas.

Menariknya lagi, IP Camera ini sudah dibekali dengan kemampuan IP65. Artinya, kamera tersebut mampu merekam objek di situasi cuaca apapun. Termasuk di kala hujan lebat atau panas terik.

8. Samsung SmartCam SNH-P6410BN

foto-perangkat-ip-camera-canggih-dan-berkualitas-untuk-jaga-keamanan-rumah-08

Harga : Rp3.578.000

Tampilan video yang sangat jelas dan tajam

Salah satu keunggulan dari penggunaan IP Camera dari Samsung ini adalah bisa dikoneksikan dengan sinyal Ethernet atau WiFi di sekitar.

Jadi, perangkat ini bisa diletakkan di mana saja selama masih dalam jangkauan WiFi. Anda pun bisa melihat hasilnya secara langsung di saat itu juga melalui ponsel. Caranya dengan mengunduh aplikasi SMARTCAM melalui Google Play Store di ponsel Android Anda.

Kualitas rekaman video yang bisa ditampilkan oleh SmartCam Samsung ini sangat jelas dan tajam. Hal tersebut berkat resolusinya yang bisa mencapai angka 1080p.



Keunggulan lain dari perangkat ini ialah kehadiran slot kartu memori jenis micro serta jack audio out. Keduanya tergolong sangat jarang ditemui di jenis IP Camera tipe lainnya.

7. OASE Wireless Security Camera

foto-perangkat-ip-camera-canggih-dan-berkualitas-untuk-jaga-keamanan-rumah-07

Harga : Rp 342.000

Dilengkapi fitur motion tracking

Kamera keamanan dengan jangkauan perekaman luas menjadi salah satu faktor yang wajib dipertimbangkan.

Oleh karena itu, OASE menghadirkan perangkat yang kameranya dapat berputar hingga 360 derajat. Bentangan yang luas tersebut memungkinkan Anda memantau berbagai sudut rumah dengan baik.

Perangkat ini juga dilengkapi fitur motion tracking. Fungsinya untuk mengawasi pergerakan orang-orang yang lewat di sekitar kamera. Biasanya sering dipakai oleh orang tua dalam memperhatikan pergerakan anak bayi atau balita yang sedang aktif-aktifnya.

6. VStarcam IP Wifi Camera

foto-perangkat-ip-camera-canggih-dan-berkualitas-untuk-jaga-keamanan-rumah-06

Harga : Rp 1.161.000

Mudah diatur, bahkan oleh pemula

Kebanyakan orang mengenal IP Camera sekadar sebagai perangkat untuk merekam aktivitas atau kejadian tertentu di dalam rumah. Namun, berkat kemajuan teknologi zaman sekarang, perangkat ini terus mengalami perkembangan. Di antaranya dapat digunakan untuk komunikasi dua arah. Seperti pada VStarcam IP Wifi Camera.

Produk ini sudah dilengkapi fitur speaker yang dapat mendukung komunikasi dua arah. Caranya, cukup koneksikan perangkat ini dengan Wi-Fi lalu cek hasil video dan audionya menggunakan ponsel Anda. Kamera ini sangat mudah diatur, bahkan oleh orang yang baru pertama kali menggunakan perangkat IP Camera.



5. D-Link DCS-2530L

foto-perangkat-ip-camera-canggih-dan-berkualitas-untuk-jaga-keamanan-rumah-05

Harga : Rp949.000

Desain mini, performa tetap mantap

Produk IP Camera keluaran brand D-LINK ini wajib masuk list Anda. Meski memiliki desain yang mini, performa kamera yang ditawarkan sangat mantap.

Lensa ultrawide-nya mampu merekam angle yang lebarnya mencapai 180 derajat. Jadi, Anda hanya perlu menggunakan satu perangkat kamera ini untuk melihat seluruh bagian ruangan.

Selain itu, IP Camera ini sudah support dengan fitur IR-LED atau night vision. Fungsinya untuk merekam video dengan kualitas bagus di malam hari atau saat gelap. Terdapat pula PIR Sensor yang memungkinkan perangkat ini untuk mendeteksi gerak dan suara dari sekitar.

4. TP-Link NC220 Cloud Camera

foto-perangkat-ip-camera-canggih-dan-berkualitas-untuk-jaga-keamanan-rumah-04

Harga : Rp619.000

Bisa dipasangkan di berbagai titik

Malam hari merupakan waktu yang sering bikin was-was. Apalagi kalau sedang bepergian jauh. Untungnya IP Camera keluaran TP-Link ini sudah dilengkapi banyak fitur yang membuatnya bisa menangkap gambaran kualitas terbaik di malam hari.

Setiap pergerakan dan suara yang ada di sekitarnya pun dapat dideteksi secara otomatis. Di mana nantinya Anda bisa mendapat notifikasi pergerakan tersebut melalui email.



Kamera ini juga memiliki desain yang fleksibel. Cukup dengan menggunakan bantalan lengket atau sekrup, Anda bisa memasangkannya di mana saja. Mulai dari atas meja, dinding, hingga langit-langit ruangan.

3. Baco Smart Mini IP Camera CCTV Spy Cam 1080P – A9

foto-perangkat-ip-camera-canggih-dan-berkualitas-untuk-jaga-keamanan-rumah-03

Harga : Rp302.000

Menjaga sisi luar rumah dengan maksimal

Menjaga keamanan rumah tidak hanya dilakukan dari dalam saja, tapi juga dari sisi luarnya. IP Camera ini sangat cocok dipasangkan di luar rumah.

Bentuknya yang tipis dengan magnetic bracket-nya memungkinkan Anda menyelipkan di berbagai tempat. Misalnya di dekat bel rumah. Bisa juga ditempatkan di dashboard mobil atau stang sepeda.

Resolusi yang dihasilkan dari videonya adalah 1920 x 1080 pixel. Cakupan sudut yang bisa diambil mencapai 150 derajat. Cukup bagus untuk mendapat pandangan secara luas. Metode penyimpanannya menggunakan kartu memori jenis mikro.

2. ESCAM QF130

foto-perangkat-ip-camera-canggih-dan-berkualitas-untuk-jaga-keamanan-rumah-02

Harga : Rp 1.210.000

Gunakan sumber daya solar panel

Satu lagi produk IP Camera yang cocok untuk ditempatkan di luar ruangan. Perkenalkan produk QF130 keluaran brand ESCAM.

Keunggulan utama dari perangkat ini ialah keberadaan solar panelnya. Dengan begitu, Anda bisa meletakkannya di berbagai area sekitar rumah yang tidak terdapat sumber listrik.

Jadi, selama tempat tersebut masih terkena paparan sinar matahari, kamera ini bisa terus bekerja. Tersedia juga baterai yang jadi sumber daya agar bisa terus bekerja pada malam hari. Karena tidak membutuhkan listrik untuk penggunaannya, Anda tentu bisa lebih hemat.



1. Xiaomi Mi Home Security Camera 360° 1080P

foto-perangkat-ip-camera-canggih-dan-berkualitas-untuk-jaga-keamanan-rumah-01

Harga : Rp 385.000

Memberi notifikasi dan peringatan secara akurat

Bukan hanya produk ponsel pintarnya saja yang oke, perangkat keamanan seperti IP Camera dari Xiaomi pun tidak kalah canggihnya. Produk ini memiliki motorhead ganda sehingga mampu merekam objek dalam tampilan horizontal hingga putaran 360°.

Fitur lain yang jadi perhatian adalah shockproof. Ini memungkinkan video dapat terekam secara stabil dan tetap hening walau kepalanya berputar.

Dengan teknologi AI canggih yang ditanamkan di dalamnya, perangkat ini akan memberi notifikasi dan peringatan secara akurat ke ponsel Anda. Ada dua metode penyimpanan yang bisa digunakan, yakni dengan SD card serta Network Attached Storage (NAS).

Kesimpulan

  • Sebelum membeli IP Camera, sebaiknya Anda mempertimbangkankeakuratan respon, ukuran ruangan, jenisnya, serta kualitasnya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan caramerawatnya agar IP Camera bisa digunakan dalam waktu lama.
  • Anda bisa memilih VStarcam IP Wifi Camera,karena memiliki pengaturannya mudah, bahkan oleh pemula.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin IP Camera dengan tampilan video jernih dan jelas, Anda bisa memilih Samsung SmartCam SNH-P6410BN.
  • Namun, bagi Anda yang ingin IP Camera berdesain praktis dan bisa dipasang di berbagai titik area, maka Anda bisa memilih TP-Link NC220 Cloud Camera.

Referensi

1. Liputan6 (2020), Lebih Baik Mana, CCTV atau IP Camera untuk Keamanan Rumah
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4424755/lebih-baik-mana-cctv-atau-ip-camera-untuk-keamanan-rumah
2. Router-Switch (2020), 5 Tips to Choose the Best IP Camera

5 Tips to Choose the Best IP Camera





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Camera CCTV Elektronik


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Perangkat IP Camera Canggih dan Berkualitas untuk Jaga Keamanan Rumah", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »