Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


8 October 2021

Wajib Tahu! Ini Perbedaan Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

By Cekresi .com
Wajib Tahu! Ini Perbedaan Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G


Di tahun 2021, Samsung kembali merilis produk tablet yang diberi nama Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G. Perangkat ini merupakan bagian dari seri ketujuh Galaxy Tab, selain Samsung Galaxy Tab S7 versi regular.



Embel-embel “FE” sendiri diartikan sebagai Fan Edition. Walau terkesan sama, Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G memiliki banyak perbedaan pada spesifikasinya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak perbedaan Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G berikut ini.

Samsung Galaxy Tab S7

foto-perbedaan-samsung-galaxy-tab-s7-dan-samsung-galaxy-tab-s7-fe-5g-01

Harga : Rp9.520.000

Display
Type: LTPS TFT
Resolution: 1600 x 2560 piksel
Size: 11 inch
Network
2G/3G/4G/5G
Platform
OS: Android 10
UI: One UI 2.5
GPU: Adreno 650
CPU: Octa-core
Memory card: microSDXC
RAM/ROM: 6 GB/128 GB, 8 GB/256 GB, 8 GB/512 GB (UFS 3.0)
Chipset: Snapdragon 865 5G+
Camera
Main (Dual): 13 MP+ 5 MP (Video: 4K with 30fps)
Selfie: 8MP (Video: 1080p with 30fps)
Body
Dimension body: 25,38 cm x 16,53 cm x 0,6 cm
Weight: 500 gram (LTE), 502 gram (5G), 498 gram (Wi-Fi)
Colors: Mystic Silver, Phantom Navy, Mystic Bronze, and Mystic Black
Other:
Feature: Proximity, Fingerprint, Compass, GPS, Accelerometer, Bluetooth 5.0
Battery: 8000 mAh, Li-Po (non-removable, with fast charging 45W)
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac/6
USB: Type-C 3.2, magnetic connector

• Desain elegan dengan bodi tipis

Samsung Galaxy Tab S7 hadir dalam diameter 25,38 cm x 16,53 cm x 0,6 cm. Sementara untuk bobotnya terbagi menjadi tiga opsi, yakni 498 gram untuk model Wi-Fi, 500 gram pada versi LTE, serta 502 gram di varian 5G.

Bila diperhatikan, tampilan Galaxy Tab S7 tidak memiliki perbedaan besar ketimbang pendahulunya. Hanya pada versi ini, bodinya dibuat lebih tipis dengan ketebalan hanya 0,6 cm saja.

Perbedaan lain terdapat pada penempatan sylus S Pen-nya. Kini stylus tersebut diletakkan di bagian belakang bodi menggunakan magnet.

Permukaan bodi ini menggunakan laminasi doff sehingga aman dari bekas sidik jari. Samsung Galaxy Tab S7 tersedia dalam empat varian warna yang bisa Anda pilih sesuai selera, yaitu Mystic Silver, Phantom Navy, Mystic Bronze, serta Mystic Black.



Sayangnya, Samsung menempatkan sensor pemindai sidik jarinya di bagian samping bodi bersama dengan tombol power. Mungkin bagus untuk ukuran HP, tapi tentu terasa agak sulit bila diterapkan pada tablet yang memiliki ukuran besar.

• Tampilan layar luas

Bergeser ke bagian layarnya. Samsung Galaxy Tab S7 membawa panel layar jenis LTPS TFT berukuran 11 inci dengan resolusi 1600 x 2560 piksel. Karena bezelnya didesain dengan ketipisan yang sama, Anda mungkin tidak akan merasa terlalu kebesaran atau kekecilan saat memegangnya.

Tidak sampai disitu saja. Samsung Galaxy Tab S7 juga menghadirkan laju penyegaran adaptif hingga 120 Hz. Alhasil pengalaman scrolling Anda akan terasa lebih mulus dan cepat. Menonton konten video atau bermain gim pun akan terasa makin menyenangkan.

• Konfigurasi kamera yang apik

Beralih ke sektor kameranya. Bukan hanya ponsel saja yang bisa jadi sarana fotografi, tablet seperti Samsung Galaxy Tab S7 juga bisa jadi alternatif.

Terlebih, tablet Samsung ini juga menghadirkan stylus S Pen yang mempermudah penggunanya dalam mengoperasikan ragam fitur kameranya.

Pada bagian belakangnya tersemat dua sensor kamera yang terdiri dari lensa utama (wide) beresolusi 13 MP dengan bukaan f/2.0, serta lensa ultra lebar 5 MP berdiafragma f/2.2. Sedangkan kemampuan videografinya mencapai resolusi 4K dengan 30fps.

Sementara di depannya terdapat sebuah lensa selfie berukuran 8 MP dengan aperture f/2.0. Kinerja perekaman videonya sendiri bisa sampai resolusi 1080p pada 30fps.

Kelebihan kamera depannya adalah penempatannya yang tepat di tengah sehingga bisa memberikan hasil tangkapan yang lebih memuaskan.

• Performa oke dengan baterai super awet

Samsung menganugerahi Galaxy Tab S7 dengan chipset berteknologi mumpuni yakni Snapdragon 865 Plus.



SoC keluaran Qualcomm ini menjadi salah satu yang terbaik saat kemunculan tablet ini, dengan besaran kecepatan mencapai 3.1 GHz. Ditambah dengan dukungan grafis dari Adreno 650 dan CPU octa core yang makin memperkuat performanya.

Ada pula dukungan kapasitas RAM 8 GB jenis LPDDR5 serta memori internal yang kapasitasnya bisa mencapai 512 GB. Aktivitas multitasking pun akan terasa makin optimal, termasuk ketika menjalankan aplikasi dan bermain gim.

Bagian lain yang yang tidak boleh dilupakan adalah kapasitas baterainya. Samsung Galaxy Tab S7 menghadirkan baterai jenis Li-Po berkapasitas 8.000 mAh. Ukuran yang masih tergolong besar bagi sebuah tablet.

Samsung mengklaim bahwa kapasitas baterai tersebut memungkinkan penggunanya untuk menonton konten video hingga durasi 15 jam. Selain itu, terdapat pula dukungan fast charging 45W sehingga pengisian dayanya hanya memerlukan waktu 90 menit saja sampai terisi penuh.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S7

  • Desain bodinya simpel dan elegan.
  • Bentang layarnya cukup luas, bezelnya juga tipis.
  • Menghadirkan laju penyegaran mencapai 120Hz.
  • Dibekali chipset Snapdragon 865 Plus yang punya performa apik.
  • Tersedia dukungan RAM 8 GB dengan memori internal berkapasitas hingga 512 GB.
  • Kemampuan kameranya cukup bagus.
  • Kualitas quad speaker-nya mumpuni.
  • Sudah mendukung penggunaan stylus S Pen.
  • Kapasitas baterainya tergolong besar.
  • Punya fitur pengisian daya cepat 45W.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S7

  • Masih memakai panel layar LPTS TFT.
  • Sensor sidik jarinya ditempatkan pada bagian samping bodi.
  • Pengalaman menggunakan aplikasi Android-nya kurang baik.

Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

foto-perbedaan-samsung-galaxy-tab-s7-dan-samsung-galaxy-tab-s7-fe-5g-02

Harga : Rp12.999.000

Display
Type: TFT
Resolution: 1600 x 2560 piksel
Size: 12,4 inch
Network
2G/3G/4G/5G
Platform
OS: Android 11
UI: One UI 3.1
GPU: Adreno 619
CPU: Octa-core
Memory card: microSDXC
RAM/ROM: 4 GB/64 GB, 6 GB/128 GB, 8 GB/ 256 GB
Chipset: Snapdragon 750G 5G
Camera
Main (Single): 8 MP (Video: 1080p with 30fps)
Selfie: 5MP (Video: 1080p with 30fps)
Body
Dimension body: 28,48 cm x 18,5 cm x 0,6 cm
Weight: 608 gram
Colors: Mystic Green, Mystic Pink, Mystic Silver, and Mystic Black
Other:
Feature: Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, GPS, Bluetooth 5.0
Battery: 10090 mAh, Li-Po
Charging: Fast charging 45W
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
USB: Type-C 3.2, magnetic connector

• Bodi yang kukuh dan premium

Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G memiliki dimensi 28,48 cm x 18,5 cm x 0,6 cm. Berbeda dengan versi regulernya, seri ini hanya memiliki satu opsi untuk bobotnya, yakni 608 gram. Karena itu, tablet ini terasa agak berat saat digunakan.



Tablet ini menggunakan material metal pada bagian bodi belakangnya. Alhasil, bodinya jadi tampak lebih kukuh dan memberikan kesan premium. Rasanya kita jadi bisa memaklumi harganya yang tergolong mahal itu.

Samsung tidak hanya menghadirkan warna hitam seperti tablet kebanyakan, tetapi membawa opsi warna yang beragam. Varian warna yang bisa Anda pilih antara lain Mistyc Black, Mistyc Green, Mystic Silver, serta Mystic Pink.

Namun, Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G tidak dibekali dengan sensor pemindai sidik jari. Hal ini sangat disayangkan mengingat mayoritas perangkat pintar zaman sekarang sudah dibekali fitur fingerprint. Meski begitu, Anda masih bisa menggunakan pola, PIN, serta Face ID untuk keamanan.

• Teknologi layar lumayan

Samsung memilih menggunakan panel jenis TFT berukuran 12,4 inci dengan resolusi 1600 x 2560. Entah apa alasan brand asal Korea Selatan tersebut lebih tertarik dengan panel tersebut ketimbang Super AMOLED yang diterapkan pada varian Galaxy Tab S7 Plus.

Apalagi refresh rate layar standarnya hanya sampai angka 60 Hz saja. Tentu sangat disayangkan kalau mengingat versi Plus dan regular yang sudah menghadirkan laju penyegaran dua kali lipat lebih besar, yaitu 120 Hz. Alhasil, pengalaman bermain gim atau melakukan scroll jadi terasa kurang menyenangkan.

• Fitur kamera lumayan

Penurunan spesifikasi juga terjadi pada sektor kameranya. Galaxy Tab S7 FE 5G ini hanya menghadirkan satu buah lensa kamera belakang saja. Itu pun cuma memiliki resolusi 8 MP. Untungnya masih lebih besar dari ukuran lensa selfie-nya yang punya angka 5 MP.

Sementara untuk kemampuan perekamannya pun sama. Baik kamera depan maupun kamera belakang sama-sama mempunyai kinerja videografi beresolusi 1080p dengan 30fps.



• Performa gaming cukup baik

Soal performanya, Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G mengandalkan chipset Snapdragon 720G 5G keluaran Qualcomm.

SoC ini berisikan kartu grafis Adreno 619 serta kombinasi delapan core yang terdiri dari dua inti Kryo 570 (2.2 GHz) dan enam inti Kryo 570 (1.8 GHz). Biasanya chipset ini sering digunakan pada HP kelas menengah.

Meski mengalami beberapa penurunan pada spesifikasinya, sektor baterai dari Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G justru mendapat peningkatan. Table ini ditenagai dengan baterai Li-Po berkapasitas 10.090 mAh.

Dengan kapasitas besar tersebut diklaim oleh Samsung mampu bertahan selama 12 jam untuk browsing menggunakan Wi-Fi dan LTE, serta memiliki durasi video playback hingga 13 jam.

Tidak lupa disertakan juga fitur fast charging berdaya 45W yang mampu melakukan pengecasan hingga baterai penuh dalam durasi satu setengah jam saja.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

  • Bodinya terbuat dari material metal yang kukuh.
  • Desain bodinya terkesan elegan dan premium.
  • Bentang layarnya lumayan lebar.
  • Kapasitas baterainya besar dan tahan lama.
  • Performa chipsetnya cukup baik.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

  • Bodinya cukup berat dan tebal.
  • Absennya fitur pemindai sidik jari.
  • Jumlah dan resolusi kamera belakangnya mengalami penurunan.
  • Laju penyegarannya hanya sampai 60 Hz saja.

Perbedaan Samsung Galaxy Tab S7 & Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

Sebagai bagian dari tablet Galaxy Tab S7 keluaran Samsung, wajar bila ada beberapa kesamaan di antara Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7. Meski begitu, keduanya tetap memiliki beberapa perbedaan pada spesifikasinya, antara lain:

  • Samsung Galaxy Tab S7 memiliki dimensi 25,38 cm x 16,53 cm x 0,6 cm, sedangkan diameter pada Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G adalah 28,48 cm x 18,5 cm x 0,6 cm.
  • Lensa kamera selfie pada Samsung Galaxy Tab S7 memiliki resolusi 8 MP, sedangkan resolusi kamera depan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G mengalami penurunan menjadi 8MP.
  • Kamera belakang Samsung Galaxy Tab S7 telah support perekaman video maksimal di resolusi 4K dalam 30 fps, sedangkan dukungan videografi pada kamera depan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G hanya sampai 1080 dalam 30 fps saja.
  • Samsung Galaxy Tab S7 memiliki bobot 500 gram (LTE), 502 gram (5G), dan 498 gram (Wi-Fi), sedangkan berat bodi Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G mencapai 608 gram.
  • Samsung Galaxy Tab S7 diotaki chipset Snapdragon 865 5G+, sedangkan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G mengandalkan Snapdragon 750G 5G.
  • Samsung Galaxy Tab S7 mempunyai varian warna Mystic Black, Mystic Bronze, Phantom Navy, dan Mystic Silver, sedangkan opsi warna pada Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G adalah Mystic Black, Mystic Green, Mystic Pink, serta Mystic Silver.
  • Samsung Galaxy Tab S7 memiliki laju penyegaran mencapai 120 Hz, sedangkan angka refresh rate pada Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G hanya sampai 60 Hz.
  • Kapasitas baterai Samsung Galaxy Tab S7 hanya 8.000 mAh, sedangkan kapasitas baterai Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G mencapai 10090.

Samsung Galaxy Tab S7 vs Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G, mana yang paling bagus?

Pada dasarnya, Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 FE 5G merupakan bagian dari keluarga Galaxy Tab S7 keluaran Samsung. Walau terkesan sama, namun keduanya tetap menghadirkan beberapa perbedaan.



Samsung Galaxy Tab S7 dibekali dengan chipset Snapdragon 865 5G+ dengan fabrikasi 7 nm+. Sedangkan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G diotaki SoC Snapdragon 750G 5G dengan manufaktur 8 nm.

Perbedaan lain terdapat pada laju penyegaran pada layarnya. Di mana Samsung Galaxy Tab S7 memiliki laju penyegaran mencapai 120 Hz. Sementara angka refresh rate pada Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G hanya 60 Hz.

Resolusi lensa kamera depan pada kedua tablet Samsung ini juga tidak sama. Samsung Galaxy Tab S7 dibekali lensa selfie beresolusi 8 MP. Sementara lensa kamera depan pada Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G hanya menyuguhkan resolusi 5 MP.

Samsung Galaxy Tab S7 sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan tablet dengan performa apik dan kemampuan fotografi mumpuni. Sementara bila Anda mencari tablet dengan kapasitas baterai super besar, Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G adalah solusi terbaik.

Kesimpulan

  • Samsung Galaxy Tab S7 & Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G merupakan produk tablet keluaran Samsung dari seri Galaxy Tab S7 yang rilis pada tahun berbeda.
  • Samsung Galaxy Tab S7 & Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G memiliki perbedaan spesifikasi pada dimensi, bobot, resolusi kamera, kemampuan videografi, varian warna, chipset, sistem operasi, laju penyegaran, kapasitas penyimpanan, serta kapasitas baterai.
  • Sementara persamaan dari Samsung Galaxy Tab S7 & Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G terdapat pada resolusi layar, ketersediaan slot mircoSD, versi Bluetooth, serta jenis baterainya.

Referensi

  1. GSM Arena (2020), Samsung Galaxy Tab S7, https://www.gsmarena.com/samsung_galaxy_tab_s7-10337.php
  2. GSM Arena (2021), Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G, https://www.gsmarena.com/samsung_galaxy_tab_s7_fe-10922.php



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik Elektronik Handphone Samsung


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Wajib Tahu! Ini Perbedaan Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »