Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


9 May 2021

Vivo Y12: Ponsel Murah dengan Triple Kamera dan Baterai Jumbo

By Cekresi .com
Vivo Y12: Ponsel Murah dengan Triple Kamera dan Baterai Jumbo


Beberapa waktu lalu Vivo merilis seri ponsel murah dan berkualitas dengan harga 1 jutaan saja. Seri tersebut bernama Vivo Y12. Spesifikasi Vivo Y12 ini ternyata juga tidak kalah bagus dengan ponsel yang dibanderol dengan harga di atas 2 jutaan.



Vivo awalnya memang banyak meluncurkan ponsel untuk kelas menengah ke atas dengan rentang harga 2 hingga 5 jutaan. Namun akhir-akhir ini mereka mulai merambah segmen menengah ke bawah, dengan rentang harga 1 hingga 2 jutaan saja.

Dengan banyaknya ponsel murah yang dirilis, tentunya membuat Vivo semakin mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia.

Buktinya saat ini Vivo diklaim mampu menguasai pasar nasional bersama Oppo. Bahkan produk asal China ini berhasil menggeser dominasi Samsung. Untuk Y12 series sendiri, kini mampu bersaing dengan Xiaomi yang biasanya menguasai pasar ponsel menengah ke bawah dengan spek yang bagus.

Selain membahas kelebihan Y12 yang berbaterai jumbo dan mempunyai triple kamera, pada artikel kali ini juga akan dibahas sekilas tentang varian Y12 series, berbagai keunggulan Vivo Y12 lainnya, serta spesifikasi lengkapnya. Berikut ini pembahasannya lebih lanjut.

Varian Vivo Y12

foto-vivo-y12-ponsel-murah-dengan-triple-kamera-dan-baterai-jumbo-1

Hadirnya Y12 series ini semakin mematahkan anggapan bahwa Vivo hanya untuk kalangan menengah ke atas saja. Strategi pemasaran yang menjangkau semua kalangan ini tentunya semakin meningkatkan penjualan merek ini.

Apalagi target pasar di luar China yang banyak memprioritaskan negar-negara berkembang yang banyak penduduknya. Seperti halnya di Indonesia, ponsel dengan harga terjangkau selalu laris diburu.

Y12 series telah mengeluarkan tiga variannya. Masing-masing varian memiliki spek, harga, dan kualitas yang hampir sama. Ketiga varian tersebut yaitu Y12, Y12i, dan Y12s.



Dilihat dari segi harga Y12i merupakan Yseries paling murah dengan harga sekitar 1,8 juta. Sementara varian yang lain dibanderol dengan harga 1,9 jutaan. Chipset Y12i juga menggunakan merek Snapdragon. Sedangkan untuk dua seri lainnya menggunakan merek Helio.

Besarnya kapasitas baterai, RAM, memori, dan resolusi kamera ketiga varian inipun sama. Perbedaan menonjol hanya dari beberapa segi, misalnya dari segi layar. Y12s sedikit lebih lebar dengan ukuran layar 6,51 inci, sementara dua seri yang lain sama-sama berukuran 6,35 inci.

Berbicara soal kamera utama, perbedaannya terletak pada segi kuantitasnya. Y12 lebih unggul dengan triple kamera dari pada varian lainnya. Sedangkan dari segi desain Y12s tampak lebih menawan, dengan menggunakan glass look desain.

Vivo Y12 memang menjadi salah satu Yseries yang paling banyak dicari hingga kini. Dengan triple kamera dan baterai jumbonya, Y12 ini sepertinya memang sayang untuk Anda lewatkan.

Pada awal kemunculannya di Indonesia, Y12 ini memang dibanderol dengan harga di atas 2 jutaan. Namun untuk tahun ini, Anda sudah bisa membelinya hanya dengan harga 1,9 jutaan saja. Sejauh mana keunggulan Y12 ini, mari kita simak penjelasannya satu persatu.

Kapasitas baterai jumbo

foto-vivo-y12-ponsel-murah-dengan-triple-kamera-dan-baterai-jumbo-2

Seri Y12 ini hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Sebagai ponsel kelas low-end, besarnya daya baterai tersebut memang mengejutkan. Baterai jumbo umumnya hanya dipakai oleh ponsel-ponsel kelas menengah ke atas. Vivo tampaknya berani melakukan terobosan yang cukup inovatif.



Dengan baterai berkapasitas jumbo, Anda bisa menggunakan ponsel ini seharian. Lebih menyenangkan lagi, Anda juga tidak perlu khawatir baterai tiba-tiba lowbat saat berada di perjalanan.

Pihak Vivo sendiri mengklaim baterai Y12 ini dapat bertahan lama meskipun digunakan untuk menonton video ataupun bermain game. Tidak lupa pula seri ini juga dilengkapi fitur hemat daya, yang membuat penggunaan hp berlangsung lebih lama.

Sayangnya perangkat ini belum didukung teknologi fast charging. Hal ini membuat Anda harus menunggu lama jika mengisi daya baterai. Kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai ini sekitar 2 hingga 2.5 jam.

Umumnya baterai berdaya besar memang memerlukan waktu pengecesan yang lebih lama dari pada baterai berkapasitas standar. Jadi Anda harus sedikit bersabar.

Kualitas kamera lumayan ok

foto-vivo-y12-ponsel-murah-dengan-triple-kamera-dan-baterai-jumbo-3

Meskipun harganya sangat terjangkau, seri ini sudah mengikuti tren kekinian dengan multiple kamera. Tidak main-main, kamera belakangnya menggunakan triple kamera sekaligus.

Lensa kameranya juga sudah memiliki resolusi yang cukup tinggi. Baik kamera depan dan belakangnya juga sudah disokong teknologi AI.

Kamera belakangnya terdiri dari kamera utama yang memiliki resolusi 13MP. Lalu lensa superwide 8MP, yang bisa memperluas pandangan hingga 120 derajat. Memakai lensa ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan hasil foto secara portrait, tapi juga secara landscape. Lensa ke tiga resolusinya sebesar 2MP. Lensa ke tiga ini berfungsi mempertajam foto hasil jepretan Anda.



Untuk kamera selfie-nya memiliki resolusi sebesar 8MP. Walaupun tidak sebesar resolusi kamera utamanya, Anda masih bisa mendapatkan hasil foto selfi yang cantik.

Hal itu dikarenakan ponsel ini telah didukung teknologi AI Face Beauty, serta mode portrait. Menggunakan Vivo Y12, membuat aktivitas fotografi Anda semakin menyenangkan.

Desain cantik dan mewah

foto-vivo-y12-ponsel-murah-dengan-triple-kamera-dan-baterai-jumbo-4

Walaupun tergolong ponsel kelas entery level, seri Vivo Y12 ini didesain dengan cantik dan mewah. Tidak kalah dengan ponsel-ponsel yang dibanderol dengan harga di atas 3 jutaan.

Vivo tampaknya bekerja keras agar ponselnya ini tidak terlihat seperti ponsel murah lainnya. Untuk itulah Vivo sengaja mendesain Y12 ini menyerupai ponsel-ponsel kelas menengah ke atas.

Bodi ponsel ini memiliki kesan mengkilap layaknya ponsel mewah. Ditambah lagi desain triple kamera di belakang, yang membuat tampilannya semakin trendy. Terlihat sangat cocok untuk dikenakan anak muda jaman sekarang.

Casing belakangnya memang hanya terbuat dari plastik polycarbonat. Namun casing dari plastik tersebut tertutupi dengan warna-warna yang cantik.

Ada dua pilihan warna elegan yang Vivo tawarkan. Warna tersebut antara lain aqua blue dan burgundy red. Warna-warna indah tersebut terinspirasi dari alam.



Hasilnya seri Y12 ini terlihat lebih elegan dan berkelas. Tidak hanya itu, Anda pastinya juga akan merasa nyaman memegang smartphone ini karena ukurannya begitu pas ditangan.

RAM besar

foto-vivo-y12-ponsel-murah-dengan-triple-kamera-dan-baterai-jumbo-5

Walaupun dirilis tahun 2019 lalu, hingga saat ini Vivo Y12 masih banyak dicari konsumen. Hal ini tentu karena harganya yang terjangkau dan memiliki RAM yang besar.

Di website resmi Vivo sendiri, seri Y12 ini sekarang dibanderol dengan harga 1,9 jutaan. Ponsel ini juga memiliki dua pilihan RAM sebesar 3GB dan 4GB.

Untuk ponsel direntang harga 1 jutaan memang belum banyak yang menyediakan RAM yang cukup besar. Namun Vivo Y12 tidak hanya datang dengan menawarkan baterai jumbo tapi juga RAM yang besar. Dengan RAM yang cukup besar ini Anda bisa memasang banyak aplikasi.

Selain itu,perangkat ini juga memiliki dua pilihan memori internal yang juga cukup besar. Memori internalnya mencapai 32GB dan 64GB.

Bahkan Anda masih bisa menambah ruang penyimpanan eksternal dengan microSD. Besarnya hingga mencapai 256GB. Menariknya lagi slot microSD tersebut diletakan terpisah dengan slot nano SIM card.

Jika Anda pecinta dual SIM card, Anda benar-benar akan dimanjakan dengan slot yang terpisah tersebut. Adanya ruang penyimpanan yang besar ini, membuat Anda bisa menyimpan banyak file gambar, dokumen, audio maupun video.



Performa mumpuni

foto-vivo-y12-ponsel-murah-dengan-triple-kamera-dan-baterai-jumbo-6

Kelebihan lainnya dari seri ini adalah performanya yang cukup baik. Hal ini dikarenakan hp ini dilengkapi prosesor Octa-core 2.0 Ghz Cortex-A53 dan chipset dari Mediatek MT6762 Helio P22 (12nm). Dukungan chipset, prosesor dan RAM yang besar akan membuat ponsel ini jarang mengalami lag ketika menjalankan aplikasi atau bermain game.

Memang jika dibandingkan dengan merek lain (Redmi 9 atau Realme C3) yang memiliki harga hampir sama, chipset ponsel ini terbilang masih kalah. Merek lain umumnya sudah menggunakan snapdragon 600 series.

Namun chipset dari Mediatek ini terbilang lebih menghemat daya baterai dari pada chipset lainnya. Oleh karenanya tidak ada salahnya jika Anda memilih Vivo Y12.

Performa yang bagus juga didapatkan dari OS Android 9 Pie. Dengan OS ini berbagai aplikasi juga bisa dijalankan tanpa adanya kendala. Android Pie juga membawa sistem keamanan yang baik berupa PIN atau pola.

Selain itu juga terdapat pilihan metode pengamanan lainnya. Contohnya saja fingerprint sensor dan face unlock. Sistem keamanan bawaan tersebut cukup bisa diandalkan.

Sementara dari segi grafis, ponsel ini memakai kartu grafis yang tergolong bagus. Adanya graphic card PowerVR GE8320, ternyata membuat performahp ini semakin meningkat.



Kartu grafis tersebut juga membuat seri ini mampu menampilkan video berformat HD dan grafis game yang cukup tinggi. Untuk ukuran ponsel low-end, spek Vivo Y12 ini memang terlihat bukan ponsel murahan.

Teknologi layar canggih

foto-vivo-y12-ponsel-murah-dengan-triple-kamera-dan-baterai-jumbo-7

Vivo Y12 ini memiliki layar berukuran 6,35 inci, yang telah menggunakan teknologi IPS LCD. Resolusi layarnya hanya 720 x 1544 pixel (HD+), boleh dibilang kurang bagus jika dibanding ponsel masa kini yang rata-rata memiliki resolusi di atasnya.

Namun berkat teknologi yang dimiliki Y12 ini, tampilannya terlihat lebih jernih. Gambarnya juga terlihat tajam dan lebih detail.

Smartphone ini juga mengusung desain layar Ultra All Screen dengan waterdrop notch di bagian atasnya. Dibagian tersebut ditempatkan pula sebuah kamera selfie.

Keunggulan lainnya, seri ini juga sudah mendukung gesture control yang dapat dioperasikan langsung pada layarnya.

Ditambah lagi, ponsel ini menggunakan layar Halo FullView. Jadi meskipun layarnya terdapat notch atau punch hole, sistem layar tersebut akan menyesuaikan ukuran. Hasilnya pandangan Anda tidak akan terganggu.

Tampilan ponsel ini menggunakan model semi bazelless. Meskipun begitu dengan aspek rasio dan bodi screen rasio mencapai 89 %, tampilannya terlihat lebih melegakan. Bahkan besaran aspek rasio tersebut umumnya hanya digunakan oleh ponsel-ponsel flagship.

Namun yang harus Anda perhatikan ketika membeli hp ini adalah Anda harus membeli pelindung anti gores sendiri secara terpisah. Hal ini dikarenakan seri ini belum menyediakan pelindung layar Corning Gorilla Glass.



Didukung fitur dan konektivitas yang canggih

foto-vivo-y12-ponsel-murah-dengan-triple-kamera-dan-baterai-jumbo-8

Jika Anda pengguna setia Vivo, tak ada salahnya mencoba seri Y12 ini. Selain memiliki banyak keunggulan seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, seri ini juga memiliki sederet fitur yang canggih.

Salah satunya adalah fitur Ultra Game Mode. Fitur ini membuat bermain game online semakin lancar. Fitur ini memang sengaja dirancang agar kegiatan gaming semakin menyenangkan.

Y12 juga mempunyai beberapa fitur unggulan lainnya. Misalnya saja dual turbo dan competition mode. Fitur tersebut berguna untuk menjalankan game-game yang cukup berat. Hasilnya performa ponsel ini lebih cepat saat bermain game yang cukup berat.

Terlebih lagi dukungan RAM, chipset, dan baterai jumbo, membuat aktivitas gaming Anda semakin bebas kendala.

Bicara soal konektivitas, ponsel dari China ini menyodorkan teknologi Bluetooth 5.0. Dengan konektivitas tersebut proses transfer data akan menjadi lebih cepat.

Jangkauannya juga lebih luas dan stabil, sehingga mampu terhubung dengan perangkat audio wireless. Konektivitas yang canggih ini juga didukung jaringan 4G. Sehingga aktivitas streaming atau game online semakin berjalan lancar.

Dari berbagai keunggulan yang ditawarkan, Vivo Y12 tampaknya sengaja ingin menampilkan imej ponsel yang tidak murahan.

Jadi Anda tidak perlu ragu dan malu untuk tampil bersama Y12 saat berbaur dengan komunitas Anda. Speknya mumpuni, harganyapun terjangkau, tidak perlu khawatir kantong Anda jebol. Untuk mengupas lebih jauh tentang speknya, berikut di bawah ini daftar spesifikasi lengkapnya.



Spesifikasi Vivo Y12
ROM : 3GB/ 4GB (dapat ditambah sampai 256GB Menggunakan microSD)
RAM : 32GB / 64GB
Sistem Operasi : Android 9.0 Pie
User Interface (UI) : Funtouch OS 9
Chipset : Mediatek MT6762 Hello P22 (12 nm)
Prosesor : Octa-core 2.0 GHZ Cortex A53
Kartu Grafis : PowerVR GE8320

Layar
Ukuran : 6,35 inci (screen-to-body-ratio 89%)
Jenis : IPS LCD (capacitive touchscreen)
Resolusi : 720 x 1544 pixel (HD+) (~268 ppi)
Model : Semi-bezelless dengan waterdrop notch

Kamera
Depan : 8MP
Belakang : 13MP + 8MP (ultrawide) + 2MP (depth sensor) Port jack 3,5mm

Konektivitas
Bluetooth : Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB : microUSB 2.0, USB On-The-Go
WLAN : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi, Direct hotspot
Radio : FM Radio
GPS : A-GPS,BDS, BeiDou, GLONASS, Galileo
NFC : Ada

SIM Card : Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Jaringan : GSM/WCDMA/HSPA/HSDPA/FDD-LTE/TDD-LTE/LTE-A/LTE
Berat : 190,5 gram (dengan baterai)
Dimensi : 159,43 x 76,77 x 8,92 mm

Baterai
Kapasitas Daya : 5000 mAh (TYP)
Jenis : Non-removable Lithium polymer
Warna : Burgundy Red, Aqua Blue

Kesimpulan

  • Vivo Y12 banyak diburu pembeli karena harganya yang murah, daya baterainya yang jumbo, serta triple kamera utamanya yang kekinian.
  • Selain itu Vivo Y12 juga memiliki sederet kelebihan lainnya yang patut diperhitungkan. Misalnya saja Memorinya yang cukup besar dan desainnya yang tampak mewah dan elegan.
  • Seri Y12 ini juga didukung prosesor yang mumpuni dan chipset yang hemat daya.
  • Ditambah lagi dengan adanya berbagai fitur canggih dan konektivitas bluetooth andalan masa kini.
  • Selain nyaman digenggam, Y12 ini juga menggunakan teknologi layar yang canggih. Hasilnya gambar terlihat lebih tajam dan lebih detail.

Referensi

1. Adi karyanto (2020), Kelebihan Vivo Y12, Berbekal Layar dan Baterai Besar Tapi Harga Murah, https://www.harapanrakyat.com/2020/05/kelebihan-hp-vivo-y12-berbekal-layar-dan-baterai-besar-tapi-harga-murah/
2. Vivo Y12, https://www.vivo.com/id/products/y12
3. Vivo Y12, https://www.gsmarena.com/vivo_y12-9729.php



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik Handphone HP Smartphone Vivo


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Vivo Y12: Ponsel Murah dengan Triple Kamera dan Baterai Jumbo", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »