Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


11 June 2021

Vivo S9E: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan

By Cekresi .com
Vivo S9E: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan


Bagi Anda yang sedang mencari smartphone, tentu spesifikasi menjadi bahan pertimbangan utama. Selain itu, kelebihan dan kekurangan juga penting untuk diketahui agar Anda semakin yakin saat memilihnya. Dan, kali ini kami akan sajikan lengkap ulasandari Vivo S9E.



Seperti diketahui, Vivo S9E diluncurkan pada bulan Maret 2021 dan dibanderol dengan harga kisaran lima jutaan saja. Spesifikasinya pun terbilang mumpuni dan cocok digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas produktif Anda sehari-hari.

Perangkat ini merupakan penerus dari Series S Vivo sebelumnya. Pada konsep desain, tidak tampak perbedaan secara langsung. Namun dari segi hardware dan software, jelas lebih baik dari generasi terdahulu, yaitu Vivo S7. Vivo S9E ini diluncurkan bersamaan dengan Vivo S9.

Keduanya sama-sama telah mendukung jaringan 5G dan dilapisi OriginOS, yang merupakan sistem antar muka baru milik Vivo.

Perbedaan paling menonjol antara Vivo S9 dengan S9E yaitu pada chipset, harga, dan juga kamera depannya. S9 menggunakan dua kamera depan, sedangkan S9E hanya ada satu kamera selfieyang didesain seperti tetesan air.

Harga keduanya juga cukup jauh berbeda, S9E adalah versi ekonomis dari S9. Jika S9E dibanderol dengan rentang harga 4,9 juta hingga 5 jutaan, S9 bisa mencapai 6 hingga 7 jutaan.

Sedangkan untuk chipset, masih menggunakan merek yang sama dari Mediatek. Akan tetapi S9 menggunakan Mediatek Dimensity 1100, sedangkan S9E berada di bawahnya yaitu Dimensity 820.

Untuk mengenal lebih jauh produk smartphone terbaru asal China ini, mari kita kupas berbagai kelebihan, kekurangan, serta spesifikasinya berikut ini.

Spesifikasi Vivo S9E

Tipe layar : AMOLED
Ukuran layar : 6,44 inci
Resolusi : 1080 x 2400 piksel, rasio (409 ppi)
Tampilan : laju penyegaran 90Hz, HDR10+
Perlindungan : –
RAM : 8 GB
Memori internal : 128 GB, 256 GB
MicroSD : Tidak ada
Slot MicroSD : Tidak Ada
Kamera Depan : 32 MP
Kamera Belakang : Triple kamera, 64 MP(wide), 8MP(ultrawide), 2MP (kedalaman)
Vidio : 4K@30fps, 1080p@30fps, gyro-EIS
Kapasitas Baterai : 4000mAh
Jenis Baterai : Li-lon
Pemasangan : Non removable
Fast Charging : 33W
Wireless Charging : Tidak ada
SIM : Nano SIM
Dual SIM : Ya
Jaringan 2G : GSM SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G : HSDPA
Jaringan 4G : LTE
Jaringan 5G : 5G band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 28(700)
40(2300), 41(2500),77(3700), 78(3500), 79(4700); SA/NSA



Berat : 175 gram
Dimensi : 161 x 74 x 7.7 mm
Warna : Black, starry blue, white
Sistem Operasi : Android 11
Desain Antarmuka : OriginOS 1.0
Chipset : MediaTek Dimensity 820 (7 nm)
CPU : Octa-core
GPU : Mali-G57 MC5
WiFi : Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi
Direct, hotspot
Bluetooth : 5.0
GPS : Ya, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Infrared : Tidak ada
Radio FM : Tidak ada
NFC : Tidak ada
USB : USB Tipe-C, USB On-The-Go
Sensor : Fingerprint (bawah layar, optik), accelerometer,
Gyro, proximity, kompas
Jack Audio : Tidak ada

Kelebihan Vivo S9E

Smartphone yang rilis pada bulan maret tahun 2021 ini menawarkan berbagai kelebihan agar tampak lebih istimewa.

Ada dua tipe pada Vivo S9E ini, yakni model dengan memori internal 128 GB dan 256 GB. Keduanya memiliki spek yang sama. Harga pada tiap tipe berkisar 4,9 juta serta 5,6 juta. Adapun kelebihan dari seri tersebut antara lain :

1. Hardware dan software yang bagus

foto-vivos9e-spesifikasi-kelebihan-kekurangan-1

Komponen hardware pada ponsel pintar ini sudah sangat bagus untuk kelas yang diwakilinya. Sebagai contoh adalah penggunaan chipset Mediatek Dimensity 820 5G fabrikasi 7 Nm. Chipset diklaim memiliki banyak kelebihan dibanding pesaing lain pada kelasnya.

Keunggulan menggunakan sistem Dimensity 820 5G berada pada kecerdasan buatan, serta kecepatan dalam jaringan. Ditambah juga dengan kelebihan dalam multimedia bersama kejituan dalam mengambil gambar atau video. Chipnya juga sudah bekerja sama dengan prosesor handal empat-core Arm Cortex-A76.

RAM pada Vivo S9E juga cukup besar, karena memiliki kapasitas sampai 8 GB. Jelas sangat mencukupi untuk berbagai kegiatan. Bahkan aktivitas gaming, streaming, dan aktivitas berat lainnya bisa berjalan lancar.



Ditambah pula ada variasi ROM yang menjadi pilihan pada ponsel ini, yakni tipe dengan ROM sebesar 128 GB dan 256 GB. Ruang penyimpanan yang besar memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak file serta berbagai aplikasi lain.

Dengan dukungan chipset yang handal serta kapasitas memori yang besar, Vivo S9E ini pantas menjadi incaran para gamer. Terlebih kecepatan konektivitas data juga sudah melebihi ponsel yang terdahulu. Tidak heran jika kehadiran seri ini sangat dinantikan oleh para pengguna setia.

Perangkat ini juga ada tambahan berupa 5 core ARM Mali G57. Akibatnya tampilan grafik semakin jernih, bahkan nampak lebih tajam. Jadi saat membuka video atau bermain game, layarnya kelihatan lebih terang sehingga tetap nyaman di mata.

Untuk softwarenya sendiri telah menggunakan OS Android 11 dan OriginOS 1.0. Hal ini lebih baik dari Vivo S9 yang hanya menggunakan Android 10.

Sudah banyak diketahui bahwa Android 11 ini memiliki keunggulan dari pada versi pendahulunya. Misalnya saja dari segi keamanan dan privasi, adanya fitur baru screen recorder, dark mode yang adaptif, kontrol notifikasi yang lebih baik lagi, dan sebagainya.

Apalagi dengan dukungan sistem antar muka terbaru dari Vivo, OriginOS 1.0. Hal ini membuat performa sistem operasi S9E ini lebih baik dari pendahulu-pendahulunya seperti Vivo S7.

2. Desain yang mewah dan ramping

foto-vivos9e-spesifikasi-kelebihan-kekurangan-2

Kelebihan lain yang terdapat pada Vivo S9E adalah body yang ramping. Tampilannya juga terlihat mewah dan lengkungannya tampak elegan.

Desainnya tidak jauh berbeda dari seri pendahulunya. Ukurannya pas pada genggaman tangan, sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Selain itu, punggung Vivo S9E juga memiliki varian warna yang indah. Ada tiga pilihan warna yaitu warna hitam, putih, serta starry blue.

Starry blueini yang menjadi banyak incaran karena tampak lebih mengkilap. Namun secara keseluruhan, warna yang ditawarkan memiliki konsep yang sama yakni mewah.



3. Kualitas kamera yang mumpuni

foto-vivos9e-spesifikasi-kelebihan-kekurangan-3

Untuk mendukung hobi memotret, ada tambahan triple kamera belakang yang memiliki resolusi sangat tajam. Tiga kamera tersebut saling berinteraksi dalam menghasilkan kualitas foto yang jernih. Bahkan hasil foto tampak sangat mirip dengan realita.

Kamera utama dengan resolusi 64MP bekerja sebagai sensor Wide. Sedang kamera kedua yang memiliki resolusi 8MP bertugas ultra Wide. Sedang kamera ketiga sebesar 2MP, lebih berperan untuk memperjelas titik yang menjadi fokus dalam sebuah gambar.

Tidak mengherankan jika potret yang dihasilkan oleh ketiga kamera tersebut tampak menakjubkan. Ditambah lagi dengan adanya fitur dual flash yang mampu menambahkan cahaya saat berada di lokasi yang gelap. Membidik foto dalam kondisi seperti apapun tetap akan terasa lebih cerah.

Pada kamera belakang tersebut ada pula tambahan kemampuan untuk membuat video dengan teknologi gyro-EIS. Teknologi tersebut menangkap setiap gerakan pada video tanpa adanya cacat. Jadi hasil akhir pada video yang diambil terlihat lebih menyatu serta tampak smooth.

Tidak hanya kamera belakang yang tampil paripurna, kamera depan pada Vivo S9E juga sangat mumpuni. Dengan resolusi sebesar 32MP, maka foto selfie akan tampak lebih sempurna. Wajar jika pada akhirnya fitur kamera juga menjadi salah satu kelebihan yang diunggulkan oleh ponsel seri ini.

4. Mendukung jaringan 5G

foto-vivos9e-spesifikasi-kelebihan-kekurangan-4



Kelebihan lainnya dari Vivo S9E adalah sudah mendukung jaringan 5G. Teknologi jaringan paling anyar ini diklaim memiliki kecepatan maksimal hingga 10 Gbps (giga byte perdetik). Jauh lebih tinggi dari teknologi 4G yang hanya mencapai 100Mbps.

Jaringan 5G sangat cocok untuk orang yang menikmati streaming film karena dapat mengunduh semua file dalam waktu singkat. Begitu juga dengan pecinta game online, sebab tidak lagi harus mengalami bug karena jaringan yang terhambat.

5. Layar lebar dan jernih

foto-vivos9e-spesifikasi-kelebihan-kekurangan-5

Pada bagian muka atau layar ponsel, Vivo S9E menggunakan layar Amoled yang memiliki kemampuan 90hz dalam kedipan layar. Tidak heran jika penampilan visual melalui layar ponsel pintar ini lebih realistis dan rapi.

Gambar yang dihasilkan juga kelihatan lebih lembut jadi tidak menjadi masalah meski dipandang dalam waktu cukup lama.

Layar Vivo S9E berukuran 6,44 inchi dengan resolusi FHD plus(1080 x 2400 pixel), terlihat begitu jernih dan lebar.

Walhasil kegiatan bermain game atau menonton video lebih mengasyikkan. Terlebih lagi rasio pada gambar adalah 20:9, dibarengi dengan kerapatan sampai 409 ppi membuat mata pengguna Vivo S9E terasa semakin dimanjakan.

6. Baterai yang awet

foto-vivos9e-spesifikasi-kelebihan-kekurangan-6

Sudah menjadi kesepakatan umum, bahwa baterai yang kuat dan awet menjadi salah satu faktor penentu saat memilih sebuah smartphone.

Anda tidak perlu ragu dengan keawetan baterai Vivo S9E, dikarenakan seri ini memiliki kapasitas baterai sebesar 4000 mAh. Apalagi baterai ini dari jenis Li-Po yang umumnya digunakan pada ponsel flagship.



Meskipun masih di bawah 5000 mAh, terbilang cukup awet untuk dipakai seharian. Apalagi adanya dukungan fitur pengisian cepat 33W.

Anda bisa mengisis penuh hanya dalam waktu satu jam saja. Teknologi fast charging ini mentransfer daya listrik dari charger ke dalam smartphonedalam waktu singkat. Sangat cocok untuk Anda yang malas menunggu lama.

7. Memiliki konektivitas yang bagus

foto-vivos9e-spesifikasi-kelebihan-kekurangan-7

Hal lain yang tak boleh luput dari pembicaraan adalah konektivitas pada Vivo S9E. Tanpa konektivitas yang bagus, maka keberadaan ponsel menjadi lebih mudah diabaikan.

Terlebih pada masa teknologi yang kian maju saat ini. Dimana komunikasi memegang peranan penting dalam setiap aktivitas.

Konektivitas yang tersedia di ponsel ini seperti Bluetooth, USB On The Go dan USB type C. Sistem navigasinya juga telah mengalami perkembangan menakjubkan. Ini dibuktikan melalui hadirnya kombinasi sistem A-GPS, GLONASS, BDS, juga Galileo.

Kombinasi sistem tersebut memberikan keakuratan pada titik lokasi yang dikirim. Jadi tidak ada lagi resiko tersesat karena peta lokasi yang salah.

8. Dilengkapi fitur pemindai sidik jari

foto-vivos9e-spesifikasi-kelebihan-kekurangan-8

Kelebihan S9E selanjutnya adalah adanya fitur pemindai sidik jari. Fitur ini hadir untuk memberikan perlindungan lebih terhadap pengguna Vivo S9E. Terlebih letak pemindai sidik jari ini terletak pada layar optik, salah satu teknologi terbaru saat ini.



Finger print dipandang lebih aman daripada gambar pola atau kata sandi untuk mengunci ponsel. Jadi para pengguna tidak perlu lagi cemas ponsel akan dibuka oleh orang lain.

Kekurangan Vivo S9E

Sebagaimana lazimnya sebuah barang elektronik lain, ada kekurangan yang belum bisa dicover sepenuhnya. Masih ada kelemahan-kelemahan yang harus diperbaiki lagi pada seri yang akan datang. Walaupun begitu sebenarnya kekurangan yang ada ini masih dapat dimaklumi.

1. Tidak ada slot kartu SD

Kekurangan pertama yang terasa begitu mencolok adalah tidak adanya Slot untuk SD card. Jadi pengguna hanya bisa mengandalkan memori bawaan dari ponsel, tanpa bisa memasukkan kartu memori baru.

Namun mengingat memori internal yang besarnya mencapai 256 dan RAM 8GB, Anda tidak akan terlalu dipusingkan dengan tidak adanya eksternal memori.

Jika memori sudah hampir penuh, Anda bisa memindahkan file ke ke PC/laptop atau menghapus file-file yang sudah tidak digunakan lagi.

2. Tidak ada pelindung layar

Bagaimanapun juga, layar harus selalu dilindungi agar tidak terkena benturan keras yang bisa membuatnya pecah. Ada beberapa tipe smartphone yang sudah dibekali pelindung layar sejak awal pembelian.

Namun pada Vivo S9E tidak terdapat pelindung layar bawaan asal. Pengguna harus membeli pelindung layar sendiri.

3. Tidak ada koneksi NFC

NFC adalah singkatan dari near field communication atau komunikasi jarak dekat. Fitur koneksi ini memungkinkan dua smartphone untuk saling berbagi video, lagu, maupun file dengan mudah.

Sayang teknologi NFC tidak terdapat pada Vivo S9E yang terbaru ini. Padahal umumnya ponsel kelas menengah ke atas sudah banyak yang menggunakan teknologi ini.

4. Tidak memiliki lubang audio jack 3,5 mm

Besar kemungkinan tidak ada lubang audio Jack 3,5 mm di smartphone ini. Audio mengandalkan koneksi Bluetooth sepenuhnya.



Hal itu sebenarnya bisa ditanggulangi oleh koneksi Bluetooth yang mumpuni, tapi jika terjadi masalah maka mode headset akan digunakan. Tentu ini akan menjadi kendala tersendiri.

Demikian tadi sederet kekurangan dari Vivo S9E. Meskipun ketiadaanya berbagai fitur tambahan di atas tidak terlalu signifikan, tapi ada juga beberapa merek di kelas yang sama sudah dilengkapi berbagai fitur tersebut.

Oleh karena itu sebelum Anda membeli S9E, sangatlah penting untuk mempertimbangkan segala kekurangannya.

Kesimpulan

  • Vivo S9E dirilis pada bulan Maret 2001 dengan target pasar kelas menengah.
  • Vivo S9E menggunakan chipset Dimensity 820 dari Mediatek dan OS Android 11.
  • Selain itu, smartphoneini juga memiliki triple kamera yang mumpuni, serta kamera selfi beresolusi besar yang menjadi andalan.
  • Kemudian desainnya ramping dan mewah, layarnya jernih, dan sudah didukung teknologi tercanggih jaringan 5G.
  • Yang terakhir adalah, memiliki fitur-fitur yang menarik seperti, fast charging 33W dan juga fitur pemindai sidik jari.
  • Sedangkan kekurangannya adalah tidak memiliki konektifitas NFC, tidak ada slot memori eksternal, dan juga tidak terdapat lubang audio jack 3,5 mm.

Referensi

1. kompas.com (2021), Vivo S9 5G dan S9E 5G Meluncur, Ini Harganya, https://tekno.kompas.com/read/2021/03/04/11330087/vivo-s9-5g-dan-s9e-5g-meluncur-ini-harganya?page=all
2. GSMArena (2021), Vivo S9E, https://www.gsmarena.com/vivo_s9e-10779.php



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik Handphone HP Vivo


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Vivo S9E: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »