Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


7 May 2021

Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9T

By Cekresi .com
Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9T


Xiaomi resmi menghadirkan smartphone mid-range pertama mereka pada awal tahun 2021 yang diberi nama Redmi 9T. Meski merupakan produk kelas menengah, Xiaomi Redmi 9T dibekali dengan kapasitas baterai yang amat besar.



Selain itu, Xiaomi Redmi 9T juga dipersenjatai chipset mid-level dengan performa powerful yang hemat konsumsi daya baterai. Tersedia pula dukungan multi-kamera yang memudahkan para penggunanya untuk menghasilkan kreasi fotografi dan videografi semenarik mungkin.

Peluncuran Xiaomi Redmi 9T dilakukan pada Senin, 22 Februari 2021 melalui acara virtual. Melalui Redmi 9T, Xiaomi sekali lagi menahbiskan diri sebagai produsen ponsel pintar harga murah dengan kualitas yang tidak murahan. Ya, Xiaomi Redmi 9T hanya dibanderol dalam kisaran harga Rp 2 jutaan saja.

Xiaomi Redmi 9T hadir di Indonesia dalam dua varian berbeda sesuai dengan kapasitas RAM/ROM-nya. Untuk varian 4GB/64GB memiliki harga jual Rp 1.9 juta sementara varian 6GB/128GB dibanderol dengan harga Rp 2.3 juta.

Penjualan Xiaomi Redmi 9T dimulai pada tanggal 24 Februari 2021 melalui kanal online dan toko offline. Penjualan online dilakukan melalui JD.ID, mi.com, serta Authorized Mi Store.

Khusus pembelian selama masa flash sale pada pukul 12:00 WIB, pembeli bisa mendapat potongan harga sebesar Rp 100 ribu. Sementara pembelian di toko offline bisa dilakukan di Authorized Mi Shops dan Erafone.

Kehadiran Xiaomi Redmi 9T nampaknya sangat diminati oleh banyak orang. Terlihat dari hasil penjualan perdana ponsel berjuluk “Jawaranya Batre Gede” di mi.com dan JD.ID pada 24 Februari 2021 yang mencapai angka lebih dari 15 ribu unit!

Penyempurnaan seri Redmi 9

Xiaomi Redmi 9T merupakan bagian dari keluarga Redmi 9 yang telah diluncurkan sebelumnya pada 14 Juni 2020 lalu.



Namun, Xiaomi memberikan berbagai peningkatan dari versi Redmi 9, antara lain pada desain, layar, performa, dan baterai. Xiaomi Redmi 9T juga ditambahkan beragam fitur menarik yang menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Berbagai pembaharuan pada Xiaomi Redmi 9T tentu membuatnya jadi alternatif terbaik bagi mereka yang merasa kurang puas dengan spesifikasi dari Redmi 9.

Secara keseluruhan, spesifikasi Xiaomi Redmi 9 memang cenderung biasa-biasa saja. Kehadiran Xiaomi Redmi 9T ternyata juga memengaruhi harga dari Redmi 9, yang jadi mengalami penurunan.

Dibanding dengan Redmi 9, Xiaomi Redmi 9T justru lebih sering disamakan dengan varian ponsel pintar keluaran Xiaomi lainnya, yakni Poco M3. Pasalnya, Xiaomi Redmi 9T memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan Poco M3. Tidak hanya itu, harga jualnya juga tidak beda jauh, sama-sama berada di kisaran Rp 2 juta saja.

Spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Xiaomi Redmi 9T

foto-spesifikasi-kelebihan-dan-kekurangan-xiaomi-redmi-9t-01

Harga:Rp 1.900.000

Bila Anda tertarik untuk mengetahui informasi dasar mengenai Xiaomi Redmi 9T yang sempat menghebohkan para penggemarnya, berikut kami sertakan spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Xiaomi Redmi 9T yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membelinya.

  • Spesifikasi Xiaomi Redmi 9T

Display
Type: IPS LCD (with Corning Gorilla Glass 3 protection)
Resolution: 1080 x 2340 pixel
Size: 6.5 inch



Network
2G/3G/4G LTE

Platform
OS: Android 10
UI: MIUI 12
GPU: Adreno 610
CPU: Octa-core
Memory card: microSDXC
RAM/ROM: 4GB/64GB, 4GB/128GB, 6GB/128GB
Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888

Camera
Main (Quad): 48MP+8MP+2MP+2MP (Video: 1080p with 30fps)
Selfie: 8MP (Video: 1080p with 30fps)

Body
Dimension body: 162.3 x 77.3 x 9.6 mm
Weight: 198 gram
SIM: Dual SIM
Colors: Twilight Blue, Carbon Gray, Ocean Green

Other:
Feature: Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, Gyro, GPS, NFC, Infrared Port, Radio FM
Battery: 6000 mAh, Li-Po (non-removable, with fast charging 18W and reverse wireless charging 2.5 W)
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth: 5.0
USB: USB Type-C 2.0, USB On The Go

  • Bodi kuat dan nyaman digenggam

Untuk bodinya, Xiaomi Redmi 9T menghadirkan desain dengan opsi warna terang yang membuatnya terlihat fresh.

Di bagian belakangnya terdapat empat sensor kamera utama yang tersusun horizontal, sementara di bagian bawahnya ada logo Redmi yang berukuran cukup besar. Sayangnya, alih-alihmenggunakan kamera punch-hole, bagian depan Xiaomi Redmi 9T justru masih memakai desain waterdrop.

Ponsel pintar ini menghadirkan tiga varian warna menarik, antara lain ocean green, carbon gray, twilight blue. Cover belakangnya ini dibuat dengan tekstur agak kasar sehingga terasa kuat dan nyaman ketika digenggam. Selain itu, bisa juga membuat sidik jari tidak mudah menempel di bagian bodinya.

Di bagian bawahnya, Anda bisa menemukan lubang speaker yang berdampingan dengan port USB Type-C. Sementara untuk port audio-jack 3.5 mm terletak di bagian atasnya bersamaan dengan IR Blaster.



Pada sisi sampingnya terdapat sensor sidik jari yang dibuat menyatu bersama tombol power-nya. Peletakkan sensor sidik jari di bagian samping ini memang sangat tepat karena bisa membuat cover belakang smartphone ini tetap terlihat bersih.

Bila dilihat sekilas, desain bodi bagian depan Xiaomi Redmi 9T ini terlihat mirip dengan Poco M3. Memang Xiaomi Redmi 9T ini benar-benar mirip dengan Poco M3, terutama untuk dimensinya.

Kalau tidak memiliki ketelitian ekstra, mungkin akan sulit untuk menemukan perbedaannya. Penambahan kamera ultra-wide menjadi salah satu perbedaan yang paling signifikan dari bagian depan Xiaomi Redmi 9T dengan Poco M3.

Berbeda dengan bagian depannya yang cukup sulit dibedakan dengan Poco M3, bagian belakang Xiaomi Redmi 9T terlihat lebih berbeda.

Selain dari pemilihan warnanya, penerapan logo Xiaomi Redmi 9T juga berbeda dengan Poco M3 yang terbentang dari sisi housing camera-nya hingga bagian ujung sampingnya.

Desain bodi Poco M3 memang terlihat lebih menggoda apabila dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 9T. Namun, desain Xiaomi Redmi 9T tetaplah yang terbaik untuk kelas dan harganya. Apalagi dengan adanya lapisan bertekstur di bodi belakangnya yang membuat smartphone ini terasa nyaman saat digenggam.

  • Layar jernih dan tajam

Kalau Anda suka menonton Netflix dalam kualitas yang tinggi, Xiaomi Redmi 9T ini bisa jadi pilihan tepat. Xiaomi Redmi 9T menggunakan panel layar IPS beresolusi 2340 x 1080 pixel alias Full HD+ yang memberikan visualisasi sangat jernih dan tajam.

Dukungan resolusi yang tinggi tersebut tentu sangat menarik mengingat kelas dan harga dari ponsel pintar ini. Bahkan untuk kelas sejenis atau yang lebih malah, ada yang hanya menggunakan resolusi HD+ saja.



Ponsel ini juga memberikan kesan atraktif yang luas dan lebar dengan ukuran layar mencapai 6.53 inci serta rasio jarak layar ke bodi sebesar 83.4%.

Layar Xiaomi Redmi 9T mengusung konsep full display dengan poni minimalis di bagian atasnya yang berfungsi sebagai wadah untuk lensa kamera selfie-nya.

Selain itu, ponsel ini sudah mendapat sertifikasi widevine L1 sehingga terjamin untuk memberi pengalaman menonton Netflix dalam kualitas yang tinggi.

Bagian layar Xiaomi Redmi 9T telah mendapat perlindungan dari Corning Gorilla Glass 3 yang terkenal keefektifannya dalam menjaga layar ponsel dari goresan atau gesekan. Dengan begitu, Anda akan tetap merasa aman walau meletakkannya di dalam kantong celana sekalipun.

Nilai tambah dari Xiaomi Redmi 9T juga hadir dari sektor audio-nya. Di mana ponsel pintar ini telah dibekali dengan dual-speakers yang bisa menghasilkan suara stereo.

Kehadiran dual-speakers ini bisa memberikan pengalaman bermain gamesyang tidak kalah menyenangkan dengan menonton video di Netflix.

Untuk tampilan antarmukanya, Xiaomi Redmi 9T menggunakan MIUI 12.02 Global dengan OS Android 10. Tampilan antarmuka ini terasa begitu ringan sehingga nyaman saat dioperasikan.

Namun, iklan yang terdapat dari aplikasi GetApps dan Themes bisa terasa cukup mengganggu. Tapi tenang, Anda bisa menghilangkan iklan yang mengganggu tersebut setelah menonaktifkan aplikasinya.



  • Kualitas kamera memukau

Salah satu poin plus dari Xiaomi Redmi 9T adalah sektor kamera belakangnya. Smartphone ini menghadirkan empat buah kamera dengan lensa utama beresolusi 48MP, lensa ultra-wide 8MP, lensa makro 2MP, serta sensor depth 2MP.

Penggunaan empat kamera terutama lensa ultrawide ini juga menjadi salah satu pembeda dengan Poco M3 yang hanya memiliki tiga kamera saja.

Lensa ultrawide dengan resolusi 8MP pada Xiaomi Redmi 9T sudah tergolong bagus secara keseluruhan. Dengan begitu, hasil fotonya akan lebih luas dan memiliki ketajaman yang amat baik. Bahkan masih dapat memberikan kualitas memukau di kondisi cuaca yang kurang baik, meski dynamic range-nya masih sedikit bermasalah.

Sementara pada kamera depannya, Xiaomi Redmi 9T menggunakan resolusi 8MP yang memiliki hasil tangkapan cukup bagus. Meski begitu, bila digunakan di tempat yang lebih gelap bisa menimbulkan noise pada hasil jepretannya.

  • Performa powerful dan kencang

Meski merupakan smartphone kelas menengah, Xiaomi Redmi 9T dibekali dengan chipset powerful dan kencang yakni Snapdragon 662.

Penggunaan chipsettersebut memungkinkan Anda melakukan aktivitas gaming ringan dan menengah, menonton konten hiburan, serta multitasking dengan amat lancar dan bebas lag.

Selain menggunakan chipset keluaran Qualcomm, Xiaomi Redmi 9T juga menghadirkan Octa Core turunan ARM Cortex A73 & A53 yang terdiri dari empat buah Kryo 260 Silver serta empat buah Kryo 260 Gold. Sementara pengolah grafis yang digunakan adalah Adreno 610.

Performa Xiaomi Redmi 9T tidak berbeda jauh dengan Poco M3. Apalagi keduanya menggunakan chipset yang serupa. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh Unbox.ph, Xiaomi Redmi 9T memperoleh score Geek Bench 5 di angka 314 untuk single core dan skor 1.347 pada multi-core.



Sementara dari pengujian GSMArena, Poco M3 mendapat skor benchmark AnTuTu v8 sebesar 177.904. Hasil pengujian tersebut membuktikan kalau performa dari Xiaomi Redmi 9T dan Poco M3 tidak memiliki perbedaan begitu jauh.

  • Kapasitas baterai lebih besar dan tahan lama

Kalau seri Redmi sebelumnya ‘hanya’ dibekali kapasitas baterai mencapai 5000 mAh, Xiaomi Redmi 9T menghadirkan yang lebih besar, yakni kapasitas 6000 mAh.

Xiaomi mengklaim daya tahan baterai tersebut dapat digunakan untuk menonton konten selama 17 jam, aktivitas gaming sampai 14 jam, menelepon dalam waktu 56 jam, serta mendengar musik hingga 195 jam. Uniknya, bodi Xiaomi Redmi 9T tetap terasa ringan meskipun baterainya memiliki kapasitas jumbo.

Tidak hanya memiliki kapasitas baterai jumbo, Xiaomi Redmi 9T juga menghadirkan fitur fast charging 18W yang termasuk cukup besar mengingat kelas dan harganya. Dalam kotak penjualannya pun, Xiaomi memberikan charger yang telah mendukung pengisian daya 22.5W.

Penggunaan charger tersebut membuat baterai Xiaomi Redmi 9T dapat terisi penuh dalam kisaran waktu 3 jam saja. Memang agak lama, tapi wajar saja mengingat kapasitas baterainya mencapai 6000 mAh.

Menariknya, Xiaomi Redmi 9T ternyata juga bisa difungsikan sebagai powerbank untuk mengisi daya ponsel lainnya.

Kelebihan Xiaomi Redmi 9T

  • Tampilan desain bodinya tergolong bagus, terutama berkat keberadaan lapisan bertekstur di cover belakangnya.
  • Performa chipset-nya powerful dan kencang untuk kelasnya.
  • Kapasitas baterainya sangat besar dan tahan lama, lengkap dengan fitur fast charging 18W dan reverse charging.
  • Menghadirkan lensa ultrawide pada fitur kameranya.
  • Menggunakan dual speaker yang menghadirkan kualitas suara luar biasa.
  • Dilengkapi dengan fitur yang tahan terhadap cipratan air.
  • Sensor fingerprint-nya terletak di bagian samping sehingga tidak akan membuat bodi belakang ponsel kotor.
  • Dukungan resolusi layarnya cukup tinggi untuk kelasnya.
  • Bodi-nya tetap terasa ringan walau kapasitas baterainya sangat besar.

Kekurangan Xiaomi Redmi 9T

  • Tingkat kecerahan layarnya kurang begitu bagus, apalagi kalau digunakan di luar ruangan
  • Tampilan antarmukanya cukup memberatkan.
  • Masih terdapat sedikit masalah pada dynamic range-nya.
  • Resolusi lensa makronya hanya 2MP, kurang bagus untuk dicetak.

Tips Membeli Smartphone Xiaomi

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satu produk smartphone Xiaomi, sebaiknya Anda perhatikan dahulu tips agar tidak salah beli, sebagai berikut:

  • Pertimbangkan seri smartphone Xiaomi dengan kebutuhan Anda. Pilihlah smartphone Xiaomi dengan performa mumpuni bila Anda butuh untuk bermain gim grafis tinggi atau aktivitas multimedia.
  • Sesuaikan spesifikasi seri Xiaomi yang diinginkan dari situs resminya dengan yang dijual di toko.
  • Xiaomi selalu merilis seri smartphone terbaru. Bila Anda ingin mendapat seri Xiaomi yang bagus dengan harga murah, sebaiknya jangan terburu-buru membeli. Tunggulah beberapa saat hingga seri baru diluncurkan.
  • Pilih ukuran bodi yang terasa nyaman ketika digenggam.
  • Kalau Anda memiliki mobilitas yang tinggi, pilihlah smartphone Xiaomi yang memiliki kapasitas jumbo.
  • Sebaiknya beli produk Xiaomi di toko official-nya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

  • Xiaomi Redmi 9T merupakan smartphone keluaran brand Xiaomi yang diresmikan pada 22 Februari 2021 malam melalui acara virtual.
  • Xiaomi Redmi 9T dijual pertama kali pada 24Februai 2021 melalui JD.ID, mi.com, Authorized Mi Store, dan Erafone.
  • Xiaomi Redmi 9T memancing antusiame banyak orang, bahkan terjual hingga 15 ribu unit pada penjualan perdananya di Indonesia.
  • Xiaomi Redmi 9T memiliki keunggulan dalam desain, performa, kapasitas baterai, resolusi layar, dan lensa kamera ultrawide yang membuat banyak orang ingin memilikinya.
  • Sementara kekurangan Xiaomi Redmi 9T terdapat pada tingkat kecerahan, tampilan antarmuka, lensa kamera makro.
  • Pastikan Anda memperhatikan beberapa tips sebelum membeli smartphone Xiaomi agar tidak salah membeli.

Referensi

1. Mi.com (2021), Redmi 9T, https://www.mi.co.id/id/product/redmi-9t
2. GSM Arena (2021), Xiaomi Redmi 9T, https://www.gsmarena.com/xiaomi_redmi_9t-10670.php
3. CNBC Indonesia (2021), Resmi! Xiaomi Mi 11 Rilis di Indonesia, Harganya Rp 10 Juta, https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210222064729-37-225028/xiami-redmi-9t-rilis-cek-bocoran-spesifikasi-harganya
4. CNBC Indonesia (2021), Xiami Redmi 9T Rilis, Cek Bocoran Spesifikasi & Harganya, https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210222064729-37-225028/xiami-redmi-9t-rilis-cek-bocoran-spesifikasi-harganya





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik Handphone HP Readmi Smartphone


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9T", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »