Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


20 January 2021

Spesifikasi dan Keunggulan OPPO Reno4 F, Smartphone-nya Para Content creator

By Cekresi .com
Spesifikasi dan Keunggulan OPPO Reno4 F, Smartphone-nya Para Content creator


Content creator tengah menjadi profesi yang digandrungi oleh banyak kalangan, terutama dari kaum muda. Banyak yang berlomba untuk saling menghasilkan konten terbaik. Karena itulah, dibutuhkan perangkat yang memudahkan mereka untuk membuat konten, seperti OPPO Reno4 F.



OPPO Reno4 F sendiri dirilis pada 12 Oktober 2020 melalui acara virtual yang ditayangkan langsung melalui media sosial milik OPPO Indonesia. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah artis ternama seperti Raisa, Yuki Kato, Hivi, Marion Jola, dan lain sebagainya.

Sebelum perilisannya, sudah banyak yang berspekulasi mengenai smartphone seri apa yang akan diluncurkan OPPO di Indonesia pada bulan Oktober 2020. Ada yang menebak OPPO Reno4 SE dengan 5G, ada juga yang menebak seri F17.

Spekulasi tersebut nyatanya kurang tepat karena ternyata yang diluncurkan oleh OPPO di Indonesia pada bulan Oktober 2020 adalah OPPO Reno4 F. Menariknya, OPPO Reno4 F ini belum pernah dirilis secara global sebelumnya.

Hal ini karena tercantumnya perangkat misterius dari OPPO dengan kode CPH 2209 di laman-laman sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri Kementerian Perindustrian (TKDN Kemenperin).

Seolah menjawab pertanyaan para penggemarnya akan keberadaan perangkat tersebut, OPPO akhirnya mengungkapkan bahwa perangkat ‘misterius’ tersebut adalah OPPO Reno 4 F melalui teaser singkat di akun Instagram resmi miliki OPPO Indonesia. Di mana artis Raisa menjadi model dari smartphone tersebut.

Smartphone OPPO Reno4 F saat itu digadang-gadang merupakan pilihan terbaik bagi yang senang menciptakan beragam konten kreatif. Ini karena keberadaan kamera canggih dan mumpuni, serta prosessor dan RAM yang memungkinkan penggunanya mengakses berbagai konten dengan lancar.

Dari segi harga, smartphone OPPO Reno4 F ini terbilang tidak terlalu mahal. Masih berada di kisaran harga 4 jutaan. Tergolong standar untuk ukuran smartphone dengan berbagai keunggulan, terutama di sisi kamera.



Pelengkap seri Reno4 dan Reno4 Pro

OPPO Reno4 F sendiri merupakan ‘adik’ dari seri Reno4 dan Reno4 Pro yang telah lebih dahulu meluncur di Indonesia. Reno4 diluncurkan lebih dulu pada bulan Juni 2020, sementara Reno4 Pro diluncurkan pada awal September 2020.

Meski merupakan satu lini yang sama, ketiganya memiliki segmen pasar yang berbeda. Reno4 dan Reno 4 F merupakan smartphone kelas mid-range yang memiliki harga relatif murah, yaitu kisaran 4 sampai 5 juta rupiah saja. Sementara Reno4 Pro memiliki harga yang cukup jauh lebih tinggi, yakni kisaran 8 jutaan.

Spesifikasi dan Keunggulan OPPO Reno4 F

Bila Anda tertarik untuk mengetahui performa dari OPPO Reno 4 F yang menjadi favorit para content creator, berikut kami sertakan spesifikasi dan keunggulan OPPO Reno 4 F yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

  • Spesifikasi OPPO Reno 4 F
foto-spesifikasi-dan-keunggulan-oppo-reno-4-f-smartphonenya-para-content-creator-01

Harga : Rp 3.974.000
LaunchStatusAvailable
AnnouncedOctober 10, 2020 (Released October 16, 2020)
DisplayTypeSuper AMOLED
Resolution1080 x 2400 Pixels
Size6.43 inch, 99.8 cm2
NetworkTypeGSM/HSPA/LTE
2GDual SIM, GSM (850/900/1.800/1.900)
3GHSDPA (850/900 /2.100)
4G(LTE) 1, 3, 5, 7, 8, 38, 40, 41
SpeedHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A
PlatformOSAndroid 10, ColorOS 7.2
GPUPowerVR GM9446
CPUOcta-core (6×2.0 GHz Cortex-A55 & 2×2.2 GHz Cortex-A75)
Internal Memory128GB
Slot (Card)microSDXC (dedicated slot)
RAM8 GB
ChipsetMediaTek (MT6779V) Helio P95
CameraMain Camera (Quad)48 MP, f/1.7, 26mm, 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 119˚, 16mm, 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (depth)
2 MP, f/2.4, (depth)

Video: 4K@30fps, 1080p@30/120fps, gyro-EIS
Front Camera (Dual)16 MP, f/2.4, (wide), 1/3.09″, 1.0µm
2 MP, f/2.4, (depth)

Video: 1080p@30fps
BodyDimension160.1 x 73.8 x 7.5 mm
Weight164 g
ColorsMatte Black, Metallic White
OtherFeatureAccelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, Gyro, Hotspot, Bluetooth, 3.5mm Headphone Jack, Flash
BatteryNon-removable. Li-Po 4000 mAh. Fast charging 18W
WiFi802.11 a/b/g/n/ac
USBUSB Type-C 2.0
NFCNo
GPSYes
  • Desain lebih ramping dan trendi

OPPO Reno 4 F merupakan seri Reno yang sejauh ini diklaim menjadi yang paling tipis. Ya, smartphone ini ketebalannya hanya 7,48 mm serta memiliki bobot yang ringan, yaitu 164 gram. Sehingga smartphone ini akan terasa nyaman digenggam dan mudah dimasukkan ke dalam saku celana atau tas.

Yang menarik dari desain body OPPO Reno 4 F juga dilengkapi dengan finishing Shiny Matte pada bagian belakang cover-nya. Tidak hanya mencegah body smartphone menjadi kotor karena bekas jari, hal ini juga membuat OPPO Reno 4 F terlihat seperti smartphone premium. Ada dua varian warna yang bisa Anda pilih, yakni Metallic White dan Matte Black.

Tampilan potongan logo OPPO pada smartphone ini dibuat mengulang dan disusun dengan rapi, layaknya desain logo pada brand-brand fashion ternama. Pengulangan logo tersebut dianggap untuk menegaskan OPPO Reno 4 F sebagai salah satu smartphone premium.

Untuk bagian depannya, smartphone mid-range ini sekilas terlihat hampir mirip dengan seri OPPO Reno 4 yakni memiliki layar penuh serta konfigurasi dual punch hole. Keduanya merupakan kamera selfie dan LED flash yang bisa Anda gunakan untuk hasil foto maksimal.



Dimensi layar yang dimiliki OPPO Reno 4 F adalah 6.43 inchi dengan menggunakan panel Super AMOLED. Modul kameranya sendiri dibuat berbentuk kotak dengan empat sensor di bagian dalamnya.

LED flash-nya dibuat pipih memanjang seperti pada kamera saku digital dan posisinya berada di samping bingkai. Desain tersebut bisa dikatakan cukup pintar karena membuat layar bagian depan terlihat lebih luas karena bagian kameranya tidak menghabiskan tempat terlalu banyak.

Pada bagian tombol fisiknya, OPPO Reno 4 F masih menerapkan model yang sama seperti pada seri-seri lainnya. Tombol pengaturan volume terletak di sisi kiri body dan tombol power berada di sebelah kanan. Sementara untuk slot untuk meletakkan SIM Card 1 dan SIM Card 2 berada di bagian atas tombol +.

  • Memiliki kamera dengan banyak fungsi

Salah satu keunggulan yang jadi ciri khas dari smartphone OPPO adalah kameranya. OPPO Indonesia seolah sudah memahami keinginan masyarakat untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik dalam berbagai momen.

OPPO Reno 4 F hadir dengan empat kamera belakang yang dapat menyokong kebutuhan fotografi penggunanya. Ya, bukan hanya tiga seperti smartphone lainnya, tapi empat kamera sekaligus.

Empat kamera tersebut terdiri dari kamera utama (lensa 48 MP, diagragma F/17), kamera ultrawide (lensa 8MP, diafragma F/2.2), kamera mikro (lensa 2MP, diafragma F/2.4), serta kamera mono (lensa 32MP, diafragma F/2.4). Di sebelah kamera mikro juga terdapat LED flash.

Penempatan kamera dan besaran resolusi lensa ini merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang terlihat profesional. Ada pula ragam fitur menarik yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil foto ciamik yang dapat di-setting dengan mudah.



Berbagai fitur tersebut antara lain AI Color Portrait Mode. Sebuah fitur yang memungkinkan latar belakang pada fokus foto dan video menjadi hitam putih dan membuat objek di sekitarnya memiliki warna yang sebenarnya.

Kemudian ada Monochrome Video atau dikenal juga dengan video monokrom. Fitur ini merupakan perpaduan dari tiga jenis filter video yang memberikan efek layaknya film layar lebar. Nantinya efek tersebut hanya akan memperlihatkan tiga warna(hijau, biru, dan merah) dari objek pada video tersebut.

Ada juga Night Flare Portrait. Fitur ini memungkinkan Anda mendapatkan hasil foto dengan efek neon yang artistik di bagian latar belakang objek manusia.

Selain itu, terdapat 960 fps Smart Slow Motion yang memungkinkan Anda menangkap bidikan slow motion di tengah video aksi serta 960 frame dalam waktu satu detik.

Fitur lain yang terdapat pada kamera belakangnya adalah Video Ultra Steady serta Ultra Steady Video Pro. Fitur ini memungkinkan Anda untuk merekam aktivitas berolahraga seperti lari atau bersepeda dengan stabil.

Kamera pada smartphone OPPO memang tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya di siang hari, Anda juga bisa mendapatkan berbagai hasil foto terbaik dalam kondisi pencahayaan yang kurang baik, seperti pada malam hari atau tempat yang agak redup.

Lensa utama kamera belakang dengan resolusi 48 MP ini memang tidak kaleng-kaleng. Karena dapat menghasilkan foto tajam dan jelas, bahkan bila diperbesar sekalipun.



Kerapatan pixel serta sudut tangkapan yang luas membuat smartphone ini sangat sempurna untuk memotret sesuatu dengan maksimal.

Sementara untuk bagian depannya, OPPO Reno 4 F dilengkapi dengan dua buah kamera dengan resolusi 13 MP dan 2 MP yang juga dapat menghasilkan jepretan foto yang tidak kalah optimalnya.

Seperti halnya kamera belakang, kamera depan ini juga memiliki berbagai fitur. Misalnya saja AI Beautification 2.0. Fitur ini mampu mendeteksi wajah dari objek yang difoto sekaligus memperindah objek tersebut sehingga membuat hasilnya terlihat lebih menarik.

  • Performa mumpuni dan baterai tahan lama

Untuk sisi dapur pacunya, OPPO Reno 4 F tidak boleh dipandang sebelah mata. OPPO Reno 4 F menggunakan chipset Mediatek MT6779V Helio P95 serta RAM 8GB yang sangat memungkinkan untuk multitasking dan bermain game dengan grafis tinggi.

Performa Artifical Intelegence (AI) nya terbilang dapat bekerja dengan baik. Hal ini terlihat dari penilaian aplikasi AI benchmark-nya yang mendapat nilai 29,5. Skor ini terbilang cukup baik dan tidak jauh beda dengan seri smartphone lainnya.

OPPO Reno 4 F menggunakan sistem operasi berbasis Android 10 dan Color OS 7.2 yang memiliki berbagai fitur seperti OPPO’s Screen Image Engine (OSIE), Quick Return Bubble, HDCP, Dark Mode, Super Power Saving Mode, dan sebagainya.

Dari segi baterai, OPPO Reno 4 F memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni 4.015 mAh. Untuk pemakaian normal, seperti sosial media atau menonton film, baterai ini bisa digunakan untuk pemakaian hingga 6 jam lebih.

Kapasitas baterai tersebut juga dilengkapi dengan teknologi Super VOOC 2.0 Flash Charging serta fast charging 18W yang memungkinkan pengisian baterai penuh dalam waktu kurang dari dua jam.



Menariknya, OPPO Reno 4 F juga dilengkapi dengan fitur Super Power Saving Mode yang memungkinkan Anda menghemat penggunaan baterai saat dayanya mulai menipis.Bahkan dapat digunakan untuk menelepon hingga 70 menit.

Kelebihan OPPO Reno 4 F

  • Memiliki body yang tipis dan ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana.
  • Menggunakan layar panel AMOLED yang memungkinkan pengguna melihat layar walau di tengah terik matahari sekalipun.
  • Dipersenjatai chipset MediaTek Helio P95, Octa-core serta RAM 8 GB yang memberikan performa gesit dan maksimal.
  • Memiliki 4 lensa kamera belakang dengan resolusi lensa utama sebesar 48 MP, 8MP, serta dua lensa lainnya memiliki resolusi 2MP.
  • Tersedia Dual-Lens Bokeh berupa dua kamera depan dengan lensa 16MP serta 2MP yang dapat menghasilkan foto selfie ciamik.
  • Dilengkapi dengan berbagai fitur kamera menarik, seperti AI Color Portrait, AI Super Night Portrait, AI Night Flare Portrait, serta AI Super Clear Portrai.t
  • Memiliki fitur Ultra Steady yang bisa meredam guncangan sehingga dapat menghasilkan video resolusi 4K yang stabil.
  • Kapasitas baterainya cukup besar, yakni 4.105 mAh. Lengkap dengan fitur fast charging 18W serta Super Power Saving Mode yang dapat digunakan saat baterai sudah sangat menipis.

Kekurangan OPPO Reno 4 F

  • Warna yang disajikan pada fitur AI Color Portraitnya masih kurang akurat.
  • Fitur video bokeh pada kamera depannya hanya dapat merekam dengan resolusi maksimal 720p.
  • Performa gamingnya masih tidak sebaik para pesaingnya.
  • Tidak dibekali dengan fitur NFC.

Tips membeli smartphone OPPO

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satu produk smartphone OPPO, sebaiknya Anda perhatikan dahulu tips agar tidak salah beli, yaitu:

  • Periksa spesifikasi smartphone-nya. Apakah sudah sesuai dengan yang tertera pada referensi resminya atau tidak.
  • Jangan lupa untuk memeriksa bagian body-nya. Bila terdapat retak, penyok, atau bekas gesekan pada bagian bodynya, sebaiknya cari yang lain.
  • Lakukan tes untuk mengetahui tingkat kejernihan layarnya. Smartphone OPPO memiliki tingkat kecerahan yang baik. Bukan buram atau tidak jernih.
  • Perhatikan hasil foto dari kameranya. OPPO memiliki julukan ‘Phone Camera’ karena kualitas kameranya yang luar biasa bagus. Karenanya hasil foto dari smartphone OPPO pastilah jernih, tajam, dan tidak buram.
  • Jangan langsung tergiur dengan harga murah. Smartphone OPPO memang memiliki harga yang tidak terlalu murah. Hal ini sepadan dengan kualitas yang diberikan. Sebaiknya berhati-hati bila ada yang menawarkan smartphone OPPO dengan harga murah. Karena bisa saja itu produk palsu.

Kesimpulan

  • OPPO Reno 4 F merupakan smartphone keluaran brand OPPO yang dirilis pada 12 Oktober 2020 melalui acara virtual di media sosial resmi OPPO Indonesia.
  • Sebelum diluncurkan, OPPO Reno 4 F telah memicu banyak spekulasi karena kemisteriusannya.
  • OPPO Reno 4 F merupakan bagian dari seri Reno 4 dan Reno 4 Pro yang telah rilis di Indonesia sebelumnya.
  • OPPO Reno 4 F memiliki keunggulan dalam desain, panel layar, serta kameranya sehingga sangat cocok digunakan oleh para content creator.
  • Pastikan Anda memperhatikan beberapa tips sebelum membeli smartphone OPPO agar tidak salah membeli.

Referensi

  1. Lamongantoday (2020), Artis Ini Ramaikan Peluncuran OPPO Reno 4 F Besok, Catat Harga dan Spesifikasinya, https://lamongantoday.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-77821168/artis-ini-ramaikan-peluncuran-oppo-reno-4-f-besok-catat-harga-dan-spesifikasinya
  2. GSM Arena (2020), OPPO Reno 4 F, https://www.gsmarena.com/oppo_reno4_f-10478.php
  3. OPPO (2020), OPPO Reno 4 F Clearly, https://www.oppo.com/id/smartphones/series-reno/reno4f/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik Oppo OPPO Reno4 F Smartphone


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Spesifikasi dan Keunggulan OPPO Reno4 F, Smartphone-nya Para Content creator", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »