Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


14 October 2021

Solusi ASI Tanpa Sufor, Inilah 10 Pompa ASI Elektrik Terbaik

By Cekresi .com
Solusi ASI Tanpa Sufor, Inilah 10 Pompa ASI Elektrik Terbaik


Pompa ASI elektrik terbaik sangat berguna bagi Bunda yang super sibuk dan sering jauh dari bayi. Dibandingkan pompa ASI manual, tentu pompa ASI elektrik jauh lebih hemat tenaga dan tidak membuat tangan Bunda merasa pegal-pegal atau capek.



Apalagi Bunda tahu bahwa ASI merupakan pilihan utama asupan nutrisi bayi. Di mana kandungan nutrisi ASI jauh lebih baik daripada susu formula (sufor) merek apapun.

Alasan itulah, yang membuat kami menyajikan beberapa produk pompa ASI elektrik terbaik dari berbagai merek sebagai referensi Bunda sebelum memutuskan untuk membelinya. Tapi sebelum itu, simak berbagai hal terkait pompa ASI berikut ini.

Pertimbangkan seberapa penting memiliki alat pompa ASI

Saat memiliki seorang bayi, biasanya ada banyak keperluan yang harus Bunda beli. Oleh sebab itu, ada baiknya memastikan dahulu, seberapa perlu membeli pompa ASI tersebut. Berikut ini beberapa alasan kenapa harus memiliki alat pompa ASI.

  • Bunda sering meninggalkan bayi karena berbagai aktivitas, seperti bekerja.
  • Bayi Bunda tidak bisa menyusu langsung akibat beberapa kondisi.
  • Perlu meningkatkan produksi ASI

Semakin sering bayi Bunda menyusu, maka produksi ASI pun akan meningkat. Namun, jika bayi jarang mau menyusu, lambat laun produksi ASI akan menurun, hingga berhenti.

Jadi, salah satu cara menstimulasi peningkatan produksinya adalah dengan menggunakan pompa tersebut.

Mana yang tepat, pompa elektrik atau manual?

Pertanyaan itu mungkin muncul ketika Bunda bingung memilih antara pompa ASI elektrik VS manual. Sebenarnya, Bunda bisa memutuskan dengan memperhatikan seberapa sering penggunaannya.

Apabila Bunda hanya akan menggunakan sesekali saja, tipe manual tepat, karena harganya lebih murah. Namun, jika Bunda perlu menggunakan pompa ASI tersebut lebih sering, maka pilihannya adalah tipe elektrik yang tidak membuat tangan menjadi capek.

Pilih produk dengan bahan berkualitas dan aman

Oleh karena berkaitan dengan bayi, maka kualitas bahan pembuat pumping ASI elektrik yang bagus harus menjadi pertimbangan utama. Cek pada kemasannya, apakah ada keterangan BPA free, karena bahan tersebut cukup berbahaya bagi kesehatan bayi.



Keterangan food grade perlu untuk memastikan kualitasnya. Periksa juga cara untuk mensterilkannya, sehingga Bunda bisa menjaga produk tersebut selalu dalam kondisi higienis.

Lebih hening, semakin baik

Produk elektrik bisa jadi mengeluarkan bunyi selama pengoperasiannya. Jadi, sebaiknya pilih pompa ASI yang tidak terlalu berisik.

Suara berisik dapat mengganggu tidur bayi, atau membuat sang ibu merasa stres, apalagi jika harus memompa di tempat kerja.

Fitur handsfree membuat Bunda tetap bisa multitasking

Salah satu ciri khas wanita adalah kemampuannya multitasking. Itulah sebabnya, banyak wanita memilih pompa ASI elektrik yang memiliki tambahan fitur handsfree.

Dengan fitur tersebut, Bunda bisa memompa ASI sambil tetap mengerjakan hal lain, karena tidak perlu memeganginya.

Meskipun demikian, ada batasan dalam melakukan hal lain ketika sedang memompa ASI. Contohnya adalah ketika sedang mengemudi atau memasak. Selain tidak nyaman, bisa mengakibatkan hal yang tidak Bunda inginkan.

Periksa fitur pengaturan hisapan

Bayi memiliki ritme hisapan khusus yang memengaruhi kecepatan dan juga kekuatan dalam menghisap. Hal ini dapat memengaruhi produksi ASI. Oleh sebab itu, pilihlah produk pompa ASI elektrik yang memiliki fitur pengaturan hisapan.

Ada beberapa produk yang meniru ritme isapan alami bayi. Produk lain memiliki tombol pengaturan yang bisa Bunda aktifkan pada waktu tertentu. Jenis mana pun yang menjadi pilihan, pastikan memilih pompa ASI elektrik yang nyaman untuk Bunda.

Harus mudah membersihkannya

Beberapa bagian dari pompa harus Bunda bersihkan dengan baik agar tidak menjadi sarang bakteri.

Ada baiknya memilih jenis pompa ASI yang mudah membongkar, membersihkan, dan memasangnya kembali.

Periksa sumber dayanya

Umumnya, pompa ASI elektrik terbaik tidak hanya menggunakan sumber daya listrik saja, melainkan juga baterai, atau USB port untuk tersambung dengan power bank.



Pompa ASI elektrik yang bisa di-charge akan memudahkan ketika harus memompa, tetapi jauh dari listrik.

Produk dengan tas akan lebih memudahkan

Pertimbangan selanjutnya adalah ketersediaan tas untuk membawa set pompa ASI ke mana saja. Hal ini sangat penting, terutama bagi Bunda yang harus bolak-balik membawa seperangkat alat tersebut ke kantor.

Beberapa produk bahkan memiliki tas dengan beragam keunggulan, misalnya penyimpanan mesin pompa dan botol ASI yang terpisah. Tas ini juga membuat bagian-bagian pendukung pompa tidak tercampur barang lain, atau justru terlupa dan tidak Bunda bawa.

Pilih pemompaan ganda untuk mempercepat prosesnya

Apabila menggunakan pompa ASI tunggal, Bunda harus melakukan pemompaan secara bergantian pada payudara kanan dan kiri. Cara kerja ini mungkin akan menyita waktu lebih lama. Jadi, jika waktu yang Bunda miliki tidak banyak, pilih tipe pemompaan ganda.

Tipe ini memungkinkan proses pemompaan secara bersamaan pada dua payudara sekaligus dengan demikian, waktunya menjadi lebih cepat. Keuntungan lainnya adalah merangsang produksi ASI lebih cepat dan banyak.

Produk dengan tambahan fitur canggih akan lebih memudahkan

Perkembangan teknologi membuat produk pompa ASI elektrik memiliki tambahan beragam fitur canggih yang memanfaatkan teknologi komputer. Ada beberapa tipe yang bisa Bunda koneksikan dengan smartphone.

Teknologi ini memungkinkan menyimpan pengaturan pemompaan yang Bunda pilih sebelumnya. Jadi, tidak perlu selalu mengatur setiap akan menggunakannya. Merek tertentu menambahkan fitur alarm yang akan mengingatkan ketika sudah tiba waktunya pemompaan.

Tambahan fungsi ini akan sangat bermanfaat bagi Bunda yang memiliki kesibukan tinggi. Jadi, Bunda bisa fokus pada pekerjaan dan ketika tiba waktunya memompa ASI, alarm akan berbunyi.



Tips menggunakan, membersihkan, dan merawat pompa ASI

Susu merupakan suatu zat yang sangat mudah terkontaminasi bakteri atau kuman. Oleh sebab itu, pastikan semua peralatan tersebut bersih dan steril. Berikut tips menggunakan, membersihkan, dan merawat pompa ASI, antara lain :

  • Selalu mencuci tangan menggunakan sabun sebelum menggunakan pompa ASI.
  • Rakit perangkat pompa dengan benar.
  • Simpan ASI hasil perahan dengan baik, tutup rapat, dan beri tanggal.
  • Masukkan ASI dalam freezer. Saat akan memberikannya kepada bayi, cairkan dengan merendamnya di air hangat, atau menggunakan warmer.
  • Bongkar bagian-bagiannya untuk melakukan pembersihan.
  • Cuci alat tersebut menggunakan secara terpisah dari peralatan makan atau lainnya.
  • Lebih baik mencucinya dengan menggunakan air panas.
  • Keringkan dengan meletakkannya di atas tisu bersih.
  • Bila perlu, gunakan sterilizer pada langkah akhir.

10 Rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik

Selama produksi ASI tidak terganggu, ada baiknya Bunda memberikannya kepada bayi, karena merupakan pilihan utama sumber nutrisinya. Gunakan pompa ASI untuk mendukung proses menyusui agar tidak perlu menggunakan susu formula. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

10. Real Bubee Double Breast Pump

foto-pompa-asi-elektrik-terbaik-solusi-mengasihi-tanpa-sufor-10

Harga : Rp 139.000

Pompa ASI elektrik dengan harga terjangkau

Alat ini dapat membantu Bunda menyediakan ASI bagi buah hati, meskipun harus meninggalkannya bekerja. Bahan corongnya terbuat dari polypropylene dan tidak mengandung BPA.

Tidak perlu khawatir merasa sakit selama proses pemerahan, sebab alat ini menghisap dengan lembut dan nyaman. Bunda bisa mengatur mode penghisapan dalam 18 ritme berbeda. Adapun sumber dayanya bisa menggunakan listrik atau power bank.

Pompa ASI ini memungkinkan Bunda melakukan pemerahan tunggal maupun ganda, sesuai dengan kebutuhan. Cukup gunakan sucking connector yang sesuai. Dapatkan pompa ASI elektrik murah ini di Shopee.



9. Mooimom Natural Comfort Electric Breast Pump

foto-pompa-asi-elektrik-terbaik-solusi-mengasihi-tanpa-sufor-9

Harga : Rp 749.000

Memiliki fitur untuk mencegah rasa sakit

Produk ini memiliki breast shield, sehingga bisa pas untuk berbagai ukuran payudara. Manfaat lain fitur ini adalah mencegah rasa sakit selama proses pemerahan.

Selain itu, mode pemompaan meniru gaya hisap alami bayi, sehingga nyaman dan merangsang peningkatan produksi ASI.

Kualitas bagus dari pumping ASI elektrik terbaik ini tampak dari bahan pembuatnya yang food grade dan No BPA, sehingga aman bagi bayi. Alat yang beroperasi tanpa suara berisik ini memiliki USB port untuk pengisian dayanya. Dapatkan pompa ASI berkualitas ini di Shopee.

8. Gabag Infinite Double Breast Pump

foto-pompa-asi-elektrik-terbaik-solusi-mengasihi-tanpa-sufor-8

Harga : Rp 900.000

Minim kontaminasi karena tidak harus memindahkan ASI

Pompa ASI elektrik rekomendasi selanjutnya memiliki keunggulan dapat memompa ASI dengan dua pilihan penampungan, yaitu kantong ASI atau botol. Dengan demikian, Bunda tidak perlu memindah-mindahkan ASI setelah selesai pemerahan untuk meminimalisir kontaminasi.



Produk ini memijat payudara dengan lembut, sehingga tidak terasa sakit. Selain itu, alat bekerja dengan tenang, tanpa ada suara berisik. Setelah proses pemompaan selesai, Bunda bisa dengan mudah membersihkannya. Produk pompa ASI ini dapat Bunda temui di Shopee.

7. Unimom Forte Double Electric Breastpump LG 88011

foto-pompa-asi-elektrik-terbaik-solusi-mengasihi-tanpa-sufor-7

Harga : Rp 1.700.000

Selain elektrik, bisa juga berfungsi manual

Ini merupakan salah satu pompa ASI elektrik hospital grade yang sudah pasti berkualitas. Bahan pembuatnya food grade dan BPA free dengan closed system yang mencegah ASI hasil perahan masuk ke dalam motor unit.

Bunda bisa memilih menggunakan pemompaan tunggal atau ganda pada dua payudara sekaligus. keunggulan lainnya adalah mengubah fungsinya menjadi pompa manual yang tetap bisa Bunda gunakan ketika listrik padam. Pembelian pompa ASI ini bisa melalui Shopee.

6. Spectra 9 Plus Electric Breast Pump

foto-pompa-asi-elektrik-terbaik-solusi-mengasihi-tanpa-sufor-6

Harga : Rp 1.995.000

Mesin pompa ringan dan mudah membawanya



Satu lagi pompa ASI hospital grade, yaitu produk Spectra ini. Ada lima pilihan mode pijatan yang membantu memperlancar produksi ASI dan membuatnya lebih banyak. Selain itu, pilihan kecepatan pemompaan juga dapat Bunda sesuaikan dengan kebutuhan.

Mesinnya ringan, dan lengkap dengan rechargeable battery untuk pemakaian tanpa daya listrik, jadi, Bunda bisa melakukan pemompaan di mana saja dan kapan pun. Pada bagian corong, ada lapisan silikon yang lembut dan nyaman. Pompa ASI berkualitas ini dapat Bunda beli di Shopee.

5. Haenim 7S Breast Pump

Harga : Rp 2.090.000

Baterai tahan lama, hingga 7 jam pemakaian

Apabila perlu mencatat jumlah ASI yang Bunda pompa dan berapa mililiter yang sudah diminum bayi, alat ini bisa melakukannya berkat koneksi dengan aplikasi pada smartphone. Bahkan, koneksi bluetooth membuat alat ini bisa mengaktifkan alarm pengingat waktu pemompaan.

Daya tahan baterainya juga tahan lama. Hanya dengan melakukan charging selama 3 jam, Bunda bisa menggunakannya hingga 7 jam. Meskipun ukurannya kecil, alat ini juga tergolong dalam produk hospital grade. Bunda bisa membeli pompa ASI ini di Shopee.

4. Pigeon Breast Pump Electric Pro

foto-pompa-asi-elektrik-terbaik-solusi-mengasihi-tanpa-sufor-4

Harga : Rp 1.588.000



Corong menggunakan teknologi Comfort Properfittm Flange

Alat buatan produsen yang terkenal dengan produk perlengkapan bayi ini beroperasi menggunakan silent motor, sehingga hening dan tidak menimbulkan suara mengganggu. Corong penghisapnya menggunakan teknologi Comfort Properfittm Flange yang nyaman bagi payudara.

Bunda bisa mengatur 4 ritme dan 7 kekuatan penghisapan agar bisa sesuai dengan kebutuhan. Pompa ASI elektrik Pigeon ini juga memiliki fase stimulasi yang dapat membantu meningkatkan produksi air susu, sehingga selalu dapat memenuhi kebutuhan bayi.

Dalam satu set, sudah berisi mesin pemompa, dudukan botol, corong, dan botol penampung dengan kapasitas 160 ml. Produk Pompa ASI ini bisa Bunda beli di Shopee.

3. Medela Swing Single Electric Breast Pump

foto-pompa-asi-elektrik-terbaik-solusi-mengasihi-tanpa-sufor-3

Harga : Rp 1.705.000

Lengkap dengan clip on, untuk menjepitkan di baju

Apabila menggunakan produk ini, Bunda bisa melakukan pengaturan mudah dengan adanya empat tombol utama pada motonya. Keunggulan lain adalah motor pompa dengan ukuran kecil yang memiliki clip on untuk menjepitkannya di saku baju atau menggantungnya pada leher.



Bagi Bunda yang sebelumnya pernah mengalami trauma atau luka pada areola, biasanya akan merasa takut menggunakan pompa ASI. Namun, dengan alat ini, tidak perlu khawatir lagi, karena selain tidak berisik saat beroperasi, corongnya juga lembut dan nyaman.

Untuk menjaga higienitasnya, cuci bersih bagian-bagian yang bersentuhan dengan ASI menggunakan sabun. Setelah itu, lakukan sterilisasi menggunakan sterilizer dengan metode steam atau sinar UV. Bunda bisa membeli pompa ASI elektrik ini di Shopee.

2. Philips Avent Comfort Twin Electric Double Breast Pump

foto-pompa-asi-elektrik-terbaik-solusi-mengasihi-tanpa-sufor-2

Harga : Rp 3.095.000

Bisa memompa ASI pada posisi paling nyaman

Keunggulan pompa ASI buatan Philips ini adalah penggunaannya yang mudah. Bunda bisa memompa dalam posisi paling nyaman, baik tegak maupun bersandar. Denga demikian, masa memompa tidak akan menimbulkan stres.

Ditambah lagi motornya yang beroperasi dalam hening dan tidak menimbulkan suara mengganggu. Tidak perlu merasa kesulitan saat membongkar, membersihkan, maupun memasangnya kembali, sebab desain uniknya memudahkan hal itu.

Lakukan pengaturan pemompaan dengan mudah dan nikmati prosesnya dengan nyaman. Adanya bantalan pijat dengan tekstur selembut beludru membuat Bunda tidak akan merasa sakit selama proses pemerahan ASI. Bunda bisa membeli pompa ASI ini di Shopee



1. Medela Freestyle Double Electric Breast Pump

foto-pompa-asi-elektrik-terbaik-solusi-mengasihi-tanpa-sufor-1

Harga : Rp 5.890.000

Memompa Asi sambil melakukan hal lain karena bisa handsfree

Untuk Bunda yang sibuk dan harus melakukan banyak hal? Pompa ASI elektrik terbaik ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Adanya fitur handsfree membuat kedua tangan tidak perlu memegangi pompa, sehingga bisa melakukan hal lain.

Alat ini juga memiliki layar LCD yang jernih dan jelas, meskipun malam hari. Bunda bisa menyimpan pengaturan pola pemompaan yang cocok untuk penggunaan selanjutnya. Dengan demikian, tidak perlu repot mengaturnya setiap akan menggunakan kembali.

Hal lain yang membuatnya unggul adalah daya baterai pompa ASI elektrik yang awet. Hanya satu kali charging hingga penuh, alat ini dapat beroperasi untuk pemompaan satu minggu. Dapatkan breast pump ini melalui Shopee.

Kesimpulan

  • Agar tetap bisa memberikan ASI tanpa sufor kepada bayi, solusi bagi Bunda yang bekerja adalah menggunakan alat pompa elektrik.
  • Tips memilih pompa ASI elektrik terbaik adalah memperhatikan kualitas, daya tahan baterai, kenyamanan corong, dan kemudahan membersihkannya.
  • Apabila Bunda memerlukan pompa ASI elektrik terbaik yang memungkinkan untuk tetap beraktivitas sembari memompa, pilih Medela Freestyle Double Electric Breast Pump.
  • Namun, jika ingin membeli pompa ASI dengan harga terjangkau, Bunda bisa memilih Real Bubee Double Breast Pump yang bisa berfungsi satu atau dua pompa sekaligus.
  • Adapun Spectra 9 Plus Electric Breast Pump cocok bagi Bunda yang memerlukan pompa ASI berukuran kecil, ringan, dan mudah membawanya.

Referensi

  1. Mayo Clinic (2021), Breast Feeding: Choosing a Breast Pump, https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/breast-feeding/art-20046850
  2. Norma Ritter (2021), Choosing a Breast Pump, https://breastfeedingusa.org/content/article/choosing-breast-pump
  3. Consumer Report (2016), Breast Pump Buying Guide, https://www.consumerreports.org/cro/breast-pumps/buying-guide/index.htm
  4. Center for Disesase Control And Prevention (2020), How to Keep Your Breast Pump Kit Clean: The Essensials, https://www.cdc.gov/healthywater/hygiene/healthychildcare/infantfeeding/breastpump.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Susu Susu Formula


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Solusi ASI Tanpa Sufor, Inilah 10 Pompa ASI Elektrik Terbaik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »