Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


21 July 2019

Rekomendasi 10 Setrika Uap Terbaik yang Membuat Pakaian Lebih Rapi dan Licin

By Cekresi .com


Banyak masyarakat mulai beralih dari yang awalnya menggunakan setrika konvensional, kini semakin banyak yang menggunakan setrika uap. Karena bagi masyarakat, menggunakan setrika uap ini lebih banyak keuntungan, seperti lebih cepat dan lebih menghemat waktu.



Selain itu, setrika uap ini lebih praktis dan bisa menghasilkan pakaian lebih rapi dan licin secara merata tanpa harus menggunakan energi lebih banyak. Beberapa produsen kini memproduksi setrika uap dengan desain yang futuristik dan juga harganya yang lebih terjangkau.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa setrika uap terbaik yang membuat pakaian lebih rapi dan licin berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang berbagai macam setrika uap serta perawatannya.

Alasan menggunakan setrika uap

Setrika konvensional yang biasa dipakai oleh ibu rumah tangga terkadang malah menghasilkan berbagai macam masalah, seperti pakaian terbakar atau rusak, kurang praktis, dan banyak memakan waktu sehingga kini banyak ibu rumah tangga yang beralih menggunakan setrika uap.

Adapun alasan-alasan kenapa banyak ibu rumah tangga menggunakan setrika uap adalah sebagai berikut:

  • setrika uap lebih banyak menghewat waktu,
  • setrika uap membuat pakaian tidak mudah rusak,
  • lebih mudah saat menyetrika pakaian yang lebih panjang,
  • lebih aman saat digunakan karena tidak khawatir lagi terkena panas dari plat,
  • tidak membuat pakaian terbakar, dan
  • lebih praktis saat menggunakannya.

Mengenal berbagai jenis setrika uap

Secara umum setrika uap dibagi menjadi dua jenis jika dilihat dari cara menggunakannya, yaitu standard dan handheld.

Setrika jenis standart ini biasanya memiliki ukuran lebih besar dengan bobot yang lebih berat, dan cara menggunakannya pun memerlukan alas atau tatakan seperti menggunakan meja.

Sedangkan jenis handheld ini memiliki bobot yang lebih ringan dengan model yang lebih praktis dalam penggunaannya. Anda tidak perlu menggunakan meja atau tatakan saat menggunakan setrika jenis ini, karena Anda cukup menggantungkan pakaian saja saat menyetrikanya.

Namun jika dilihat dari kemampuan dan kualitasnya, setrika uap dibagi menjadi tiga macam, yaitu setrika uap portable, setrika uap boiler, dan setrika uap tinggi.



Pertama, setrika uap portable. Setrika ini sangat cocok digunakan untuk skala rumah tangga, karena selain praktis, setrika ini harganya lebih terjangkau dan lebih mudah digunakan. Kemampuan setrika ini bisa tiga kali lipat lebih cepat daripada Anda menggunakan setrikaan biasa.

Kedua, setrika uap boiler. Pada dasarnya setrika ini mirip dengan setrika portable, namun memiliki kemampuan lebih besar pada sumber tenaga yang digunakan. Setrika ini biasanya dihubungkan langsung dengan gas LPG sebagai sumber tenaga utama, dan setrika ini banyak digunakan oleh pengusaha laundry karena lebih efektif dan lebih cepat saat digunakan untuk menyetrika pakaian dalam jumlah banyak.

Ketiga, setrika uap tinggi. Setrika ini biasanya digunakan untuk menyetrika kain-kain lebar, seperti seprai atau gorden. Setrika ini memiliki kemampuan menyemprotkan uap lebih besar secara merata, dan setrika ini sering digunakan oleh pengusaha laundry berskala besar.

Pilih plat setrika uap dengan kualitas terbaik

Salah satu unsur penting saat memilih setrika uap adalah dengan mengetahui kualitas alas atau plat setrika. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir, karena banyak setrika uap yang dilengkapi dengan plat dari bahan terbaik dan berkualitas.

Secara umum, plat ini berfungsi untuk melapisi alas setrika sehingga lebih licin dan lebih mudah saat menyetrika. Biasanya plat ini terbuat dari bahan seperti, keramik, titanium atau pun fluorin.

Anda bisa menggunakan plat setrika uap yang berasal dari bahan keramik, karena lebih kuat, lebih licin, dan lebih mudah menggunakannya. Namun jika Anda menginginkan kualitas yang standar, mungkin bisa menggunakan plat titanium, dan hindari pemakaian plat fluorin karena setrika ini biasanya kurang licin dan akan membuat pekerjaan menyetrika lebih lelah.

Perhatikan durasi uap yang dihasilkan

Salah satu hal yang juga penting dalam memilih setrika uap adalah dengan mengetahui durasi lamanya uap yang dihasilkan. Karena semakin sedikit uap yang dihasilkan, semakin sulit dan lama pakaian Anda akan sampai pada titik rapi dan licin.



Anda bisa memilih setrika yang memiliki kemampuan mengeluarkan uap sebesar 10 gram per menit. Karena ukuran tersebut mampu menghasilkan pakaian lebih cepat rapi, dan efektif menghilangkan bau tidak sedap pada pakaian.

Lamanya durasi ini tentu berhubungan dengan kapasitas tangki setrika. Jadi pilih tangki setrika dengan kapasitas yang lebih besar, terutama jika Anda sering menggunakan setrika uap untuk pakaian dengan jumlah yang lebih banyak setiap harinya.

Cara merawat setrika uap agar lebih awet dan tahan lama

Seperti halnya alat elektronik lainnya, setrika uap juga memerlukan perawatan agar lebih awet dan tahan lama, serta tidak mudah rusak. Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa perawatan pada setrika uap Anda berikut ini.

  • Pastikan Anda menggunakan air bersih saat mengisi tangki setrika uap, agar tangki setrika air tidak mudah berkerak, dan bisa bekerja secara maksimal.
  • Buanglah selalu sisa air yang ada pada tangki ketika Anda selesai menyetrika.
  • Jangan menambahkan campuran cairan lain ke dalam tangki setrika.
  • Simpanlah setrika di tempat yang bersih dan kering.
  • Anda bisa menggunakan cuka putih untuk menghilangkan kerak yang ada pada setrika.
  • Selain itu, Anda juga bisa memakai baking soda unuk menghilangkan karat dan noda yang menempel pada plat atau alas setrika.

10 Setrika uap terbaik yang membuat pakaian lebih rapi dan licin

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang setrika uap serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi setrika uap terbaik yang membuat pakaian lebih rapi dan licin dari berbagai merek berikut ini:

10. Setrika uap Philips GC1418/35

setrika_uuap_philips_gc1418_35

Harga : Rp 249.000

Menghilangkan kusut lebih cepat dan hemat waktu

Philips GC1418/35 merupakan salah satu jenis setrika uap yang nyaman digunakan karena desainnya yang ergonomis. Setrika ini memiliki konsumsi daya listrik sebesar 400 watt dengan panjang kabel 1.8 meter, dan terdapat setelan uap yang dapat diatur sesuai jenis bahan kain.

Setrika ini mampu menghasilkan kabut halus yang bisa membasahi kain secara merata sehingga cepat mengatasi kain kusut yang membandel. Selain itu, setrika ini dilengkapi dengan pintu pengisian tangki yang di desain agar tidak tumpah. Anda dapat membeli setrika uap di di bukalapak.



9. Setrika uap Philips GC507/60

setrika_uap_philips_gc507_60

Harga : Rp 755.000

Desain ergonomis dan membuat pekerjaan menyetrika lebih mudah dan cepat

Philips GC507/60 merupakan jenis setrika uap berdiri yang dilengkapi dengan gantungan khusus untuk memudahkan Anda menghilangkan kusut membandel hingga ujung kain sekalipun. Setrika ini mampu menghasilkan uap yang sangat kuat dengan tiga tingkat uap berbeda pada fiturnya.

Setrika ini juga dilengkapi dengan tangki penyimpanan air besar untuk penguapan lebih lama, dan pembersih kerak Easy Rinse untuk pemakaian lebih panjang.

Setrika dengan daya 1.500 wattdengan voltase 220 voltini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Untuk mendapatkannya, Anda dapat membeli setrika uap ini di bukalapak.

8. Setrika uap HDL-7010

setrika_uap_hdl_7010

Harga : Rp 194.500

Membuat pakaian lebih cepat rapi dalam sekejap

Setrika uap HDL-7010 merupakan jenis setrika yang menggunakan teknologi uap panas yang bisa menghindarkan baju Anda terbakar seperti yang bisa terjadi ketika menggunakan setrika konvensional. Setrika ini mampu membuat pakaian lebih rapi dalam waktu sekejap.

Setrika ini mempunyai kapasitas menampung air 120ml sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menyetrika pakaian dengan jumlah banyak dalam sekali pakai. Anda dapat membeli setrika uap ini di Bukalapak.



7. Setrika uap 2 in 1 Travel

setrika_uap_2_in_1_travel

Harga : Rp 89.000

Sangat nyaman digunakan untuk kebutuhan rumah atau pun saat bepergian

Setrika ini bisa berfungsi untuk setrika biasa atau pun setrika uap. Setrika yang bisa dilipat ini sangat cocok untuk Anda yang hobi traveling, untuk ke kantor, dan keperluan bisnis, karena modelnya yang mudah dibawa ke mana-mana.

Setrika ini menggunakan daya listrik 700 watt dengan tegangan220 volt. Selain itu, terdapat kabel 1.3 meter yang nyaman digunakan. Untuk Anda yang punya usaha laundry, setrika ini bisa dijadikan pilihan terbaik untuk membantu pekerjaan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda dapat membeli setrika ini di Bukalapak.

6. Setrika uap Perfin JT-07

setrika_uap_perfin_jt_07

Harga : Rp 278.000

Lebih praktis, efisien, dan berkualitas

Setrika uap merek perfin ini adalah salah satu setrika uap yang menggunakan bahan acrylonitrile butadiene styrene (ABS) berkualitas tinggi, tahan terhadap suhu tinggi, tidak mudah penuaan, dan tahan lama.

Setrika ini memilliki kapasitas air 0.8 ml, namun Anda tidak perlu khawatir karena tangki air setrika ini memiliki desain transparan sehingga volumenya bisa terlihat.Selain itu, setrika ini dapat digunakan untuk menyetrika semua jenis bahan pakaian, dan mempunyai fungsi untuk dry clean, serta dapat membantu menghilangkan debu.Anda dapat membeli setrika ini di JD.ID.

5. Setrika Uap Perfin 790

setrika_uap_perfin_790

Harga : Rp 68.800

Mempunyai bentuk mini dan praktis



Bagi Anda yang mengutamakan bentuk setrika yang praktis dan mudah di bawa kemanapun. Setrika uap Perfin 790 adalah pilihan yang cocok untuk Anda. Karena setrika ini mempunyai bentuk minimalis sehingga lebih praktis.

Setrika uap perfin 790 ini menggunakan bahan acrylonitrile butadiene styrene (ABS)dengan dimensi ukuran 18×7.8×6.8cm / 7.08×3.07×2.67in. Meskipun ukurannya yang sangat mini, setrika ini mampu bekerja seperti setrika pada umumnya. Anda dapat membelinya di JD.ID.

4. Setrika uap Panasonic NI-V100N


Harga : Rp 237.000

Pengoperasian lebih mudah dan hemat energi

Setrika uap merek Panasonic ini merupakan salah satu jenis setrika uaplow watt, 350 watt, sehingga bisa menghemat pemakaian listrik Anda di rumah.Untuk mengoperasikannya, setrika ini lebih mudah daripada jenis setrika uap lainnya.

Setrika ini dijamin mampu menghilangkan kusut pada pakaian Anda secara cepat dan merata.Selain itu, Anda tidak perlu khawatir karena setrika ini menggunakan bahan anti lengket, sehingga lebih aman dan tidak membuat pakaian Anda rusak. Anda dapat membeli setrika uap ini di Bukalapak.

3. Setrika uap Idealife IL-131S

setrika_uap_idealife_il_131s

Harga : Rp 590.000

Menyetrika lebih cepat dan lebih aman

Setrika uap garment steamermerek Idealife ini merupakan setrika uap berdiri yang menggunakan bahan berkualitas terbaik yang dilengkapi dengan gantungan baju sehingga lebih memudahkan Anda saat menyetrika. Untuk itu, Anda tidak perlu menggunakan meja lagiketika memiliki Setrika uap Idealife IL-131S.



Setrika ini sangat cocok digunakan untuk jenis pakaian seperti, gaun, jas, baju sutra, dan lainnya.Selain itu, Anda tidak perlu repot dalam pengisian air, karena kapasitasair setrika ini cuku banyak, 1.4 liter.Anda dapat membeli setrika uap ini di Bukalapak.

2. Setrika uap Tobi

setrika_uap_tobi

Harga : Rp 115.000

Mampu menghilangkan kusut pada pakaian lebih maksimal

Setrika uap Tobi merupakan setrika uap yang bisa membuat pekerjaan Anda menyetrika lebih mudah dan cepat, serta kemampuan melicinkan dan menghilangkan kusut pada pakaian lebih maksimal.

Setrika ini dapat dibawa kemana saja dan mudah digunakan pada situasi apapun.Anda juga tidak akan mengalami kejadian baju terbakar seperti yang terjadi ketika Anda menggunakan setrika konvensional, karena setrika dilapisi dengan elemen yang tidak langsung kontak dengan kain. Anda bisa membeli setrika uap ini di Bukalapak.

1. Setrika uap mini Hetian CL-558B

setrika_uap_mini_hetian_cl_558b

Harga : Rp 100.000

Lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana

Setrika ini memiliki fungsi ganda, bisa digunakan sebagai setrika biasa dan juga bisa digunakan sebagai setrika uap.Setrika ini juga mudah dilipat dan dibawa ke mana-mana sehingga sangat cocok untuk Anda yang hobi traveling.

Setrika Hetien ini dilengkapi denganplat alas berupa teflon yang anti lengket sehingga aman dan tidak mudahmerusak pakaian Anda. Selain itu, setrika ini lebih lengkap daripada generasi sebelumnya, karena terdapat sikat bulu dan dapat diputar gagangnya ke belakang dan ke depan. Anda dapat membeli setrika uap ini di Bukalapak.



Kesimpulan

  • Sebelum Anda membeli setrika uap, pastikan Andamemilih jenis setrika yang sesuai dengan kebutuhan Anda, perhatikan jenis alas atau plat setrika, dan pastikan memiliki durasi pemakaiannya uap lebih lama terutama jika Anda terbiasa menyetrika pakaian dalam jumlah banyak.
  • Selain itu, untuk Anda yang hobi traveling atau bepergian, Anda bisa memilih setrika uap yang portable, bisa dilipat, dan bentuknya minimalis agar mudah dibawa kemana-mana.
  • Jika Andamenginginkan setrika uap tipe standardengan kualitas terbaik yang bisa memberikan kemudahan serta kenyamanan secara maksimal saat menyetrika, Andabisa memilih setrika uap philips GC1418/35.
  • Namun, jika Anda sering bepergian atau traveling, Andabisa memilih setrika uap mini Hetian CL-558B, karena setrika ini lebih praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana.
  • Sedangkan, jikaAndamenginginkan setrika uap berkualitas yang bisa membuat pakaian lebih rapi dengan cepat, serta dilengkapi dengan gantungan baju. Anda bisa memilih setrika uap garment steamerIdealife IL-131S.

Referensi

  1. Angela Verdi (2018),Top 10 Best Steam Irons, https://www.frenchgarmentcleaners.com/steam-irons/
  2. IronsExpert (2016), How to Clean the Sole Plate of Steam Iron,
    https://medium.com/@ironsexpert/how-to-clean-steam-iron-soleplate-b50cb47b7509



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Rekomendasi 10 Setrika Uap Terbaik yang Membuat Pakaian Lebih Rapi dan Licin", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »