Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


20 July 2019

Rekomendasi 10 Sepatu Formal Pria yang Keren dan Berkualitas

By Cekresi .com


Berbeda dengan wanita, kaum pria dikenal lebih cuek mengenai penampilan.

Meskipun demikian, ada beberapa profesi yang menuntut mereka untuk berpenampilan lebih rapi, bersih, dan elegan. Salah satu yang bisa membuat tampilan lebih baik itu adalah dengan menggunakan sepatu formal terbaik.



Beberapa produsen memproduksi sepatu formal terbaik dengan model dan kualitas yang bisa membuat tampilan lebih keren. Mereka memproduksi sepatu formal dengan desain-desain yang menarik yang bisa merubah penampilan Anda lebih baik, serta dapat memberikan rasa percaya diri lebih tinggi.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa sepatu formal pria terbaik yang membuat tampilan lebih keren. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang cara memilih sepatu formal serta cara perawatannya.

Mengenal berbagai model sepatu formal

Sepatu formal memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan sepatu yang lain. Sepatu ini umumnya memiliki ciri khas berupa ujung sepatu yang berbentuk kotak, lancip, serta bertubuh panjang.

Ada beberapa model sepatu formal yang selama ini dikenal oleh masyarakat dan beredar luas di pasaran sehingga lebih mudah didapatkan dengan kualitas dan harganya yang bervariasi. Adapun beberapa model tersebut antara lain:

Pertama, model Standar. Model ini umumnya berwarna hitam atau coklat, memiliki ujung berbentuk kotak lancip tanpa disertai motif sama sekali. Sepatu model ini didesain slip on sehingga kaki akan mudah keluar dan masuk.

Kedua, model Oxford (Balmoral). Model sepatu ini paling banyak diminati masyarakat, karena desainnya yang menarik. Model sepatu ini memiliki variasi tambahan berupa tali-tali kecil yang dijahit pada lapisan pertama kulit. Tali ini berfungsi sebagai penyeimbang ruang pada kaki.

Ketiga, model Derby (Bluchers). Model ini dilengkapi dengan variasi tambahan berupa tali, namun jahitan tali tersebut dijahit di atas toe yang dapat memberikan kesan lebih menarik dan unik.



Keempat, model Kasual. Biasanya model sepatu ini ada yang menggunakan tali dan ada yang selop. Umumnya sepetu ini terbuat dari bahan Suede. Sepatu ini bisa digunakan untuk acara formal, dan juga cocok untuk non formal karena sepatu ini akan membuat pemakainya terlihat lebih santai.

Kelima, model Monkstrap. Seperti namanya, sepatu model Monkstrap memiliki variasi berupa strap yang berfungsi sebagai pengencang sepatu, sehingga Anda bisa melakukan pengaturan agar lebih pas dengan bentuk kaki Anda.

Keenam, model Loafer. Model sepatu ini memiliki ciri khas berupa ujung sepatu yang tumpul dan melebar. Umumnya ada beberapa jenis model Loafer, diantaranya yaitu model Penny (terdapat lubang kecil di atas sepatu), Tassel (terdapat hiasan menggantung pada sepatu), dan Bit (terdapat logam menyerupai ring di atas sepatu).

Ketujuh, model Brogues. Model sepatu ini memiliki ciri khas berupa lubang-lubang dan aksen kulit hewan di setiap bagian sepatunya. Ada dua model aksen kulit pada model sepatu Brogues, yaitu long wing dan wing tip.

Memilih sepatu formal berdasarkan bahannya

Salah satu unsur penting sebelum membeli sepatu formal adalah dengan mengetahui kualitas bahannya. Sepatu yang terbuat dari bahan dengan kualitas terbaik biasanya akan memberikan kesan lebih mewah dan membuat tampilan lebih trendi dan wow.

Umumnya, ada beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat sepatu formal, yaitu bahan Suede, Patent atau Glossy Leather, Genuine Leather, Flopper, dan kulit Lak. Berikut ini penjelasan dari jenis bahan-bahan tersebut.

  • Suede, berasal dari kulit hewan asli. Harga sepatu yang terbuat dari bahan ini cenderung lebih mahal dibandingkan lainnya.
  • Patent atau Glossy Leather, berasal dari jenis kulit yang pada prosesnya dilapisi bahan protektif seperti aklirik. Sepatu yang terbuat dari bahan ini akan terlihat mengkilap, berwarna terang, dan licin.
  • Genuine Leather, berasal dari lapisan terbawah kulit. Bagian ini tidak memiliki grain atau serat kulit sama sekali. Kualitas dari bahan ini kurang bagus jika dibandingkan Suede dan Glossy Leather.
  • Flopper, terbuat dari kulit imitasi. Harga dari bahan ini cenderung lebih murah jika dibandingkan sepatu yang terbuat dari bahan kulit asli. Kualitas dari bahan ini juga dinilai kurang bagus.
  • Kulit Lak adalah jenis bahan pembuat sepatu yang mirip seperti kulit sintesis. Jenis bahan ini biasanya terlihat lebih mengkilap jika dibandingkan dengan jenis bahan lainnya.

Berdasarkan jenis bahan di atas, biasanya yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah sepatu yang terbuat dari bahan Suede, karena selain akan membuat Anda terlihat terlihat stylish dan trendi, sepatu ini juga lebih awet dan tahan lama.



Perhatikan sol dan welt sepatu

Selain memperhatikan model sepatu, hal penting lainnya adalah perhatikan bagian sol sepatu. Karena sol sepatu yang terletak di bagian bawah sepatu ini sangat menentukan tingkat kenyamanan pemakainya.

Beberapa referensi menyatakan bahwa sepatu formal terbaik yang bisa dijadikan acuan dalam memilih sol adalah pilih sepatu dengan sol sepatu dijahit, terbuat dari bahan kulit, serta memiliki ketebalan 0,25 inci.

Selain itu, perhatikan welt sepatu atau bagian berupa celah yang terdapat diantara bagian atas sepatu dengan sol sepatu. Biasanya sepatu formal yang berkualitas memiliki jarak welt sangat dekat.

Perhatikan broguing sepatu

Ada beberapa sepatu formal yang memiliki broguing, namun ada juga sepatu formal yang tidak memiliki broguing. Broguing merupakan jahitan dekoratif yang ada pada bagian ujung sepatu yang berfungsi sebagai hiasan agar sepatu terlihat lebih stylish.

Selain itu, broguing berfungsi sebagai sirkulasi udara agar sepatu tidak mudah lembab, bisa bernafas, dan terhindar dari jamur atau mikroorganisme yang bisa merusak sepatu Anda.

Perhatikan perpaduan antara sepatu dan setelan busana yang biasa Anda gunakan

Setiap orang memiliki selera yang berbeda mengenai warna sepatu yang dikenakan. Umumnya, seseorang akan menyesuaikan warna sepatu sesuai dengan warna busana yang dikenakan.

Sepatu warna hitam sangat cocok jika Anda mengenakan setelan jas untuk acara resmi, seperti meeting, presentasi bisnis, dan lain sebagainya. Sedangkan warna coklat sangat cocok digunakan ketika Anda menggunakan busana berupa setelan jas berwarna biru navy atau charcoal.



Oleh karena itu, pilihlah warna sesuai dengan setelan jas yang biasa Anda gunakan, agar Anda dapat terlihat lebih menarik, stylish, dan elegan.

Cara merawat agar lebih awet dan tahan lama

Agar sepatu formal yang Anda miliki lebih awet dan tahan lama, maka Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini, seperti:

  • Jangan menaruh sepatu di tempat yang lembab, agar sepatu Anda terhindar dari jamur.
  • Letakkan sepatu pada kotaknya. Jangan lupa menaruh silica gel di dalamnya agar bau sepatu terserap. Jika Anda tidak memiliki silica gel maka Anda dapat menggunakan kertas koran.
  • Jangan menumpuk sepatu Anda dengan sepatu yang lain, agar tekstur sepatu tidak cepat rusak dan terhindar dari noda baret.
  • Gunakan spray-on waterproofing agar sepatu kedap air.
  • Jika sepatu Anda terkena air, segeralah jemur di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung.
  • Semir sepatu Anda secara berkala agar kelihatan tetap bersih dan mengkilap.

10 Sepatu formal pria terbaik yang membuat tampilan lebih wow

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sepatu formal dan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi sepatu formal pria terbaik yang membuat tampilan lebih wow dari berbagai merek berikut ini.

10. Sepatu pantofel Crocodile

sepatu_pantofel_crocodile

Harga : Rp 105.000

Terbuat dari bahan berkualitas, lebih awet, dan tahan lama

Sepatu merek Crocodile ini sangat cocok bagi para pria yang menyukai model Standar dengan ujung sepatu kotak lancip. Sepatu berwarna hitam ini terbuat dari bahan kulit sapi yang kuat dan nyaman saat digunakan.

Sepatu ini terbuat dari bahan fiber dengan tingkat kelenturan tinggi yang akan membuat pemakainya lebih nyaman. Selain itu, kualitas sol lebih kuat sehingga sepatu lebih awet dan tahan lama. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli sepatu ini di Bukalapak.

9. Sepatu formal Kickers

sepatu_formal_kickers

Harga : Rp 160.000

Membuat tampilan lebih trendi dan stylish



Sepatu formal model Kasual ini akan membuat pemakainya tetap kelihatan santai di acara-acar formal. Sepatu ini dikombinasikan dengan tali sepatu yang akan memudahkan Anda melakukan pengaturan ukuran yang pas sesuai bentuk kaki.

Sepatu ini terbuat dari bahan Suede yang lembut dan nyaman saat digunakan. Sepatu ini ada yang berwarna cokelat sehingga sangat cocok jika dipadukan dengan setelan jas warna biru navy atau charcoal. Anda bisa membeli sepatu ini di Tokopedia.

8. Sepatu formal Cevany Oxford Max

sepatu_formal_cevany_oxford_max

Harga : Rp 265.000

Tampil menawan dan nyaman dengan model Oxford

Sepatu merek Cevany model Oxford ini banyak diminati oleh masyarakat karena modelnya yang keren dan stylish. Sepatu ini merupakan salah satu produk handmate asli Bandung yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau.

Sepatu berwarna hitam ini terbuat dari bahan kulit sapi yang berasal dari Garut. Sedangkan sol sepatu Cevany ini terbuat dari karet fiber dengan kualitas terbaik sehingga memiliki ketahanan dan nyaman saat digunakan. Anda bisa membeli sepatu ini di Bukalapak.

7. Sepatu formal Baricco 632

sepatu_formal_baricco_632

Harga : Rp 295.000

Sepatu lokal dengan kualitas terbaik

Sepatu merek Baricco ini merupakan produk lokal asal Cibaduyut yang memang terkenal dengan fashionnya yang keren-keren dan berkualitas. Sepatu berwarna coklat ini terbuat dari kulit LAK dengan desain slip on sehingga memudahkan kaki untuk keluar dan masuk.



Sepatu pantofel ini akan membuat tampilan Anda lebih stylish dan elegan karena modelnya yang di desain sangat keren. Bagi pecinta produk lokal, sepatu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli sepatu ini di Bukalapak.

6. Sepatu Cevany Wringkle Derby

sepatu_cevany_wrinkle_derby

Harga : Rp 325.000

Terbuat dari bahan berkualitas, lebih awet, dan tahan lama

Sepatu ini cocok bagi Anda yang menyukai model Derby Shoes dengan variasi berupa tali yang memudahkan Anda melakukan pengaturan yang pas sehingga lebih nyaman digunakan untuk bergerak atau pun berjalan.

Sepatu merek Cevany ini terbuat dari bahan kulit sapi dengan kualitas terbaik. Selain itu, sol sepatu dari bahan fiber yang tangguh, kuat, dan tahan lama. Anda bisa membeli sepatu ini di Bukalapak.

5. Sepatu formal Rasheeda Oxford

sepatu_formal_rasheeda_oxford

Harga : Rp 332.000

Membuat tampilan lebih stylish dan fashionable

Untuk Anda yang ingin terlihat lebih stylish dan bergaya, sepatu ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Karena sepatu coklat merek Rasheeda ini merupakan produk handmate dengan model Oxford yang pastinya banyak diminati oleh masyarakat.

Sepatu ini terbuat dari bahan kulit sapi asli (lux leather), sehingga lebih nyaman saat digunakan. Selain itu, sol separu ini terbuat dari bahan Tiber yang karakternya lebih ringan, tidak licin, dan tahan lama. Anda bisa membeli sepatu ini di Bukalapak.



4. Sepatu formal Azcost Monkstrap

sepatu_formal_azcost_monkstrap

Harga : Rp 265.200

Membuat Anda semakin terlihat lebih gaya dan trendi

Sepatu merek Azcostini sangat cocok digunakan untuk acara-acara formal maupun non formal. Karena sepatu model Monkstrap ini termasuk tipe casual yang akan membuat pemakainya terlihat santai.

Sepatu yang terbuat dari bahan kulit sapi asli dengann sol yang berbahan fiber sehingga lebih nyaman digunakan dan tidak akan membuat kaki Anda lecet. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli sepatu ini di Bukalapak.

3. Sepatu Pinsv

sepatu_pinsv

Harga : Rp 581.800

Model lebih unik dan membuat tampilan lebih wow.

Sepatu merek Pinsv ini merupakan jenis sepatu Loafers yang memiliki variasi unik berupa hiasan menggantung dengan tali yang berada di samping. Sepatu ini terbuat dari bahan berkualitas yang nyaman saat digunakan.

Bahan atas sepatu ini terbuat dari bahan kulit split yang dilapisi dengan bahan pelapis PU sehingga lebih tahan terhadap air dan bisa bernafas. Selain itu, sepatu ini lebih ringan sehingga memudahkan Anda saat bergerak bebas. Anda bisa membeli sepatu ini di Tokopedia.

2. Sepatu formal LV 075Ht

sepatu_formal_lv_075ht

Harga : Rp 195.000

Membuat tampilan lebih elegan dan wow.



Sepatu ini terbuat dari bahan kulit sapi berkualitas tinggi, sehingga sangat nyaman saat digunakan untuk pekerja kantoran. Sepatu berwarna hitam ini didesain sesuai dengan anatomi kaki manusia.

Model sepatu ini akan membuat pemakainya semakin terlihat lebih elegan dan wow. Selain itu, sepatu ini terbilang memiliki harga yang lebih terjangkau sehingga tidak merogoh kocek Anda terlalu dalam. Anda bisa membeli sepatu ini di bukalapak.

1. Sepatu Ocean Lucky

sepatu_ocean_lucky

Harga : Rp 169.000

Bisa digunakan untuk acara formal dan non formal.

Sepatu merek Ocean ini terbuat dari bahan kulit sintetis, dan memiliki model Loafers dengan ciri khas berupa ujung sepatu yang tumpul dan melebar, sehingga sepatu ini akan membuat tampilan Anda lebih kasual dan nyaman saat digunakan.

Sepatu ini memiliki dua pilihan warna yaitu hitam dan cokelat. Selain itu, sepatu ini termasuk salah satu sepatu pantofel yang banyak diminati masyarakat karena modelnya cocok untuk acara formal dan non formal. Anda bisamembeli sepatu ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sepatu formal, pastikan memilih model sepatu yang sesuai dengan kebutuhan atau pekerjaan Anda. Selain itu pertimbangkan bahan, warna, sol, welt, dan broguingnya.
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agarsepatu formal yang Anda miliki lebih awetdan tahan lama.
  • Anda bisa memilihsepatu formal merek PINSV, karena sepatu ini memiliki kualitas yang bagus serta terbuat dari bahan berkualitas, anti air, sirkulasi udara sangat baik, dan tahan lama.
  • Namun jika Anda menginginkan sepatu yang dapat digunakan untuk acara formal maupun kasual, Anda dapat memilih merek Ocean Lucky.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan sepatu formal dengan harga lebih terjangkau dengan kualitas yang sangat baik, Anda bisa memilih sepatu formal merek LV 075Ht.

Referensi

  1. Humaira (2016), 6 Cara Cerdas Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Keren Sampe Puluhan Tahun, https://www.idntimes.com/men/style/maira/6-tips-untuk-merawat-sepatu-kulitmu-agar-tetap-keren-saat-dipakai
  2. Entrepeneur Asia Psific (2019), The Most Stylish Shoes Men Can Wear To Work, https://www.entrepreneur.com/article/322457



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Rekomendasi 10 Sepatu Formal Pria yang Keren dan Berkualitas", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »