Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


22 July 2019

Rekomendasi 10 Mesin Kopi Espresso Bagus Untuk di Rumah

By Cekresi .com


Kopi espresso merupakan kopi yang dihasilkan dari hasil ekstraksi biji kopiyang proses pembuatannya membutuhkan mesin. Umumnya, kopi espresso ini bisa kita ditemukan di kafe, namun seiring dengan berkembangnya waktu, banyak produsen memproduksi mesin kopi espresso untuk kebutuhan di rumah.



Kualitas mesin espresso sangat menentukan kualitas kopi espresso yang akan dihasilkan. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih mesin espresso.Beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan adalah tipe mesin, ragam fitur, kapasitas, tekanan bar, serta harganya.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa mesin espressobagus untuk digunakan di rumah dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang berbagai macam tentang mesin espresso serta cara perawatannya.

Mengenal berbagai macam tipe mesin kopi espresso

Secara umum, berdasarkan penggunaannya tipe mesin espresso dibagi menjadi lima, yaitu mesin kopi super-otomatis, mesin kopi otomatis,mesin kopi semi-otomatis,mesin kopi manual, dan mesin kopi profesional. Adapun penjelasan dari masing-masing tipe tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, mesin kopi super-otomatis.

Mesin kopi ini bisa digunakan untuk menggiling, memadatkan, dan memanaskan kopi sekaligus. Untuk menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan satu tombol sesuai dengan menu yang Anda pilih, dan kopi siap untuk dinikmati.

Kedua, mesin kopi otomatis.

Mesin kopi ini sangat cocok digunakan untuk orang yang baru belajar membuat kopi espresso, karena mesin ini cukup praktis dan mudah penggunaannya. Mesin kopi tipe otomatis bisa menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan minum kopi Anda sehari-hari di rumah.

Ketiga, mesin kopi semi-otomatis.

Mesin tipe ini akan melibatkan Anda dalam proses pembuatannya, karena berbeda dengan otomatis yang lebih banyak peran dilakukan oleh mesin. Mesin tipe semi-otomatis ini biasanya sering digunakan oleh penikmat kopi yang suka meracik kopi sendiri.

Keempat, mesin kopi manual.

Mesin kopi ini biasanya memiliki desain yang lebih klasik dan bisa membuat tampilan interior nampak lebih elegan. Ketika menggunakan mesin ini, Anda harus menggiling sendiri kopi, tamping, mengatur suhu dan tekanan, serta lamanya ekstraksi.



Kelima, mesin kopi profesional.

Mesin kopi ini menjadi primadona bagi para barista. Mesin kopi ini lebih komplek dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi saat menggunakannya. Biasanya mesin ini digunakan oleh kafe-kafe besar yang fokus pada hasil kopi yang berkualitas.

Perhatikan tekanan bar mesin kopi yang akan Anda beli

Ketika Anda membeli kopi espresso di kafe, maka Anda akan mendapati cairan berwarna kuning kecoklatan yang ada pada lapisan kopi paling atas. Cairan itu disebut dengan sebutan crema. Cremaini yang menentukan rasa dan aroma pada kopi sehingga lebih nikmat saat meminumnya.

Umumnya, terdapat beberapa macam tekanan bar pada mesin kopi, namun tekanan bar yang paling baik adalah tekanan 9 bar. Mesin kopi espresso yang memiliki tekanan 9 bar ini memiliki keunggulan, yaitu dapat menghasilkan cremasangat baik, rasa yang lebih nikmat, dan aroma kopi yang dihasilkan sangat kuat.

Perhatikan kapasitas tangki mesin

Setiap mesin kopi memiliki kapasitas yang berbeda-beda sesuai dengan jenis produknya. Anda bisa memilih mesin kopi dengan kapasitas maksimal jika Anda memiliki jumlah keluarga yang banyak di rumah, atau Anda sering didatangi tamu setiap harinya.

Namun, jika hanya untuk memenuhi kebutuhan minum kopi dua atau tiga orang saja setiap harinya, mungkin Anda hanya perlu memilih mesin kopi dengan kapasitas maksimal 4 gelas saja. Jadi, selain Anda bisa lebih hemat pemakaian, Anda juga bisa hemat energi.

Pilih berbagai fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan

Mesin kopi yang baik dan berkualitas akan memiliki fitur yang mampu mengatur tahapan-tahapan pada proses pembuatan kopi.

Tidak hanya soal tahapan, terkadang ada juga fitur yang mampu menghasilkan milk foamer, yang berarti Anda bisa menghasilkan jenis kopi yang lain, misalkan caffe latte atau cappucino.



Semakin banyak fitur, semakin banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan untuk membuat berbagai macam jenis kopi. Namun jika ingin lebih praktis, mungkin Anda tidak perlu memilih yang banyak fiturnya.

Mempertimbangkan harga mesin

Ketika Anda membeli mesin kopi espresso, selain Anda harus mempertimbangkan beberapa hal yang telah dijelaskan di atas, maka Anda juga harus mempertimbangkan harga mesin kopi yang akan Anda beli. Anda dapat menyesuaikan harga mesin sesuai dengan kemampuan Anda.

Harga mesin espresso sangat berbeda-beda, mulai dari harga 1 – 6 juta rupiah. Harga dari sebuah mesin akan menentukan kualitas dari kopi yang dihasilkan. Semakin mahal harga mesin, semakin lengkap fitur-fitur yang bisa membuat kopi jauh lebih nikmat.

Memilih mesin yang bergaransi

Harga mesin espressobisa dibilang cukup mahal. Oleh karena itu, agar Anda lebih tenang dan nyaman saat menggunakan mesin, maka pastikan Anda membeli mesinkopi yang bergaransi.

Dengan adanya garansi, maka Anda tidak perlu khawatir lagi jika terjadi kerusakan pada mesin. Namun, yang perlu Anda ingat, setiap perusahaan memiliki waktu garansi yang berbeda-beda. Jadi, ketika membeli mesin kopi, Anda harus memastikan dengan benar waktu garansi yang diberikan.

Cara merawat mesin kopi agar lebih awet dan tahan lama

Ketika Anda sudah membeli mesin kopi, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar mesin lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini cara-carayang dapat Anda lakukan untuk merawat mesin kopi di rumah:

  • Bersihkan tongkat uap sebelum dan sesudah digunakan.
  • Bersihkan mesin secara teratur agar tidak tertinggal sisa minyak pada mesin. Sisa minyak akan merusak bagian pisau pada mesin, sehingga akan menghambat pengeluaran aroma pada saat ekstraksi.
  • Sebaiknya mesin kopi espresso tidak dibersihkan menggunakan sabun, namun dengan menggunakan air panas. Pembersihan dengan sabun akan meninggalkan bau, sehingga akan mempengaruhi kualitas kopi.
  • Bersihkan selang pembuangan agar terhindar dari penyumbatan atau penumpukan ampas kopi yang bisa menghalangi saluran pembuangan baki tetes.
  • Pastikan untuk selalu membersihkan portafilters, keranjang filter, dan baki tetesan.

10 Mesin kopi espresso bagus untuk digunakan di rumah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang mesin kopi espressoserta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi mesin kopi espressobagus untuk digunakan di rumah dari berbagai merek berikut ini:



10. Delonghi ECO311.R Red

delonghi_eco_311.r_red

Harga : Rp 3.390.000

Bisa digunakan untuk manual dan otomatis

Untuk Anda penikmat kopi, mesin kopi espresso ini bisa menjadi pilihan terbaik, karena memiliki fungsi ganda, bisa dipakai secara manual dan bisa juga diatur secara otomatis sehingga memudahkan Anda untuk membuat kopi lebih mudah dan praktis.

Mesin espresso merek Delonghi ini memiliki penampung air transparan dengan kapasitas 1.4 liter dan mudah dilepas. Selain itu, mesin ini dilengkapi dengan 2 thermostats yang terpisah untuk mengontrol suhu air dan uap. Anda bisa membeli mesin espresso ini di Shopee.

9. Severin Espresso Maker – 5992

severin_espresso_maker_5992

Harga : Rp 1.778.000

Membuat kopi lebih mudah dan cepat

Mesin kopi ini memiliki keunggulan berupa sistem pemanas thermoblock. Dengan adanya sistem pemanas tersebut, maka sistem pemanasan pada mesin berlangsung cepat dengan suhu mesin yang tetap konstan.

Adapun tekanan pompa dari mesin espresso ini sebesar 15 bar, sehingga dapat menghasilkan crema yang baik. Selain itu, mesin ini juga memiliki kapasitas air yang lumayan besar, yaitu sebesar 2.1 liter. Anda bisa membeli mesin espresso ini di Shopee.

8. Klaz espresso coffe maker

klaz_espresso_coffe_maker

Harga : Rp 1.697.500

Dilengkapi dengan fitur steamer susu



Jika anda menginginkan produk yang dilengkapi dengan steamer susu, maka produk ini adalah solusinya. Dengan adanya steamer, Anda dapat memanaskan susu dengan sangat baik. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi knob sebagai pengatur tekanan steamnya.

Produk ini memiliki filter yang terbuat dari stainles steel dengan tangki yang mudah dilepaskan, sehingga mudah untuk dibersihkan. Tidak berbeda dengan produk sebelumnya, produk ini memiliki tekanan pompa sebesar 15 bar, sehingga dapat menghasilkan crema yang baik. Anda bisa membeli mesin espresso ini di Shopee.

7. Staresso espresso coffee maker -white

taresso_espresso_coffee_maker_white

Harga : Rp 600.000

Desain lebih modern dan futuristik, serta aman bagi kesehatan

Mesin ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai mesin dengan desain yang unik. Mesin ini memiliki banyak keunggulan, seperti menggunakan sistem mesin manual hydraulicpumping, sehingga espresso yang dihasilkan menyerupai espresso yang dibuat oleh barista.

Tidak hanya itu, tekanan bar dari alat ini dapat meningkat di atas 15-20 bar, jika bubuk kopi yang digunakan lebih halus. Selain itu, bahan pembuatan mesin ini juga aman bagi kesehatan, karena tangki air terbuat dari material PCTG tanpa Bisphenol A serta bagian cover dan botton terbuat dari food grade SUS304 stainless steel. Anda bisa membeli mesin espresso ini di Shopee.

6. Wacaco nanopresso espresso coffee machine

wacaco_nanopresso_espresso_coffee_machine

Harga : Rp 1.350.000

Lebih praktis, unik, dan cocok digunakan untuk bepergian

Mesin kopi espressoini memiliki bentuk yang unik menyerupai sebuah kapsul dengan bentuk minimalis sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Kapasitas maksimal dari produk ini sebesar 80 ml, dengan tekanan maksimum sebesar 18 bar.



Hasil pembuatan kopi ini sangat baik, namun hasil pembuatan kopi akan terasa lebih nikmat dan lezat jika bubuk yang digunakan sangat halus. Anda bisa membeli mesin espresso ini di Shopee.

5. Gemilai Italian espresso coffee maker 800W

gemilai_italian_espresso_coffee_maker_800w

Harga : Rp 1.308.000

Desain lebih wow dan menghasilkan kopi yang nikmat ala kafe

Mesin ini cocok jika digunakan untuk membuat espresso di rumah. Selain itu, bentuknya yang elegan akan membuat tampilan interior Anda semakin wow dan bisa menambah suasana ngopi Anda serasa di café.

Untuk Anda penggemar kopi, mesin kopi Gemilai Italian akan menghasilkan secangkir cappucino yang sangat nikmat, dan Anda bisa menyajikan 4 cups dalam sekali pemakaian. Anda bisa membeli mesin espresso ini di Shopee.

4. Mayaka premium espresso machine CM 5013BGS

mayaka_premium_espresso_machine_cm_5013bgs

Harga : Rp 1.450.000

Mesin kopi berkualitas dengan fitur yang beragam

Mesin kopi dari Mayaka ini memiliki kualitas yang bagus karena dilengkapi dengan fitur yang beragam. Fitur yang paling menarik dan membedakannya dengan mesin espresso lainnya adalah adanya termometer analog sebagai indikator boiler.

Baki tetesan mesin espresso ini bisa dilepas sehingga lebih mudah untuk membersihkannya. Selain itu, mesin juga dilengkapi boiler aluminium alloy sehingga dapat membuat mesin cepat panas. Anda bisa membeli mesin espresso ini di Shopee.



3. Krups mesin kopi espresso XP5620 premium

krups_mesin_kopi_espresso_xp5620_premium

Harga : Rp 5.684.000

Mampu menghasilkan espresso dengan kualitas yang selalu sama

Mesin kopi espressoini merupakan tipe mesin otomatis dengan sistem auto tamping yang mampu menghasilkan kualitas hasil dari espresso sama. Sedangkan tekanan bar pada mesin kopi ini sebesar 15 bar sehingga menghasilkan crema yang baik.

Mesin ini memiliki sistem pemanas thermoblock sehingga bisa membuat mesin lebih cepat panas. Untuk menggunakan mesin ini Anda harus menyediakan daya yang cukup besar, yaitu 1450 watt.Anda bisa membeli mesin espresso ini di Shopee.

2. Mr. Coffee ECM160-NP

mr_coffee_ecm160_np

Harga : Rp 2.500.000

Menghadirkan kenikmatan kopi seperti di kafe

Mesin ini memiliki keunggulan berupa fitur removable drip tray atau nampan yang bisa dilepas sehingga mudah untuk dibersihkan. Mesin ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan rumah, karena memiliki kemampuan menyediakan 4 gelas dalam sekali pemakaian.

Selain itu, yang menarik ketika Anda membeli mesin ini adalah Anda akan mendapatkan tambahan resep dan sendok pengukuran. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mesin espresso ini di Shopee.

1. Xiaomi Scishare smart auto capsule espresso machine with app

xiaomi_scishare_smart_auto_capsule_espresso_machine_with_app

Harga : Rp 2.150.000

Memberikan rasa dan suasana ngopi di rumah lebih nikmat



Mesin kopi espresso ini bisa menghemat uang Anda, karena tidak perlu lagi minum kopi di café. Kenikmatan yang ditawarkan saat Anda menggunakan mesin kopi ini mampu menghasilkan kopi yang nikmat dengan aroma yang sangat kuat.

Cara menggunakan mesin ini cukup mudah dan praktis, sehingga proses pembuatannya sangat cepat. Tekanan bar yang dimiliki mesin ini adalah sebesar 19 bar sehingga kualitas crema yang dihasilkan tidak diragukan lagi. Semakin besar tekanan bar dari sebuah mesin, semakin baik pula crema yang dihasilkan. Anda bisa membeli mesin espresso ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli mesin kopiespresso, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal seperti, tipe mesin, ragam fitur, kapasitas, tekanan bar, serta harganya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya, agar performa mesin tetap terjaga, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih mesin kopiStaresso, karena mesin ini memiliki banyak keunggulan, seperti desain yang futuristik, fitur yang lengkap, serta bahan pembuatan yang aman bagi kesehatan.
  • Namun, jika Anda menginginkan mesin yang menghasilkan kopi espresso dengan kualitas yang sangat baik dengan proses yang lebih cepat, Anda bisa memilih merk Xiaomi Scishare.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan mesin kopi espresso yang memiliki fungsi ganda, seperti manual dan otomatis, Anda dapat memilih merk Delonghi ECO311.R Red.

Referensi

  1. Perfect Daily Grind(2018), How to Clean and Maintain Your Espresso Machine https://www.perfectdailygrind.com/2018/11/how-to-clean-maintain-your-espresso-machine/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait





2 comments

    1. Hai Kak,

      Boleh disebutkan no resi dan ekspedisinya supaya bisa kami bantu tracking/lacak ?

      Terima kasih




Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Rekomendasi 10 Mesin Kopi Espresso Bagus Untuk di Rumah", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »