Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


17 August 2019

Rekomendasi 10 Mesin Cuci Bagus dan Lebih Hemat Listrik

By Cekresi .com


Beberapa keluhan yang kerap kali muncul ketika memiliki mesin cuci adalah besarnya tagihan listrik yang harus dibayar tiap bulan. Namun, mesin cuci tetap menjadi kebutuhan primer, karena keberadaannya sangat membantu dalam meringankan pekerjaan rumah.



Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan daya listrik saat ingin membeli mesin cuci, dan tidak kalah pentinya Anda juga harus memperhatikan hal lain seperti, fitur, merek, kapasitas mesin cuci, dan desain yang bagus.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa mesin cuci bagus dan lebih hemat listrik berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai mesin cuci serta cara perawatannya.

Tipe mesin cuci yang berkembang di masyarakat

Berdasarkan cara memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci, terdapat dua tipe mesin cuci yang selama ini berkembang di masyarakat, diantaranya yaitu:

Pertama, mesin cuci top loading. Letak penutup dari mesin cuci tipe ini berada di bagian atas mesin, sehingga pakaian dimasukkan dan dikeluarkan melalui atas. Tipe ini lebih disukai oleh masyarakat, sebab pengguna tidak perlu menekuk tubuh untuk memasukkan pakaian.

Kedua, mesin cuci front loading. Letak penutup dari mesin cuci tipe ini berada di bagian depan, sehingga pakaian dimasukkan dan dikeluarkan melalui depan. Mesin cuci tipe ini dipercaya menghasilkan hasil yang lebih baik dibandingkan mesin cuci top loading.

Berdasarkan fitur otomatis total yang tersedia pada mesin, terdapat dua tipe mesin cuci yang selama ini berkembang dimasyarakat, diantaranya yaitu.

Pertama, mesin cuci semi otomatis. Mesin cuci tipe ini dilengkapi tombol pengatur waktu, sehingga Anda bisa mengatur waktu mencuci sesuai keinginan Anda. Terdapat dua wadah pada mesin tipe ini yang terdiri dari wadah untuk mencuci dan wadah pengering.



Kedua, mesin cuci otomatis. Mesin cuci tipe ini hanya memiliki satu wadah saja yang dapat digunakan untuk mencuci, membilas, serta mengeringkan. Semua langkah dapat dilakukan mesin secara otomatis, sehingga Anda hanya perlu menyediakan koneksi air serta mengisi deterjen.

Pilih mesin cuci berdasarkan daya listriknya

Besarnya daya listrik dari barang elektronik yang Anda miliki sangat memengaruhi besarnya tagihan listrik yang harus Anda bayar tiap bulan. Agar tagihan listrik Anda tidak melonjak, maka Anda perlu memperhatikan besarnya daya listrik dari mesin yang akan Anda beli.

Mesin cuci memiliki daya listrik yang berbeda-beda, tergantung dari ukuran mesin, fitur mesin serta beberapa hal lain. Namun, umumnya beberapa mesin cuci yang berkembang di masyarakat memiliki daya listrik sebesar, 300 – 450watt.

Oleh karena itu, sebelum Anda membeli mesin cuci, perhatikan daya listrik dari mesin yang akan Anda beli, agar tagihan listrik yang harus Anda bayar tidak melonjak tinggi. Sesuaikan besarnya daya listrik dengan besarnya kemampuan Anda dalam membayar tagihan listrik.

Pilih mesin cuci dari merek yang terpercaya

Merek dari suatu mesin terkadang juga dapat menjadi pertimbangan dalam membeli suatu produk. Produk dari merek yang terkenal dan sudah terpercaya biasanya menghasilkan mesin dengan kualitas yang bagus, karena merek tersebut sudah dikenal oleh masyarakat.

Untuk mengetahui bahwa merek yang Anda pilih menghasilkan mesin dengan kualitas yang bagus, Anda dapat mencari tahu dengan membaca beberapa artikel yang memuat tentang merek tersebut, dapat juga berdasarkan pengalaman Anda dalam membeli barang elektronnik dari merek tersebut.

Jadi sebelum membeli mesin cuci, pastikan bahwa merek dari mesin yang akan Anda beli sangat recomended, sehingga mesin yang Anda miliki nantinya akan lebih awet dan tidak mengecewakan ketika digunakan.



Pilih mesin cuci yang dilengkapi dengan fitur yang baik

Fitur dari mesin cuci sangat beragam, umumnya tergantung dari merek serta harga dari suatu mesin. Mesin dari merek terkenal dengan penawaran harga yang tinggi cenderung lebih memiliki pilihan fitur yang banyak.

Berikut kami akan mengulas beberapa fitur yang umumnya terdapat pada mesin cuci.

Pertama, super dry spin. Fitur ini berfungsi untuk memeras baju atau mengeringkan baju secara cepat, sehingga dengan menggunakan fitur ini baju Anda akan cepat kering tanpa menjemur dalam waktu yang lama.

Kedua, jumlah tabung. Terdapat dua versi mesin cuci yang umumnya berkembang di masyarakat, yaitu mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Mesin cuci 2 tabung membutuhkan daya yang lebih besar serta harga yang lebih besar dibandingkan mesin cuci 1 tabung.

Ketiga, big pulsator atau multipulsator. Fitur ini merupakan fitur yang berfungsi untuk mempecepat dan memperbesar putaran saat pencucian berlangsung, sehingga pakaian yang akan Anda cuci akan lebih bersih secara maksimal.

Keempat, water inlet. Fitur ini memudahkan Anda dalam mengisi air ke dalam mesin. Dengan adanya fitur ini maka Anda hanya perlu menancapkan selang pada bagian water inlet dan air pada mesin akan terisi dengan sendirinya.

Pilih mesin cuci dengan kapasitas sesuai kebutuhan

Setiap mesin cuci tentunya memiliki kapasitas maksimal yang beragam. Pilihah mesin berdasarkan kapasitas yang Anda butuhkan setiap kali mencuci. Umumnya mesin cuci memiliki kapasitas sebesar 2-20 kg.

Pilih mesin cuci sesuai dengan luas ruangan

Sebelum membeli mesin cuci, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan luas ruangan yang akan Anda gunakan untuk meletakkan mesin cuci, sebab terdapat berbagai macam ukuran mesin cuci yang selama ini berkembang dimasyarakat.



Ukuran mesin cuci bermacam-macam, mulai dari ukuran kecil sampai sedang. Umumnya mesin cuci memiliki panjang sebesar 50-90 cm, lebar 45-72 cm, serta tinggi 85-110 cm.

Jadi, sesuaikan ukuran mesin cuci dengan luas ruangan yang akan Anda gunakan untuk mencuci, agar ruangan yang akan Anda gunakan tetap terlihat rapi dan indah serta tidak menghambat ketika Anda bekerja.

Pilihah mesin cuci yang bergaransi

Memilih mesin yang bergaransi sangat penting untuk dilakukan, karena hal ini akan sangat menguntungkan Anda jika terjadi kerusakan pada mesin yang Anda beli. Dengan tanpa mengeluarkan banyak biaya Anda dapat memperbaiki mesin yang Anda beli.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli mesin di distributor resmi yang dilengkapi garansi pada produknya, agar Anda tidak mengalami kerugian besar ketika terjadi kerusakan.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan aturan serta jangka waktu dari garansinya, sebab setiap distributor memberikan jangka waktu garansi yang berbeda.

Cara merawat mesin cuci agar lebih awet

Ketika Anda sudah membeli mesin cuci, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar mesin yang Anda miliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat mesin tersebut.

  • Pastikan Anda mencuci pakaian dengan jumlah yang sesuai dengan kapasitas mesin, agar mesin tersebut tidak berat dalam bekerja.
  • Pastikan Anda tidak mencuci kaet dan karpet tebal di mesin cuci, karena akan memberi tekanan pada motor mesin cuci dan menyebabkan kerusakan internal.
  • Pastikan Anda mencabut colokan pada stop kontak, agar tidak terjadi konsleting listrik.
  • Hindari penyimpanan pakaian yang terlalu lama pada mesin, agar pakaian yang Anda cuci tetap menghasilkan aroma yang wangi.
  • Pastikan Anda tidak mematikan timer secara paksa, agar sistem pada mesin tidak mudah rusak.
  • Pastikan Anda menutup bagian atas dari mesin dengan menggunakan kardus bekas, agar mesin Anda tetap bersih.
  • Pastikan Anda menjaga kelembaban mesin dengan membersihkan bagian dalam bak menggunakan kain kering atau membiarkan tetap terbuka, agar mesin Anda terhindar dari bakteri dan jamur.
  • Pastikan Anda membersihkan tabung mesin setidaknya tiga bulan sekali. Anda dapat membersihkan mesindengan menggunakan fitur yang tersedia pada mesin, atau denganmemutarcampuran air panas, dua cangkir jus jeruk nipis, dan cuka.

10 Mesin Cuci Bagus dan Lebih Hemat Listrik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang mesin cuci serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi mesin cuci bagus dan lebih hemat listrik dari berbagai merek berikut ini:



10. Mito WM1

_mito_wm_1

Harga : Rp 499.000

Mesin cuci mini, praktis dan cocok untuk ruang yang minimalis

Mesin cuci ini tergolong ke dalam mesin cuci tipe top loader. Kapasitas dari mesin ini yaitu sebesar 3,5 kg untuk mencuci serta pengering sebesar 1,5 kg. Daya dari mesin ini tergolong rendah yaitu sebesar 170 watt.

Selain itu, keunggulan dari mesin ini yaitu memiliki operasi yang sunyi ketika digunakan. Tabung pengeringnya juga terbuat dari bahan diamond stainless anti karat sehingga membuat mesin tidak mudah berkarat. Anda bisa membeli mesin cuci ini Shopee.

9. SHARP ES-T86CL-HK

sharp_es_t86cl_hk

Harga : Rp 1.450.000

Mesin cuci dua tabung dengan berbagai fitur yang beragam dari SHARP

Jika anda membeli mesin ini, maka Anda tidak perlu khawatir lagi mesin Anda akan berkarat, karena mesin ini terbuat dari bahan plastik. Kapasitas mesin ini juga tergolong besar, karena memiliki kapasitas sebesar 8 kg.

Daya dari mesin ini sebesar 245 watt dengan fitur low wattage yang merupakan fitur hemat listrik dari SHARP. Selain itu, juga terdapat beberapa fitur lain seperti double pulsator dan aqua magic, sehingga Anda dapat mencuci berbagai jenis pakaian tanpa khawatir.

Selain itu, material pulsator mengandung ion Ag+ sehingga membuat mesin terhindar dari jamur hitam. Anda bisa membeli mesin cuci ini di Shopee.



8. Aqua Sanyo QW-1480 XT

aqua_sanyo_qw_1480xt

Harga : Rp 2.499.000

Mesin cuci dua tabung dengan kapasitas yang besar

Mesin ini merupakan solusi bagi Anda yang terlalu sibuk bekerja, sehingga seringkali mencuci dalam skala yang besar. Mesin cuci ini memiliki kapasitas sebesar 14 kg dengan daya sebesar 480 watt untuk mencuci serta 165 watt untuk mengeringkan.Anda bisa membeli mesin cuci ini di Shopee.

7. LG WP 1460 R

lg_wp_1460r

Harga : Rp 2.704.000

Mesin cuci branded dengan fitur yang unggul serta harga terjangkau

Kemampuan mesin cuci ini tergolong bagus, dengan penawaran fitur yang beragam, seperti roller jet pulsator, PUNCH+3, wind jet dry, serta turbo drum. Merek dari mesin ini juga tegolong branded, karena merek ini memang sudah dikenal bagus oleh masyarakat.

Kapasitas dari mesin sebesar 14 kg dengan dua macam tabung yaitu tabung untuk mencuci dan mengeringkan. Keunggulan lain yaitu terbuat dari bahan plastik sehingga tidak mudah berkarat. Anda bisa membeli mesin cuci ini di Shopee.

6. SAMSUNG WD90K6410

samsung_wd90k6410

Harga : Rp 10.499.000

Mesin cuci tipe front load dengan kapasitas sedang, sangat cocok untuk digunakan di rumah

Mesin cuci merek Samsung ini tergolong sebagai mesin cuci branded, karena merek ini telah menghasilkan berbagai produk dengan kualitas terbaik. Harga mesin ini juga tergolong lumayan mahal untuk kapasitas mesin sebesar 6 kg.



Tipe mesinnya termasuk ke dalam tipe front load sehingga dipercaya menghasilkan cucian yang bersih seperti hasil cucian tangan. Untuk menggunakannya dibutuhkan daya sebesar 350 watt untuk mencuci dan 2200 watt untuk mengeringkan. Anda bisa membeli mesin cuci ini di Shopee.

5. Panasonic NA-140VS4WNE

panasonic_na_140vs4wne

Harga : Rp 10.410.000

Mesin cuci merek branded dengan kualitas hasil cucian yang bersih dan tidak kusut

Mesin cuci panasonic tipe front load ini memiliki kapasitas putar sebesar 1400 RPM. Fitur yang ditawarkan juga beragam, diantaranya yaitu fitur 3D sensor wash serta auto load sensor.

Untuk menggunakan mesin ini Anda membutuhkan daya sebesar 850 watt. Jumlah tabungnya satu dengan kapasitas muat sebesar 14 kg. Anda bisa membeli mesin cuci ini di Shopee.

4. Panasonic NA-W140FCX2

panasonic_na_w140fcx2

Harga : Rp 2.113.000

Mesin cuci jumbo, cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha laundry

Kapasitas dari mesin ini sangat besar yaitu sebesar 14 kg. Daya yang dibutuhkan rendah, dikarenakan mesin cuci ini dilengkapi fitur low watt. Selain itu, pulsatornya juga dilengkapi ion Ag+ sehingga terhindar dari jamur dan bakteri.

Keunggulan lain dari mesin ini adalah adanya fitur super soakmatic yang merupakan fitur perendaman otomatis untuk menghasilkan cucian yang lebih bersih dengan penggilingan sempurna dalam waktu yang singkat.Anda bisa membeli mesin cuci ini di Shopee.



3. SANKEN TW-8650BU

sanken_tw_8650bu

Harga : Rp 1.299.000

Mesin cuci harga terjangkau dengan pilihan warna yang terlihat modern

Bagi Anda yang menginginkan mesin cuci dengan warna modern, maka Anda dapat memilih mesin cuci tipe ini. Warna mesin cuci tipe ini putih dengan tambahan variasi berupa warna biru muda.

Fitur yang ditawarkan juga beragam, diantaranya yaitu fitur auto soak, powerful spin dry, serta strong x-tor pulsator. Kapasitas pencucian sebesar 8 kg dengan daya pencucian maksimum sebesar 250 watt. Anda bisa membeli mesin cuci ini di Shopee.

2. POLYTRON PAW 7513B

polytron_paw_7513b

Harga : Rp 2.590.000

Mesin cuci otomatis dengan desain elegan dan teknologi yang lebih canggih

Polytron merupakan salah satu merek produk terkenal di dunia. Produk-produk yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang bagus. Mesin cuci ini direkomendasikan karena dilengkapi dengan teknologi canggih dengan harga yang standard.

Mesin ini merupakan mesin top load 1 tabung dengankapasitas muat sebesar 7,5 kg. Kecepatan putar mesin sebesar 700 RPM dengan daya sebesar 300 watt. Bahan pembuatan mesinnya berkualitas, terutama bagian penutupnya, yaitu terbuat dari bahan tempered glass.

Fitur yang ditawarkan sangat menarik, karena bersifat otomatis. Fitur tersebut diantaranya yaitu, fitur zeropressure yang membuat mesin tetap bekerja pada tekanan air kecil serta fitur waterfall yang berfungsi mengeluarkan pengharum secara otomatis pada bilasan kedua. Anda bisa membeli laptopini di Shopee.



1. TOSHIBA VH-H75MN

toshiba_vh_h75mn

Harga : Rp 1.225.000

Mesin cuci daya rendah dengan kapasitas sedang

Mesin ini termasuk mesin tipe top load dua tabung dengan desain warna biru-putih. Warna penutup mesin didesain transparan untuk memudahkan pengguna melihat proses pencucian serta mengetahui jika terjadi kesalahan saat proses pencucian.

Terdapat beberapa fitur yang ditawarkan pada mesin cuci tipe ini diantaranya yaitu, pulsator high blades, super jet spin, serta golden soak period.Anda bisa membeli mesin cuci ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli mesin cuci, Anda harus memperhatikan spesifikasinya terutama daya listriknya, selain itu perhatikan juga ukuran, merek, fitur, serta kapasitas mesin, agar mesin yang Anda miliki bagus dan membuat Anda hemat listrik.
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar performa mesin tetap terjaga, dan Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih mesin cuci Polytron Paw 7513B, karena mesin cuci ini memiliki desain yang elegan serta didukung dengan teknologi yang canggih.
  • Namun jika Anda ingin membeli mesin cuci dengan harga yang lebih terjangkau dengan pilihan fitur yang beragam, Anda bisa memilih mesin merek Sharp Es-T86CL-HK.
  • Sedangkan, jika Anda ingin mesin cuci dengan kapasitas mesin yang sangat besar, maka Anda dapat memilih mesin Panasonic NA-W140FCX2

Referensi

  1. Khemani, H(2019), What is a Washing Machine? Types of WashingMachine
    https://www.brighthubengineering.com/consumer-appliances-electronics/38358-types-of-washing-machines/
  2. Mishra, D (2014), 8 important tips to take care of your washing machine!
    https://www.mrright.in/ideas/appliances/washing-machine/8-tips-to-take-care-of-washing-machine/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Rekomendasi 10 Mesin Cuci Bagus dan Lebih Hemat Listrik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »