Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


27 June 2019

Rekomendasi 10 Merk Helm Trendy dan Kuat

By Cekresi .com


Di zaman milenial ini, banyak sekali pengendara sepeda motor. Pengendara sepeda motor tidak memandang usia dan jenis kelamin.



Karenanya, peran helm sangat penting dalam berkendara dengan aman. Helm juga melindungi kepala kita dari benturan dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Dalam memilih helm, Anda bisa memperhatikan beberapa hal diantaranya desain kunci, bobot helm, maupun ukuran yang tepat untuk kepala Anda. Selain itu, yang terpenting dalam memilih helm yaitu standar keamanan helm. Untuk kriteria pemilihan yang tepat adalah sebagai berikut:

Ukuran yang Tepat

Sesuaikan ukuran helm yang ingin Anda beli dengan kepala Anda, yakni apabila helm yang ingin Anda beli tersebut sudah menekan bagian pipi dan dahi maka helm tersebut sudah bagus.

Jangan menggunakan helm motor yang terlalu sempit di kepala. Tanda helm yang sempit yaitu saat digunakan akan terasa tertekan oleh busa pada bagian kanan dan kiri helm, selanjutnya tahan selamat 30 detik (saat digunakan) jika pada bagian pelapis terasa sakit itu tandanya helm tersebut terlalu sempit.

Anda juga bisa menggelengkan kepala ke bagian kanan dan kiri untuk memastikan bahwa helm tersebut menempel erat di kepala Anda. Bila menggunakan helm yang terlalu sempit bisa jadi bukan aman yang akan Anda dapatkan tapi malah membuat kepala pusing.

Demikian juga untuk helm yang terlalu longgar Anda bisa melakukan dengan cara menggelengkan kekanan dan juga kekiri jika lobak maka helm tersebut terlalu besar. Intinya pilihlah helm yang benar pas sesuai ukuran kepala Anda.

Bagi Anda yang menggunakan kaca mata (min) mungkin lebih cocok memilih helm jenis tipe Flip Up (helm model buka tutup ). Perhatikan juga bagian mekanisme kuncinya buka tutupnya, apakah helm tersebut ketika dibuka tutup dapat menutup dengan kuat dan baik, atau justru sebaliknya yaitu mudah terbuka.



Hal ini tentunya perlu di perhatikan apa bila ketika jatuh atau terjadi benturan, jangan sampai ketika terjadi benturan buka tutup kaca helm malah terbuka lebar, sangat berbahaya. Pilih helm yang buka tutupnya kuat dan nyaman digunakan.

Pilih Helm yang Menggunakan Desain Kunci

Pilih helm yang menggunakan desain kunci (dibagian leher) agar tidak mudah lepas, komponen yang satu ini jika dinomor duakan adalah hal yang sangat vital. Anda bisa periksa terlebih dahulu mekanisme cara kerja penguncian helm tersebut apakah cepat terlepas atau tidak, jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual helm jika memang belom mengetahui cara kerja mekanisme penguncian pada helm tersebut.

Pilih Helm yang Ringan

Pilih bobot helm yang tidak terlalu berat alias ringan untuk digunakan. Kenyamanan helm juga perlu diperhatikan saat menggunakan helm. Jika bobot helm terlalu berat walaupun helm tersebut bagus tentunya tidak akan nyaman digunakan.

Gunakan insting Anda untuk memilih helm yang benar-bebenar pas dan nyaman untuk digunakan.

Helm Full Face untuk Keamanan Anda

Helm full face adalah tipe helm yang menutupi kepada dari seluruh sisi. Helm tipe ini memberikan perlindungan maksimal dalam keadaan darurat. Menggunakan helm ini sangat dianjurkan karena paling aman dibanding dengan helm model lainnya. terutama apabila Anda seorang pembalap sirkuit.

Namun, kekurangan dari helm full face adalah bobot yang berat. Terutama saat cuaca panas akan terasa pengap saat dipakai. Pilihan helm full face yang dilengkapi dengan sistem ventilasi yang baik untuk melancarkan pernapasan, sehingga nyaman digunakan pada saat cuaca panas.

Helm Half Face untuk Keamanan dan Kenyamanan yang Seimbang

Helm half face ditandai dengan kaca pelindung besar. Perbedaanya dengan helm full face adalah bagian wajah yang kosong. Karena itu, jika Anda membuka perisai kacanya saat berkendara, Anda bisa merasakan sensasi dari angin yang menerpa wajah Anda.

Helm ini juga unggul dalam hal keamanan, meskipun tidak seaman helm full face. Cocok dipakai untuk berkendara sehari-hari di jalan raya. Kekurangannya adalah helm ini tidak memiliki penutup topi, sehingga tidak bisa melindungi mata dari silau oleh terik matahari.



Helm Shorty atau Half Cap untuk Berkendara Santai

Helm ini mencakup sebagian kepala dan akan memberikan rasa bebas saat berkendara. Namun, karena bentuknya, helm ini memiliki tingkat keamanan yang sangat kecil dibanding dengan dua helm sebelumnya.

Oleh karena ini, helm ini lebih cocok digunakan untuk sepeda motor dengan mesin 125 cc atau kurang. Selain itu, helm ini cocok digunakan oleh wanita dan pengendara skuter 50 cc atau sepeda.

Dalam beberapa kasus, beberapa pengendara motor tipe Amerika, seperti Harley, menggunakan helm shorty yang tidak memiliki batas kelas 125 cc atau kurang. Jika Anda hanya ingin bergaya, sebaiknya gunakan helm sesuai anjuran. Jenis helm ini sudah banyak digunakan karena tidak sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia).

Perhatikan Standar Keamanan Helm

Saat Anda membeli helm, pastikan untuk memeriksa tidak hanya desain dan kecocokannya, tetapi juga logo standar keselamatan di bagian belakang helm.

Di Indonesia telah berlaku standar keamanan helm yang disebut SNI (Standar Nasional Indonesia), yang mengacu kepada ketentuan Economic Community of Europe (ECE). Helm yang memenuhi aturan SNI adalah helm model full face dan half face.

Selain SNI, ada juga helm bersertifikasi standar Snell Memorial Foundation yang diakui dengan didukung oleh banyak merk helm internasional. Standar lainnya adalah DOT (Departement of Transportation) dan Departemen Transportasi Amerika Serikat dengan uji produk yang dilakukan NHTSA (National Highway Traffic Savety Association). Standar ini paling popular di Indonesia.

Cara Merawat Helm Agar Tetap Awet

Memiliki helm yang berkualitas dan trendy memang memiiki banyak keuntungan. Selain kepala aman saat berkendara juga mudah perawatannya.



Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan agar helm Anda lebih awet dan tahan lama :

  • Jangan menaruh helm diatas tangkai bensin atau spion
  • Biasakan pakai balaclava
  • Bersihkan setelah helm terkena air hujan
  • Setelah pakai, letakkan terbalik

10 Rekomendari Helm Trendy

Setelah Anda mengetahui berbagai macam pengetahuan tentang helm, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi beberapa helm trendy dari berbagai merk terkenal dan helm trendy yang kami pilihkan memiliki rentang harga mulai dari seratus ribuan hingga jutaan.

Semoga jenis-jenis helm trendy di bawah ini bisa membantu Anda.

10. JBX Helmet Bogo Retro

JBX_Helmet_Bogo_Retro

Harga : Rp 133.999

Helm klasik dan unik

JBX Helmet Bogo Retro ini adalah produk Indonesia sendiri. Koleksi helm ini cukup banyak, mencapai 22 desain yang bisa Anda pilih sesuai selera, mulai warna feminim sampai putih fanta, hingga motif loreng yang maskulin.

Helm ini cocok untuk pengendara motor klasik. Anda akan terlihat berbeda dan unik karena modelnya yang mengambil tema retro. Jika Anda ingin tampil gaya dan tetap terlindungi, helm BOGO Retro ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa membeli helm ini di Blibli.

9. NHK R1 Solid

NHK_R1_Solid

Harga : Rp 328.000

Helm half face dengan lensa pelindung

Helm produksi lokal ini berkualitas tinggi, helm NHK R1 Solid menghadirkan helm half face dengan lensa double visor. Dalam kedaan panas, Anda bisa menggeser switch pada sisi helm dan menurunkan lensa berfilm gelap.

Selain itu, helm ini di lengkapi dengan lensa pelindung UV untuk menlindungi penglihatan Anda, helm ini juga mempunyai sistem ventilasi pada seluruh bagiannya. Untuk Anda yang sering mengalami rasa panas saat berkendara, helm ini cocok untuk mengatasi panas dalam kondisi apapun. Anda bisa membeli helm ini di Bukalapak.



8. GM New Imprezza

GM_New_Imprezza

Harga : Rp 325.000

Anti kabut yang memudahkan perjalanan

Helm GM New Imprezza adalah salah satu pilihan yang tepat. Selain dilengkapi pelindung UV dan antigores, lensa helm juga memiliki fitur anti kabut yang bekerja dengan baik untuk memperjelas penglihatan Anda apabila terjadi kabut.

Helm ini memiliki busa yang mudah dibongkar pasang, untuk mempermudah perawatannya. Anda dapat mencucinya dengan mudah untuk menjaganya tetap bersih. Ideal untuk Anda yang senang menjaga kebersihan sekaligus menginginkan performa yang tinggi pada helm Anda. Anda bisa membeli helm ini di Bukalapak.

7. KYT Galaxy Solid Double Visor

KYT_Galaxy_Solid_Double_Visor

Harga : Rp 318.000

Pelindung UV terkuat cocok untuk wanita

Seluruh cangkang helm KYT Galaxy memiliki lensa pelindung UV 380 dan antigores. Anda tidak perlu khawatir ataupun kesulitan jika ingin mengganti lensa, helm ini memilii fitur quick visor change (QVC). Yang memudahkan Anda mengganti tanpa menggunakan alat.

Selain itu, busa pada bagian pipi helm serta confort liners di dalamnya dapat dilepas dan dicuci dengan mudah untuk dibersihkan. Helm seperti ini di rekomendasikan untuk Anda pengguna helm setiap hari dan perlindungan wajah dari sinar UV yang merusak. Dari karakteristik tersebut, helm ini cocok untuk pengendara wanita. Anda bisa membeli helm ini di Bukalapak.

6. ZEUS ZS-811 Matt Black

ZEUS_ZS_811_Matt_Black

Harga : Rp 580.000

Helm full face yang kuat dan ringan



ZEUS adalah salah satu merk helm yang mengeluarkan produk full face yang kuat dan ringan. Materialnya terbuat dari ABS yang menjaganya kokoh dan sangat tahan benturan yang mrngutamakan keamanan selama berkendara.

Lensa helm berupa single visor yang sudah dilengkapi dengan pelindung UV untuk menjaga kulit wajah Anda disiang hari. Selain itu juga memiliki standar berkualitas SNI. Desainnya yang berwarna hitam dan mulus cocok untuk Anda yang berselera tinggi. Anda bisa membeli helm ini di Bukalapak.

5. INK Adventure Modular Flip Up

INK_Adventure_Modular_Flip_Up

Harga : Rp 1.100.000

Full face sekaligus half face

Helm ini memiliki fitur full face sekaligus half face, Anda bisa mudah menggeser tuas yang terdapat pada sisi helm untuk mengubah bentuk full face menjadi half face, dan sebaliknya. Sangat praktis dan Anda akan merasakan kenyamanan dan keamanan dalam sebuah helm.

Helm yang biasa disebut modular atau flip up ini memiliki fitur double visor. Lensanya antigores, serta memiliki pelindung UV yang sesuai dipakai pada saat cuaca panas. Selain itu, helm ini juga telah memiliki lisensi SNI dan DOT. Anda bisa membeli helm ini di tokopedia.

4. AGV K-3 SV EE205 Multi Myth

AGV_K_3_SV_EE205_Multi_Myth

Harga : Rp 3.230.000

Dry confort dengan ventilasi efisien

Helm full face keluaran AGV memiliki fitur double visor dilengkapi ventilasi yang efisien di setiap sisinya dan bidang penglihatan yang cukup luas. Kontruksi yang kokoh pada helm ini dengan model helm full face membuat Anda nyaman saat mengenakan di cuaca panas maupun dingin.



Selain itu, cangkang helm yang terbuat dari bahan termoplastik, sementara bagian dalam menggunakan kain dry comfort. Harganya cukup tinggi sesuai dengan kualitasnya. Tetapi, jika Anda mendambakan helm yang berkualitas yang setara, helm ini adalah pilihan yang tepat. Anda bisa membeli helm ini di Blibli.

3. HJC RPHA 11 PRO Military Camo

HJC_RPHA_11_PRO_Military_Camo

Harga : Rp 5.700.000

Anti bakteri dan anti lembab

Dengan corak yang modis, HJC Military Camo memiliki sistem ventilasi canggih ACS (Advenced Channeling Ventilation) yang membuat udara dari luar mengalir kedalam secara optimal karena adanya lubang di dahi, sehingga menghasilkan pendinginan di sekitar kepala pengendara.

Helm ini dilengkapi dengan lensa anti kabut. Selain itu, busa helm ini berbahan anti bakteri dengan pengering yang cepat sehingga tidak akan lembab dan berbau. Helm ini berlisensi DOT, ECE, dan menawarkan garansi 5 tahun. Anda bisa membeli helm ini di Bukalapak.

2. Arai RX-7X

Arai_RX_7X

Harga : Rp 7.300.000

Helm berlisensi banyak

Helm Arai RX-7X adalah helm yang profesional yang memiliki berbagai jenis lisensi, antara lain adalah Snell M2015, JIS, MFJ, dan SNI. Helm ini dirancang dengan perisai super dan anti kabut yang bekerja secara optimal.

Selain itu, busanya dapat dilepas sepenuhnya dan terbuat dari bahan eco pure. Bahan eco pure menjaga keasaman tetap netral dengan kulit manusia, sehingga bisa terhindar dari bakteri. Helm ini juga salah satu helm hull face yang sangat direkomendasikan. Anda bisa membeli helm ini di Bukalapak.



1. Shoei X –Fourteen MARQUEZ 4 TC-1

Shoei_X_Fourteen_MARQUEZ_4_TC_1

Harga : Rp 10.900.000

Helm kelas tinggi dengan keamanan dan kenyamanan ekstra

Semua bagian seperti cangkang, visor, dan perangkat aerodinamis memiliki fitur keamanan tingkat tinggi. Selain mengatur keluar masuknya udara, sistem ventilasi dapat membuang udara panas dalam helm dan mengatur kelembapannya.

Helm ini dilengkapi dengan lensa CWR-F yang kuat dan membuat pengendara dapat melihat sangat jelas. Selain itu, helm ini mampu menghilangkan defleksi saat kecepatan tinggi. Interior busanya terdiri dari enam bantalan yang memberikan keamanan dan kenyamanan ektra. Sangat cocok untuk Anda yang mendambakan helm kelas tinggi dengan performa yang baik.

Anda bisa membeli helm ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli helm, Anda harus memperhatikan standar keamanan helm.
  • Anda harus memperhatikan kualitas terbaik helm.
  • Anda bisa memilih helm Shoei X-Fourteen MARQUEZ 4 TC-6 karena mimiliki fitur keamanan tingkat tinggi dilengkapi dengan lensa CWR-F
  • Namun, jika Anda ingin memilih helm yang klasik dan unik, Anda bisa memilih JBX Helmet Bogo Retro.
  • Sedangkan, jika Anda ingin helm yang berlisensi banyak, Anda bisa menggunakan Arai RX-7X

Referensi

  • Tutus (2017), Langkah Mudah Merawat Helm, https://www.google.com/amp/s/www.carmudi.co.id/journal/cara-merawat-helm/amp/
  • Sutopo (2019), 9 Tips Ampuh Memilih Helm Yang Terbaik, Bagus dan Berkualitas, https://www.modifikasi.co.id/2201/9-tips-ampuh-memilih-helm-yang-terbaikbagus-dan-berkualitas/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Rekomendasi 10 Merk Helm Trendy dan Kuat", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »