Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


19 July 2019

Rekomendasi 10 Meja Belajar Bagus dan Unik Untuk Anak

By Cekresi .com


Meja belajar merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang berfungsi untuk menunjang prestasi belajar putra-putri Anda. Adapun beberapa bagian yang biasanya terdapat pada meja belajar adalah rak, loker, gantungan tas, dan beberapa tempat penyimpanan untuk benda-benda kesayangan anak.



Saat ini, banyak ditemukan meja belajar bagus dan unik dengan beragam fungsinya yang dapat memudahkan anak dalam belajar, seperti disediakan lubang untuk tempat kabel lampu belajar atau untuk komputer.

Selain itu, model dan karakter pemanisnya juga menjadi faktor penting bagi anak ketika memilih meja belajar terbaik.

Untuk itu, artikel ini menyajikan meja belajar bagus dan unik untuk anak berikut dengan harga serta ulasanya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai meja belajar serta cara perawatannya.

Memilih meja belajar anak yang tepat

Faktor utama dalam memilih meja belajar untuk anak adalah mengetahui tingkat kenyamanan. Adapun untuk mendapatkan hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhitungkan dalam memilih meja belajar seperti, warna, ukuran, bentuk, dan juga bahannya.

Pemilihan warna merupakan salah satu faktor penting dalam memilih meja belajar untuk anak. Dengan warna yang tepat, tentu bisa merangsang kreativitas anak dan menambah semangatnya dalam belajar.

Untuk anak-anak, Anda bisa memilihkan warna-warna yang ceria seperti pink, merah, biru muda dan lain-lain.

Sedangkan untuk memilih ukuran meja belajar, pastikan Anda menyesuaikan dengan luas ruangan. Semakin kecil luas ruangan, semakin kecil pula meja belajar yang digunakan, dan meja lipat bisa menjadi salah satu alternatif pilihan terbaik untuk ruangan ini.

Selain ukuran luas, pertimbangkan juga jarak antara meja dan kursi. Karena jarak yang ideal antara keduanya merupakan salah satu yang menentukan tingkat kenyamanan anak saat belajar. Anda bisa memilih kursi yang memiliki desain ergonomis dengan ketinggian yang bisa diatur dengan mudah.

Faktor penting lainnya adalah bentuk. Pilih meja belajar yang bentuknya tidak berbahaya untuk anak, seperti memilih meja yang ujungnya tumpul sehingga membuat anak lebih aman dan terjaga dari benturan yang berbahaya.



Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya dalam menunjang kenyamanan saat belajar adalah faktor bahan.

Anda bisa memilih bahan yang kuat dan kokoh, seperti bahan solid atau kayu utuh, namun Anda juga bisa memilih jenis kayu yang berasal dari bahan serbuk kayu yang dipadatkan seperti particle board yang telah terbukti ketahanannya.

Perhatikan jenis pelapis meja belajar berbahan kayu

Kebanyakan meja belajar terbuat dari bahan dasar kayu yang dalam prosesnya terdapat pelapis yang berfungsi untuk memperindah, sekaligus menambah ketahanan meja dari serangan rayap, jamur, maupun mikroorganisme lain yang berpotensi merusak meja belajar.

Adapun beberapa jenis pelapis yang biasanya digunakan untuk meja yang terbuat dari bahan kayu adalah sebagai berikut:

  • melamina,
  • teak oil,
  • pernis,
  • politore,
  • cat bakaran,
  • pelitur air,
  • cat Ducomenggunakan Poly Urethane / PU, dan
  • cat Ducomenggunakan Nitro Celuloose / NC.

Pastikan Anda memilih pelapis yang aman dan tidak mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, Anda bisa menggunakan pelapis dari cat merek terkenal dan telah terbukti kualitasnya, seperti merek Duko.

Perhatikan fasilitas pendukung penting

Biasanya produsen memberikan fasilitas pendukung dalam produk meja belajarnya, seperti tempat menyimpan buku, tempat menggantung tas, area yang luas untuk menempatkan komputer, dan berbagai laci untuk menyimpan barang pribadi anak.

Pastikan fasilitas tersebut terbuat dari bahan kuat dan kokoh agar dapat menampung barang barang anak-anak Anda dengan baik. Anda bisa memilih meja belajar yang terbuat dari bahan kayu yang kuat dan tahan air agar lebih mudah merawatnya dan tahan lama.

Perhatikan faktor peletakan meja belajar

Peletakan meja belajar yang tepat bisa mendukung kenyamanan belajar anak-anak Anda dan juga bisa membuat meja belajar lebih awet dan tahan lama. Berikut ini peletakan meja belajar yang bisa Anda lakukan di rumah.

Pertama, letakan meja belajar di rungan yang memiliki suhu normal. Karena suhu yang panas akan membuat meja, terutama yang berbahan kayu akan mudah menyusut, jika terlalu dingin dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan beberapa mikroorganisme yang dapat merusak meja belajar.



Kedua, berhati-hatilah saat memindahkan meja belajar. Anda bisa mengangkat bagian penampang atau dudukannya saat ingin memindahkan agar tidah mudah patah, dan hindari mendorong atau menariknya karena akan menciptakan goresan pada meja, bahkan bisa patah pada bagian bawah.

Ketiga, letakkan meja belajar di kamar atau tempat yang terhindar dari kebisingan sehingga ketika anak belajar tidak akan merasa terganggu. Hindari meletakkan meja belajar di dekat televisi atau di ruangan keluarga yang biasanya digunakan untuk berkumpul.

Keempat, jika Anda memiliki ruangan yang cukup luas, maka Anda dapat menggunakan berbagai model dengan bentuk U atau L sehingga memungkinkan ruangan lebih nyaman digunakan untuk anak-anak belajar.

Cara merawat meja belajar agar lebih awet dan tahan lama

Agar meja belajar anak Anda lebih awet dan tahan lama serta kelihatan tetap bersih dan terawat sehingga bisa menambah semangat belajar mereka, maka ada beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan di rumah berikut ini:

  • Bersihkan meja belajar setiap hari, agar terhindar dari debu yang menempel. Anda bisa membersihkan saat pagi hari ketika anak Anda berangkat ke sekolah.
  • Segera bersihkan dan keringkan jika terkena air, karena air akan membuat lembab yang bisa memicu adanya jamur dan mikroorganisme lain.
  • Anda bisa menghilangkan bekas noda dengan mencampurkan pasta gigi dengan baking soda lalu di oleskan pada noda, kemudian bersihkan dengan menggunakan lap basah dan keringkan.
  • Anda bisa menaruh alas pada kaki meja agar terhindar dari goresan maupun kelembaban yang bisa menyebabkan kerusakan.
  • Lapisi meja Anda dengan pledge atau cairan pelapis minimal satu bulan sekali.
  • Anda bisa mengulangi lagi proses finishing meja belajar setiap 2-3 tahun sekali, agar meja terlihat lebih bersih, berkilau dan tidak kusam.

10 Meja belajar bagus dan unik untuk anak

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang meja belajar dan perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi meja belajar bagus dan unik untuk Anda dari berbagai merek berikut ini:

10. Meja belajar Super 5603 Merah

meja_belajar_super_5603_merah

Harga : Rp 1.227.600

Nyaman digunakan dengan warna merahnya yang bisa menambah semangat belajar

Meja belajar ini memiliki dimensi 100 x 43 x 166 cm dengan warnanya yang lebih ceria dan banyak disukai oleh anak-anak. Selain itu, terdapat gambar bajak laut yang lucu dan unik yang membuat tampilan meja belajar nampak berbeda dan lebih keren.



Selain itu, meja belajar ini memiliki ketebalan papan 15mm, dan dilengkapi 2 rak pada bagian kanan serta 2 loker yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam buku atau benda-benda kesayangan anak. Anda bisa membeli meja belajar ini di Shopee.

9. Meja belajar Livien Furniture Transformer

meja_belajar_livien_furniture_transformer

Harga : Rp 1.769.000

Terbuat dari bahan berkualitas, lebih kuat, dan tahan lama

Meja belajar Transformer ini merupakan salah satu meja belajar dari produk Livien Furniture yang terkenal dengan kualitasnya. Meja belajar ini terbuat dari bahan premium fiberboard dan kayu mahoni yang membuat meja lebih kokoh dan tahan lama.

Meja ini memiliki karakter multifungsi, bisa dilipat sehingga lebih hemat tempat. Selain itu, cat yang digunakan untuk melapisi meja ini aman bagi anak karena berasal dari produk ramah lingkungan. Anda bisa membeli meja belajar ini di Shopee.

8. Meja belajar Olympic Kids Study Desk Big

meja_belajar_olimpic_kids_study_desk_big

Harga : Rp 710.000

Meja belajar berkualitas dengan space meja lebih lebar

Meja belajar merek Olympic terbuat dari bahan particle board yang kuat dan tahan lama, serta di proses dengan finishing paper dan offset printing terbaik dan berkualitas. Meja belajar sangat disukai anak-anak, karena dihiasi dengan karakter kartun yang lucu dan wow.

Meja belajar ini memiliki rak yang cukup banyak sehingga bisa digunakan untuk menyimpan buku-buku, tas, ataupun perlengkapan belajar lainnya. Selain itu, sudut yang tumpul pada meja ini bisa memberikan rasa aman bagi anak Anda. Anda bisa membeli meja belajar ini di Shopee.



7. Meja belajar rak serbaguna

meja_belajar_serbaguna

Harga : Rp 529.000

Bisa digunakan sebagai meja belajar dan rak buku

Meja belajar serbaguna ini memiliki desain minimalis dengan berbagai macam pilihan warna yang memudahkan Anda ketika akan memadukan dengan interior ruangan rumah Anda. Selain itu, meja serbaguna ini cocok digunakan untuk meja belajar, meja kerja, dan juga bisa untuk rak buku.

Meja ini juga terbuat dari bahan particle board dengan lapisan finishing taco sheet yang akan membuat meja lebih awet dan tahan lama. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli meja belajar ini di Shopee.

6. Meja belajar kecil unik (kubus)

meja_belajar_kecil_unik

Harga : Rp 1.302.000

Desain lebih unik dan cocok untuk anak Anda

Meja belajar ini tergolong meja belajar yang unik, karena desainnya yang berbentuk kubus dengan ukuran minimalis, tinggi 60 cm dan panjang 50 cm sehingga sangat nyaman digunakan anak-anak untuk belajar.

Selain itu, meja belajar ini dilengkapi dengan loker yang bisa digunakan untuk menyimpan buku atau alat tulis. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli meja belajar ini di Tokopedia.

5. Meja belajar Grace MB GL159

meja_belajar_grace_mb_gl_159

Harga : Rp 598.000

Lebih cocok digunakan untuk anak perempuan Anda



Meja belajar ini memiliki warna pink dengan model karakter kartun yang lucu yang banyak disukai oleh anak-anak, terutama perempuan. Meja ini dilengkapi dengan rak atas, rak samping, dan rak bawah, serta loker pada bagian kiri meja.

Selain itu, bahan yang digunakan meja belajar ini berasal dari particle board dengan sistem knockdown yang memiliki ketahanan lebih kuat dan kokoh. Adapun dimensi ukuran meja belajar ini adalah 105 x 40 x 120 cm. Anda bisa membeli meja belajar ini di Shopee.

4. Meja belajar Celby

meja_belajar_celby

Harga : Rp 240.000

Lebih praktis, mudah diangkat, dan nyaman digunakan

Meja belajar ini terbuat dari bahan solid, jenis kayu yang keras dan kuat seperti kayu mahoni, nangka, dan lain-lain. Meja belajar Celby ini memiliki ukuran minimalis, mudah dilipat dan nyaman saat digunakan.

Meja belajar ini memiliki dimensi ukuran 85 x 60 x 55 cm yang cocok digunakan oleh anak-anak, dan yang menarik dari meja ini adalah Anda bisa memesan desain karakter sesuai dengan keinginan anak Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli meja belajar ini di Shopee.

3. Meja belajar Ivaro 2311

meja_belajar_ivaro_2311

Harga : Rp 1.550.000

Karakter lebih lucu dan banyak disukai oleh anak-anak

Meja belajar merek Ivaro 2311 ini memiliki karakter yang lucu dengan warna pink yang pastinya disukai oleh anak perempuan. Meja belajar ini memiliki dimensi ukuran 80 x 50 x 101 cm yang pas digunakan oleh anak SD, SMP, ataupun SMA.



Meja belajar ini dilengkapi dengan rak dan loker yang bisa digunakan untuk menyimpan buku-buku atau perlengkapan sekolah lainnya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli meja belajar ini di Tokopedia.

2. Meja belajar Pro Design Furniture

meja_belajar_pro_design_furniture

Harga : Rp 1.250.300

Desain lebih unik dan sangat nyaman digunakan untuk belajar

Meja belajar dari produk Pro Design Furniture ini memiliki ukuran 630 x 775 x 700 cm yang sangat cocok digunakan oleh anak-anak. Meja belajar ini memiliki desain lebih unik, antara meja dan kursi sambung menjadi satu sehingga lebih praktis.

Bahan yang digunakan meja belajar ini berasal dari particle board yang terbukti lebih kuat dan tangguh. Selain itu, meja belajar ini memiliki warna biru pada beberapa bagiannya, sehingga sangat disukai oleh anak-anak. Anda bisa membeli meja belajar ini di Shopee.

1. Meja belajar Olimpic SDS EZO

meja_belajar_olympic_sds_ezo

Harga : Rp 625.000

Membuat suasana belajar lebih fokus dan lebih nyaman

Meja belajar produk Olimpic ini memeiliki desain yang elegan dengan warna natural yang akan membuat suasana belajar anak lebih kondusif. Meja belajar ini terbuat dari particle board dengan finishing paper dan offset printing terbaik dan berkualitas.

Meja belajar ini juga memiliki tempat penyimpanan buku serta laci untuk alat tulis. Selain itu juga terdapat lubang kabel yang bisa digunakan untuk tempat kabel lampu belajar atau untuk kabel komputer. Anda bisa membeli meja belajar ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum Anda membeli meja belajar untuk anak, pastikan Anda memilih meja belajar yang terbuat dari bahan berkualitas, desain lucu dan unik, bentuk aman, dan sesuaikan dengan keinginan anak Anda.
  • Selain itu, pastikan Anda merawat meja belajar secara rutin dengan membersihkannya setiap hari, terutama dari kotoran dan debu agar lebih awet dan tahan lama.
  • Jika Anda ingin meja belajar yang unik dan cocok digunakan oleh anak-anak, Anda bisa memilih meja belajar kubus.
  • Namun jika Anda menginginkan meja belajar yang lebih berkarakter dan banyak disukai oleh anak-anak, terutama anak perempuan, Anda bisa memilih meja belajar Ivaro 2311.
  • Sedangkan, jika Anda ingin meja belajar unik dengan desain yang lebih praktis dan cocok untuk anak-anak, Anda bisa memilih meja belajar Celby.

Referensi

  1. Ratna Puspa Dewi (2018), Tip Memilih Meja Belajar Anak yang Nyaman, https://www.bluprin.com/id/blog//tips-memilih-meja-belajar-anak-yang-nyaman’
  2. Alternativemindset (2012), Tips On Choosing A Good Study Table, http://alternativemindset.net/tips-on-choosing-a-good-study-table/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Rekomendasi 10 Meja Belajar Bagus dan Unik Untuk Anak", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »