Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


15 July 2019

Rekomendasi 10 Lampu Emergency Bagus dan Hemat Energi

By Cekresi .com


Lampu emergency ini sangat bermanfaat ketika digunakan dalam kondisi darurat seperti saat terjadinya pemadaman listrik maupun evakuasi.



Selain itu, lampu ini bisa digunakan untuk membantu kegiatan di lapangan atau outdoor, karena bentuknya yang praktis dan mudah di bawa kemana-mana.

Beberapa produsen elektronik memproduksi lampu emergency dengan berbagai bentuk dan fitur yang bervariasi dengan berbagai keunggulan seperti, baterai yang lebih tahan lama, cahaya yang lebih terang, hemat energi, atau pun disandingkan dengan adanya benda lain seperti kipas pada produknya.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa lampu emergency bagus dan hemat energi berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang hal-hal penting yang harus dilakukan sebelum membeli lampu emergency serta cara perawatannya.

Mengenal berbagai fungsi lampu emergency

Secara umum, fungsi lampu emergency ini dibagi menjadi dua, yaitu penerangan untuk kebutuhan darurat, dan penerangan untuk kebutuhan siaga.

Penerangan darurat merupakan penerangan yang digunakan untuk keselamatan orang yang akan meninggalkan lokasi atau mencoba untuk menghentikan proses yang memiliki potensi bahaya.

Penerangan darurat ini dibagi menjadi dua macam, penerangan dengan pencahayaan area terbuka dan penerangan dengan pencahayaan area tugas berisiko tinggi. Penerangan ini sangat efektif digunakan oleh pemilik perusahaan yang memiliki bangunan gedung yang kompleks.

Sedangkan penerangan siaga merupakan sistem penerangan darurat yang disediakan untuk memungkinkan kegiatan normal akan tetap berjalan sehingga bisa berfungsi sebagai cadangan ketika penerangan utama mengalami pemadaman.



Mengenal jenis lampu emergency

Berbagai jenis lampu emergeny ditawarkan oleh produsen dengan berbagai bentuk yang menarik sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini jenis lampu emergency yang bisa Anda temukan di pasaran:

Pertama, lampu emergency senter. Lampu ini umumnya sering dipakai dan digunakan oleh masyarakat untuk hal-hal tertentu, seperti mencari sesuatu di tempat gelap. Namun lampu ini kurang praktis saat digunakan dalam kondisi darurat seperti saat terjadi pemadaman listrik.

Kedua, lampu emergency headlamp. Lampu ini dipakai di kepala dengan karakter lampunya yang hanya satu arah. Biasanya kita menemukan orang memakai lampu ini saat bekerja di tambang, atau saat menyusuri goa-goa.

Ketiga, lampu emergency lentera. Lampu ini sangat baik digunakan saat kondisi darurat seperti terjadi pemadaman listrik di rumah. Karena lampu ini bisa menyinari ruangan secara maksimal, sebab cahayanya bisa menjangkau ke segala arah.

Pilih lampu emergency LED

Salah satu bagian yang penting dalam memilih lampu emergency adalah dengan mengetahui kapasitas dan kualitas baterainya. Karena baterai merupakan faktor pendukung yang bisa membantu lampu emergency bisa bertahan lebih lama.

Saat ini, banyak lampu emergency yang memungkinkan bisa menyala selama berjam-jam. Lampu ini bisa Anda temukan pada lampu emergency yang menggunakan LED, karena biasanya lampu LED memiliki durasi waktu menyala yang lebih lama.

Namun Anda jangan terkecoh dengan harga murah yang di tawarkan oleh produsen. Pastikan memilih lampu emergency LED dengan kualitas terbaik dari merek-merek yang sudah terbukti mutunya di pasaran.



Perhatikan bentuk lampu emergency

Hal yang tidak kalah penting sebelum membeli lampu emergency adalah dengan memperhatikan bentuknya. Karena bentuk lampu emergency ini sangat bervariasi, ada yang kecil dan adapula yang besar.

Lampu emergency dengan bentuk praktis bisa memudahkan Anda dari segi penggunaan. Seperti memilih lampu emergency Double Fitting, di mana lampu ini akan menyala secara otomatis ketika lampu tiba-tiba padam, dan Anda cukup sekali memasangnya dan tidak perlu repot untuk cas lagi.

Namun jika Anda ingin lampu emergency untuk kegiatan outdoor, maka Anda bisa memilih lampu emergency dengan berat yang ringan dan bentuk yang minimalis agar mudah di bawa kemana-mana.

Perhatikan durasi waktunya

Lampu emergency ini sejatinya digunakan untuk keadaan darurat. Oleh karena itu sangat penting Anda menentukan lamanya durasi pemakaian sebelum membeli lampu emergency. Karena dengan mengetahui durasi, Anda akan lebih mudah mengatasi situasi-situasi darurat.

Misalnya untuk evakuasi, minimal Anda memiliki sistem penerangan darurat dengan kemampuan minimal 1 jam. Sedangkan jika dalam suatu bangunan tidak memiliki sistem evakuasi dengan segera mungkin, maka Anda perlu membutuhkan lampu emergency dengan kemampuan minimal 3 jam.

Cara membersihkan dan lampu emergency

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan, agar lampu emergency lebih awet dan tahan lama serta tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa cara merawat lampu emergency yang dapat anda lakukan sendiri:

  • Simpanlah lampu emergency di tempat yang kering dan tentunya bersih dari debu. Karena jika kita menyimpannya dengan benar, maka lampu akan lebih awet dan tetap terlihat bagus.
  • Hindarkan lampu emergency dari air secara langsung. Karena barang-barang elektronik, ketika terkena air maka secara otomatis akan rusak dan semakin susah untuk memperbaikinya.
  • Untuk lampu emergency yang isi ulangnya menggunakan tenaga listrik. Ketika baru pertama membeli sebaiknya di charger dahulu selama kurang lebih 3 jam sebelum digunakan, agar baterai lampu lebih awet dan tahan lama.
  • Selain itu, tidak diajuran untuk mengecas terlalu lama. Karena akan berpengaruh terhadap baterainya menjadi lebih cepat habis. Karena barang elektronik yang di cas terlalu lama, akan mengalami kebocoran pada baterainya.
  • Selanjutnya untuk lampu emergency LED. Jangan menggunakan lampu tersebut sampai baterai benar-benar habis. Isi ulang baterai ketika lampu mulai redup, agar ketahanan baterai tetap terjaga dan bisa lebih awet serta tidak mudah rusak.
  • Lakukan pengisian ulang selama 3 bulan sekali, jika lampu tersebut tidak digunakan. Dengan begitu anda sedang melakukan pemeliharaan terhadap baterai dan lampu sekaligus.
  • Bersihkan dengan kain halus dan sedikit air untuk mengelap bagian luar yang terkena debu atau kotoran yang menempel, sehingga lampu emergency Anda akan tetap kelihatan bersih dan tidak menggangu sistem pencahayaan yang keluar.

10 Lampu emergency bagus dan hemat energi

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang lampu emergency serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi lampu emergency bagus dan hemat energi dari berbagai merek berikut ini:



10. Philips TWS 200

philips_tws_200

Harga : Rp 411.500

Lampu akan menyala secara otomatis saat terjadi pemadaman listrik

Philips merupakan salah satu produsen lampu terkenal di dunia, salah satu produk buatannya adalah Philips TWS 200. Lampu emergency memiliki bentuk persegi panjang dengan desainnnya yang simple.

Lampu ini memiliki kapasitas baterai 6V 4.5A dengan konsumsi daya listriknya 14 watt. Selain itu, warna cahaya putih terang akan membantu Anda saat listrik padam dengan dilengkapi sistem otomatis on/off yang sangat praktis dan memudahkan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di bukalapak.

9. Panasonic LDR400N

panasonic_ldr400n

Harga : Rp 795.000

Lampu emergency mata kucing

Lampu emergency dari Panasonic ini memiliki ciri khas twin spot atau mata kucing, sehingga sangat nyaman digunakan untuk kegiatan outdoor seperti, hiking dan berkemah. Selain itu, lampu emergency ini akan memberikan rasa aman karena kapasitas baterainya yang bisa bertahan cukup lama, 10 jam.

Lampu emergency ini juga bisa Anda gunakan untuk kebutuhan rumah saat terjadi pemadaman listrik, karena kapasitas penerangan 2x6W LED,dengan 6 watt pada setiap lampunya akan membuat rumah Anda tetap terang. Anda bisa membeli lampu emergency ini di bukalapak.

8. Surya SQL L2207

surya_sql_l2207

Harga : Rp 24.000

Lebih terang dan cerah dengan harga yang lebih terjangkau



Lampu emergency Surya SQL L2207 ini dilengkapi dengan teknologi LED yang mampu menghasilkan cahaya lampu lebih terang dan cerah. Surya SQL L2207 memiliki 22 LED di dalamnya sehingga sangat efektif digunakan saat kondisi darurat.

Lampu ini dapat menyala kurang lebih 7 jam tanpa sumber listrik. Ketika lampu mulai redup, Anda dapat charger ulang selama 6 jam dengan menggunakan kabel USB. Selain itu, Lampu ini sangat cocok digunakan untuk bepergian karena bentuknya yang kecil, ringan, dan hemat energi. Anda dapat membeli lampu emergency ini di Bukalapak.

7. Kawachi 319

kawachi_319

Harga : Rp 25.000

Menyala lebih lama dan hemat energi

Lampu emergency Kawachi 319 memiliki lampu sorot LED berjumlah 7 yang bisa bertahan lebih dari 20 jam, sedangkan lampu darurat LED berjumlah 25 yang dapat menyala lebih dari 10 jam.

Selain itu, lampu memiliki baterai 1600 mAh yang dapat diisi ulang lebih dari 500 kali, dan baterai akan penuh dengan hanya waktu 8 jam saja. Anda dapat membeli lampu emergency ini di bukalapak.

6. Surya SYT L 103

surya_syt_l_103

Harga : Rp 25.500

Serbaguna, tahan lama, dan sangat terang

Lampu emergency serbaguna ini bisa digunakan sebagai senter dan lampu darurat. Lampu ini memiliki kapasitas baterai 4V 900mAh, dan lampu ini hanya membutuhkan waktu 8 jam saja hingga baterai akan penuh.



Lampu ini bisa di cas ulang lebih dari 500 kali sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Lampu ini menggunakan LED 1 watt dan 10 SMD yang dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang. Anda dapat membeli lampu emergency ini di Bukalapak.

5. Lightspro Kenmaster Lp 8603

lightspro_kenmaster_lp_6803

Harga : Rp 79.000

Lebih praktis, lebih terang, dan hemat energi

Lampu emergency ini menggunakan lampu LED yang tahan lama, hemat energi serta menghasilkan cahaya yang sangat terang. Lampu ini memiliki 50 buah lampu LED yang tentunya tidak diragukan lagi kapasitas terangnya cahaya yang dihasilkan.

Lampu ini bisa bertahan 9 sampai 10 jam nonstop, dan jika Anda ingin lebih menghemat baterai maka Anda dapat melakukan pengaturan dengan menggeser ke tombol low. Anda dapat membeli lampu emergency ini di bukalapak.

4. Surya SQL L1830

surya_sql_l1830

Harga : Rp 32.500

Baterai lebih awet dengan kemampuan cahayanya yang lebih terang

Lampu emergency Surya SQL L1830 ini merupakan jenis lampu yang cara pengisian ulangnya sangat mudah, dan lampu ini banyak diminati oleh masyarakat, karena cara perawatannya lebih mudah dan praktis saat menggunakannya.

Lampu ini memiliki kapasitas baterai yang besar dan tahan lama, yakni 4V 1500mAh, dan dapat menyala sekitar 8 jam. Untuk pengisian baterai hanya dibutuhkan 12 jam saja ketika pertama kali membeli dan sebelum digunakan. Anda dapat membeli lampu emergency ini di Bukalapak.



3. Krisbow APA

krisbow_apa

Harga : Rp 150.000

Bisa digunakan untuk lampu darurat dan kipas angin

Pada era digital saat ini, siapa yang tidak ingin memiliki barang elektronik serbaguna. Seperti lampu emergency Krisbow dari brand APA ini yang selain bisa digunakan untuk kebutuhan lampu darurat juga bisa digunakan untuk kipas angin.

Lampu emergency ini dilengkapi dengan baterai rechargeable dengan kapasitas baterai 4v1.6Ah. Anda akan mendapat keuntungan lain dengan membeli produk ini, karena lampu ini menggunakan teknologi LED yang dapat memberikan pencahayaan tambahan, serta kipasnya yang dapat membantu menyejukkan ruangan yang panas dan pengap. Anda dapat membeli lampu emergency ini di Bukalapak.

2. Lampu emergency Stick and Click Touch

lampu_emergency_stick_and_click_touch

Harga : Rp 5.000

Cocok digunakan untuk lemari, loteng, gudang, maupun di kendaraan

Lampu emergency yang satu ini bisa dibilang memiliki bentuk yang unik dan simple serta praktis di bawa kemanapun. Karena lampu emergency ini memiliki ukuran dimensi 6.5 L x 6.5 W x 2 H cm / 2.5 L x 2.5 W x 0.76 H inches.

Cara penempatannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menempelkan lampu tersebut pada kayu, plastik, logam, kaca. Sangat praktis digunakan dan tentunya mudah di bawa kemana-mana, lebih praktis, dan aman. Anda dapat membeli lampu emergency ini di bukalapak.

1. HK-86

hk_86

Harga : Rp 168.000

Lebih tahan lama dan hemat energi



Lampu emergency HK-86 ini menggunkan lampu LED yang tentunya lebih awet dan tahan lama serta menghasilkan cahaya yang sangat terang. Lampu ini mudah di bawa kemana-mana dan mudah saat isi ulang baterainya.

Lampu ini memiliki kapasitas baterai 6V yang rechargeable, sehingga membuat lampu lebih tahan lama dan hemat energi. Lampu HK-86 ini dilengkapi 2 LED dengan ukuran 8mm yang dapat menyala hingga 75-90 jam, dan 8 LED yang bisa menyala secara bersamaan hingga 25-30 jam. Anda dapat membeli lampu emergency ini di bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum Anda membeli lampu emergency, pastikan Anda memilih lampu dengan kualitas terbaik, baterai tahan lama, bentuk praktis dan sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.
  • Selain itu, pastikan Anda merawat lampu emergency secara berkala sesuai dengan buku panduan yang ada pada produknya.
  • Jika Anda ingin lampu emergency yang lebih tahan lama, hemat energi dan praktis saat menggunakannya, Anda bisa memilih lampu emergency HK-86.
  • Namun jika Anda menginginkan lampu dengan bentuk yang minimalis dan mudah di bawa kemana-mana serta lebih aman, Anda bisa memilih lampu emergency Stick and Click Touch.
  • Sedangkan, jika Anda ingin lampu emergency hemat energi dengan desain yang kerendan nyaman saat digunakan untuk kegiatan outdoor, Anda bisa memilih lampu emergency Panasonic LDR400N.

Referensi

  1. Emergency Lights (2014), Why Should You Choose LED Emergency Lights? (Inforgraphic), https://www.emergencylights.net/why-should-you-choose-led-emergency-lights-inforgraphic/
  2. Firesafe (2019), Emergency Lighting, https://www.firesafe.org.uk/emergency-lighting/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Rekomendasi 10 Lampu Emergency Bagus dan Hemat Energi", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »