Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


10 July 2019

Rekomendasi 10 Exhaust Fan Bagus dan Berkualitas

By Cekresi .com


Exhaust fan merupakan jenis kipas angin yang memiliki fungsi membantu sirkulasi udara dalam ruangan agar tetap bersih dan segar. Exhaust fan ini sangat efektif mengusir panas di ruangan yang langsung berhubungan dengan udara luar. Tidak hanya itu, exhaust fan juga dapat menjaga kelembaban ruangan.



Oleh karenanya, sangat penting memiliki exhaust fan di rumah maupun di kantor. Anda bisa memiliki exhaust fan bagus dan berkualitas dari berbagai merek dan tentunya dengan spesifikasinya yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Untuk itu, artikel ini akan menyajikan beberapa exhaust fan bagus dan berkualitas dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang cara memilih exhaust fan serta cara perawatannya.

Memilih tipe exhaust fan berdasarkan kebutuhan

Exhaust fan ini bekerja dengan cara mengganti udara yang ada dalam ruangan dengan cara menarik udara segar di luar ruangan bersamaan dengan menghisap udara dalam ruangan, sehingga sirkulasi udara tetap terjaga, lebih bersih, dan segar.

Namun sebelum Anda membeli exhaust fan,tentukan terlebih dahulu seberapa besar kebutuhan pergantian udara, dan dimana Anda akan menempatkan exhaust fan tersebut.Untuk itu, Anda harus menyesuaikan antara tipe exhaust fandengan posisi tempat secara tepat.

Adapun beberapa tipe exhaust fan yangada di pasaran yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:

Pertama, tipe wall mount (untuk dipasang di dinding). Tipe ini merupakan tipe exhaust fan yang cocok digunakan untuk ruangan yang bagian belakangnya memiliki akses langsung ke area terbuka.

Kedua, tipe ceiling mount (untuk dipasang di plafon rumah). Tipe ini merupakan tipe exhaust fan yang cocok dipasang untuk ruangan yang membutuhkan pembuangan udara melalui atap atau plafon.

Ketiga, tipe window mount (untuk dipasang di jendela kaca). Tipe ini merupakan tipe exhaust fan yang cocok dipasang untuk ruangan yang berada dalam suatu ruangan besar dan lebih luas.



Berdasarkan tipe exhaust fan di atas, tentu Anda bisa memilih tipe mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan ingat bahwa untuk pemasangan exhaust fan yang ideal adalah dengan menaruhnya berlawanan dari tempat di mana udara segar bisa mengalir masuk.

Selain itu, Anda bisa menggunakan tenaga profesional ketika ketika memasang exhaust fan, karena pemasangan ini termasuk pekerjaan yang sedikit rumit dan kompleks dengan beberapa perhitungan yang matang sehingga bisa menghasilkan sirkulasi yang maksimal pada ruangan Anda.

Perhatikan konsumsi daya listriknya

Sangat penting ketika memilih barang elektronik, Anda memperhatikan konsumsi daya listriknya, karena hal itu bisa menghemat kebutuhan anggaran pengeluaran biaya listrik, baik itu di rumah maupun di kantor.

Agar tagihan listrik Anda tidak melonjak tinggi ketika menggunakan exhaust fan, maka pilihlah daya exhaust fan yang sesuai dengan kebutuhan. Adapun kisaran daya listrik exhaust fan bermacam-macam, mulai dari yang rendah15 – 45 watt,dan yang tinggi berkisar antara 600-750 watt.

Perhatikan jumlah RPM (Rotation per Minute)

RPM merupakan jumlah kemampuan kipas untuk berputar per menit. RPM ini yang mempengaruhi kemampuan exhaust fan dalam menarik udara, baik itu keluar maupun ke dalam ruangan.

Prinsipnya adalah semakin tinggi RPM exhaust fan, semakin cepat pula kemampuan exhaust fan dalam menarik udara. Jadi, ketika anda akan membeli exhaust fan, pastikan exhaust fan yang anda pilih memiliki kapasitas RPM yang cukup besar dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih exhaust fan yang memiliki tingkat kebisingan rendah

Noise atau tingkat kebisingan suara ini diakibatkan oleh perputaran kipas yang ada pada exhaust fan. Tingkat kebisingan dari exhaust fan dinyatakan dalam satuan desibel (db).



Exhaust fan yang baik adalah exhaust fan yang memiliki tingkat kebisingan yang rendah. Jadi, sebelum membeli exhaust fan pastikan terlebih dahulu tingkat kebisingan dari exhaust fan tersebut.

Memilih exhaust fan bedasarkan kapasitas udara (air volume)

Air volumeatau kapasiatas udara merupakan jumlah volume udara yang dapat ditarik oleh exhaust fan dalam suatu waktu. Air volumeini biasanya tertera dalam satuan CMM (Cubic Meter per Minute) atau CMH (Cubic Meter per Hour).

Sebelum Anda membeli exhaust fan, pastikan Anda telah menghitung air volume yang dibutuhkan. Anda bisa menggunakan rumus ini ketika menghitungnya, volume udara = volume ruangan x ACH.

ACH (Air Change per Hour) merupakan jumlah pertukaran udara per jam. Menurut HVI(Home Ventilating Institute), setiap ruangan memerlukan perubahan udara per jam yang berbeda. Berikut adalah persyaratan ACH yang direkomendasikan oleh HVI.

  • kamar tidur = 4 ACH
  • kamar mandi = 8 ACH untuk kamar mandi
  • dapur = 15 ACH untuk dapur
  • ruangan selain kamar mandi dan dapur = 6 ACH

Pertimbangan variasi yang berbeda pada exhaust fan

Ada beberapa variasi yang dibuat oleh produsen exhaust fan agar produknya lebih berbeda dan lebih menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen, seperti adanya lampu LED bawaan atau lampu panas.

Jika ruangan Anda tidak perlu terlalu banyak cahaya di kamar mandi sepanjang waktu, Anda dapat menggunakan exhaust fan dengan variasi lampu, namun alangkah lebih baik jika lampu yang terpasang terpisah sehingga bisa menghemat energi.

Sedangkan, jika Anda ingin mendapatkan kehangatan setelah mandi, terlebih ketika musim dingin tiba, mungkin Anda bisa menggunakan exhaust fan dengan variasi yang ada lampu panas, sehingga bisa menghangatkan ruangan di kamar mandi Anda.



Cara merawat exhaust fan agar lebih awet dan tahan lama

Agar exhaust fan yang anda miliki lebih awet dan tahan lama. Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini, seperti:

  • Pastikan Anda membersihkan exhaust fan selama 2-4 bulan sekali atau setidaknya setahun sekali.
  • Sebelum membersihkan exhaust fan sebaiknya matikan daya pada pemutus sirkuit terlebih dahulu.
  • Untuk membersihkan exhaust fan sangat mudah yaitu dengan melepas baling-baling dan membersihkannya dari debu.
  • Untuk pembersihan baling-baling, Andabisa menggunakan air hangat dan sabun cuci piring, kemudian keringkan sebelum di pasang kembali.
  • Jangan sering menghidupkan dan mematikan exhaust fan, karena akan menyebabkan exhaust fan cepat rusak.
  • Untuk exhaust fan yang diletakkan di dapur, tidak peduli seberapa keras filter exhaust fan bekerja, akan selalu ada sedikit minyak yang masuk. Oleh karena itu bersihkan kipas dengan merendam dalam air mendidih selama beberapa menit, kemudian gosok dengan air sabun panas dan sikat bulu nilon.

10 Exhaust fan bagus dan berkualitas

Setelah anda mengetahui berbagai hal tentang exhaust fan dan perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi exhaust fan bagus dan berkualitas dari berbagai merek berikut ini.

10. KDK 30 RQN

kdk_30_rqn

Harga : Rp 382.000

Membuat sirkulasi udara lebih segar dengan tingkat kebisingan rendah

Exhaust fanmerek KDK ini memiliki diameter baling-baling 30 cm, dan dipasang di dinding 12 inch. Exhaust Fan ini akan membuat aliran udara ruangan Anda lebih bersih dan segar, dengan tingkat kebisingan rendah karena kapasitas kapasitas kecepatan motor 910 RPM.

Exhaust fan ini memiliki daya listrik yang rendah, sehingga bisa membuat Anda lebih hemat pemakaian konsumsi listrik di rumah. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli Exhaust fan ini di Shopee.

9. Ceiling Maspion CEF-20

ceiling_maspion_cef_20

Harga : Rp 195.000

Lebih hemat dan membuat sirkulasi udara di ruangan lebih bersih

Exhaust fan merek Maspion ini sangat cocok digunakan untuk kamar mandi, ruang tidur, maupun ruangan khusus di rumah Anda. Exhaust ini digunakan untuk ruangan yang membutuhkan pembuangan udara melalui atap atau plafon.



Exhaust fan ini akan membuat udara ruangan Anda tetap kering dan tidak lembab. Selain itu, konsumsi daya listriknya cukup rendah, yakni 30 watt.Anda bisa membeli exhaust fan ini di Shopee.

8. Maspion MV 250 NEX

maspion_mv_250_nex

Harga : Rp 297.000

Membuat ruangan tetap sejuk dan nyaman

Exhaust fan merek Maspion ini memiliki harga yang lebih terjangkaudari produk exhaust lainnya. Kemampuan exhaust fan ini bisa menghindarkan ruangan Anda dari kelembabab yang tinggi, dan dapat menghasilkan udara lebih segar dan sehat.

Exhaust Fan ini berukuran 10 inch dengan konsumsi daya listrik sebesar 35 watt sehingga membuat Anda bisa lebih hemat energi. Produk ini dilengkapi dengan sekering pengaman panas serta memiliki sistem pelumasan secara otomatis. Anda bisa membeli exhaust fan ini di Shopee.

7. Sekai MVF 1091

sekai_mvf_1091

Harga : Rp 147.000

Membuat sirkulasi udara lebih bersih dan segar

Exhaust fan merek Sekai berukuran 10 inch ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan ruangan lebih sejuk, bersih, dan segar. Produk ini dilengkapi dengan fitur pengaman sekring yang bisa menghindarkan dari resiko konslet.

Bahan pembuatan produk bersifat anti korosi.Selain itu, produk ini bisa membuat ruangan Anda terhindar dari bau yang tidak sedap. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli exhaust fan ini di Shopee.



6. Panasonic FV-25 TGU

panasonic_fv_25_tgu

Harga : Rp 299.000

Memiliki kapasitas daya hisap yang lebih besar

Exhaust fan merek panasonic ini memiliki kemampuan daya hisap udaranya yang lebih besar, sehingga sangat efektif membantu sirkulasi udara di ruangan Anda. Produk ini memiliki kapasitas RPM sebesar 970, lebih besar dibandingkan produk sebelumnya.

Selain itu, produk ini terbilang memiliki tingkat kebisingan yang cukup rendah sebesar 42 db sehingga sangat nyaman digunakan untuk rumah Anda.Anda bisa mendapatkan exhaust fan di Shopee.

5. KDK 25 AUFA

kdk_25_aufa

Harga : Rp 551.000

KDK 25 AUFA ini merupakan exhaust fan dinding yang pemasangan instalasinya cukup mudah. Exhaust fan ini memiliki daya tarik efektif dengan fitur yang dilengkapi metal louver serta oil cup.

Produk ini memiliki daya hisap daya hisap dan RPM yang besar, namun konsumsi daya listriknya rendah, yaitu34 watt. Bagi Anda yang memiliki masalah mengenai sirkulasi udara di dapur maka exhaust fan tipe ini adalah solusinya.Anda bisa membeli exhaust fan di bukalapak

4. Krisbow 12 inch

krisbow_exhaust_12_inc

Harga : Rp 475.000



Memiliki desain yang cocok dipadukan dengan ragam dekorasi interior

Exhaust fan merek Krisbow ini memiliki ukuran 12 inch sehingga sangat cocok digunakan untuk ruangan yang luas. Produk ini mudah dipasang dan dilepas sehingga memudahkan Anda dalam perawatannya.

Produk ini memiliki konsumsi daya listrik sebesar 40 watt, dan dilengkapi dengan teknologi motor yang efisien. Selain itu, produk ini juga memiliki desain yang cocok dipadukan dengan ragam dekorasi interior rumah Anda. Anda bisa membeli exhaust fan ini di Shopee.

3. Mitsubishi EX25SC5T

mitsubishi_ex25Sc5t

Harga : Rp 335.500

Memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi

Exhaust fan ini memiliki ukuran 10 inch dengan kualitas penutupnya yang terbuat dari bahan yang memiliki ketahanan api sangat kuat. Produk ini juga dilengkapi dengan dua sekering yang dapat memenuhi kebutuhan keselamatan penggunanya.

Selain itu, exhaust fan ini juga dilengkapi extra fan yang aerodinamis. Selain itu, lebih hemat karena konsumsi daya listriknya rendah 22 watt dengan kapasitas RPM sebesar 1000.Anda bisa membeli exhaust fan ini di Shopee.

2. Maspion MV-16 EX

maspion_mv_16_ex

Harga : Rp 165.000

Memiliki harga yang lebih terjangkau

Exhaust fan ini memiliki kemampuan daya hisap udara yang sangat baik, dan terbuat dari bahan antikorosi. Exhaust fan ini juga memiliki harga yang lebih murah sehingga bisa terjangkau untuk siapa pun.



Selain itu, produk ini dilengkapi fitur thermofuse protected yang berfungsi memutus daya secara otomatis ketika motor mesin terlalu panas, dan tingkat kebisingan yang yang dihasilkan cukup rendah. Anda bisa membeli exhaust fan ini di Shopee.

1. CKE Standard DBN

cke_standard_dbn

Harga : Rp 282.000

Cocok digunakan untuk ruangan yang sempit

Exhaus fan ini sangat cocok digunakan untuk ruangan yang sempit sehingga menghasilkan sirkulasi udara yang lebih maksimal untuk membuat udara tetap bersih dan segar. Exhaus fan ini sangat aman digunakan karena produknya terdaftar dan terverifikasi oleh SNI, KAN dan juga Member of AMCA Internasional.

Konsumsi daya listrik dari exhaust fan ini terbilang cukup rendah, yakni 22 watt sehingga membuat Anda lebih hemat energi. Selain itu, pemasangan instalasi exhaust fan ini cukup mudah. Anda bisa membeli exhaust fan ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli Exhaust fan, Anda harus memperhatikan spesifikasinya mulai dari tipe, daya listrik, RPM (rotation per minute), noise (tingkat kebisingan), sampai dengan variasinya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan perawatannya agar performa mesin tetap baik sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.
  • Anda bisa memilih exhaust fan Maspion MV-16 EX, karena exhaust fan ini cocok digunakan untuk ruangan yang lebih luas dan memiliki daya hisap udara yang tinggi.
  • Namun jika Anda menginginkan exhaust fan yang hemat listrik dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi, Anda bisa memilih merek Mitsubishi EX25SC5T.
  • Sedangkan, jika Anda ingin exhaust fan dengan desain yang pas untuk dekorasi interior ruangan Anda, maka Anda bisa memilih exhaust fan dari merek Krisbow.

Referensi

  1. Direct Energy (2019), How to Maintain & Clean Exhaust Fans in the Bathroom and Kitchen, https://www.directenergy.com/blog/how-to-maintain-exhaust-fans-in-the-bathroom-and-kitchen/
  2. Anonimous (2016), Yuk Pelajari : Cara Memilih Exhaust Fan, http://arafuru.com/material/yuk-pelajari-cara-memilih-exhaust-fan.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Kipas Angin


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Rekomendasi 10 Exhaust Fan Bagus dan Berkualitas", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »