Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


11 October 2021

Mengenal Lebih Jauh RedmiBook 15, Laptop Baru Buatan Xiaomi

By Cekresi .com
Mengenal Lebih Jauh RedmiBook 15, Laptop Baru Buatan Xiaomi


Xiaomi meluncurkan pertama kali produk laptop pertama mereka di Indonesia, yakni RedmiBook 15. Laptop ini desainnya modern, minimalis, dan cocok digunakan untuk berbagai aktivitas. Termasuk pembelajaran jarak jauh maupun WFH (Work From Home).



Untuk mengetahuinya lebih jauh tentang RedmiBook 15. Simak spesifikasi lengkap dan ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi RedmiBook 15
Prosesor: Intel Core i3-1115G4 (3,0 GHz, 2 Core, 4 Thread, 6MB Cache) Generasi ke-11
RAM: 8GB DDR4 3200MHz
Storage: 256GB SSD SATA
Grafis: Intel UHD Graphics
Sistem Operasi: Windows 10 Home
Layar: 15.6 inch FHD (1920 x 1080 pixels), 200 nits brightness, DC dimming, Anti glare,
Webcam: 720p
Keyboard: Full-size backlit keyboard, 1.5mm key travel, PTP trackpad
Konektivitas: Wi-Fi 5 (2.4GHz and 5GHz), Bluetooth 5.1,
Port/slot: HDMI, USB 2.0 x 1, USB 3.2 Gen1 x 2, Ethernet, Jack Audio 3,5 mm, SD Card reader, Kensington
Audio: 2x 2W speakers, DTS audio
Baterai: 46Wh dengan adaptor 65W
Dimensi: 363.8 x 243.5 x 19.9mm9mm
Berat: 1.80kg

Desain tipis dan klasik

foto-mengenal-lebih-jauh-redmibook-15-2

Desain klasik yang ditampilkan oleh laptop ini membawa kesan familiar bagi para pengguna. Sehingga cara penggunaannya pun juga mudah, bahkan bagi para pengguna baru sekalipun.

Desain klasik ini juga mampu menarik minat para calon pembeli yang menyukai laptop dengan kesan klasik.

Selain itu bodi yang tipis serta beratnya yang hanya 1,8 kg ini membuatnya gampang untuk dibawa ke mana saja. Mahasiswa yang kerap mengerjakan tugas kelompok, tentu tidak lagi harus kerepotan ketika membawa laptop.

Beratnya yang termasuk ringan untuk ukuran sebuah laptop tentunya menjadi keunggulan tersendiri. Anda juga tidak akan merasa berat ketika harus memanggul atau menentengnya.

Sekilas pandang laptop RedmiBook 15 ini tampak mirip dengan desain MacBook. Terlebih desainnya yang tipis tersebut.

Namun kesan tersebut dapat terlupakan karena adanya penggunaan polycarbonat sebagai material utama. Meski mudah dibentuk dan dikustomisasi, bahan polycarbonat ini memiliki kesan murah. Berbeda dengan bahan logam yang terlihat tangguh serta tampak mewah.

Walaupun demikian penggunaan polycarbonat sebagai material bodi laptop masih memiliki banyak kelebihan. Diantaranya adalah ketika mengalami kerusakan, dapat diperbaiki dengan mudah.

Panas pun tidak menyebar ke bagian atas, sehingga lebih aman menghindari panas yang keluar dari laptop.

Penggunaan polycarbonat ini pula yang membuat RedmiBook 15 dapat dijual dengan harga lebih murah. Berbeda dengan laptop yang menggunakan bahan logam, harga bodinya saja sudah cukup mahal.



Anda juga tidak perlu khawatir dengan material polycarbonat yang digunakan. Laptop ini sudah cukup tangguh. Build quality-nya pun sudah cukup baik. Jadi tidak gampang rusak meski harus dibawa beraktivitas.

Desain minimalis RedmiBook ini semakin didukung oleh warna yang digunakan. Warna charcoal grey dengan finishing matte, membuatnya tampak keren dalam berbagai kondisi.

Pada bagian atas laptop, ada tulisan RedmiBook 15. Ditambah juga dengan slogan Power Your Creativity. Slogan tersebut masih dapat dibaca dengan jelas meski memiliki ukuran cukup kecil.

Dimensi laptop ini sekitar 363,8 x 243,5 x 19,9 mm. Masih cukup aman untuk dimasukkan ke dalam tas laptop. Meski cukup lebar, tapi tidak memakan banyak tempat. Jadi Anda tidak perlu kerepotan mencari tas laptop baru lagi.

Uniknya lagi laptop ini dapat dibuka dengan satu tangan saja tanpa takut akan merusak bodi laptop. Hanya dengan sentuhan lembut serta cepat, laptop dapat dibuka dengan mudah. Begitu pula jika laptop sedang berada dalam kondisi sleep.

Keyboard familiar

foto-mengenal-lebih-jauh-redmibook-15-3

Keyboard yang digunakan pada RedmiBook 15 ini memiliki susunan tombol yang sama seperti laptop lain. Jadi tidak dibutuhkan penyesuaian baru karena peletakkan tombol yang berbeda.

Jarak antar tombol juga cukup lega. Hal ini dapat meminimalisir kemungkinan salah pengetikan yang disebabkan jarak tombol terlalu dekat.

Palmrest yang tersedia juga memiliki ukuran lumayan lebar. Jadi tangan dapat mengetik dengan nyaman ketika tengah bekerja.

Para gamer biasanya mengeluh jika keyboard laptop mereka memiliki jarak yang terlalu rapat. Hal itu bisa membuat mereka lebih sering kalah, karena salah menekan tombol keyboard. Namun hal tersebut bisa dihindari dengan menggunakan RedmiBook 15.



Keberadaan palmrest tidak bisa dianggap sepele. Terutama bagi orang yang aktif menggunakan laptop. Pasalnya jika salah meletakkan tangan saat tengah mengetik. Bisa meningkatkan resiko cedera pada bagian otot tangan, lengan, maupun bahu.

Touchpad yang ada pada RedmiBook 15 ini pun sangat membantu ketika tengah beraktivitas. Ukurannya sekitar 12, 5 x 8, 16 dan memiliki respon yang sangat sensitif. Jadi ketika bermain game, browsing, atau mengetik, tidak mengalami kendala karena respon yang lambat.

Ada sedikit kekurangan pada keyboard laptop ini. Yakni tidak adanya backlight. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan backlight pada keyboard tentu akan sedikit kecewa.

Demikian juga bila Anda sering bermain game di ruang gelap. Tidak adanya backlight keyboard tentu akan mengganggu.

Keyboard pada laptop sekarang ini lazimnya memang dilengkapi dengan backlight. Jadi lebih nyaman ketika harus mengetik dalam ruangan minim cahaya. Sayangnya RedmiBook 15 tidak menambahkan fitur ini.

Port yang lengkap

foto-mengenal-lebih-jauh-redmibook-15-4

Agar pengguna semakin merasa puas, pihak Xiaomi pun menambahkan banyak port ke dalam laptop ini.

Mulai dari port DC in yang digunakan untuk mengisi daya. Lalu port HDMI 1.4 x 1, dengan tambahan USB 3.2 Gen 1 x 2, USB 2.0 x 1, kunci Kensington, dan Ethernet (LAN) RJ45. Ditambah juga dengan Output Audio Digital Optic, Jack headphone 3.5 mm, serta slot SD reader 3.0.

Sayangnya produk ini tidak dilengkapi USB tipe C. Biasanya USB tipe C banyak digunakan diberbagai gadget terbaru. Tipe ini dipilih karena lebih aman dan tidak cepat rusak.



Teknologi yang mulai diperkenalkan pada tahun 2014 tersebut, pertama kali digunakan oleh produk Apple yakni MacBook.

USB tipe C kemudian banyak dipilih orang karena proses pemindahan data yang lebih cepat. Desainnya juga reversible dalam artian bisa dibolak-balik. Tidak ada istilah bawah atau atas dalam desain ini. Oleh sebab itu sangat disayangkan tidak tersedia port USB tipe C di RedmiBook 15.

Walau tidak dibekali dengan port USB type C, kekurangan tersebut telah ditutupi oleh kehadiran banyak port pengganti lain. Sehingga proses pemindahan data masih dapat berlangsung dengan cepat. Sedangkan suara yang dihasilkan juga lumayan enak didengar meski tidak terlalu kencang.

Dual speaker stereo 2W + 2W Audio DTS, terletak pada bagian bawah laptop. Hal inilah yang membuat suara yang dihasilkan cukup jernih dan jelas.

Tepat di samping speaker diletakkan pula banyak sirkulasi udara. Peletakan sirkulasi udara tersebut bertujuan agar panas yang dihasilkan oleh kipas dapat keluar dengan mudah.

Layar lebar

foto-mengenal-lebih-jauh-redmibook-15-5

Bagi seorang penikmat video, laptop ini sangat tepat digunakan untuk menonton. Tak hanya itu spesifikasi layar yang dimilikinya juga sudah mumpuni untuk memenuhi kebutuhan ketika tengah bekerja, belajar, atau bersantai.

RedmiBook 15 memiliki layar dengan ukuran 15,6 inchi, Full HD 1920×1080 pixels, dengan aspek rasio 16:9. Layar akan berada dalam kondisi terbaiknya jika dibuka dalam posisi 90°. Namun layar juga bisa dibuka hingga posisi 180°.

Layar ini sudah memenuhi kebutuhan ketika Anda menggunakannya untuk berselancar di Internet. Bermain game pun tetap akan menyenangkan karena gamut warna yang dihasilkan mencapai 45%. Rasio kontras 500:1 ini pun cocok untuk kegiatan harian.



Xiaomi juga menambahkan anti glare pada layar. Sehingga kualitas warna yang dihasilkan oleh gambar menjadi lebih jernih. Tingkat kecerahan yang dimilikinya pun mencapai 220 nits, serta menggunakan DC dimming. Hal ini membuat pantulan cahaya dapat diminimalisir.

Anda juga tidak akan merasa silau ketika harus menggunakan laptop ini di luar ruangan. Tampilan layar semakin disempurnakan dengan GPU Intel HD Graphics yang hadir dalam prosesor Intel terbaru.

GPU ini dapat mengolah gambar agar memiliki kualitas yang lebih baik. Pada bagian atas layar terdapat kamera selfie dengan resolusi 720 HD, disertai dengan dual mikrofon. Kamera ini sudah memenuhi syarat standar agar proses meeting online dapat berjalan lancar.

Performanya bisa diandalkan

foto-mengenal-lebih-jauh-redmibook-15-6

Laptop perdana dari Xiaomi ini mengusung teknologi canggih yang berasal dari kombinasi CPU dan GPU Intel generasi terbaru. Prosesor yang digunakan adalah generasi kesebelas dari Intel Core i3-1115G4 (3,0 GHz, 2 Core, 4 Thread, 6MB Cache).

Prosesor tersebut diklaim memiliki kecepatan 2,5 lipat dari kecepatan generasi terdahulu. Hal tersebut juga membuat kinerja laptop menjadi lebih maksimal untuk penggunaan sehari-hari.

Kapasitas RAM sebesar 8GB DDR4 3200MHz high speed memory, membuatnya memiliki kecepatan yang lebih responsif.

Terlebih lagi ada memori internal sebesar 256 GB SATA, yang membuat proses pemindahan data lebih cepat. File bisa ditransfer sesuai dengan kecepatan yang diharapkan oleh pengguna. Transfer data bisa dilakukan dengan kecepatan read 559.38 MB/s dan write 470.83 MB/s.

Pengujian Intel prosesor dengan fabrikasi 10nm ini mencapai hasil yang memuaskan. Bahkan laptop RedmiBook 15 ini, diyakini mampu untuk digunakan sebagai media kerja bagi para profesional.



Waktu booting ketika laptop mati hingga menyala lagi hanya membutuhkan waktu 9 detik saja.

Sedangkan ketika booting dalam proses restart diperlukan waktu sekitar 15 detik. Storage ini terbukti lebih cepat dibanding harddisk biasa, performanya pun lebih baik dan bisa diandalkan.

Seru untuk bermain game

foto-mengenal-lebih-jauh-redmibook-15-7

RedmiBook 15 ini juga bisa menjadi media hiburan ketika penggunanya ingin bersantai. Game seperti Genshin Impact dan Euro Simulator dapat dimainkan dengan mulus tanpa banyak hambatan. Permainan semakin terasa seru karena tidak ada resiko terjadi lagging.

Bila digunakan dalam tempo agak lama, laptop memang terasa sedikit panas. Namun panas yang dihasilkan masih normal. Meski kualitas gambar tidak mencapai kualitas maksimal namun tetap menyenangkan untuk dimainkan.

Baterai tahan lama

foto-mengenal-lebih-jauh-redmibook-15-8

Prosesor Intel generasi paling baru yang digunakan produk ini, rupanya memiliki dampak terhadap penggunaan baterai. Baterai sebesar 46 WH telah ditambahkan oleh Xiaomi ke dalam laptop tersebut.

Baterai dengan daya sebesar itu diyakini mampu mengimbangi kegiatan pengguna yang sedang daring atau ingin menghabiskan waktu dengan bermain game.

Bila digunakan untuk berselancar di dunia maya, atau mengerjakan tugas, lalu sesekali bermain game, kemudian kecerahan layar diatur pada 75%, baterai laptop mampu bertahan hingga 10 jam setelah pengisian baterai sampai penuh.

Namun bila ingin lebih hemat lagi, pengguna bisa menurunkan kecerahan agar lebih redup. Bluetooth bisa dimatikan agar tidak memakan daya baterai lebih banyak.



Dengan cara ini baterai bisa dihemat agar bisa bertahan lama, sehingga tidak mengganggu aktivitas harian Anda nantinya.

Sayangnya untuk laptop yang memiliki performa lumayan canggih ini, tidak memiliki fitur Fast charging. Pengisian baterai pada RedmiBook 15 ini masih menggunakan port DC in konvensional. Baterai baru bisa penuh setelah diisi dayanya selama 2 jam 15 menit.

Sedangkan jika ada fitur fast charging biasanya terhubung melalui perangkat serta port yang digunakan. Sehingga baterai dapat terisi dengan penuh hanya dalam waktu 1 jam saja.

Adaptor yang digunakan untuk mengisi baterai juga memiliki ukuran besar. Ukurannya ini memakan tempat yang lebih banyak dalam tas.

Berbanding terbalik dengan ukuran laptop yang menonjolkan sisi simple dan berbobot ringan. Bagaimana pun juga tidak ada barang yang dibuat secara sempurna. Selalu ada kekurangan yang menyertainya. Namun kelemahan tersebut masih bisa diatasi.

Harga terjangkau

foto-mengenal-lebih-jauh-redmibook-15-1

Bila Anda adalah seorang mahasiswa yang membutuhkan laptop untuk membantu proses pembelajaran, maka laptop ini merupakan pilihan yang tepat.

Meski harga jualnya sangat terjangkau, spesifikasi yang dimiliki RedmiBook 15 tidak bisa diremehkan begitu saja.

First sale laptop RedmiBook 15 diadakan pada tanggal 27 juli silam. Bagi para pembeli yang beruntung membelinya pada tanggal 27 juli tersebut, berhak mendapatkan potongan sebesar Rp 1.000.000. Harga jual yang sebelumnya Rp 5.999.000 menjadi Rp 4.999.000.

Meski dijual dengan harga terjangkau, spesifikasi yang ditawarkan oleh laptop ini tidak kalah dengan laptop lain dikelasnya. Bahkan desain yang ditawarkan justru membuat RedmiBook 15 tampak lebih mahal dari harga sebenarnya.

Dengan harga yang terjangkau tersebut, tentu akan semakin menarik para pembeli. Apalagi dibarengi dengan kualitas yang tidak asal-asalan. Xiaomi tampaknya memang serius ingin menggarap pasar laptop di kelas menengah ke bawah.



Kesimpulan

  • Bagi pelajar, mahasiswa, atau karyawan kantor yang membutuhkan laptop, RedmiBook 15 bisa menjadi pilihan karena harganya yang terjangkau.
  • Performa laptop ini juga bisa diandalkan, ditambah dengan desainnya yang tipis dan klasik, sehingga mudah untuk dibawa kemana saja.
  • Keyboardnya juga familiar dan mudah digunakan. Bahkan jika Anda seorang pemula sekalipun.
  • RedmiBook 15 juga menyediakan banyak port, serta memiliki layar lebar yang nyaman dilihat.
  • Baterai produk ini dinilai lebih awet dan tahan lama, jadi pengguna tidak perlu khawatir perangkat cepat kehabisan daya.

Referensi

  1. Wahyunanda Kusuma Pertiwi (2021), RedmiBook 15 Meluncur, Laptop Pertama Xiaomi di Indonesia, https://tekno.kompas.com/read/2021/07/23/13172267/redmibook-15-meluncur-laptop-pertama-xiaomi-di-indonesia
  2. RedmiBook 15, https://mobile.mi.co.id/id/product/redmibook-15/overview



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik Elektronik Handphone Xiaomi


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Mengenal Lebih Jauh RedmiBook 15, Laptop Baru Buatan Xiaomi", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »