Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


12 Jun 2021 07:00

Mengenal Lebih Jauh Microsoft Surface Laptop

By Cekresi Plus


Pada tahun 2017 lalu, salah satu perusahaan yang terkenal dengan teknologinya, Microsoft, resmi meluncurkan produk Surface Laptop-nya. Hal ini cukup mengejutkan dunia. Pasalnya, Microsoft belum pernah memproduksi sendiri produk laptop sebelumnya.

Untuk mengenal lebih jauh Microsoft Surface Laptop ini, maka kami akan menjelaskan kepada Anda apa saja kelebihan dan kekurangannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi terkait asal mula munculnya Microsoft Surface Laptop dan juga jenis-jenisnya.

Sejarah Microsoft Surface Laptop

Nama Microsoft sudah tidak asing di telinga banyak orang di seluruh dunia. Sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai macam software ataupun aplikasi untuk melengkapi kinerja dari sebuah laptop. Perusahaan ini sudah sangat berpengalaman di bidangnya.



Tidak hanya menyediakan layanan program, kini Microsoft juga melebarkan sayapnya dengan memproduksi sebuah laptop sendiri. Dengan nama Microsoft Surface Laptop, produk ini menjadi laptop pertama yang diproduksi oleh Microsoft sendiri.

Awalnya, Microsoft Surface ini bukan produk berupa laptop. Microsoft Surface Laptop berangkat dari sebuah produk tablet yang hadir pada tahun 2012 lalu. Tiga tahun kemudian, Microsoft kembali menghadirkan pengembangan dari tablet Surface menjadi Surface Book.

Surface Book pada awalnya hadir sebagai laptop. Namun pada kenyataannya, Surface Book ini memiliki keyboard yang bisa dilepas kapan saja. Sehingga, Surface Book justru lebih mirip dengan tablet dibandingkan dengan laptop.

Baru pada tahun 2017 lalu, secara resmi Microsoft memperkenalkan produk laptonya kepada pasar, yakni Microsoft Surface Laptop. Tepatnya pada tanggal 15 Juni 2017 lalu.

Banyak orang di seluruh dunia yang tertarik memiliki laptop buatan Microsoft ini. Dari Surface edisi pertama hingga sekarang tidak pernah sepi pembeli. Lantas, apa saja jenis-jenis Microsoft Surface Laptop?

Jenis-jenis Microsoft Surface Laptop

foto-mengenal-lebih-jauh-microsoft-surface-laptop-1

Semenjak peluncuran pertama pada tahun 2017 silam dan meraih sukses pada Surface Laptop. Microsoft mengembangkan lagi beberapa jenis Surface Laptop setiap tahunnya.

Pada tiap varian terbaru memiliki kelebihan dari keluaran terdahulu. Berikut ini beberapa varian dari Microsoft Surface Laptop.

  • Microsoft Surface Laptop (edisi 1)

Generasi pertama Surface Laptop ini mengusung Windows 10 s sehingga performa yang dimiliki cukup tangguh. Hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk berselancar di dunia maya. Akan cocok bagi pelajar atau mahasiswa yang membutuhkan browsing untuk menyelesaikan tugasnya.

Dari segi desain, layar yang digunakan cukup tipis yakni 9,9 mm untuk bagian depan, serta 14,47 mm di bagian belakang. Berat yang dimilikinya pun sekitar 1,25 kg saja. Cukup ringan untuk dijinjing.

Keyboard yang digunakan memiliki bahan Alcantara. Pemilihan bahan ini dimaksudkan untuk membuat pemakai merasa nyaman dan betah. Di sisi lain, keyboard ini juga terlihat lebih mewah. Tersedia empat pilihan warna untuk laptop ini, yakni Platinum, Burgundy, Cobalt Blue dan Graphite Gold.

Sama seperti pilihan warna, penyimpanan Surface Laptop terbagi menjadi 4 macam juga. Ada yang memiliki SSD berukuran 128GB, 256GB, 512GB bahkan 1TB. Sedang RAM yang ditawarkan mulai dari 4GB, 6GB dan 8GB.

Seperti produk Microsoft Surface lain, Surface Laptop memiliki keunggulan pada daya tahan baterai. Meski memiliki desain tipis, namun baterainya awet hingga 14,5 jam ketika dipakai. Jauh berbeda dengan laptop merek lain yang hanya bisa bertahan 5-9 jam saja.

  • Microsoft Surface Laptop 2

Sukses dengan Surface Laptop edisi pertama, maka kembali diluncurkan oleh Microsoft Surface Laptop 2. Rilis pada tanggal 2 oktober 2018 di New York, dan disambut gembira oleh penggemar setianya.

Masih dengan desain yang mirip dengan generasi pertama, namun di sini sudah menggunakan prosesor generasi kedelapan.

Ada dua pilihan yang ditawarkan oleh Microsoft. Pilihan itu berupa Intel Core i5 atau i7, namun bisa juga memilih GPU Intel UHD Graphics 620. Keduanya memiliki performa tinggi.

Berbeda dengan Surface Laptop pertama yang memiliki 3 varian RAM, pada Surface Laptop 2 hanya ada dua opsi, yakni RAM 8 GB dan 16 GB. Sedangkan penyimpanan SSD bawaan masih sama, mulai 128 GB sampai 1TB.

Kapasitas pada baterai Surface Laptop 2 juga sama dengan Surface Laptop pertama, yang tahan seharian hanya dengan satu kali pengisian daya.

Tapi lain halnya dengan warna, untuk seri kedua ini ada tambahan warna berupa hitam matte. Warna yang tidak dijumpai pada Surface laptop pertama.

  • Microsoft Surface Laptop 3

Beberapa bulan meraih keuntungan besar dari Surface Laptop 2, maka segera diluncurkan Surface Laptop 3. Meski secara sekilas tidak tampak perubahan berarti dari generasi pendahulunya, namun banyak perubahan yang diusung oleh laptop 3 ini.

Surface Laptop 3 sudah didukung oleh USB type C, jadi proses pemindahan data bisa berjalan lebih cepat. Warnanya juga tampak lebih fresh sehingga tidak hanya nyaman ketika digunakan, namun juga nyaman dilihat.

Bagian keyboard masih menggunakan bahan terbaik alcantara, tata letak setiap huruf juga sangat pas. Jadi proses pengetikan dapat berjalan lancar. Ditambah pula mode backlight yang akan membantu proses pengetikan saat malam hari.

Keunikan lain yang terdapat pada Surface Laptop 3 adalah aman dari resiko overheat. Saat menonton video, panas paling tinggi hanya sekitar 32°c. Begitu pula pada touchpad yang mengalami kenaikan suhu di angka 27°c.

Selain itu SSD yang ada juga bisa ditingkatkan sesuai keperluan pengguna. Namun hal tersebut tidak bisa dilakukan sendiri. Pengguna harus datang langsung ke gerai Microsoft atau ke profesional yang telah teruji.

Itulah tadi tiga varian dari Microsoft Surface Laptop, yang di setiap variannya berusaha memberikan performa yang lebih baik dari pada pendahulunya. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Surface Laptop lebih dalam lagi, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Kelebihan Microsoft Surface Laptop

Kehadiran Microsoft Surface Laptop disambut dengan antusias oleh para penggemarnya di seluruh dunia. Berbekal teknologinya yang canggih, Surface Laptop besutan Microsoft ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan laptop lainnya, yang di antaranya adalah:

1. Baterai lebih awet

foto-mengenal-lebih-jauh-microsoft-surface-laptop-2

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Surface Laptop besutan Microsoft ini adalah daya baterainya yang sangat awet. Anda bisa menggunakan laptop dalam jangka waktu yang cukup lama.

Microsoft membekali produk Surface Laptop-nya dengan Processor Intel Keby Lake, yang bisa memanajemen penggunaan daya baterai dengan baik. Hasilnya laptop inipun lebih awet baterainya.

Microsoft mengklaim bahwa Surface Laptop bisa bertahan selama 14 jam 30 menit. Tidak hanya itu, ketika dalam mode standby, baterai pada Microsoft Surface Laptop bahkan hampir tidak berkurang sama sekali.

Bagaimana, Anda pasti senangkan jika memiliki laptop dengan daya baterai yang sangat awet? Jika iya, Microsoft Surface Laptop ini adalah jawabannya. Anda pasti akan puas dengan kualitas daya baterai yang ada pada Surface Laptop besutan Microsoft ini.

2. Performa yang mumpuni

foto-mengenal-lebih-jauh-microsoft-surface-laptop-3

Keunggulan Microsoft Surface Laptop yang selanjutnya adalah performanya yang mumpuni. Microsoft Surface Laptop ini sudah dipasangi dengan processor Intel Core i5 atau i7, sesuai dengan tipenya.

Microsoft Surface Laptop juga telah dibekali dengan RAM tinggi yang mencapai 16 GB. Dengan angka itu, performa perangkat ini bisa dibilang cukup tinggi.

Apalagi dengan penyimpanan ruang internal yang mencapai 512 GB. Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi atau software dengan lancar.

Microsoft juga mendesain bodi Surface Laptop agar bisa membuang panas yang dihasilkan oleh kinerja prosesor. Microsoft membuat bingkai bodi pada Surface Laptop terhubung dengan pipa pembuang panas. Bingkai bodi itu berfungsi untuk membuang panas yang dikeluarkan oleh prosesor laptop.

Proses booting pada laptop ini juga terbilang cukup cepat. Hanya dengan waktu 10 detik saja, proses booting laptop ini sudah bisa selesai.

Tidak mengherankan jika Microsoft mengklaim bahwa laptop buatannya melebihi MacBook Pro. Microsoft mengklaim bahwa, meskipun dibanderol dengan harga di bawah MacBook Pro, performa Surface Laptop cukup untuk melebihinya.

3. Memiliki desain terbaik

foto-mengenal-lebih-jauh-microsoft-surface-laptop-4

Seiring perkembangan teknologi, desain pada laptop lebih diminimalisir agar lebih mudah digunakan. Dengan bodi yang semakin ramping, laptop gampang dibawa berpindah tempat.

Begitu juga dengan penampilan Microsoft Surface Laptop ini.Jika dibandingkan dengan laptop lain, Surface Laptop tampil mencolok karena sangat tipis. Akan tetapi jangan cemas, meski tampak minimalis, performanya tetap prima.

Pada hardware masih menggunakan bahan aluminium sama seperti pendahulunya. Penggunaan bahan ini lebih banyak ditemui pada barang high-end seperti Mobil BMW dan semacamnya. Tampilan laptop juga menjadi semakin tampak keren karena pemakaian bahan ini.

Port yang tersedia pada perangkat ini juga memiliki beberapa fungsi. Satu untuk USB-A, satu lainnya untuk memasang headphone jack. Sedang sisanya untuk Magnetic Surface Connector. Ada juga USB-3 pada bagian samping bodi-nya.

Sedangkan dimensi pada layar utama Microsoft Surface Laptop menggunakan resolusi layar yang tinggi berupa 2256 x 1504 piksel. Aspec ratio yang digunakan adalah 3 : 2,berbeda dengan pesaingnya. Kedua hal inilah yang membuat video akan terlihat lebih luas.

Kelebihan lain dari laptop ini adalah desain laptop yang cukup tipis, jadi bisa digenggam dan dibawa kemana-mana. Dimensinya sendiri sebesar 12.13″ x 8.79″ x .57″ atau memiliki lebar 308.1 mm, tinggi 223.27 dan ketebalan 13.48 mm.

4. Layar super jernih

foto-mengenal-lebih-jauh-microsoft-surface-laptop-5

Adanya layar yang menawarkan 3,4 juta pixel warna, membuat setiap warna yang ditampilkan pada laptop ini menjadi sangat jernih. Layar super jernih ini menjadikan acara menonton film di laptop terasa sangat menyenangkan.

Uniknya lagi layar pada Microsoft Surface Laptop ini menggunakan teknologi touch screen. Teknologi yang sama seperti pada smartphone. Hal ini membuat penggunanya masih bisa merasakan sensasi seolah sedang menggunakan tablet atau handphone.

Sedangkan pada bagian pelindung layar sudah menggunakan Corning® Gorilla® Glass 3. Penggunaan bahan ini menjamin layar dari kerusakan atau resiko gesekan dengan benda lain. Sangat aman bukan?

Kekurangan Microsoft Surface Laptop

Selain memiliki berbagai keunggulan yang membuat Microsoft Surface banyak diminati, laptop ini juga memiliki beberapa kekurangan yang terkadang cukup merepotkan. Berikut ini empat kekurangan Microsoft Surface laptop yang wajib Anda ketahui.

1. Menggunakan Windows 10 S

foto-mengenal-lebih-jauh-microsoft-surface-laptop-6

Meski Windows 10 s adalah teknologi terbaru, akan tetapi ada yang merasa kurang nyaman ketika menggunakan teknologi ini.

Pasalnya banyak update yang belum tuntas pada Windows 10 s. Hal ini disebabkan oleh adanya update yang kerap diadakan secara mendadak, berbeda dengan versi lawas.

Seringnya melakukan update akan menyulitkan pengguna yang berlokasi di daerah dengan jaringan internet tidak stabil. Lain halnya bila Anda berdiam di lokasi perkotaan dengan jaringan data stabil serta kuat.

Windows 10 s inipun kurang familiar bagi pengguna komputer pemula. Cara pengoperasiannya cenderung sulit dipahami oleh orang awam, sehingga mereka berbalik lagi menggunakan versi yang lama.

2. Kamera webcam yang kurang bagus

foto-mengenal-lebih-jauh-microsoft-surface-laptop-7

Meski bisa dibilang sebagai kamera terbaik di kelas yang sama, namun masih ada kekurangan pada kamera ini. Ada suara berisik atau mendengung ketika menggunakan webcam. Noise ini mengurangi kualitas pada video.

Noise ini selain mengurangi kualitas video, juga bisa membuat suara dalam video cenderung terputus-putus. Bahkan menjadi tidak jelas terdengar karena ada dengungan yang cenderung berisik.

Di sisi lain penggunaan facial recognition bisa membuat persoalan baru. Satu perbedaan sudut senyum dapat membuat laptop tidak mengenali pemakainya.

Begitu pula dengan tambahan syal atau topi. Jadi dibalik kelebihan webcam yang ada, masih terdapat kelemahan yang rawan merepotkan pemiliknya sendiri.

3. Tidak menggunakan Thunderbolt 3

foto-mengenal-lebih-jauh-microsoft-surface-laptop-8

Sangat disayangkan pada Microsoft Surface Laptop tidak terdapat Thunderbolt 3 pada list port. Sedangkan pada saat ini hampir semua laptop keluaran terbaru menggunakan Thunderbolt 3 yang berfungsi sebagai konektor. Konektor ini mampu mentransfer data dalam kecepatan tinggi sebagai pengganti USB.

Pada Thunderbolt 3 kecepatan memindahkan data bisa mencapai 40 Gbps. Tentu akan sangat membantu jika ini terdapat pada port Microsoft Surface Laptop. Pekerjaan Anda nantinya akan dapat dikerjakan lebih cepat.

4. Harga yang cukup mahal

foto-mengenal-lebih-jauh-microsoft-surface-laptop-9

Harga yang cukup tinggi menjadi salah satu kekurangan pada Surface Laptop. Baik seri pertama maupun yang teranyar, semua dibandrol dengan harga lumayan tinggi. Satu laptop yang paling murah saja sudah dihargai 14 juta.

Dengan harga tersebut, sebenarnya sudah dapat membeli laptop MacBook yang memiliki spesifikasi lebih tinggi. Namun bagi penggemar setia Microsoft, ini tentu bukan masalah yang berarti.

Kesimpulan

  • Semua jenis Microsoft Surface Laptop memiliki baterai yang awet. Baik dari generasi pertama hingga ke generasi terbaru yang dirilis tahun 2020 kemarin. Rata-rata bisa bertahan 14-15 jam hanya dengan sekali pengisian daya baterai.
  • Sebagai pembeda dari produk lain, Surface Laptop sengaja didesain lebih tipis, tapi tetap memiliki performa yang mumpuni.
  • Kelebihan lainnya terletak pada layarnya yang jernih, sudah menggunakan touch screen dan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3 sehingga lebih kuat dan tahan goresan.
  • Selain memiliki kelebihan, Microsoft Surface juga memiliki beberapa kekurangan seperti harganya yang lebih mahal dan kualitas webcam-nya yang kurang bagus.
  • Microsoft Surface juga menggunakan Windows 10 S yang masih kurang familiar di kalangan pengguna laptop.

Referensi

1. Delusiano (2018), 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Microsoft Surface Laptop, https://review.bukalapak.com/gadget/5-hal-yang-harus-kamu-tahu-tentang-microsoft-surface-laptop-11781
2. Microsoft, Surface, https://www.microsoft.com/ms-my/surface



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.