Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


9 October 2021

Membedah Spesifikasi POCO M3 dan POCO M3 Pro 5G, Mana yang Paling Baik?

By Cekresi .com
Membedah Spesifikasi POCO M3 dan POCO M3 Pro 5G, Mana yang Paling Baik?


POCO telah lama dikenal akan ragam varian HP-nya yang memiliki performa dengan harga terjangkau. Alhasil, banyak masyarakat tergiur dengan berbagai keunggulan yang disuguhkan. Termasuk pada model POCO M3 dan POCO M3 Pro 5G.



Kendati memiliki waktu perilisan yang berbeda satu tahun, duo lini M3 ini masih memiliki beberapa kesamaan. Keduanya juga masih dibanderol di kisaran harga Rp1 jutaan – Rp2 jutaan saja. Karena itulah POCO M3 dan POCO M3 Pro 5G mendapat julukan sebagai entry-level killer.

Berikut kami sajikan penjelasan mengenai perbandingan spesifikasi pada POCO M3 dan POCO M3 PRO 5G.Kami juga menyertakan harga beserta ulasannya sebagai referensi Anda saat ingin membelinya.

POCO M3

foto-membedah-spesifikasi-poco-m3-dan-poco-m3-5g-01

Harga : Rp1.870.000

Display
Type: IPS LCD
Protection: Corning Gorilla Glass 3
Resolution: 1080 x 2340 piksel
Size: 6,53 inci
Network
2G/3G/LTE
Platform
OS: Android 10
UI: MIUI 12
Chipset: Snapdragon 662
CPU: Octa-core
GPU: Adreno 610
RAM/ROM: 4GB/64GB, 6GB/64GB, 4GB/128GB, 6GB/128GB(UFS 2.1/64GB, UFS 2.2/128GB)
Camera
Back (Triple): 48MP+2MP+2MP (Video: 1080p with 30fps)
Front: 8MP (Video: 1080p with 30fps)
Body
Dimension body: 162,3 mm x 77,3 mm x 9,6 mm
Weight: 198 gr
Colors: Poco Yellow, Cool Blue, Power Black
Other:
Feature: Accelerometer, Compass, Fingerprint, GPS, Infrared Port, FM Radio
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth: 5.0
Battery: 6000 mAh, Li-Po, non-removable
Charging: fast charging 18 W and reverse charging
USB: Type-C 2.0, On The Go

• Desain bodi eksklusif

POCO M3 memiliki tampilan bodi yang sangat unik. Anda pasti tidak akan menemukan desain serupa pada ponsel pintar lainnya. Terlihat dari modul triple camera yang dikemas dalam bentuk vertikal yang berestetika tinggi.

Material plastik serta tekstur kulit sintetis yang digunakan membuat bodinya terasa begitu nyaman saat digenggam. Ditambah lagi dengan sensor sidik jari yang ditempatkan di sisi samping sehingga cover belakangnya tidak mudah kotor.

Tersedia tiga varian warna menarik yang bisa Anda pilih, yakni Poco Yellow, Cool Blue, dan Power Black. Warna-warna cerah yang terkesan funky dan trendi tersebut sengaja dibuat untuk kaum muda zaman now.



HP POCO ini memiliki diameter 162,3 mm x 77,3 mm x 9,6 mm serta bobot 193 gram. Cukup praktis untuk dibawa bepergian.

• Layar Full HD Plus

Bergeser ke bagian depannya. POCO M3 membawa panel layar jenis IPS LCD berukuran 6,53 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2340 piksel). Dukungan resolusi tersebut menjadi nilai jual terbaik dari sisi layar HP ini.

Pasalnya model HP lain di kelas yang sama masih belum support dengan resolusi Full HD Plus. Kebanyakan ponsel sekelasnya masih menggunakan resolusi HD Plus saja. Maka tak heran kalau POCO M3 mendapat julukan sebagai Entry-Level Killer.

Menurut hasil pengujian oleh GSM Arena, bagian layar POCO M3 memiliki tingkat kecerahan puncak mencapai 395 nits. Bila Anda menggunakan mode sunlight, kecerahan layarnya bisa meningkat hingga 440 nits.

• Peningkatan sektor kamera

POCO M3 mengalami penurunan jumlah bila dibandingkan dengan pendahulunya, POCO M2. Kini, HP ini hanya dibekali dengan tiga kamera saja.

Padahal sebelumnya memiliki konfigurasi quad camera. Namun, bukan berarti kemampuan kameranya ikut menurun, loh. Justru resolusinya jadi lebih meningkat.

Untuk kamera belakangnya, terdapat tiga sensor kamera dengan sensor wide beresolusi 48 MP sebagai lensa utamanya. Disusul dengan lensa makro dan sensor kedalaman yang sama-sama memiliki ukuran 2 MP.

Sedangkan di bagian depannya terdapat sebuah lensa beresolusi 8 MP yang didesain berbentuk seperti poni tetesan air. Lalu untuk perekaman videonya, baik kamera depan dan kamera belakangnya sama-sama memiliki kemampuan videografi hingga mencapai resolusi 1080p dalam 30fps.



• Performa dan baterai kelas atas

Meski termasuk dalam ponsel kelas-entri yang punya harga murah, POCO M3 tetap mengusung performa super tangguh ala ponsel gaming. Varian ini mengandalkan chipset Snapdragon 662 yang terkenal powerful di kelasnya.

Chipset ini menghadirkan dua klaster delapan core yang berisikan empat inti Kryo 260 Gold dan empat inti Kryo 260 Silver. Keduanya adalah turunan dari jenis core ARM Cortex A73 dan ARM Cortex A53. Ada pula dukungan Adreno 610 sebagai prosesor grafisnya. Berkat Itulah, segala produktivitas HP ini bisa berjalan dengan lancar dan bebas lag.

Sedangkan dari sisi baterainya, POCO menggendong baterai berkapasitas 5.000 mAh. Jauh lebih besar dibanding para pesaing dari kelas yang sama, yang hanya menyematkan baterai 5.000 mAh saja.

Tidak hanya itu. Tersedia juga fitur fast charging untuk mengecas HP dalam waktu yang lebih cepat. Walau bukan yang terbesar, namun wajar bila kita mengingat bahwa POCO M3 masih termasuk HP kelas entry.

Berkat kapasitas baterainya yang besar tersebut, menurut GSM Arena, POCO M3 mendapat endurance rating sampai 154 jam. HP ini mampu bertahan untuk menonton video selama 17 jam, telepon dalam durasi 46 jam, serta browsing internet hingga 21 jam.

Kelebihan POCO M3

  • Menawarkan konsep bodi yang trendi dan funky, cocok untuk anak muda.
  • Modul kameranya didesain unik dan berbeda dibanding ponsel-ponsel POCO atau Xiaomi lainnya.
  • Sudah menghadirkan layar beresolusi Full HD Plus untuk memberikan kenyamanan lebih ketika menonton konten.
  • Sensor pemindai sidik jarinya ditempatkan di samping bodi sehingga permukaannya tidak mudah kotor.
  • Dibekali konfigurasi tiga kamera belakang dengan peningkatan resolusi dari pendahulunya.
  • Diberkati chipset Snapdragon 662 bermanufaktur 11 nm yang performanya cukup tangguh.
  • Memiliki baterai berkapasitas 6.000 mAh, termasuk yang paling besar di antara para pesaingnya.
  • Menghadirkan dual stereo speaker yang jarang ditemui pada ponsel sekelasnya.
  • Memiliki konektivitas yang lengkap, termasuk audio jack 3.5.

Kekurangan POCO M3

  • Kemampuan refresh rate-nya tergolong standar, hanya 90Hz.
  • Absennya lensa ultrawide dan fitur NFC.
  • Teknologi fast charging-nya hanya berdaya 18W, kurang kencang untuk mengisi daya baterai jumbo secara cepat.
  • Belum mendukung jaringan mobile 5G.

POCO M3 PRO 5G

foto-membedah-spesifikasi-poco-m3-dan-poco-m3-5g-02

Harga : Rp2.585.000

Display
Type: IPS LCD
Protection: Corning Gorilla Glass 3
Resolution: 1080 x 2340 piksel
Size: 6,5 inci
Network
2G/3G/LTE/5G
Platform
OS: Android 11
UI: MIUI 12
Chipset: Dimensity 700 5G
CPU: Octa-core
GPU: Mali-G57 MC2
RAM/ROM: 4GB/64GB, 4GB/128GB (UFS 2.2)
Camera
Back (Triple): 48 MP + 2 MP + 2 MP (Video: 1080p with 30fps)
Front: 8MP (Video: 1080p with 30fps)
Body
Dimension body: 161,8 mm x 75,3 mm x 8,9 mm
Weight: 190 gram
Colors: Power Black, Cool Blue, Poco Yellow
Other:
Feature: Accelerometer, Fingerprint, GPS, NFC, Compass, Infrared Port, audio jack 3.5, FM Radio
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth: 5.1
Battery: 5000 mAh, Li-Po, non-removable
Charging: fast charging 18 W and reverse charging
USB: Type-C 2.0



• Desain bodi catchy dan trendi

Sepertinya sudah jadi tradisi POCO untuk menghadirkan produk ponsel pintar dalam tampilan berbeda. Terhitung sejak seri POCO F2 Pro, selalu menghadirkan cover belakang yang tampak trendi dan catchy.

Hal tersebut kemudian diturunkan pada POCO M3 Pro 5G. HP ini menghadirkan modul kamera dalam kotak berbentuk persegi panjang.

Di bawahnya terlihat tulisan POCO dalam font berukuran lumayan besar. Tulisan berwarna putih tersebut tampak cukup mencolok dalam kotak warna hitam.

Sekilas, desain modul kamera ini terlihat agak mirip dengan yang terdapat pada POCO M3. Bedanya terdapat pada penempatannya yang kini dibuat vertikal, bukan horizontal seperti pendahulunya.

Tak lupa disematkan symbol ‘5G’ di pojok kiri bawah bodi belakangnya. Ini seolah menegaskan bahwa POCO M3 Pro 5G ini sudah mendukung koneksi jaringan mobile 5G. Tersedia tiga opsi warna yang bisa Anda pilih sesuai selera, antara lain POCO Yellow, Cool Blue, serta Power Black.

POCO M3 Pro 5G memiliki dimensi bodi yang cukup ringan dan praktis. Diameternya berukuran 161,8 mm x 75,3 mm x 8,9 mm dengan berat 190 gram. Lebih ringan dan tipis bila dibandingkan dengan POCO M3 yang punya ketebalan 9,6 mm dan bobot 198 gram.

• Teknologi layar yang ciamik

Tidak seperti para ponsel pesaingnya yang sudah memakai minimal AMOLED, POCO M3 Pro 5G ini masih memakai panel IPS LCD. Namun, layar IPS LCD juga memiliki kualitas tampilan yang tidak kalah memukaunya.

Hadir dalam bentang layar berukuran 6,5 inci dan resolusi Full HD Plus, para penggunanya dijamin akan mendapat pengalaman super apik saat menonton konten atau bermain gim. Ditambah dengan kontras rasio mencapai 15000:1 sehingga memberi tampilan warna yang begitu memanjakan mata.



Lebih lengkap lagi, ada sensor cahaya 360 derajat yang memungkinkan Anda menyesuaikan kecerahan ponsel dengan keadaan sekitar. Kemudian ada juga Reading Mode 3.0 yang membuat kegiatan membaca dokumen atau e-book Anda terasa makin menyenangkan.

• Konfigurasi triple camera yang cukup baik

Beralih ke sektor kameranya. POCO membekali seri M3 Pro 5G ini dengan konfigurasi tiga kamera belakang. Berisikan sensor wide dengan resolusi 48 MP untuk lensa utamanya, lensa makro 2 MP, serta sensor kedalaman 2 MP.

Kemudian untuk videografinya, HP ini sudah mendukung resolusi hingga 1080p dalam 30fps.

Kamera depannya juga punya kinerja yang cukup baik, yakni dengan resolusi 8 MP. Sedangkan untuk videonya juga dapat merekam pada resolusi 1080p dengan 30fps.

• Performa super kencang

Baik Xiaomi maupun sub-brand-nya seperti POCO, selalu dimeriahkan dengan chipset bertenaga super. Misalnya POCO M3 Pro 5G ini yang mengandalkan sokongan dari chipset Dimensity 700 5G dengan fabrikasi 7 nm.

SoC rilisan MediaTek ini berisi konfigurasi delapan core yang terdiri dari dua inti ARM Cortex A76 (2,2 GHz) untuk performanya, serta empat inti ARM Cortex A55 (2,0 GHz). Ada juga prosesor grafis dari jenis Mali-G57 MC2 yang membuat tampilan visualnya makin cemerlang.

Soal ketahanan baterainya, POCO M3 Pro 5G ini termasuk yang memiliki ketahanan lumayan kuat. Pasalnya HP ini dibekali baterai jenis Li-Po berkapasitas 5.000 mAh. Memang lebih sedikit dibanding POCO M3 dengan baterai 6.000 mAh-nya, tapi tetap termasuk besar untuk kelasnya.

Tidak hanya itu, terdapat pula fitur fast charging berdaya 18W.Walau bukan yang tercepat, namun cukup membantu dalam pengecasan baterainya yang punya kapasitas jumbo.



Kelebihan POCO M3 PRO 5G

  • Desain bodi yang tampil beda dan lebih fresh.
  • Ukuran bodinya lebih tipis dan ramping ketimbang pendahulunya.
  • Bentang layarnya luas, mencapai 6,5 inci.
  • Mampu menampilkan konten layar hingga resolusi Full HD Plus.
  • Kemampuan kameranya mumpuni.
  • Menghadirkan fitur NFC dan koneksi jaringan 5G.
  • Kinerja chipsetnya cukup baik, termasuk untuk bermain gim.
  • Kapasitas baterainya tergolong besar.

Kekurangan POCO M3 PRO 5G

  • Jumlah lensa kamera belakangnya lebih sedikit daripada seri regular.
  • Kinerja laju penyegarannya masih sampai 90Hz.
  • Fitur pengisian daya cepatnya kurang cepat untuk ukuran baterai jumbo.

Perbedaan POCO M3 & POCO M3 PRO 5G

Sebagai bagian dari seri M3 besutan POCO, wajar bila ada beberapa kesamaan pada spesifikasi POCO M3 dan POCO M3 PRO 5G. Meski begitu, keduanya masih tetap menghadirkan beberapa perbedaan, antara lain:

  • POCO M3 memiliki diameter 162,3 mm x 77,3 mm x 9,6 mm, sedangkan diameter pada POCO M3 PRO 5G adalah 161,8 mm x 75,3 mm x 8,9 mm.
  • Bagian layar pada POCO M3 memiliki resolusi layar 1080 x 2340 piksel, sedangkan resolusi layar pada POCO M3 PRO 5G adaah 1080 x 2400 piksel.
  • POCO M3 memiliki ukuran layar 6,53 inci, sedangkan ukuran layar pada POCO M3 PRO 5G adalah 6,50 inci.
  • POCO M3 memiliki berat 198 gram, sedangkan bobot pada POCO M3 PRO 5G hanya190 gram.
  • POCO M3 mengandalkan chipset Snapdragon 662, sedangkan POCO M3 PRO 5G diotaki oleh Dimensity 700 5G.
  • POCO M3 menghadirkan Adreno 610 sebagai kartu grafisnya, sedangkan GPU pada POCO M3 PRO 5G adalah Mali-G57 MC2.
  • POCO M3 menggendong baterai dengan kapasitas 6.000 mAh, sedangkan POCO M3 PRO 5G memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh.

POCO M3 vs POCO M3 PRO 5G, mana yang paling bagus?

Pada dasarnya, POCO M3 dan POCO M3 PRO 5G sama-sama merupakan HP kelas menengah yang dirilis oleh POCO. Meski begitu, keduanya tetap menghadirkan berbagai perbedaan di bagian spesifikasinya.

POCO M3 mengandalkan chipset Snapdragon 662 untuk performanya. Sedangkan POCO M3 PRO 5Gmenggunakan Dimensity 700 5G.

Perbedaan lain terdapat pada dimensi bodi masing-masing. Di mana POCO M3 memiliki diameter 162,3 mm x 77,3 mm x 9,6 mm. Sementara POCO M3 PRO 5G hadir dalam ukuran 161,8 mm x 75,3 mm x 8,9 mm.

Bentang layar pada kedua ponsel ini juga tidak sama. POCO M3 memiliki ukuran layar sebesar 6,53 inci. Sementara POCO M3 PRO 5G mempunyai bentang layar 6,5 inci.

POCO M3 sangat direkomendasikan bila Anda menginginkan HP murah dengan kapasitas baterai besar. Sementara bila Anda mencari ponsel pintar dengan bodi enteng dan performa mumpuni, POCO M3 PRO 5G adalah solusi terbaik.

Kesimpulan

  • POCO M3 & POCO M3 PRO 5G merupakan HP kelas menengah besutan POCO yang rilis pada waktu berbeda.
  • POCO M3 & POCO M3 PRO 5G memiliki persamaan spesifikasi pada panel layar, proteksi layar, konfigurasi kamera, kemampuan perekaman video, tampilan antarmuka, serta teknologi pengisian daya cepatnya.
  • Sementara perbedaan dari POCO M3 & POCO M3 PRO 5G terdapat pada diameter bodi, bobot bodi, bentang layar, kartu grafis, kapasitas penyimpanan, versi Bluetooth dan Wi-Fi, serta kapasitas baterai.

Referensi

  1. GSM Arena (2021), POCO M3, https://www.gsmarena.com/xiaomi_poco_m3-10599.php
  2. GSM Arena (2021), POCO M3 PRO 5G, https://www.gsmarena.com/xiaomi_poco_m3_pro_5g-10857.php



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik Elektronik Handphone POCO Xiaomi


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Membedah Spesifikasi POCO M3 dan POCO M3 Pro 5G, Mana yang Paling Baik?", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »