Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


5 August 2021

Mau Menggiling Kopi Tanpa Ribet? Pakai Grinder Maker Saja!

By Cekresi .com
Mau Menggiling Kopi Tanpa Ribet? Pakai Grinder Maker Saja!


Hidup sudah modern, jadi Anda tidak perlu lagi menumbuk kopi hanya demi mendapatkan bubuk kopi. Cukup pakai grinder maker saja, Anda sudah bisa mendapatkan bubuk kopi tanpa ribet, lebih cepat, dan praktis.



Karena itu, kami menyajikan beberapa grinder maker penggiling biji kopi lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih grinder maker hingga merawatnya agar lebih awet dan tidak mudah rusak.

Pilih ukuran grinder maker sesuai kebutuhan

Untuk kebutuhan bisnis atau usaha Anda, maka mesin grinder berukuran besar bisa menjadi pilihan terbaik. Karena grinder tersebut bisa digunakan untuk menggiling kopi dalam jumlah yang lebih banyak.

Namun, jika untuk kebutuhan rumahan atau bisnis berskala kecil, maka Anda memilih grinder yang berukuran kecil pula. Selain lebih praktis, grinder ini relatif ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Perhatikan jenis grinder

Grinder dibagi menjadi dua jenis, ada yang elektrik dan ada yang manual. Seperti alat-alat pada biasanya, untuk grinder elektrik maka perlu disambungkan ke sumber listrik agar bisa digunakan untuk menggiling kopi.

Sedangkan untuk grinder yang manual, Anda tidak perlu mencari sumber listrik untuk menggunakan alat ini, cukup dengan bantuan tangan saja, alat ini sudah bisa digunakan untuk menggiling kopi.

Namun, jika menggunakan grinder manual, Anda harus rela mengeluarkan tenaga dalam proses menggilingnya, serta membutuhkan waktu yang lebih dibandingkan grinder elektrik.

Perhatikan mata pisau grinder

Saat membeli grinder, salah satu yang harus diperhatikan adalah kualitas mata pisaunya, agar hasil dari gilingan kopi bisa halus dan sempurna.



Untuk mata pisau atau mata gilingan pada grinder, biasanya terdapat satu sampai dua buah mata pisau yang berbentuk conical burr atau biasa disebut dengan dinding mata pisau yang bergerigi.

Jika mata pisau yang digunakan itu sangat bagus, maka akan menghasilkan gilingan kopi yang halus namun tidak merusak esensi dari rasa kopi itu sendiri.

Perhatikan kapasitas grinder

Satu hal yang patut Anda perhatikan sebelum membeli grinder adalah memperhatikan kapasitasnya.

Jika Anda ingin menggunakan grinder untuk membuat kopi sehari-hari, Anda bisa memilih grinder yang berkapasitas 1 sampai 2 cangkir kopi saja.

Namun, jika Anda ingin menggiling kopi dalam jumlah banyak secara terus-menerus, maka akan lebih baik jika Anda membeli grinder yang kapasitasnya besar, agar Anda juga bisa menghemat tenaga dan waktu untuk menggiling kopi tersebut.

Perhatikan daya listriknya

Terkadang kapasitas grinder juga mempengaruhi besar kecilnya daya listrik yang digunakan oleh grinder itu sendiri. Apabila Anda menggunakan grinder yang berukuran kecil, otomatis daya listrik yang digunakan juga relatif kecil.

Begitu juga sebaliknya, jika Anda menggunakan grinder yang berukuran besar, maka daya listrik yang diperlukan juga cukup besar.

Namun tidak semua produsen memberlakukan prinsip tersebut, ada pula produsen yang membuat grinder berukuran besar namun tetap memiliki daya listrik yang kecil sehingga dapat menghemat tagihan listrik perbulannya.



Oleh karena itu, perhatikan dengan baik, seberapa besar daya listrik yang digunakan grinder yang akan Anda beli.

Pilih warna sesuai selera

Kebanyakan mesin grinder memiliki warna yang netral seperti hitam, putih, dan silver. Namun saat ini sudah banyak produsen yang memproduksi grinder dengan warna yang cantik seperti warna pink, gold, brown dan pastel.

Pilihlah warna grinder yang sesuai dengan selera, agar dapat membuat Anda nyaman ketika menggunakannya. Dengan grinder yang enak dan nyaman digunakan bisa menambah kecintaan Anda pada kopi, baik pada saat proses penggilingan kopi maupun saat kopi sudah disajikan.

Perhatikan harganya

Harga grinder kopi yang bagus dan berkualitas sangatlah bervariasi, ada yang puluhan ribuan hingga jutaan ribu rupiah. Anda bisa membelinya sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Biasanya grinder maker yang bagus dan bermerek memiliki harga ratusan ribu rupiah. Ada pula grinder yang harganya puluhan ribu saja dan tetap berkualitas. Namun grinder yang harganya puluhan ribu ini relatif ringan dan berukuran kecil.

Sebaiknya ketika ingin membeli grinder, Anda harus menyeimbangkan antara kebutuhan dan juga budget yang Anda miliki.

Cara merawat grinder maker agar lebih awet dan tidak mudah rusak

Setelah Anda membeli grinder maker, maka pastikan Anda juga memperhatikan cara perawatannya agar grinder maker lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut beberapa tips cara merawat grinder maker dengan benar, yaitu:

  • Langsung cuci grinder ketika selesai dipakai.
  • Usahakan menggunakan tangan saat mencucinya, dan jangan menyikat dengan sikat besi.
  • Gunakan bagian spons yang halus untuk membersihkan sela pada alat-alat grinder.
  • Bersihkan juga bagian tubuh luar grinder secara berkala.
  • Simpan di tempat yang kering dan tidak lembab.
  • Jauhkan dari anak-anak.

10 Grinder maker terbaik untuk menggiling biji kopi

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang cara memilih ginder maker hingga merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi grinder maker terbaik dari berbagai merek berikut ini.

10. Bean Grinder Elektrik

foto-grinder-maker-untuk-menggiling-biji-kopi-10



Harga: Rp127.000

Grinder simpel dan mudah penggunaannya

Bean grinder elektrik ini adalah grinder elektrik yang berfungsi untuk menghaluskan kopi menjadi bubuk, jadi Anda tidak perlu susah-susah menggiling kopi dengan cara manual.

Desainnya pun simpel sehingga membuat grinder mudah dioperasikan, cukup dengan menekan tombol menggunakannya. Selain itu, grinder ini mudah dicuci dan disimpan.

Adapun kualitas mata pisaunya tajam karena menggunakan ultra sharp stainlees steel blades. Belum lagi fungsinya yang bisa digunakan untuk menggiling bumbu dapur dan lain sebagainya.

Untuk spesifikasi dari grinder ini antara lain, kecepatan sekitar 130 W dengan voltage sebesar 220 volt sampai 240 volt, dan memiliki dimensi ukuran 17 x 9,5 cm. Anda bisa membeli grinder maker ini di Shopee.

9. Travel Handy Grinder

foto-grinder-maker-untuk-menggiling-biji-kopi-9

Harga: Rp90.500

Cocok digunakan untuk travelling

Kelebihan dari produk dari brand Travel Handy adalah grinder maker yang simpel, sehingga bisa Anda bawa kemana-mana. Oleh karena itu, grinder ini cocok untuk Anda yang suka bepergian atau travelling.

Selain itu, alat ini terbilang murah, karena hanya dengan membayar tujuh puluh delapan ribuan saja, Anda sudah bisa mendapatkan grinder yang bagus ini. Adapun bahan terbuat dari material stainless steel dan ceramic.



Alat ini juga lebih hemat karena termasuk penggiling kopi manual yang menggunakan tenaga tangan, tanpa listrik. Menariknya lagi, gilingan dapat Anda atur kasar atau halus sesuai kebutuhan. Anda bisa membeli grinder maker ini di Shopee.

8. Kova Grinder maker Elektrik

foto-grinder-maker-untuk-menggiling-biji-kopi-8

Harga: Rp425.000

Bisa dipakai di rumah ataupun kedai kopi

Grinder maker dari brand Kova ini memiliki suara dinamo atau motor mesin yang sangat halus. Grinder ini berukuran sedang dan memiliki desain yang elegan, cocok untuk dipakai sendiri di rumah maupun kedai kopi skala kecil.

Meskipun alat ini menggunakan sistem manual brewing, namun kemampuannya memiliki 9 tingkat kehalusan dan terbukti handal untuk menghaluskan biji kopi.

Adapun kapasitas dari grinder maker ini yaitu 15 kg/jam. Berat mesinnya sekitar 3,5 sampai 4 kg. Daya yang dipakai untuk menghaluskan kopi sekitar 180 watt dengan voltase 220 v/50 Hz. Anda bisa membeli grinder maker ini di Shopee.

7. One Two Cup Grinder

foto-grinder-maker-untuk-menggiling-biji-kopi-7

Harga: Rp70.299

Menghaluskan kopi tanpa perlu menumbuk lagi

Saat ini, Anda tidak perlu capek-capek lagi menumbuk kopi, hanya dengan menggunakan grinder dari One Two Cup ini saja Anda sudah bisa mendapatkan kopi yang halus.



Grinder ini menggunakan features transparent design sehingga Anda bisa melihat isi penggilingan kopi dengan jelas.

Meskipun grinder maker ini termasuk grinder manual, namun hasil gilingan kopinya sangat halus dan sempurna. Anda bisa membeli grinder maker ini di Shopee.

6. H&L Grinder Maker

foto-grinder-maker-untuk-menggiling-biji-kopi-6

Harga: Rp405.000

Warnanya cantik dan desainnya menarik

Grinder maker merek H&L ini memiliki desain yang cozzy yang menarik dan unik. Pilihan warnanya juga cantik, yakni warna midnight-black, pearl-white, brown-gold dan cherry blossom pink.

Selain itu, tingkat kehalusannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa memilih gilingan yang terkasar sampai gilingan terhalus semua tersedia, bahkan kualitas bubuk yang dihasilkan bisa sampai halus merata.

Adapun untuk kapasitas dari grinder ini cukup besar, yaitu 15 kg/jam dengan power 150 W dan voltage 220 V / 50 Hz. Anda bisa membeli grinder maker ini di Shopee.

5. Oxone Coffee Maker & Grinder

foto-grinder-maker-untuk-menggiling-biji-kopi-5

Harga: Rp1.210.800

Grinder maker berkualitas untuk cafe baru Anda

Oxone coffee maker & grinder ini memiliki mata pisau yang terbuat dari stainless steel yang berkualitas, sehingga hasil gilingannya pun sangat bagus dan kopinya juga begitu pekat. Apabila Anda ingin membuka cafe, grinder ini patut Anda beli.



Terdapat 2 tingkat kecepatan proses penggilingan yang dapat Anda atur. Jika Anda menggunakan fine grind + brew, maka bubuk yang dihasilkan adalah bubuk halus, namun rasa kopi tidak begitu menyengat.

Apabila Anda menggunakan coarse grind + brew, maka hasilnya sangat halus dan rasa kopinya sangat menyengat. Pilih sesuai selera Anda.

Cara penggunaannya, buka penutup wadah bagian atas, terdapat 2 bagian yaitu bagian depan untuk mengisi air non panas dan bagian belakang untuk memasukkan biji kopi. Kemudian, masukkan air dan biji kopi, lalu tutup wadah.

Terakhir, putar tombol depan sesuai dengan kebutuhan. Kopi sudah jadi dan hasil kopi akan bercampur dengan air dan menetes ke teko. Anda bisa membeli grinder maker ini di Shopee.

4. Goto Ufo Grinder Maker

foto-grinder-maker-untuk-menggiling-biji-kopi-4

Harga: Rp179.000

Desain lebih praktis dan kekinian

Coffee grinder dari Goto Ufo ini memiliki desain yang praktis, simpel, dan kekinian. Bentuknya yang minimalis membuat coffee grinder ini bisa dibawa kemana-mana. Cocok digunakan untuk Anda yang menyukai travelling atau berpetualang ke alam bebas.

Goto Ufo ini memiliki tinggi 190 cm, berat 617 g, diameternya 32,5 cm. Untuk kapasitas sekitar 50 g dengan daya 150 dan tegangan 220 V sampai 240 V / 50 Hz,

Material produk ini adalah aluminium alloy jadi tidak mudah pecah dan antikarat. Terdapat 2 pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai selera, yaitu warna hitam dan putih. Anda bisa membeli grinder maker ini di Shopee



3. Ferratti Ferro Tipe FGM-001

foto-grinder-maker-untuk-menggiling-biji-kopi-3

Harga: Rp931.000

Penggiling kopi yang home use

Grinder maker dari ferratti Ferro tipe FGM-001 ini adalah grinder manual private access yang sangat berkualitas. Penggiling kopi ini memang didesain untuk home use, bukan untuk coffee shop sehingga bisa menjadi alat yang special-private access dan sangat cocok untuk Anda gunakan secara pribadi di rumah.

Grinder maker memiliki bean hopper berkapasitas 275 gram dengan rated power sekitar 165 W dan voltage 220 V / 50 Hz. Adapun dimensinya yaitu 18,5 x 11,8 x 31,5 cm.

Alat penggiling kopi ini terbuat dari bahan stainless steel yang antikarat dan tidak mudah pecah. Anda bisa membeli grinder maker ini di Shopee.

2. Sonifer Coffee Grinder

foto-grinder-maker-untuk-menggiling-biji-kopi-2

Harga: Rp155.000

Desain modern dan ergonomis

Coffee grinder dari Sonifer ini memang memiliki desain yang orgonomis sehingga nampak bagus, kekinian, dan lebih modern. Sonifer coffee grinder ini adalah pilihan terbaik untuk Anda miliki.

Sonifer coffee grinder ini memiliki bilah pisau terbuat dari bahan stainless steel yang tajam dan antikarat. Kapasitasnya sekitar 50 gram atau setara dengan 5 gelas biji kopi.



Coffee grinder ini memiliki sistem keamanan yang baik, yaitu dapat beroperasi hanya ketika tutupnya ditempatkan dengan pas sehingga lebih aman dan tidak membuat bilah pisau cepat rusak. Anda bisa membeli coffee grinder ini di Shopee.

1. Vipoo Coffee Grinder

foto-grinder-maker-untuk-menggiling-biji-kopi-1

Harga: Rp76.000

Coffee grinder minimalis yang mudah dibawa kemana-mana

Coffee grinder dari Vipoo ini terkenal dengan ukurannya yang minimalis dan praktis karena Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan tenaga untuk menggiling kopi lagi. Selain itu, bahan stainless steel antikarat, lebih awet, dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Kecepatan bilah pisau dari coffee grinder ini sekitar 14500 rpm, sehingga bisa menggiling biji kopi dengan sangat cepat. Anda bisa membeli coffee grinder ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli grinder maker, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti ukuran, jenis grinder, mata pisau, kapasitas, warna, dan juga harganya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar grinder maker lebih awet, tidak berkarat, dan dapat digunakan dalam jangka waku yang lama.
  • Anda bisa memilih Oxone cofferr maker & grinder, karena memiliki kualitas yang sangat baik, tahan lama, dan cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha seperti cafe.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin membeli grinder maker yang warnanya cantik, desain menarik, manis, dan bagus, Anda bisa memilih grinder maker dari H&L.
  • Namun, jika Anda ingin grinder maker yang murah dengan kualitas terbaik, minimalis, dan bisa dibawa untuk travelling, maka Anda bisa memilih Travel Handy Grinder atau Vipoo Coffee Grinder.

Referensi

1. Ed Mcguire (2021),How to Choose a Coffee Grinder for Beginners. How to Choose a Coffee Grinder in 2020 – Whole Latte Love
2. Soumya Joy (2020), How to Choose the Right Mixer Grinder; Buying Guide, Mixer Grinder Buying Guide: How to choose the right Mixer Grinder | Most Searched Products – Times of India (indiatimes.com)



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Barista Cafe Kopi


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Mau Menggiling Kopi Tanpa Ribet? Pakai Grinder Maker Saja!", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »