Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


25 July 2021

Mari Nostalgia Bersama 10 Produk Tamiya Mini 4WD Keren yang Punya Performa Terbaik

By Cekresi .com
Mari Nostalgia Bersama 10 Produk Tamiya Mini 4WD Keren yang Punya Performa Terbaik


Siapa yang masih ingat Tamiya Mini 4WD? Mainan sejenis mobil-mobilan satu ini dulu pernah menjadi bagian masa kecil hampir sebagian besar masyarakat, terutama kelahiran 90-an. Bentukan modelnya yang keren dan performanya yang oke membuat banyak orang menyukainya.



Karena itu, kami menyajikan 10 rekomendasi Tamiya Mini 4WD keren yang punya performa terbaik lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi terkait Tamiya Mini 4WD beserta cara memilihnya.

Mengenal Tamiya Mini 4WD dan beragam modelnya

Tamiya Mini 4WD adalah mainan mobil balap yang dibuat oleh produsen asal Jepang, Tamiya, pada tahun 1980-an.

Meski sudah ada sejak lama, Tamiya Mini 4WD masih memiliki tempat di hati banyak orang. Terbukti dengan eksistensinya yang masih bertahan hingga sekarang ini. Kemajuan teknologi sekarang ini tidak menghalangi seseorang untuk terus mengoleksi dan memainkannya.

Mainan Tamiya Mini 4WD menjadi begitu digandrungi di Indonesia setelah penayangan kartun berjudul ‘Let’s and Go’ pada tahun 2000an awal di salah satu channel TV swasta.

Berkat kartun tersebut. Popularitas Tamiya Mini 4WD terus meningkat. Bahkan sampai ada komunitasnya sendiri. Penggemarnya pun bukan saja anak-anak, tapi juga kalangan dewasa.

Anda bisa menemukan beragam model Tamiya Mini 4WD di pasaran dengan bentuk dan desainnya yang unik. Tiap model Tamiya Mini 4WD hadir dengan karakteristik dan keunggulannya masing-masing.

Berikut adalah model-model Tamiya Mini 4WD yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya, antara lain:

  • Mini 4WD PRO

Pernah menonton serial anime Dash! Yankuro? Tentunya Anda tidak akan asing lagi dengan bentukan Mini 4WD PRO. Beberapa mobil yang digunakan pada serial tersebut menggunakan model Tamiya Mini 4WD ini.



Umumnya model Tamiya Mini 4WD ini menggunakan dinamo double shaft untuk menjalankan mesinnya. Jenis dinamo tersebut berfungsi untuk menyalurkan energi ke masing-masing roda untuk meningkatkan efisiensinya. Penempatan dinamo di bagian tengah membuat mobil jadi lebih seimbang.

  • Fully Cowled Mini 4WD

Selain Dash! Yankuro?, serial anime Bakusō Kyōdai Let’s & Go!! juga memiliki peranan penting dalam mempopulerkan Tamiya Mini 4WD di Indonesia. Fully Cowled Mini 4WD menjadi model mobil yang pertama kali diperkenalkan melalui serial ini. Tepatnya pada mobil milik Go Seiba bernama Magnum Saber.

Karakteristik utama dari model ini ialah desainnya yang cenderung lebih rendah dan lebar ketimbang varian lainnya. Selain itu, rangkanya juga dibuat tertutup rapat dengan bodi dan rodanya.

Diameter rodanya pun juga tergolong kecil. Dengan begitu, mobil akan mampu mengatasi tekanan udara ketika sedang melaju di lintasan.

  • Mini 4WD REV

Model ini dirilis dalam rangka perayaan 30 tahun dari produk Mini 4WD besutan Tamiya. Model ini menghadirkan desain yang paling baru, yakni mengambil konsep dari Mini 4WD PRO dan Racing Mini 4WD.

Versi terbaru ini menghadirkan keamanan mesin yang lebih baik dibanding model lainnya. Mulai dari bodi hingga chassis-nya diberikan beberapa saluran udara. Fungsinya untuk membuang hawa panas dari penggunaan baterai sesegera mungkin.

Kenali jenis chassis Tamiya Mini 4WD

Chassis merupakan bagian rangka bawah yang berfungsi ‘jantung’ dari Tamiya Mini 4WD. Karena di chassis inilah komponen-komponen penting, seperti baterai, dynamo, dan gear diletakkan. Penggunaan chassis ini pula yang memengaruhi kemampuan laju mobil di lintasan.

Ada beberapa jenis chassis yang biasa digunakan pada Tamiya Mini 4WD, di antaranya Super-II yang memiliki akselerasi tinggi disertai performa terbaik di tikungan.



Lalu ada chassis AR dengan keseimbangan yang sangat baik. Terakhir chassis jenis MA yang terkenal tangguh dan mudah dimodifikasi.

Pertimbangkan lebar dan jenis ban Tamiya Mini 4WD

Layaknya mobil balap biasa, jenis dan ukuran dari ban Tamiya Mini 4WD juga dapat memengaruhi performanya di lintasan. Ada dua varian lebar ban, yakni super wide dan narrow.

Sesuai namanya, superwide memiliki ukuran lebih lebar, yaitu 15 mm yang dapat mendorong kecepatan mobil semaksimal mungkin. Sedangkan lebar ban narrow berkisar 11 mm saja, namun daya cengkramnya sangat baik. Sangat cocok untuk lintasan menikung.

Ban Tamiya Mini 4WD juga memiliki tingkat kekerasan yang berbeda-beda. Mulai dari ban soft, medium, hard, serta superhard. Makin tinggi tingkat kekerasannya, pantulannya akan makin rendah.

Penggunaan ban jenis soft dan super hard umumnya dijual terpisah atau model terbatas. Sementara jenis hard dan medium biasanya digunakan sebagai ban bawaan.

Perhatikan diameter peleknya

Selain jenis dan ukuran ban, diameter pelek Tamiya Mini 4WD juga dapat memengaruhi performa dan akselerasinya. Umumnya, pelek bawaan memiliki diameter small (17 mm) dan large (23 mm).

Pelek diameter small membuat jarak lintasan dengan permukaan chassis jadi lebih rendah. Hasilnya, laju mobil akan jadi lebih gesit terutama di lintasan yang banyak tikungan.

Sedangkan pelek large mendorong kecepatan tertinggi pada mobil sehingga sangat cocok di lintasan lurus. Namun, akselerasinya rendah dan kurang stabil untuk lintasan menikung.



Pilih tempat tepercaya

Seolah tidak lekang oleh zaman, Tamiya Mini 4WD masih cukup mudah ditemukan, baik secara online maupun offline. Harganya pun bervariasi. Sesuai dengan popularitas dan keunggulannya.

Namun, seperti kebanyakan barang koleksi, ada beberapa penjual nakal yang menawarkan barang palsu. Tidak sedikit pula yang menjualnya dengan harga mahal, setara dengan barang asli.

Supaya tidak tertipu barang palsu dari penjual nakal, pilihlah tempat membeli Tamiya Mini 4WD yang tepercaya. Anda dapat membeli langsung melalui agen resmi Tamiya. Bisa juga dengan bertanya kepada orang-orang di forum komunitas Tamiya Mini 4WD.

10 Produk Tamiya Mini 4WD keren yang punya performa terbaik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang Tamiya Mini 4WD, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi produk Tamiya Mini 4WD keren yang punya performa terbaik berikut ini.

10. Rowdy Bull

foto-tamiya-4wd-keren-yang-punya-performa-terbaik-10

Harga : Rp 142.000

Bodinya berisi dan tangguh

Tamiya Mini 4WD hadir dalam tampilan yang cukup berbeda ketimbang model lainnya. Bodinya menerapkan desain muscle car sehingga terlihat lebih berisi dan tangguh. Rowdy Bull pun jadi Tamiya pertama yang menggunakan chassis terbaru yakni FM-A.

Meski bentuk bodinya cukup besar, performa yang ditawarkan Tamiya Mini 4WD masih lumayan stabil. Mobil ini mampu melewati berbagai lintasan dan rintangan dengan mulus. Bisa dibilang performanya ini mirip dengan AR. Hanya dinamonya dipasang di bagian depan.



Untuk mendapat potensi terbaik, Anda bisa melakukan modifikasi di beberapa part. Anda bisa membeli produk Tamiya Mini 4WD ini di Shopee.

9. Aero Thunder Shot AR Chassis

foto-tamiya-4wd-keren-yang-punya-performa-terbaik-09

Harga : Rp153.000

Hadirkan tampilan yang keren dan elegan

Mengusung nama berkesan menggelegar dan berbahaya, Aero Thunder hadir dengan desain yang keren dan elegan. Tamiya Mini 4WD dengan nomor seri 1807 ini hadir dalam nuansa warna putih biru pada bodinya.

Sementara untuk chasisnya menggunakan jenis AR yang berbalut warna hitam. Sama seperti Tamiya Mini 4WD lainnya. Pun begitu juga dengan bagian peleknya. Ditambah lagi peleknya ini memiliki ukuran yang lumayan besar. Memberikan nilai tambah tersendiri pada performanya. Anda bisa membeli produk Tamiya Mini 4WD ini di Shopee.

8. Flame Astute 18705

foto-tamiya-4wd-keren-yang-punya-performa-terbaik-08

Harga : Rp 175.000

Andalan di lintasan lurus

Pembuatan model Tamiya Mini 4WD seringkali terinspirasi dari varian mobil sesungguhnya. Salah satunya adalah Flame Astute 18705. Versi modern dari Astute Jr. ini dibuat berdasarkan mobil IndyCars bernama Dallara DW12.

Di ajang STB, produk ini menjadi andalan para pemain Tamiya 4WD. Bahkan memiliki laju yang sangat kencang di lintasan lurus. Bila ingin mendapat kemampuan terbaiknya di lintasan, modifikasi sangat disarankan. Anda bisa membeli Tamiya 4WD ini di Shopee.

7. Festa Jaune Black Spesial

foto-tamiya-4wd-keren-yang-punya-performa-terbaik-07



Harga : Rp215.000

Dengan rasio gear 3.5:1 untuk menambah performa

Tamiya Mini 4WD menjadi salah satu varian yang paling banyak digemari. Konsep bodinya terinsipirasi dari mobil supercar yang di dominasi warna hitam. Terdapat pula sentuhan warna emas di beberapa bagian yang memberikan kesan premium dan elegan sekaligus.

Penggunaan warna hitam juga terdapat pada bagian chassis dan velg-nya. Sedangkan untuk rodanya memakai ban berwarna kuning disertai tulisan dengan tinta hitam.

Tamiya Mini 4WD ini menggunakan MA chassis dengan mesin motor di bagian tengah. Membuat kinerja aerodinamisnya begitu luar biasa. Ditambah lagi dengan rasio gear 3.5:1 yang makin menambah performanya di lintasan. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

6. Liberty Emperor (Super-1)

foto-tamiya-4wd-keren-yang-punya-performa-terbaik-06

Harga : Rp500.000

Rangkaiannya mudah dilepas pasang

Model Tamiya Mini 4WD ini dibuat dengan chassis Super-1 disertai dua opsi rasio gear-nya. Bagian roller-nya menggunakan pelindung karet yang mudah dilepas pasang. Profil bodinya yang rendah dengan delapan saluran udara membuat laju jalannya di lintasan begitu bagus.

Produk ini didesain khusus agar rangkaiannya dapat dilepas pasang. Tujuannya agar penggunanya dapat memodifikasi Liberty Emperor (Super-1) tersebut dengan suku cadang yang dijual terpisah, untuk membuat performanya jadi lebih sempurna. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Shadow Shark Yellow Special

foto-tamiya-4wd-keren-yang-punya-performa-terbaik-05



Harga : Rp285.000

Andalan untuk ajang STB

Sedang mencari mobil terbaik untuk perlombaan? Shadow Shark Yellow Special ini bisa jadi andalan. Tamiya Mini 4WD menghadirkan desain bodi ala mobil Formula 1. Bisa terlihat dari model hidungnya yang panjang, roda yang terbuka, sirip di atas kanopi, serta spoiler bagian belakangnya.

Produk ini juga dibekali komponen bawaan yang membuat performanya begitu tangguh. Terlebih dengan chassis jenis AR yang cocok dipadukan dengan berbagai komponen lain.

Jadi tidak heran kalau mobil ini menjadi primadona di ajang STB. Anda bisa membeli produk Tamiya Mini 4WD ini di Shopee.

4. Proto-Emperor ZX Premium (Super-II Chassis)

foto-tamiya-4wd-keren-yang-punya-performa-terbaik-04

Harga : Rp211.000

Menggunakan komponen berkualitas premium

Kalau pernah menonton serial anime Dash! Yankuro, pasti tidak asing dengan Tamiya Mini 4WD ini. Ya, ini merupakan model lanjutan dari Dash-Z1 milik salah satu karakter anime tersebut bernama Jin Kidouin.

Versi terbaru ini hadir dengan desain yang lebih premium dibanding sebelumnya. Terdapat beberapa pergantian pada komponennya. Termasuk di chassis-nya yang sudah menggunakan Super-II.

Ditambah penyematan roller naga dengan jenis ban hard yang membuat performanya jadi lebih bertenaga. Anda bisa membeli produk Tamiya Mini 4WD ini di Shopee.

3. Spin Cobra Premium

foto-tamiya-4wd-keren-yang-punya-performa-terbaik-03



Harga : Rp 165.000

Mengakses komponen gear jadi lebih mudah

Produk ini merupakan hasil modifikasi dari versi Spin Cobra sebelumnya. Bodinya menggunakan desain yang gagah dengan spatbor depan yang besar. Warna biru metalik dengan polesan garis oranye menyerupai bentuk petir membuat tampilannya tampil ciamik dan memesona.

Selain konsep bodi, komponennya pun juga mengalami pergantian.Kini, Tamiya Mini 4WD ini menggunakan chassis Super-II dengan ABS polikarbonat berwarna putih. Dinamonya pun diletakkan di bodi bagian belakang.

Menariknya, penutup gear ini mudah dibuka dan dikunci. Jadi, Anda bisa mengakses gear dalamnya tanpa perlu menggunakan batu. Anda bisa membeli produk Tamiya Mini 4WD ini di Shopee.

2. Magnum Saber Premium (Super-II Chassis)

foto-tamiya-4wd-keren-yang-punya-performa-terbaik-02

Harga : Rp 208.000

Bangkitkan nostalgia dengan Tamiya tangguh

Penggemar seri anime Bakusō Kyōdai Let’s & Go!! pasti tidak asing dengan Tamiya Mini 4WD. Model ini merupakan versi terbaru dari Magnum Saber, yang digunakan oleh salah satu karakter populer dari serial tersebut, Seiba Go.

Produk ini diperkuat chassis jenis Super-II yang kualitasnya lebih bagus ketimbang versi standarnya. Meski beberapa bagiannya mudah dilepas, chassis ini masih tetap kukuh dan tangguh.

Ketangguhannya tersebut membuat Tamiya Mini 4WD ini sangat cocok dibawa balapan, sekaligus bernostalgia. Anda bisa membeli Tamiya Mini 4WD ini di Shopee.



1. Hurricane Sonic

foto-tamiya-4wd-keren-yang-punya-performa-terbaik-01

Harga : Rp 165.000

Desain aerodinamisnya super efisien

Selain Magnum Saber, Hurricane Sonic juga sangat populer di kalangan penggemar serial Bakusō Kyōdai Let’s & Go!! Desain dari Tamiya Mini 4WD ini terlihat lebih lebar dengan posisi agak rendah.

Selain itu, terdapat spoiler belakang yang besar dan lebar dengan penutup tiga tingkat. Ditambah lagi dengan desain aerodinamisnya membuat mobil ini jadi super efisien.

Sudah jadi ciri khas dari seluruh varian Sonic untuk menggunakan skema warna putih dan merah. Pun begitu dengan Hurricane Sonic ini. Namun, warna putih ini seperti terlihat bercampur warna merah. Membuatnya terlihat seperti oranye tipis.

Pada bagian hidungnya terlihat stiker ‘H Sonic’ dengan lambang ‘Retsu’ pada sisi depannya. Anda bisa membeli Tamiya Mini 4WD ini di Tokopedia.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli Tamiya Mini 4WD, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis chassis, lebar dan jenis ban, diameter pelek, dan tempat membelinya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan model-modelnya agar bisa menemukan Tamiya Mini 4WD yang sesuai dengan keinginan.
  • Anda bisa memilih Hurricane Sonic, karena memiliki desain aerodinamis yang super efisien.
  • Sedangkan untuk Anda yang sering mengikuti ajang STB, Anda bisa memilih Shadow Shark Yellow Special
  • Namun, jika Anda menginginkan Tamiya Mini 4WD dengan komponen premium, maka Anda bisa memilih Proto-Emperor ZX Premium.

Referensi

1. Furush (2017), Klasifikasi Tamiya Mini 4WD, https://furush.wordpress.com/2017/11/03/klasifikasi-tamiya-mini-4wd/
2. Tamiya (2021), Mini 4WD Mini Catalog, https://www.tamiya.com/english/mini4wd/m4item/m4item.htm



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Anak-Anak Mainan Anak


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Mari Nostalgia Bersama 10 Produk Tamiya Mini 4WD Keren yang Punya Performa Terbaik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »