Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


25 October 2021

Makan Bersama Jadi Lebih Hemat, Ini Dia 10 Rekomendasi Hot Pot Elektrik Terbaik

By Cekresi .com
Makan Bersama Jadi Lebih Hemat, Ini Dia 10 Rekomendasi Hot Pot Elektrik Terbaik


Menyediakan pesta hot pot di rumah bisa menjadi kegiatan seru, apalagi jika semua keluarga sedang berkumpul. Agar lebih praktis dan mudah, Anda bisa membeli hot pot elektrik terbaik dari berbagai merek terkenal seperti Han River, Zojirushi, Bear, dan lain-lain.



Untuk memudahkan Anda, berikut kami sajikan hot pot elektrik terbaik lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Tapi sebelum itu, kami akan berbagi informasi terkait hot pot hingga cara mencucinya.

Alasan memilih hot pot untuk acara pesta makan bersama

Anda bisa menikmati pesta makan bersama keluarga, atau mengundang sahabat, tanpa harus kewalahan mempersiapkannya. Cukup menyediakan hot pot elektrik terbaik dan semua bahan pelengkapnya saja, tanpa harus memasaknya terlebih dahulu.

Persiapkan semua bahan, kemudian cuci hingga bersih, potong, dan letakkan di wadah-wadah. Selanjutnya, siapkan panci shabu yang akan Anda gunakan, isi dengan air bersih dan campurkan bumbu.

Sekali lagi, tidak perlu repot, karena untuk bumbu kuahnya dapat Anda beli di swalayan atau secara online. Begitu juga dengan saus pencelupnya. Ada beragam pilihan saus yang dapat menjadi pilihan masing-masing anggota keluarga.

Dengan demikian, untuk mempersiapkan sebuah acara makan dengan menggunakan hot pot elektrik terbaik ini hanya memerlukan waktu kurang dari satu jam. Akan lebih menyenangkan lagi bila melakukan persiapannya bersama-sama.

Menu yang cocok untuk cuaca dingin

Makan bersama menggunakan hot pot elektrik terbaik ini sangat cocok Anda lakukan di saat cuaca dingin. Kuah panas dengan aneka sayur dan daging bisa menghangatkan tubuh. Belum lagi gaya mengonsumsinya yang beramai-ramai sekeluarga juga membuat suasananya menjadi hangat.

Memang, pada perkembangannya ada jenis panci hot pot listrik yang berkapasitas untuk satu orang. Produk ini menyasar orang-orang yang tinggal sendiri dan restoran hot pot yang menyediakan porsi tunggal.



Perhatikan modelnya

Ada beragam pilihan model alat memasak ini. Sesuaikan modelnya dengan desain dapur agar lebih serasi. Selain itu, pastikan akan membeli panci manual atau elektrik.

Di pasaran, Anda bisa menemukan kompor portabel dan membeli pancinya secara terpisah. Namun, akan lebih tepat jika membeli hot pot elektrik terbaik yang sudah menyatu antara kompor dengan pancinya.

Oleh karena desainnya memang khusus untuk memasak sukiyaki atau shabu-shabu, panci elektrik jenis ini memang memiliki banyak keunggulan. Meskipun demikian, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal dalam memilihnya.

Pilih yang kapasitasnya sesuai kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membelinya, pertimbangkan kesesuaian antara kapasitas panci hot pot listrik tersebut dengan jumlah anggota keluarga. Panci yang terlalu besar akan membuatnya sia-sia. Sebaliknya ukuran kecil akan merepotkan, karena harus mengantri untuk memasaknya.

Ukuran panci juga sangat penting Anda perhatikan, agar bisa sesuai dengan meja makan di rumah. Anda tentu tidak ingin meja terlalu penuh dan acara makan menjadi ribet karena berdesakan, bukan?

Selain ukuran diameter, perhatikan juga kedalamannya. Hot pot elektrik terbaik memiliki kedalaman ideal agar saat masak, kuah tidak tumpah di meja akibat kepenuhan.

Pilih hot pot dengan sekat yang dapat memberikan nilai tambah

Ada jenis panci biasa yang bisa menjadi pilihan. Namun, jika ingin menyediakan kuah sesuai selera masing-masing anggota keluarga, pilihan panci bersekat akan lebih menguntungkan. Anda bisa menyediakan kuah gurih dan pedas bersamaan dalam satu panci.



Dengan cara ini, baik anak-anak, maupun orang dewasa dapat menikmati acara makan bersama yang menyenangkan ini. Memasak menggunakan hot pot elektrik terbaik sendiri di rumah, tidak hanya menyenangkan, tetapi juga tentu lebih hemat.

Beberapa tipe memiliki desain yang lebih multifungsi, yaitu bisa memanggang dan merebus sekaligus. Jelas menu yang Anda persiapkan jadi lebih bervariasi. Namun, biasanya, kurang efektif dari segi kapasitasnya.

Perhatikan bahan pembuatnya

Bahan yang umum sebagai pembuat panci hot pot electric cooker ini biasanya adalah stainless steel dan anti lengket. Kedua bahan ini lebih unggul karena mudah membersihkannya. Dengan demikian peralatan tersebut menjadi lebih tahan lama.

Pilihan hot pot elektrik terbaik dengan kabel yang bisa melepas dan memasangnya kembali lebih memudahkan Anda ketika akan membersihkannya. Pastikan untuk mencuci pancinya setiap selesai menggunakannya agar tidak ada sisa makanan yang berjamur dan merusak lapisan nya.

Pilih produk yang memiliki pengatur suhu

Produk hot pot yang memiliki pengatur suhu akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan dengan bahan makanan yang dimasak. Pengaturan suhu ini juga penting ketika Anda sekali waktu hanya perlu menggunakannya sebagai penghangat makanan saja.

Pastikan peganganya tahan panas dan tutupnya kaca

Mengingat panci beserta kompor listriknya langsung Anda letakkan di meja, maka pastikan alat ini memiliki pegangan yang tahan panas. Dengan demikian, tidak akan ada kesulitan ketika harus menggesernya.

Selain itu, pilihan produk dengan tutup yang terbuat dari kaca akan memudahkan mengawasi tingkat kematangan bahan makanannya. Tidak perlu bolak-balik membukanya, melainkan cukup mengintip lewat tutup kacanya saja.



Cara mencuci hot pot elektrik

Jangan biarkan panci hot pot tetap kotor, sebab sisa makanan yang berjamur akan merusaknya. Selain itu, sangat merugikan bagi kesehatan. Anda bisa mencucinya dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Matikan daya segera dengan mencabutnya dari stop kontak ketika sudah selesai menggunakannya.
  • Tunggu hingga alat tersebut sudah benar-benar dingin. Selain menjaga lapisan bahannya, langkah ini juga menjaga keamanan Anda.
  • Guyur panci di bawah air mengalir untuk menghilangkan sisa makanan.
  • Cuci dengan menggunakan sabun pencuci piring yang efektif menghilangkan lemak. Usap dengan lembut agar tidak melukai lapisan anti lengketnya.
  • Bilas hingga bersih, kemudian lap menggunakan kain lembut.
  • Sisihkan hingga alat benar-benar kering sebelum menyimpannya
  • Untuk bagian yang tidak bisa terkena air, lap permukaannya menggunakan kain lembap dan keringkan segera.

10 Rekomendasi hot pot elektrik terbaik

Masih bingung memilih merek dan tipe yang mana? Berikut ini ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan berikut harganya.

10. YK Panci Elektrik Teflon Serbaguna

foto-hot-pot-elektrik-terbaik-makan-bersama-lebih-hemat-10

Harga : Rp 132.000

Memiliki panci kukusan tambahan

Makan bersama di rumah yang seru, tetapi tetap hemat dapat Anda lakukan menggunakan alat ini. Hot pot elektrik terbaik ini multifungsi, karena bisa untuk merebus, mengukus, dan menumis. Ukurannya juga pas untuk menyajikan menu lezat keluarga.

Merebus kuah hot pot sambil mengukus dumpling? Bisa, karena perangkat ini memiliki panci kukusan tambahan. Selain itu, saat meletakkan di meja, alat tersebut cukup aman, karena pegangannya memiliki isolator yang membuatnya tidak panas.

Bahan panci utamanya dari keramik anti lengket, sedangkan kukusan dari stainless steel. Kedua bahan ini memiliki keunggulan dalam hal mudah membersihkannya. Dengan demikian, Anda bisa menjaga alat tetap awet dan tidak merugikan kesehatan. Anda bisa membelinya di Shopee.



9. Hotpot Elektrik 2 in 1Plus Panggangan BBQ

foto-hot-pot-elektrik-terbaik-makan-bersama-lebih-hemat-9

Harga: Rp 205.000

Mudah membersihkan dan dapat melepas kabelnya

Makan enak dan hemat bersama keluarga bisa Anda lakukan menggunakan alat ini. Di dalam satu produk sudah ada panggangan untuk BBQ, dan panci hotpot berbentuk kotak. Desainnya memanjang, sehingga cantik saat menempatkannya di tengah meja makan.

Ada beragam fungsi alat ini, mulai dari menggoreng, memanggang, dan merebus. Bahannya anti lengket aluminium alloy yang mudah membersihkannya. Jangan lupa untuk melepas dahulu kabelnya sebelum membersihkan. Produk hot pot ini juga tersedia di Shopee.

8. Fleco F602 Panci Elektrik 2 in 1 Hotpot Shabu BBQ Steamboat

foto-hot-pot-elektrik-terbaik-makan-bersama-lebih-hemat-8

Harga : Rp 175.000

Memasak dengan dua gaya bersamaan

Hot pot elektrik terbaik yang berikutnya ini bisa memenuhi variasi selera sekeluarga secara bersamaan. Anda bisa menyuguhkan sajian hotpot, dan barbeque sekaligus. Ini karena pancinya terbagi antara panggangan dan alat perebus dengan tutup panci berbahan kaca.



Ada lima pengaturan suhu yang dapat menyesuaikan dengan bahan masakan. Tidak perlu khawatir bahan makanan menjadi kurang matang. Contohnya ketika Anda memasak daging dan sayur bersamaan pada hot pot ataupun nampan grill.

Keunggulan lainnya adalah mudah membersihkannya dan bahannya awet. Lengkapi koleksi alat memasak Anda dengan hot pot elektrik terbaik ini. Anda bisa membeli hot pot dua fungsi tersebut di Shopee.

7. Han River Hot Pot Elektrik Barbecue

Harga : Rp 249.000

Memiliki fitur pembuang cairan lemak

Menyajikan makanan sehat dan lezat memang menjadi impian para ibu. Tidak ada salahnya mempertimbangkan produk hotpot yang satu ini. Selain multifungsi, pada bagian panggangannya terdapat saluran kecil untuk mengalirkan cairan lemak agar tidak terserap makanan.

Panci steamboat dan grill ini cepat panas, anti lengket, dan ukurannya sesuai untuk kebutuhan keluarga. Anda bisa membeli hot pot elektrik ini di Shopee.

6. Hotpot Elektrik Sekat Dua Han River

foto-hot-pot-elektrik-terbaik-makan-bersama-lebih-hemat-6

Harga : Rp 225.000



Panci bersekat dua untuk memasak dua jenis kuah sekaligus

Hot pot elektrik terbaik yang satu ini memiliki diameter 34,5 cm. Adapun tingginya adalah 17,5 cm dan panjang seluruhnya mencapai 42 cm. ukurannya ini cukup ideal untuk sajian sekeluarga.

Uniknya, pancinya memiliki sekat yang membaginya menjadi dua. Anda bisa memasak dua jenis kuah sekaligus, misalnya jenis pedas dan gurih. Jadi, semua orang, termasuk anak-anak bisa ikut menikmati acara makan bersama yang enak dan hemat ini.

Tidak hanya merebus, hot pot elektrik wok ini bisa memasak berbagai jenis masakan, termasuk memanggang dan menumis. Ada tombol untuk pengaturan suhunya juga yang membuatnya lebih fleksibel. Anda bisa membeli hot pot ini di Shopee.

5. Bear Electric Hot Pot Grill Pan 2 in 1 Multifunction

foto-hot-pot-elektrik-terbaik-makan-bersama-lebih-hemat-5

Harga : Rp 500.000

Masing-masing pot memiliki tombol pengatur suhu yang berbeda

Pada produk ini terdapat dua pot berbentuk kotak yang terpisah. Satu berfungsi sebagai panci hot pot, satunya lagi sebagai pan grill. Masing-masing memiliki tombol pengaturan suhu tersendiri. Ada beragam masakan yang bisa Anda buat dengan hot pot electric stove ini.



Tidak hanya menyediakan sarapan bubur dengan beragam pelengkapnya, Anda pun bisa menyajikan hot pot lengkap dengan aneka sosis panggang. Dapatkan hot pot multifungsi ini melalui Shopee.

4. Double Sided Hot Pot 6 L by Emily

foto-hot-pot-elektrik-terbaik-makan-bersama-lebih-hemat-4

Harga : Rp 560.000

Otomatis menurunkan suhu ketika overheat

Alat ini memiliki pengaturan suhu pemanasan, dari kecil, sedang, dan besar. Namun, tak perlu khawatir, sebab alat ini cukup aman dengan fitur anti overheat-nya. Alat akan otomatis menurunkan suhu ketika terlalu panas.

Pancinya terbagi dua, sehingga Anda bisa menyajikan dua gaya kuah hotpot dalam satu wadah secara bersamaan. Tak perlu lagi menyediakan dua panci jika anak-anak tidak bisa makan pedas, sementara Anda lebih menyukai rasa yang menantang itu.

Proses pembersihan hot pot elektrik terbaik ini sangat mudah, karena anti lengket. Selain itu, ketebalan bahannya ideal, sehingga bisa menstabilkan panas saat proses pemasakan. Produk hot pot dengan panci bersekat ini ada di Shopee.

3. Bear Electric Hotpot 4 L

foto-hot-pot-elektrik-terbaik-makan-bersama-lebih-hemat-3

Harga : Rp 650.000



Mudah mencuci dengan melepaskan bagian pancinya

Apabila sering mengadakan acara makan ala hot pot di rumah, pilihan produk yang satu ini tepat, karena mudah membersihkannya. Anda tinggal melepaskan panci bagian dalam dan mencucinya seperti biasa.

Saat proses pemasakan, Anda bisa mengatur suhunya sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga fungsi pemasakan, yaitu boil, stew, dan hot pot. Kapasitas pancinya cukup besar, yaitu 4 liter. Jadi, cocok untuk sajian sekeluarga. Anda bisa membeli hot pot ini di Shopee.

2. Panci Listrik Konka Electric Cooker Multi Fungsi

foto-hot-pot-elektrik-terbaik-makan-bersama-lebih-hemat-2

Harga : Rp 1.050.000

Beragam fungsi memasak dalam satu panci

Hot pot elektrik terbaik ini benar-benar multi fungsi. Pancinya dapat Anda gunakan untuk menggoreng, merebus, membuat sup, menumis, bahkan memanggang. Desainnya juga cantik untuk jadi pusat perhatian saat pesta hot pot.

Ada tombol untuk pengaturan suhu, sehingga dapat menyesuaikan dengan jenis masakannya. Ini tergolong panci shabu-shabu terbaik dengan proses pemasakan yang cepat karena panasnya merata.



Di dalam satu set perlengkapan hot pot ini, Anda akan mendapatkan dua panci, yaitu untuk sup dan penggorengan. Selain itu ada tambahan berupa sarung tangan anti panas dan turner kayu. Anda bisa membelinya di Shopee.

1. Zojirushi Electric Multipan Hotplate Grill – EP- RAQ- 30 XJ

Harga : Rp 3.488.000

Rentang pilihan suhu panjang

Panci hot pot listrik terbaik ini memiliki fitur pengaturan suhu dengan rentang yang panjang, yakni 80 – 250 derajat celcius. Jelas ini akan memudahkan untuk menyesuaikan dengan jenis bahan dan kecepatan memasak yang Anda perlukan.

Tutup kaca memudahkan dalam mengawasi proses pemasakan tanpa perlu bolak-balik membukanya. Dengan demikian, suhu panci akan tetap terjaga. Tersedia dua pan khusus untuk merebus dan memanggang. Ada juga tambahan keranjang untuk steam.

Alat yang lengkap dan multifungsi ini terbuat dari bahan berkualitas dan anti lengket. Adapun pada bagian pegangannnya memiliki isolator sehingga tidak terasa panas. Dapatkan hot pot multi fungsi ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Hot pot elektrik merupakan alat masak untuk membuat acara makan interaktif di meja, bersama seluruh keluarga.
  • Pertimbangan saat membelinya adalah terkait bahan pembuat, penggunaan daya, model, dan beragam fungsi tambahannya.
  • Pilihan hot pot terbaik adalah Zojirushi Electric Multipan Hotplate Grill – EP- RAQ- 30 XJ yang bisa memasak beragam jenis masakan dengan rentang pengaturan suhu tinggi.
  • Sedangkan jika ingin memasak grill sekaligus membuat hotpot, maka Anda bisa memilih Fleco F602 Panci Elektrik 2 in 1 Hotpot Shabu BBQ Steamboat.
  • Adapun bagi Anda yang ingin menyajikan dua jenis kuah berbeda sekaligus, pilih saja Tutu Han River Hot Pot Listrik 2 in 1 dengan panci bersekatnya.

Referensi

  1. Homesteady (2017) How to Clean an Electric Hot Pot, https://homesteady.com/how-5614720-clean-electric-hot-pot.html
  2. Nellie Rodrigues (2021), Finding the Best Hot Pot Cooker 2021, https://mykitchenadvisor.com/hot-pot-cooker/
  3. Sarah (2021), Chinese Hot Pot at Home, https://thewoksoflife.com/chinese-hot-pot-at-home/#:~:text=Chinese%20Hot%20Pot%20is%20an,small%20pieces%20for%20quick%20cooking.&text=Hot%20pot%20is%20a%20deeply%20personalized%20meal!





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Hot Pot


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Makan Bersama Jadi Lebih Hemat, Ini Dia 10 Rekomendasi Hot Pot Elektrik Terbaik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »