Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


6 October 2021

Layak Dipertimbangkan! Ini Perbedaan Spesifikasi Realme C21 dan Realme C21Y

By Cekresi .com
Layak Dipertimbangkan! Ini Perbedaan Spesifikasi Realme C21 dan Realme C21Y


Realme kembali meramaikan persaingan ponsel pintar tanah air di kelas entry-level. Tepat pada 19 Juli 2021 lalu, sub-brand Xiaomi merilis produk terbarunya yang bernama Realme C21Y. HP ini merupakan versi lanjutan dari Realme C21 yang lebih dulu meluncur di Indonesia pada 25 Mei 2021.



Sebagai bagian dari ponsel kelas entry-level, baik Realme C21 dan Realme C21Y sama-sama dibanderol dengan harga terjangkau.Hanya di kisaran Rp1 jutaan saja.

Meski begitu, keduanya menghadirkan spesifikasi yang layak untuk dipertimbangkan. Terutama bagi mereka yang sedang menjalani sekolah online atau membutuhkan ponsel dengan baterai berkapasitas besar.

Berikut kami sajikan penjelasan mengenai perbandingan spesifikasi pada Realme C21 dan Realme C21Y. Tidak lupa juga kami sertakan harga beserta ulasannya sebagai referensi Anda saat ingin membelinya.

Realme C21

foto-perbedaan-spesifikasi-realme-c21-dan-realme-c21y-01

Harga : Rp1.499.000

Display
Type: IPS LCD
Resolution: 720 x 1600 piksel
Size: 6,5 inch
Network
2G/3G/4G LTE
Platform
OS: Android 10
UI: Realme UI
CPU: Octa-core
GPU: PowerVR GE8320
RAM/ROM: 3GB/32GB, 4GB/64GB (Emmc 5.1)
Chipset: MediaTek Helio G35 (12 nm)
Slot Card: microSDXC
Camera
Main (Triple): 13 MP+ 2 MP + 2 MP (Video: 1080p with 30fps)
Selfie: 5MP (Video: 1080p with 30fps)
Body
Dimension: 165,2 mm x 76,4 mm x 8,9 mm
Weight: 190 gram
Colors: Cross Blue, Cross Black
SIM: Dual SIM (Nano, dual standby)
Other:
Feature: Fingerprint, Proximity, Accelerometer, Compass, GPS, NFC, Bluetooth 5.0, audio jack 3.5
Wi-Fi: 802.11 b/g/n
Battery: 5000 mAh, Li-Po, non-removable (with charging 10W and Reverse Chargin)
USB: microUSB 2.0, On The Go

• Desain fresh dan cantik

Realme C21 memiliki dimensi bodi yang tergolong standar untuk ponsel pintar zaman sekarang. Diameternya adalah 165,2 mm x 76,4 mm x 8,9 mm dengan bobot yang agak berat, yaitu 19 gram.

Begitu melihat ponsel ini, Anda mungkin akan merasa sedikit familiar. Bila dilihat sekilas, penampilan Realme C21 agak mirip dengan Realme C15. Hal ini terlihat dari style geometric yang lebih dahulu diusung pada seri C15 tersebut.



Perbedaannya terdapat pada polesan motif di cover belakangnya. Realme C15 memiliki motif segitiga bersudut tumpul yang membentang dari atas ke bawah.

Sedangkan Realme C21 memiliki gambaran dua segitiga yang disusun horizontal dan mempertemukan sisi lancipnya di bagian tengah.

Di pojok atas terdapat modul kamera yang dibuat berbentuk kotak. Di dalamnya terdapat empat bulatan yang terdiri dari tiga lensa dan sebuah lampu flash. Keempatnya disusun dalam formasi 2×2 yang rapi.

Turun ke bagian pojok bawahnya. Anda akan menemukan tulisan logo Realme yang dibuat dalam font tidak terlalu besar dengan warna ‘nyaru’ cover belakangnya.

Jadi, tidak akan terlalu mengganggu keindahan desainnya. Di sebelah logo Realme tadi, terlihat sebuah lubang speaker untuk jalur keluar suara dari ponsel.

Realme C21 juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terdapat pada bagian belakang bodinya. Penggunaannya bisa digabungkan dengan fitur face unlock. Meski terletak di bagian belakang, permukaan bodinya tidak akan mudah kotor akibat bekas sidik jari.

Tersedia dua varian warna menawan pada Realme C21 ini, yaitu Cross Blue dan Cross Black. Anda mungkin masih belum begitu familiar dengan warna Cross Blue, yang memang jarang dipakai Realme untuk produk-produknya. Sejauh ini, baru Realme Narzo 30A saja yang menghadirkan desain warna serupa.

Menariknya, Realme C21 sudah dibekali dengan sertifikasi TUV Rheinland. Oleh sebab itu, walau tidak menyediakan soft case bawaan, bodinya tetap akan aman dari risiko goresan atau benturan ringan.



• Bidang layar lumayan luas

Bergeser ke bagian layarnya. Realme C21 mempunyai bidang layar yang sama dengan ponsel kelas entri lain, yakni seluas 6,5 inci.

Ditambah dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel) dan mini-drop notch pada bagian atasnya. Sedangkan panel yang digunakan adalah tipe IPS LCD yang memiliki kualitas cukup baik dari segi warna dan kontras.

Bedanya terdapat pada bagian layar yang tampak flat serta sudut pinggirnya yang terlihat lebih tinggi. Inilah yang membuat penggunanya bisa lebih aman ketika ingin meletakkan ponsel Realme ini di atas permukaan keras.

Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati karena bagian layar ini tidak dibekali perlindungan tambahan apapun.

Secara ukuran, sebenarnya layar Realme C21 sudah cukup oke. Diameternya yang tergolong lebar memungkinkan Anda streaming video atau bermain gim dengan nyaman.

Sayangnya ponsel ini masih belum mendukung Widevine L1 sehingga belum dapat menonton konten Netflix di resolusi HD. Bisa dimaklumi mengingat harga HP Realme ini yang hanya di kisaran Rp1 jutaan saja.

• Fitur kamera nyaris lengkap

Walau memiliki harga yang terjangkau, Realme C21 tetap memanjakan penggemarnya melalui konfigurasi triple camera belakangnya. Terdiri dari lensa utama beresolusi 13 MP, lensa makro berukuran 2 MP, serta sensor makro dengan resolusi 2 MP.

Untuk kemampuan videografinya sudah mendukung perekaman hingga resolusi 1080p dalam 30fps.

Sementara di bagian depannya terdapat sebuah lensa kamera beresolusi 5 MP untuk memenuhi kebutuhan swafoto. Sedangkan kinerja perekaman videonya sudah mampu mencapai resolusi 1080p pada 30 fps, seperti di kamera belakangnya.



Sektor kamera pada Realme C21 ini juga menyematkan ragam fitur yang cukup lengkap. Sebut saja Nightscape, Cyberpunk, Flamingo, Modern Gold, Chroma Boost, AI Beauty, lensa B&W, mode potret, serta HDR.

• Chipset irit daya, kapasitas baterai besar

Sebagai bagian dari ponsel kelas entri, memang kita tidak bisa berharap banyak pada performa Realme C21. Ponsel ini dipasangi chipset Helio G35 dengan fabrikasi 12 nm.

Chipset besutan MediaTek tersebut terdiri dari delapan inti berisikan delapan core Cortex A53 dan PowerVR GE8320 sebagai prosesor grafisnya.

Memang bukan chipset bagus-bagus banget untuk bermain gim. Apalagi gim berat seperti Mobile Legend dan Genshin Impact. Meski begitu, Anda masih bisa menggunakannya untuk memainkan gim-gim ringan.

Sebenarnya penggunaan chipset Helio G35 juga pernah dipakai pada pendahulunya, yakni Realme C15 yang rilis setahun sebelumnya. Keputusan ini masih bisa dimaklumi mengingat saat peluncurannya, dunia tengah mengalami kelangkaan chipset.

Beruntung, HP ini masih memiliki baterai dengan kapasitas jumbo, yakni 5.000 mAh. Inilah yang jadi poin plus utama dari ponsel Realme C21. Mengingat masih banyak ponsel jaman now yang hanya memakai baterai 4.000 mAh.

Apalagi dengan kombinasi resolusi layar dan chipset yang membuat HP ini terbilang irit daya. Berkat inilah Realme C12 jadi sangat disarankan bagi pengguna dengan mobilitas luar ruangan yang tinggi.

Kelebihan Realme C21

  • Desain bodinya ergonomis dan elegan.
  • Hadirkan konfigurasi triple camera, tergolong bagus untuk ukuran ponsel kelas entri.
  • Kapasitas baterainya sangat besar.
  • Resolusi layar dan chipsetnya irit daya.
  • Fitur kameranya nyaris lengkap.
  • Sudah memiliki sertifikasi TUV Rheinland.
  • Bentang layarnya cukup luas.
  • Slot memori eksternalnya dibuat terpisah.
  • Keberadaan sensor esensialnya tergolong lengkap.

Kekurangan Realme C21

  • Masih memakai port microUSB, bukan Type-C lebih cepat.
  • Belum mendukung fitur fast charging.
  • Performa chipsetnya kurang bagus, terutama untuk bermain gim.

Realme C21Y

foto-perbedaan-spesifikasi-realme-c21-dan-realme-c21y-02

Harga : Rp1.599.000



Display
Type: IPS LCD
Resolution: 720 x 1600 piksel
Size: 6,5 inch
Network
2G/3G/4G LTE
Platform
OS: Android 10
UI: Realme UI
CPU: Octa-core
GPU: Mali-G52
RAM/ROM: 3GB/32GB, 4GB/64GB (Emmc 5.1)
Chipset: Unisoc T610 (12 nm)
Slot Card: microSDXC
Camera
Main (Triple): 13 MP+ 2 MP + 2 MP (Video: 1080p with 30fps)
Selfie: 5 MP (Video: 1080p with 30fps)
Body
Dimension: 164,5 mm x 76 mm x 9,1 mm
Weight: 200 gram
Colors: Cross Blue, Cross Black
SIM: Dual SIM (Nano, dual standby)
Other:
Feature: Fingerprint, Proximity, Accelerometer, Compass, GPS, NFC, Bluetooth 5.0, audio jack 3.5
Wi-Fi: 802.11 b/g/n
Battery: 5000 mAh, Li-Po, non-removable (with charging 10W and Reverse Charging)
USB: USB Type-C 2.0, On The Go

• Bodi kukuh dan tangguh

Seperti versi C21, Realme C21Y juga memiliki diameter yang tergolong standar164,5 mm x 76 mm.

Namun, ketebalan 8,8 mm dan bobot 200 gram bisa dibilang cukup besar. Ini merupakan konsekuensi dari kapasitas jumbo pada baterainya. Mungkin akan sedikit terasa pegal saat digenggam pada awal-awal penggunaan.

Meski begitu, sebenarnya Realme C21Y masih cukup nyaman saat digenggam. Berkat desain bodi belakangnya yang dibuat melengkung di sisi kanan dan kirinya. Ditambah lagi, permukaan bodi belakangnya dibuat bertekstur sehingga tidak licin di tangan dan selalu terlihat bersih.

Keunggulan utama dari bodi Realme C21Y adalah sertifikasi TÜV Rheinland. Bukan hal mudah untuk memperoleh sertifikat tersebut. Perlu dilakukan hingga 23 tes pengujian, termasuk tes jatuh dan suhu ekstrem.

Oleh sebab itu, Realme C21Y dikatakan dapat bertahan paling tidak untuk penggunaan selama tiga tahun. Cocok untuk Anda yang sedang mencari ponsel murah untuk penggunaan jangka panjang.

• Kualitas layar cukup baik

Walau masuk dalam kelas HP entri, Realmi masih membekali varian C21Y dengan layar berukuran 6,5 inci. Bukan ukuran yang terlalu kecil ataupun besar. Anda bisa menggunakannya untuk sekadar menonton konten atau belajar online.



Jenis panel yang dipakai adalah IPS LCD dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Level kecerahan layarnya ditaksir dapat mencapai angka 400 nits. Masih cukup bagus untuk penggunaan di luar ruangan, meski perlu effort lebih.

• Kinerja kamera cukup bagus

Kalau melihat bodi belakangnya, Anda akan menempatkan modul hitam berisi empat lingkaran lensa. Lingkaran tersebut terdiri dari tiga buah lensa main camera dan sebuah lampu selfie.

Lensa utamanya memiliki resolusi 13 MP. Sedangkan sisanya merupakan lensa makro dan sensor kedalaman yang sama-sama punya resolusi 3 MP.

Kalau Anda gemar melakukan swafoto, Realme C21Y bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut. Pasalnya di bagian depannya tersemat sebuah lensa beresolusi 5 MP. Cukup bagus untuk mengambil foto selfie atau melakukan video call.

• Performa lumayan bagus dan hemat daya

Untuk urusan performanya, Realme C21Y membawa chipset Unisoc T610, bisa dibilang sedikit lebih baik ketimbang versi C21.

Walau jumlah ini dan fabrikasinya sama, Unisoc T610 menghadirkan arsitektur yang lebih modern, yakni dua inti Cortex A75 dan enam core Cortex A55.

Alhasil, Realme C21Y dapat memberikan pengalaman yang lumayan bagus untuk penggunaan sehari-hari. Ponsel ini juga bisa jadi pilihan tepat bagi pengguna yang harus melangsungkan sekolah online.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Realme C21Y menghadirkan kapasitas baterai yang tergolong besar, yaitu 5.000 mAh. Tentu sudah lebih dari cukup bila dipakai untuk pemakaian kasual dan menunjang aktivitas harian.



Ditambah lagi, resolusi layarnya yang masih HD Plus membuat konsumsi dayanya jadi lebih irit. Keunggulan lain terdapat pada sektor pengisian dayanya.

HP ini sudah dilengkapi dengan fitur reverse charging atau pengisian balik. Anda juga bisa mengalihfungsikan Realme C21Y ini sebagai power bank dengan menggunakan konektor khusus.

Kelebihan Realme C21Y

  • Hadirkan konsep desain yang elegan dan segar.
  • Sudah memperoleh sertifikasi TUV Rheinland.
  • Bentang layarnya lumayan besar.
  • Kapasitas baterainya besar.
  • Sudah mendukung reverse charging atau pengisian daya balik.
  • Dapat digunakan sebagai power bank.
  • Kualitas jepretan kameranya tergolong lumayan.
  • Menyediakan audio jack 3.5 dan USB OTG.

Kekurangan Realme C21Y

  • Bobot dan ketebalan bodinya tergolong besar.
  • Masih menggunakan resolusi HD Plus.
  • Tiadanya lensa ultrawide.
  • Port pengisian dayanya masih microUSB.
  • Kemampuan charging-nya sangat lambat.

Perbedaan Realme C21 & Realme C21Y

Sebagai bagian lini yang sama dari Realme, wajar bila terdapat beberapa kesamaan pada Realme C21 dan Realme C21Y. Meski begitu, keduanya masih tetap memiliki banyak perbedaan pada spesifikasinya, yakni:

  • Realme C21 memiliki dimensi 165,2 mm x 76,4 mm x 8,9 mm, sedangkan diameter pada Realme C21Y adalah 164,5 mm x 76 mm x 9,1 mm.
  • Realme C21 mempunyai bobot sebesar 190 gram, sedangkan berat Realme C21Y mencapai 200 gram.
  • Realme C21 menggunakan kartu grafis PowerVR GE8320, sedangkan Realme C21Y mengandalkan Mali-G52.
  • Realme C21 memiliki rasio layar ke bodi sebesar 80,8%, sedangkan rasio pada Realme C21Y adalah 81,6%.
  • RealmeC21diotaki chipset MediaTek Helio G35, sedangkan Realme C21Y mengandalkan Unisoc T610.
  • Realme C21 mempunyai fitur FM Radio, sedangkan Realme C21Y tidak menyediakan FM Radio.
  • Realme C21 menghadirkan fitur pengisian daya charging 10W dan reverse charging, sedangkan pada Realme C21Y hanya reverse charging.

Realme C21 vs Realme C21Y, mana yang paling bagus?

Pada dasarnya, Realme C21 dan Realme C21Y sama-sama merupakan HP kelas entry besutan Realme. Meski begitu, keduanya menghadirkan banyak perbedaan pada spesifikasinya.

Realme C21 dibekali dengan MediaTek Helio G35 (12 nm). Sedangkan Realme C21Y diotaki Unisoc T610 (12 nm)

Perbedaan lain terdapat pada dimensi bodinya. Di mana Realme C21 memiliki ukuran 165,2 mm x 76,4 mm x 8,9 mm. Sementara diameter bodi Realme C21Y adalah 164,5 mm x 76 mm x 9,1 mm.

Bobot dari kedua ponsel ini juga tidak sama. Realme C21 mempunyai berat 190 gram. Sementara Realme C21Y mempunyai bobot lebih berat, yakni 200 gram.

Realme C21 sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan HP dengan harga terjangkau yang tahan lama. Sementara bila Anda mencari ponsel pintar murah dengan performa sedikit lebih baik, Realme C21Y adalah solusi terbaik.



Kesimpulan

  • Realme C21 & Realme C21Y merupakan HP kelas entry-level keluaran Realme yang rilis pada waktu berbeda.
  • Realme C21 & Realme C21Y memiliki perbedaan spesifikasi pada diameter, bobot, chipset, GPU, CPU, fitur radio, fitur pengisian daya, serta rasio layar ke bodi.
  • Sementara persamaan dari Realme C21 & Realme C21Y terdapat pada resolusi layar, kapasitas penyimpanan, bentang layar, panel layar, versi Bluetooth, konfigurasi kamera depan dan belakang, serta kapasitas baterai.

Referensi

  1. GSM Arena (2021), Realme C21Y, https://www.gsmarena.com/realme_c21y-10999.php
  2. GSM Arena (2021), Realme C21, https://www.gsmarena.com/realme_c21-10759.php



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik Elektronik Handphone Realme


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Layak Dipertimbangkan! Ini Perbedaan Spesifikasi Realme C21 dan Realme C21Y", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »