Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


19 July 2021

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32 Sebelum Membelinya!

By Cekresi .com
Kenali Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32 Sebelum Membelinya!


Samsung Galaxy A32 yang menyasar kelas menengah ini diklaim mempunyai kualitas yang mengagumkan. Meskipun begitu, saat Anda ingin membelinya tentu ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk Samsung ini.



Untuk itu, kami sajikan uraian mengenai Samsung Galaxy A32 lengkap dengan harga, spesifikasi, dan juga ulasannya berikut ini.

Samsung Galaxy A32

foto-kenali-kelebihan-dan-kekurangan-samsung-galaxy-a32-sebelum-membelinya-0

Harga : Rp 3.599.000

Spesifikasi Samsung Galaxy A32
Chipset : Mediatek Helio G80 (12nm)
Prosesor : Octa-core
Kartu Grafis : Mali-G52 MC2RAM : 6GB, 8GB
Memori Internal : 128GB
Memori Eksternal : microSD 1TB
Sistem Operasi : Android 11
User Interface (UI) : One UI 3.0
Ukuran Layar : 6,4 inci
Jenis : Super AMOLED
Resolusi : 1080 x 2400 pixel, rasio 20:9 (~ 411 ppi)
Kamera Depan : 20MP (wide) 1080p @30fps (video)
Kamera Belakang : quad kamera 64MP (wide) + 8MP (ultrawide) + 5MP (macro)+ 5MP (depth sensor)
Perlindungan : Corning Gorilla Glass 5
SIM Card : Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Jaringan : 2G, 3G, 4G
Berat : 184 gram
Dimensi : 158.9 x 73.6 x 8.4 mm
Bluetooth : Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB : Tipe C 2.0, USB On-The-Go
WLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual band, Direct hotspot
GPS : GPS, A-GPS, BDS, GLONASS, Galileo
NFC : Ada
Jenis Baterai : Non-removable Li-Ion
Kapasitas Daya : 5000 mAh (fast charging 15W)
Port jack 3,5mm : Ada
Warna : Hitam, biru, putih, unggu

Kelebihan Samsung Galaxy A32

Setelah Anda mengetahui spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy A32, kini saatnya Anda mengetahui lebih jauh mengenai kelebihan apa saja yang dimiliki ponsel ini. Berikut di bawah ini penjelasan lengkapnya.

1. Baterai lebih awet

foto-kenali-kelebihan-dan-kekurangan-samsung-galaxy-a32-sebelum-membelinya-1

Memiliki smartphone yang baterainya awet tentu menjadi dambaan semua orang. Apalagi jika Anda memiliki banyak aktivitas tinggi. Dengan menggunakan Galaxy A32 ini, Anda tidak perlu khawatir baterai tiba-tiba lowbat di jalan.

Hal itu tidak lepas dari kapasitas baterai-nya yang besar, yakni 5000 mAh. Sehingga lebih awet dan tahan lama, bahkan dalam pemakaian ringan bisa bertahan sampai dua hari.

Menariknya lagi, untuk menonton video secara offline, daya tahan baterai-nya diklaim mampu bertahan 20 jam nonstop. Sementara jika digunakan untuk bermain game selama 30 menit, baterai hanya berkurang sekitar 9 % saja.



2. Kinerja multitasking yang semakin meningkat

foto-kenali-kelebihan-dan-kekurangan-samsung-galaxy-a32-sebelum-membelinya-2

Hp entry level ini didesain dengan RAM jumbo, sesuai dengan harganya yang berada di kisaran angka 4 juta. Ditambah lagi pilihan ruang penyimpanan yang cukup besar.

Anda bisa memilih RAM sebesar 6GB maupun 8GB pada varian ponsel ini. Kegiatan seperti bermain game atau kebutuhan lain dapat berjalan lancar. Anda juga bisa dengan leluasa menginstal berbagai aplikasi yang diperlukan, tanpa harus cemas memori HP cepat penuh.

Untuk memori internal, Galaxy A32 menyediakan penyimpanan sampai 128GB. Ditambah lagi adanya slot memori eksternal atau microSD yang bisa ditambahkan hingga 1TB.

Di sisi lain ada lagi tempat memori tersebut dipasang terpisah dengan kartu SIM. Jadi ponsel ini memiliki dua slot, satu slot SIM card, yang satunya lagi slot microSD.

Ditunjang kapasitas ruang penyimpanan yang begitu melimpah, kinerja ponsel akan semakin meningkat. Kinerja ponsel ini bahkan lebih baik dari seri sebelumnya.

Terlebih lagi perangkat ini didukung dengan chipset MediaTek Helio G80 yang diproses dengan fabrikasi 12 nm dan CPU octa core. Hasilnya kegiatan multitasking Anda dapat berjalan dengan lancar.



Kemampuan grafis Samsung Galaxy A32 juga sangat mendukung. Hal tersebut karena seri ini didukung GPU Mali-G52 MC2 yang memiliki kecepatan tinggi 950 MHz.

Walhasil, Anda bisa menjalankan berbagai macam aplikasi berat dan game yang cukup menguras memori. Kalau hanya sekedar bermain game PUBG atau Mobile Legend, dapat dilibas dengan gampang. Tidak perlu lagi ragu untuk mengunduh kedua game berat tersebut.

3. Teknologi layar yang canggih

foto-kenali-kelebihan-dan-kekurangan-samsung-galaxy-a32-sebelum-membelinya-3

Selanjutnya kelebihan pada ponsel ini adalah penggunaan teknologi layar yang sudah canggih. Terlihat pada bagian panel layar yang menggunakan super AMOLED ekstra smooth.

Belum lagi resolusi full HD plus serta refresh rate hingga 90Hz, yang akan semakin memanjakan mata para pengguna. Galaxy A32 juga menjadi ponsel murah pertama yang menggunakan panel super AMOLED dengan refresh rate yang tinggi.

Berkat refresh rate 90Hz dan juga puncak kecerahan yang mencapai 800 nit, layar hp ini masih dapat terlihat jelas meski berada di luar ruangan. Bahkan saat dipakai scrolling akan terasa lebih smooth dan mengasyikan.

Ditambah lagi adanya fitur eye comfort shield, yang akan bekerja maksimal melindungi mata dari bahaya sinar biru. Sehingga Anda tak perlu khawatir saat harus berlama-lama menatap layar HP.



Selain itu ukuran layar yang mencapai 6,4 inci terasa begitu lapang. Menonton video atau bermain game akan tetap nyaman. Di dalam layarnya juga terdapat sensor pemindai sidik jari.

Sensor tersebut begitu responsif dan akurat. Jadi keamanan dan privasi Anda lebih terjaga. Seluruh teknologi layar yang canggih tersebut, patut menjadi bahan pertimbangan untuk membeli ponsel besutan Samsung ini.

4. Quad kamera berkualitas

foto-kenali-kelebihan-dan-kekurangan-samsung-galaxy-a32-sebelum-membelinya-4

Tidak tanggung-tanggung, Galaxy A32 menggunakan 4 kamera belakang sekaligus. Quad kamera ini terdiri dari kamera utama beresolusi 64MP, yang dapat menghasilkan foto yang keren dengan berbagai kondisi pencahayaan.

Sedangkan lensa ultrawide sebesar 8MP, berguna bagi Anda yang menginginkan hasil jepretan dengan sudut pandang luas. Lensa ini menghasilkan foto yang bagus saat siang hari atau malam hari sekalipun.

Lensa macro 5MP pada Galaxy A32 juga membantu Anda yang ingin mengambil foto dengan jarak dekat. Sedangkan untuk menciptakan foto bokeh ataupun blur, bisa memakai lensa sensor kedalaman 5MP.

Quad kamera belakang tersebut tergolong berkualitas dengan hasil foto yang tajam dan jernih. Anda bisa berenang-senang menggunakan kamera pada ponsel ini.



Tidak ketinggalan pula fitur untuk para pecinta foto selfie, juga sudah disediakan kamera depan dengan resolusi 20MP. Hasilnya sangat bagus dan warna kulit terlihat akurat.

Jika Anda berselfie pada malam hari, dapat juga menggunakan bantuan screen flash agar kualitas foto lebih bagus lagi. Tanpa perlu cemas, karena hasil kamera akan nampak terang seperti saat siang hari.

Selain bisa untuk fotografi, kamera hp ini juga mampu merekam video dengan resolusi Full HD 1080p @30fps. Bahkan ada juga tambahan fitur slow motion. Fitur ini tentunya akan menambah keseruan aktivitas perekaman Anda. Rekaman video yang dihasilkan juga sudah cukup bagus untuk ukuran ponsel kelas menengah.

5. Body plastik dengan durabilitas tinggi

foto-kenali-kelebihan-dan-kekurangan-samsung-galaxy-a32-sebelum-membelinya-5

Samsung Galaxy A32 menggunakan bahan plastik untuk frame-nya maupun penutup belakang.

Meskipun bahan yang digunakan tidak terkesan mewah atau mahal, tapi bahan plastik memiliki durabilitas yang lebih baik dibanding bahan kaca. Menggunakan bodi plastik membuat ponsel ini tidak gampang pecah saat jatuh.

Apalagi dengan bobotnya yang hanya 184 gram terasa lebih ringan dan pas jika dipegang dengan satu tangan. Bahkan dengan dimensi 158.9 x 73.6 x 8.4 mm masih bisa Anda masukan ke dalam kantong celana.

Mungkin hanya bagian bezel bawahnya saja yang sedikit lebar sehingga terlihat bongsor ataupun ketinggalan jaman. Berbeda dengan HP dari merek pesaingnya yang sudah menampilkan kesan modern.



Ponsel ini juga memiliki warna-warna glossy yang begitu menarik. Warna-warna glossy tersebut antara lain biru, hitam, putih, dan violet. Dengan warna-warna tersebut membuat tampilan HP terlihat mewah.

Ditambah lagi dengan penataan kamera belakangnya yang terlihat minimalis. Hal ini di mungkin karena tidak adanya modul kamera. Sehingga tonjolan yang muncul hanya dari tiga lensa.

Daerah di sekitar lensapun dibuat lebih sejajar dengan bodi ponsel ini. Jadi meskipun terbuat dari bahan plastik, desain Galaxy A32 tampak minimalis dan elegan berkat pilihan warna ponsel yang bagus serta penataan kamera yang baik. Ditambah dengan bodi yang tidak mudah pecah, ponsel ini layak untuk diperhitungkan dan dimiliki.

6. Kemampuan gaming yang baik

foto-kenali-kelebihan-dan-kekurangan-samsung-galaxy-a32-sebelum-membelinya-6

Samsung Galaxy A32 ini mampu mendukung pengalaman bermain game yang baik. Bahkan untuk game berat juga bisa berjalan pada pengaturan grafik terendah 60fps. Banyak yang menilai kemampuan gaming seri ini lebih baik dari pendahulunya yaitu Galaxy 31.

Mobile game seperti PUBG ataupun Call Of Duty dapat berjalan lancar pada pengaturan grafik standar. Hal ini tentu membuktikan jika chipset perangkat ini yaitu MediaTek Helio G80 sangat mumpuni untuk bermain game.

Apalagi berkat adanya GPU Mali-G52 MC2 yang memiliki kecepatan cukup tinggi. Keduanya begitu pas disatukan untuk membuat kinerja gaming Galaxy A32 berjalan dengan lancar.



7. Mempunyai fitur NFC

foto-kenali-kelebihan-dan-kekurangan-samsung-galaxy-a32-sebelum-membelinya-7

Kelebihan lain yang paling menarik dari Galaxy A32 adalah adanya fitur NFC. Padahal umumnya fitur ini banyak dimiliki oleh hp flagship dan berharga mahal. Namun dengan harga 3 jutaan saja, Anda sudah bisa menikmati fitur NFC.

Fitur ini memiliki banyak kegunaan. Misalnya saja untuk mentransfer file antar perangkat yang sudah mendukung fitur NFC.

Bahkan Anda juga bisa melakukan pengecekan saldo e-money atau uang elektronik, ataupun mengisi saldo e-toll. Anda tidak lagi repot saat harus memeriksa keperluan utama tersebut. Pasalnya sudah tersedia fitur NFC pada ponsel ini.

8. Harga terjangkau

foto-kenali-kelebihan-dan-kekurangan-samsung-galaxy-a32-sebelum-membelinya-8

Ponsel satu ini memang hanya dibanderol di bawah 4 jutaan saja, karena menyasar kelas menengah bawah. Tentunya harganya cukup terjangkau untuk pasar kelas menengah.

Untuk versi RAM 6GB, dijual dengan kisaran harga Rp 3.599.000. Sedangkan untuk variasi RAM 8GB dijual dengan harga sekitar Rp 3.799.000. Sehingga membuat peminatnya tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Selisih harganya memang tidak begitu jauh. Jadi ada baiknya Anda memilih RAM yang lebih besar. Dengan RAM yang lebih besar performa ataupun kegiatan multitasking bisa berjalan lebih lancar lagi.



9. Baterai jumbo

foto-kenali-kelebihan-dan-kekurangan-samsung-galaxy-a32-sebelum-membelinya-9

Baterai pada ponsel Samsung Galaxy A32 ini bisa dikatakan jumbo. Pasalnya baterai dengan kapasitas 5000 mAh ini dapat bertahan selama 2 hari.

Dengan kemampuannya tersebut, tentu Anda tidak perlu khawatir saat bermain game. Apalagi jika hanya sekadar untuk bermain media sosial atau aktivitas ringan lainnya.

10. Adanya perlindungan Gorilla Glass 5

foto-kenali-kelebihan-dan-kekurangan-samsung-galaxy-a32-sebelum-membelinya-10

Agar pengguna semakin merasa puas, diberikan pula tambahan perlindungan berupa Gorilla Glass 5 sebagai layar. Teknologi besutan Corning ini mengklaim bahwa layar sanggup bertahan meski jatuh dari ketinggian 1 meter.

Layar ini juga 4 kali lebih kuat dari edisi sebelumnya. Meski begitu, ponsel tetap harus dijaga agar tidak jatuh atau terbentur.

Kekurangan Samsung Galaxy A32

Tidak ada ponsel yang diproduksi sempurna tanpa cela, pasti ada saja kekurangan yang ditemukan. Hal tersebut terkadang nampak sepele, tapi bagi sebagian orang mungkin akan menjadi masalah tersendiri. Untuk mengetahui apa saja kekurangan Galaxy A32, berikut penjelasannya.

1. Speaker kurang bagus

Pengguna Samsung Galaxy A32 banyak yang mengeluhkan tentang speaker HP ini yang dinilai kurang bagus. Pasalnya suara yang dihasilkan saat volume maksimal dinilai masih kurang jelas ataupun lirih.

Masalah speaker terkadang menjadi bahan pertimbangan dalam membeli sebuah HP. Apalagi bagi pengguna yang biasa mendengarkan dengan volume tinggi. Tentu speaker yang terdengar pelan sedikit mengganggu.



Apalagi jika sudah memaksimalkan volume tersebut, tapi masih saja suara kurang terdengar jelas. Akibatnya pengguna harus siap-siap menggunakan headset ataupun earphone.

Namun jika Anda terbiasa menggunakan headset, tentu hal ini bukan masalah berarti yang harus dikeluhkan.

2. Fitur video yang kurang lengkap

Meskipun hasil rekaman video yang dihasilkan HP ini sudah lumayan bagus. Namun ada kalanya Anda harus berkompromi dengan berbagai guncangan yang terjadi saat proses perekaman.

Hal itu dikarenakan belum adanya fitur penstabil gambar berbasis optik. Jadi Anda hanya bisa menggunakan penstabil gambar berbasis software.

Apalagi ponsel ini belum mampu merekam video 4K. Video yang dihasilkan hanya sebatas full HD 1080p @30fps.

Jadi, jika Anda ingin hasil rekaman video yang lebih bagus lagi, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk membeli Samsung Galaxy A32. Namun, bila Anda tidak terlalu mementingkan hal tersebut, tentu tidak ada kendala berarti untuk membelinya.

3. Belum tahan air

Bagi ponsel kelas menengah apalagi dengan harga 3 jutaan, memang wajar jika tidak memiliki kemampuan tahan terhadap air.

Namun, jika hal ini penting untuk Anda, sebaiknya pertimbangkanlah kembali untuk membeli Galaxy A32. Jika menginginkan ponsel yang sudah tahan terhadap cipratan air atau yang bisa diajak menyelam, Anda bisa memilih ponsel-ponsel flagship di kelas premium.

4. Chipset standar

Banyak yang menilai chipset yang digunakan Samsung Galaxy A32 tergolong standar. Hal ini dikarenakan sudah banyak ponsel di kelas yang sama yang menggunakan chipset MediaTek Helio G80.

Chipset tersebut dapat berselancar dengan tangguh dan cepat sesuai keperluan Anda. Sehingga disayangkan ponsel Samsung Galaxy A32 ini belum memakainya.



5. Pengisian baterai yang lambat

Fitur fast charging 15 watt dinilai masih belum cepat dalam pengisian baterai. Apalagi dengan daya baterai jumbo 5000 mAh yang memang memerlukan waktu pengecesan lebih lama lagi. Sehingga dibutuhkan waktu lama agar baterai pada ponsel terisi penuh.

Kesimpulan

  • Samsung Galaxy A32 dibanderol dengan harga terjangkau, yakni sekitar 3 jutaan saja.
  • Ponsel cerdas ini mempunyai beberapa keunggulan seperti baterai tahan lama, teknologi layar canggih, terdapat fitur NFC, bodi tidak mudah pecah, dan quad kameranya tajam.
  • Adapun kekurangannya antara lain, speakernya dinilai kurang bagus dan pengisian bateraicukup lambatjika dibandingkan dengan ponsel lain di kelasnya.

Referensi

1. Kevin RizkyPratama (2021), SpesifikasiLengkapdanHarga Samsung Galaxy A32, https://tekno.kompas.com/read/2021/03/19/07310077/spesifikasi-lengkap-dan-harga-samsung-galaxy-a32-di-indonesia
2. Skyendar (2021), 11 KelebihandanKekurangan Samsung Galaxy A32, https://www.samsungstarters.com/kelebihan-dan-kekurangan-samsung-a32/
3. Samsung, Samsung Galaxy A32, https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-a/galaxy-a32-awesome-white-128gb-sm-a325fzwhxid/buy/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik Elektronik Handphone Samsung Samsung Galaxy


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Kenali Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32 Sebelum Membelinya!", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »