Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


24 October 2021

Jangan Digaruk! Redakan dengan 10 Obat Penghilang Gatal Paling Ampuh ini

By Cekresi .com
Jangan Digaruk! Redakan dengan 10 Obat Penghilang Gatal Paling Ampuh ini


Gatal merupakan salah satu gejala yang umum dialami oleh semua orang. Rasa gatal bukan hanya mengganggu, tapi juga bisa menimbulkan luka parah akibat terus menerus digaruk. Obat penghilang gatal bisa jadi solusi paling ampuh untuk mengatasi masalah ini.



Sebenarnya ada beberapa gatal yang bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, pada kondisi tertentu, rasa gatal bisa bertahan dalam waktu lama. Tentu tidak nyaman rasanya bila terus-terusan mengalami gatal.

Apalagi kalau area gatalnya berada di bagian yang sulit terjangkau. Bisa-bisa momen yang harusnya menyenangkan malah dihabiskan untuk menggaruk.

Untuk mengatasi rasa gatal dengan cepat sebaiknya gunakan obat khusus. Sekarang ini, Anda bisa menemukan berbagai produk obat penghilang gatal di pasaran. Mulai dari yang bentuknya gel, tablet, krim hingga bedak.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi obat penghilang gatal paling ampuh lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai obat penghilang gatal dan cara penggunaannya.

Mengenal jenis-jenis gatal pada kulit

Ada berbagai jenis obat penghilang gatal yang tersedia di pasaran. Namun, masing-masing obat memiliki fungsi untuk menghilangkan jenis gatal yang berbeda.

Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui lebih dahulu penyebab rasa gatal yang dialami sebelum membeli obatnya. Berikut penjelasannya.

• Eksim

Dermatitis atopic atau eksim merupakan masalah gatal yang ditandai dengan peradangan dan timbul bercak-bercak pada kulit. Biasanya kondisi ini sering dialami oleh bayi dan anak-anak.

Eksim disebabkan oleh kebocoran pada penghalang kulit. Akibatnya, area sekitarnya akan mengering sehingga menimbulkan iritasi dan peradangan. Walau bisa sembuh sendiri, namun Anda tetap harus berhati-hati karena kebanyakan penderitanya rentang akan infeksi kulit.



• Psoriasis

Ini adalah keadaan autoimun kronis yang mengakibatkan sel-sel kulit mengalami penumpukkan. Akibatnya timbul bercak menyerupai sisik berwana perak keputihan yang khas.

Kemudian area tersebut akan berkembang menjadi bercak merah yang tebal. Kondisi terparahnya adalah memicu terjadinya retak dan berdarah.

• Scabies

Scabies atau familiar disebut kudis ialah masalah kulit yang disebabkan oleh tungau jenis Sarcoptes Scabiei. Tungau mikroskopis ini mampu hidup selama berbulan-bulan di kulit seseorang.

Oleh sebab itu, masalah ini harus mendapat penanganan segera. Tungau ini dapat ditularkan melalui tempat tidur atau pakaian yang digunakan bersama.

Gejala khas scabies adalah timbulnya ruam dan mengalami gatal hebat di malam hari. Area yang terus menerus digaruk bisa mengalami infeksi.

• Kurap

Seperti scabies, kurap juga disebabkan oleh infeksi jamur di kulit seseorang. Biasanya diawali dengan timbulnya bercak merah di salah satu area, kemudian menyebar ke bagian lainnya. Mulai dari kepala, janggut, selangkangan, hingga kaki, bisa terkena infeksi ini.

Trichophyton, epidermophyton, dan microsporum menjadi jenis jamur yang bertanggung jawab atas kondisi tersebut. Infeksi ini dapat menyebar melalui kontak antara hewan dan manusia.

Periksa kandungan bahannya

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga sering mengalami masalah gatal pada kulit. Namun, Anda tidak boleh sembarangan memberi obat penghilang gatal pada anak-anak. Karena kulit mereka cenderung lebih rentan dan sensitif ketimbang kulit orang dewasa.

Anda bisa memilih obat penghilang gatal yang memang diformulasikan khusus agar sesuai dengan kulit anak-anak. Biasanya obat gatal ramah anak memiliki formula yang lebih ringan daripada milik orang dewasa. Jadi, aman diaplikasikan pada kulit lembut si kecil.



Ohya, orang dewasa boleh menggunakan obat penghilang gatal yang ditujukan untuk anak-anak. Walau mungkin formulanya tidak sekuat yang seharusnya.

Sesuaikan dengan sensitivitas kulit

Ada beberapa orang yang terlahir dengan kulit sensitif. Para penderita masalah tersebut perlu berhati-hati saat memilih obat penghilang gatal. Diperlukan penanganan khusus supaya tidak menimbulkan luka atau iritasi di area yang mengalami gatal.

Sebaiknya pilih obat penghilang gatal yang bebas dari kandungan pewangi dan menthol. Alih-alih menyembuhkan, keduanya malah akan membuat rasa gatal pada kulit Anda makin menjadi-jadi.

Alangkah lebih bagus kalau Anda berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter spesialis. Dengan begitu, Anda bisa menemukan produk obat penghilang gatal apa yang sesuai dengan kulit Anda.

Perhatikan jenisnya

Obat penghilang gatal yang beredar di pasaran tersedia dalam ragam jenis yang bisa Anda pilih. Pertama jenis salep yang umum ditemukan. Salep sangat cocok bagi yang memiliki kulit kering karena dapat menjaga kelembapan di area yang terasa.

Lalu, ada obat berbentuk tablet yang bisa mengatasi rasa gatal dari dalam tubuh. Selanjutnya adalah jenis bedak. Model ini terasa agak sulit untuk diaplikasikan pada bagian-bagian tubuh tertentu. Meski begitu, taburan bedak dapat mengatasi masalah penyumbatan pori penyebab biang keringat.

Terakhir adalah jenis krim. Teksturnya agak mirip dengan salep, hanya lebih lembut dan mudah diserap kulit. Seperti jenis salep, obat penghilang gatal berbentuk krim juga dapat menjaga kelembapan di sekitar area kulit yang gatal.



Pilih sesuai bujet

Ada berbagai merek obat penghilang gatal di pasaran. Masing-masing produk menghadirkan kelebihan berbeda dalam mengatasi rasa gatal. Inilah yang memengaruhi harga jualnya. Makin bagus kualitas obat tersebut, harganya akan makin mahal.

Walau begitu, Anda masih bisa menemukan obat penghilang gatal dengan harga terjangkau bila pintar mencarinya. Namun, berhati-hatilah karena tidak sedikit produk abal-abal yang dijual dengan harga murah. Sebaiknya beli obat tersebut di tempat yang tepercaya, seperti di apotek.

10 Obat penghilang gatal paling ampuh

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang obat penghilang gatal dengan cara penggunaannya, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi obat penghilang gatal paling ampuh dari berbagai merek berikut ini.

10. Konicare Gel Pengurang Gatal

foto-obat-penghilang-gatal-paling-ampuh-10

Harga : Rp 11.900

Terasa lembut dan adem di kulit

Konicare dikenal akan produknya yang family friendly. Termasuk Konicare gel pengurang gatal ini.

Karena berbentuk gel, Anda bisa mengaplikasikan produk ini dengan mudah. Cukup dengan dioleskan pada bagian yang terasa gatal. Teksturnya yang lembut dan terasa adem dijamin akan membuat kulit terasa nyaman.

Kenyamanan tersebut didapat berkat penggunaan bahan-bahan alami seperti ekstrak aloe vera, ekstak bunga hamamelis, carbomer, serta etanol. Seluruh bahan tersebut diformulasikan secara khusus sehingga mampu mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan dari iritasi, gigitan serangga, alergi, serta biang keringat.



Kemasannya yang praktis juga akan memungkinkan Anda menyimpannya di dalam tas. Anda bisa membelinya di Shopee.

9. Agnesia Antiseptic Dusting Powder

foto-obat-penghilang-gatal-paling-ampuh-09

Harga : Rp 70.000

Redakan gatal akibat ruam dan bekas luka

Ruam dan bekas luka juga berperan dalam memberikan rasa gatal pada kulit. Dalam hal ini, Agnesia Antiseptic Dusting Powder bisa jadi pilihan tepat. Produk satu ini memiliki kandungan zinc oxide yang mampu mengatasi ruam-ruam pada kulit yang diakibatkan luka ringan.

Obat penghilang gatal berbentuk bedak ini cukup mudah diterapkan. Tinggal ditaburkan ke bagian yang terasa gatal.

Dengan begitu, bagian yang terasa gatal akan terhindar dari ancaman bakteri jahat. Anda bisa membeli produk obat penghilang gatal ini di Shopee.

8. Alleron

foto-obat-penghilang-gatal-paling-ampuh-08

Harga : Rp 1.500

Dapat mencegah reaksi histamin

Gigitan serangga menjadi salah satu penyebab gatal yang paling sering dialami. Kebanyakan diakibatkan oleh semut dan nyamuk. Apalagi kalau di musim hujan, di mana pertumbuhan nyamuk sangat pesat.



Untuk mengatasi rasa gatal tersebut, Alleron bisa menjadi solusi terampuh. Alleron termasuk obat antihistamin. Artinya, produk ini mampu mencegah reaksi histamin, si pemicu reaksi alergi. Obat berbentuk tablet ini aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak.

Namun, sebaiknya diminum sesuai dosis yang disarankan. Anda bisa membeli produk obat penghilang gatal ini di Shopee.

7. Daktarin Bedak Anti Jamur

foto-obat-penghilang-gatal-paling-ampuh-07

Harga : Rp 50.299

Ampuh mengatasi infeksi jamur pada area kulit dan kuku

Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan merek tepercaya untuk soal pengobatan. Karena produknya sudah terjamin aman dan ampuh dalam mengatasi masalah. Untuk masalah gatal, Daktarin Bedak Anti Jamur bisa jadi pilihan tepat.

Tidak hanya salep, Daktarin kini juga membuat obat penghilang gatal dalam bentuk bedak. Selain pada kulit, bedak ini juga ampuh dalam mengatasi infeksi jamur di area kuku.

Dengan kemasannya yang tidak terlalu besar, Daktarin Bedak Anti Jamur dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

6. Lameson

foto-obat-penghilang-gatal-paling-ampuh-06foto-obat-penghilang-gatal-paling-ampuh-06

Harga : Rp 71.599



Bisa juga digunakan untuk mengobati seriawan di mulut

Mencari obat penghilang gatal kini jadi makin mudah. Tidak harus melulu pergi ke rumah sakit. Anda bisa menemukannya di apotek terdekat. Salah satu obat penghilang gatal apotek yang disarankan adalah Lameson.

Produk obat yang termasuk kategori kortikosteroid ini biasa dipakai untuk mengatasi masalah kulit merah, kering, atau radang. Lameson juga kadang digunakan untuk mengobati seriawan di mulut. Obat ini juga boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak.

Akan tetapi, diperlukan resep dokter karena termasuk obat keras. Obat tablet ini tersedia dalam ukuran 4 mg, 8 mg, serta 16 mg yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Anda bisa membeli obat penghilang gatal ini di Shopee.

5. Mycorine Powder

foto-obat-penghilang-gatal-paling-ampuh-05

Harga : Rp 48.500

Efektif membasmi masalah jamur pada kulit

Fungi atau jamur juga merupakan salah satu biang gatal pada kulit. Biasanya infeksi jamur terdapat di bagian selangkangan, lipatan, atau sela-sela jari. Agar terbebas dari rasa gatal, jamur-jamur tersebut harus diberantas tuntas sampai ke akar-akarnya.



Anda bisa menggunakan Mycorine Powder untuk membasmi jamur pada kulit. Tiap gram bedak ini memiliki kandungan Miconazole Nitrat sebanyak 2%. Dijamin mampu menghancurkan dinding-dinding jamur nakal seperti Tinea Pedis, Tinea Versikolor, Tinea Korporis, serta Tinea Krunis.

Obat ini aman digunakan bagi yang memiliki kulit sensitif karena tidak mengandung parfum. Untuk mendapat hasil maksimal, disarankan menggunakan Mycorine Powder secara rutin selama empat minggu. Anda bisa membelinya di Shopee.

4. New Astar Cream

foto-obat-penghilang-gatal-paling-ampuh-04

Harga : Rp8.750

Percepat penyembuhan pada segala masalah kulit

Kalau sedang mencari obat penghilang gatal, New Astar Cream ini tidak boleh Anda lewatkan. Obat gatal berbentuk salep ini hadir dalam kemasan berukuran 15 gram. Sangat tepat digunakan dalam mengobati ragam penyakit kulit akibat bakteri dan jamur.

Kandungan unecylenic acid di dalamnya mampu mengatasi rasa gatal akibat keringat, panu, eksem, kurap, kadas, zat kimia, hingga infeksi jamur.

Selain itu, terdapat pula kandungan zat aktif yang dapat mempercepat penyembuhan pada masalah kulit. Anda bisa mendapat produk ini di Shopee.

3. Caladine Powder Active Fresh

foto-obat-penghilang-gatal-paling-ampuh-03

Harga : Rp 11.900

Si kecil tetap segar dan harum walau bergerak seharian



Anak-anak cenderung rentang terkena biang keringat. Untuk membantu mengatasi rasa gatal akibat biang keringat pada anak, Caladine Powder Active Fresh sangat disarankan.Bedak gatal ini sudah lama dipercaya sebagai obat antijamur yang ramah anak.

Berbagai bahan yang terkandung di dalamnya sudah diformulasikan khusus sehingga aman bagi kulit si kecil. Di dalamnya terkandung Menthol dan Champora yang mampu memberi rasa sejuk saat diaplikasikan ke kulit.

Aroma segarnya dijamin akan membuat anak Anda tetap harum dan fresh walau bermain seharian. Anda bisa membeli produk obat penghilang gatal ini di Shopee.

2. Dermades Cream

foto-obat-penghilang-gatal-paling-ampuh-02

Harga : Rp 21.500

Mudah diterapkan, cukup oleskan tipis pada kulit

Obat penghilang gatal berbentuk krim sering jadi favorit karena mudah diaplikasikan. Seperti pada Dermades Cream ini. Krim pereda gatal ini memiliki kandungan desonide yang cocok untuk penderita gatal jenis psoriasis, pruritus, serta dermatitis.

Cara penerapannya sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan tipis krim ini di bagian kulit yang terinfeksi. Untuk mendapat hasil maksimal, sebaiknya lakukan sebanyak 2-4 kali dalam sehari.



Meski begitu, obat ini tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang. Pasalnya terdapat efek samping berupa dermatitis kontak, kulit terasa seperti terbakar, kulit mengelupas, serta eritma.

Sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter mengenai dosis pemakaiannya. Anda bisa membeli obat penghilang gatal ini di Shopee.

1. HEROCYN Medicated Skin Powder

foto-obat-penghilang-gatal-paling-ampuh-01

Harga : Rp 12.000

Satu produk untuk atasi ragam masalah kulit

Bagian tubuh yang paling sering mengalami rasa gatal adalah lipatan tangan dan kaki. Hal ini karena bagian tersebut sering tertutup sehingga memicu timbulnya jamur. Apabila Anda terkena masalah tersebut, sebaiknya gunakan HEROCYN Medicated Skin Powder.

Obat gatal dalam bentuk bedak ini juga bisa digunakan untuk menghambat terjadinya iritasi akibat keringat dan gesekan. Bedak gatal legendaris ini juga memiliki kandungan antibakteri yang ampuh menumpas masalah biang keringat pad akulit hingga tuntas.

Ada pula kandungan deodorant yang dapat mengatasi masalah bau badan. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli obat penghilang gatal, sebaiknya Anda mempertimbangkan kandungan bahan, sensitivitas kulit, jenisnya, serta bujet.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan jenis-jenis gatalnya agar bisa menemukan produk yang sesuai kebutuhan.
  • Anda bisa memilih Mycorine Powder, karena sangat efektif dalam mengatasi masalah jamur pada kulit.
  • Sedangkan untuk Anda yang mencari obat penghilang gatal yang ramah bagi kulit anak, Anda bisa memilih Caladine Powder Active Fresh.
  • Namun, jika Anda menginginkan obat penghilang gatal yang mampu mengatasi beragam masalah kulit, maka Anda bisa memilih HEROCYN Medicated Skin Powder.

Referensi

Hello Sehat (2019), Berbagai Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh dan Efektif, https://hellosehat.com/penyakit-kulit/kulit-lainnya/obat-gatal/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Medis Obat


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Jangan Digaruk! Redakan dengan 10 Obat Penghilang Gatal Paling Ampuh ini", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »