05 Jun 2018 10:33:31

Ini yang Seru Saat Kamu Liburan di Tawangmangu

By Cekresi Plus


Tawangmangu letaknya tidak terlalu jauh dari kota Solo, Jawa Tengah. Hanya butuh waktu satu jam perjalanan untuk menikmati kesejukannya.

Perjalanan cukup lancar karena kondisi jalan yang baik. Meski menuju ketinggian di kaki Gunung Lawu, namun hampir tidak ada tanjakan yang curam. Kendaraan kecil bisa tetap melaju.

Tawangmangu bisa dijangkau pula dari arah kota Magetan, Jawa Timur. Perjalanan lewat jalur ini tak kalah asyiknya karena melewati kawasan hutan lindung yang nyaris selalu berkabut.



Kecamatan Tawangmangu yang berada di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sudah menjadi tujuan wisata sejak era kolonial. Selain dikelingi hutan dan perbukitan, Tawangmangu merupakan areal pertanian yang subur dan menjadi sentra penghasil sayur mayur.

Nah, aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Tawangmangu?

Naik 1250 Tangga di Grojogan Sewu

Salah satu objek wisata yang wajib kamu kunjungi saat ke Tawangmangu yaitu Air Terjun Grojogan Sewu. Ketinggian air terjun ini mencapai 81 meter, dengan lokasi di sebuah lereng hutan yang sudah tertata.

Agar bisa mendekati air terjun, pengunjung harus terlebih dulu menuruni ratusan anak tangga ke bawah. Jika mau hemat tenaga, tersedia ojek kuda yang disewakan untuk mengantar wisatawan ke bawah.

Anak-anak pasti akan senang bisa menunggang kuda tersebut. Untuk jarak paling jauh hingga sebuah jembatan persis di depan air terjun biayanya Rp150.000 sekali jalan.

Kamu bisa foto-foto manja dan selfi tepat di bawah jatuhnya air terjun. Yang bikin keren, coba berpose di atas jembatan atau batu-batu besar yang bertebaran di sekitar aliran sungai.

Jika kamu ingin kenangan yang instan, jangan khawatir karena ada jasa foto langsung jadi yang siap melayani kamu kapan saja di sekitar air terjun.

Di dalam kawasan wisata ini juga terdapat kolam renang lengkap dengan seluncuran. Pasti asyik, asal tahan dengan suhunya yang amat dingin.

Banyak warung- warung dengan tempat duduk lesehan di dekat kolam renang. Kamu bisa ngopi atau sekedar makan pop mie panas. Jika datang rombongan, tersedia juga tikar-tikar untuk alas duduk yang disewakan.

Kawasan air terjun Grojogan Sewu cukup bersih dan terawat. Papan petunjuk arah lengkap dan terdapat gazebo untuk istirahat di perlintasan naik dan turun, dengan pemandangan yang tentu saja indah dan asri.

Saat turun mungkin tidak terlalu jadi soal bagi kebanyakan orang. Kamu bisa ke bawah bahkan sambil lari-lari kecil. Tapi bagaimana pas balik ke atas?

Siap-siap saja sebab ada 1250 tangga yang harus diselesaikan saat naik ke parkiran kendaraan di bagian atas. Mantap bukan?

Nah, sisihkan waktu minimal 2 jam untuk mengeksplorasi Air Terjun Grojokan Sewu ini ya.

Hotel di Tawangmangu

Banyak pilihan tempat menginap jika kamu berlibur ke Tawangmangu. Mulai dari homestay, vila, hingga hotel berbintang ada di sana.

Salah satu hotel yang tergolong baru namanya Nava Hotel. Hotel bintang empat di Tawangmangu ini berdiri di sebuah lereng dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Jika kamu mencari kolam renang dan restoran dengan view yang bagus, kamu bisa mendapatkannya di sini.


View dari restoran Nava Hotel Tawangmangu.

Kolam renangnya berada di lereng bagian bawah dengan pemandangan ke arah lembah yang hijau. Sedangkan dari jendela-jendela yang sengaja dibuka lebar kamu bisa menikmati keindahan yang sama dari dalam restoran.

Hotel ini tidak terletak di pinggir jalan utama Solo-Tawangmangu, namun posisinya masuk ke dalam melalui sebuah jalan kecil yang tidak terlalu jauh dari Grojogan Sewu.

Mau coba? Booking hotel tersebut di sini.

Foto di Miniature Landmark Dunia

Taman bermain ini berada di dekat Air Terjun Grojogan Sewu. Jaraknya hanya beberapa langkah saja. Sedangkan untuk pintu masuknya, persis di pinggir jalan utama dan tidak terlalu jauh dari Pasar Tawangmangu.

New Balekambang masih terus dibenahi terutama dengan menampilkan miniatur-miniatur yang menjadi landmark dunia. Sebut saja Menara Eiffel, Merlion, London Bridge, Menara Pisa, dan banyak lagi.

Jadi kalau kamu belum sempat ke luar negeri, cobalah foto-foto dulu di New Balekambang ini.

Di dalam tempat wisata ini terdapat mini zoo dan banyak wahana permainan untuk anak-anak. Jadi sangat cocok untuk liburan keluarga.

Jangan Lupa Makan Sate Kelinci

Sate kelinci merupakan salah satu makanan khas Tawangmangu. Banyak sekali penjual sate kelinci di sepanjang jalan menuju Tawangmangu dan di sekitar tempat wisata.

Jika ingin lebih seru bisa mampir ke rumah makan khusus sate kelinci. Selain bisa menikmati lezatnya hidangan sate, anak-anak juga bisa bermain dan memberi makan kelinci hidup.


Menu sate kelinci khas Tawangmangu.

Makan sate kelinci ditambah sayuran segar yang dipetik langsung dari kebun-kebun di lereng Gunung Lawu sungguh pengalaman yang luar biasa. Apalagi setelah itu ditutup dengan minum segelas jus segar!

Jika hari sudah gelap, saatnya bersantap aneka makanan dan jajanan di area Pasar Tawangmangu. Pilihan kuliner ini sudah buka sejak sore hari.

Jagung bakar, pisang rebus, kue basah, hingga cilok, dapat dengan mudah di sini. Nah, jika kamu butuh kehangatan sudah pasti wedang ronde pilihannya.

Jangan lupa bawa jaket karena malam di Tawangmangu terasa jauh lebih dingin.

Tempat Wisata di Sekitar Tawangmangu

Jika kamu punya waktu liburan agak panjang, tak ada salahnya berkunjung ke sejumlah tempat wisata di sekitar Tawangmangu.

Ke arah Magetan ada Telaga Sarangan yang letaknya masih di lereng Gunung Lawu. Jaraknya sekitar 17km dari Tawangmangu. Sebelum tiba di Telaga Sarangan, ada pula Mojosemi Forest Park yang dilengkapi fasilitas penginapan dan camping ground.

Masih, di Karanganyar, kamu juga bisa mengunjungi Candi Ceto dan Candi Sukuh. Selain itu kamu bisa menghabiskan waktu bersama teman-teman di Bukit Sekipan.

Jika suka mendaki, Tawangmangu menjadi salah satu titik awal pendakian ke Gunung Lawu (3265 mdpl), yaitu via basecamp Cemorokandang.

Gunung Lawu merupakan gunung api dengan status 'istirahat' (lama tidak erupsi) yang namanya diabadikan menjadi nama kereta api eksekutif Argolawu rute Jakarta-Solo.

Bagaimana cara ke Tawangmangu?

Jika naik angkutan umum, kamu bisa naik bus rute Solo-Tawangmangu. Sedangkan dari arah Magetan, ada minibus (elf) menuju Tawangmangu.

Tentu saja bawa kendaraan pribadi --mobil atau sepeda motor-- bisa lebih efisien dari sisi waktu untuk mengatur liburan kamu.



Liburan




0 Komentar pada "Ini yang Seru Saat Kamu Liburan di Tawangmangu"



Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.