Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


5 December 2018

Ini Cara Agar Modem Internet Tetap Nyala Saat Mati Listrik

By Cekresi .com
ups medem router


Mati listrik tapi mau tetap internetan kencang? Jika Anda berlangganan internet dan menggunakan modem router untuk jaringan WiFi di rumah, saatnya menggunakan UPS (uninterruptible power supply) mini agar internet masih bisa hidup meski listrik mati selama beberapa jam.



UPS adalah perangkat dengan baterai yang berfungsi sebagai cadangan daya alternatif (backup) sehingga peralatan elektronik yang terpasang akan tetap menyala selama beberapa saat lamanya. Jadi UPS membuat modem tetap menyala hingga listrik menyala kembali.

Berapa lama modem bisa bertahan dengan bantuan daya cadangan dari UPS?

Tergantung dari kapasitas UPS yang digunakan. Semakin besar kapasitasnya, makin lama juga modem bisa menyala saat mati listrik.

Sebagai contoh, dengan UPS APC BX650LI-MS 325 Watts / 650 VA, modem indihome bisa bertahan hingga 3 jam saat mati listrik. Dengan catatan, UPS paling murah tersebut hanya digunakan untuk mengisi daya modem saja.

Cara penggunaannya sangat mudah, UPS disambungkan ke sumber listrik, sedangkan modemnya dihubungkan ke UPS sehingga ketika listrik mati otomatis menggunakan daya cadangan tersebut.

Apa saja UPS yang direkomendasikan untuk modem WiFi di rumah? Berikut ini beberapa pilihan yang tersedia di pasaran dan bisa dibeli secara online.

 

1. UPS APC BX650LI-MS Back-UPS, 325 Watts / 650

ups apc 650
UPS laris ini tergolong paling murah dengan harga di kisaran Rp 500rb, bentuknya mungil, dengan berat sekitar 4kg saja. Sangat direkomendasikan jika hanya digunakan untuk backup modem router (Cek harga terbaru disini).

 

2. UPS APC BX BX1100LI-MS Back-UPS 550 Watts 1100 VA

apc1100
Kapasitas lebih besar dan dimensi lebeih besar dibandingkan BX650LI-MS, dengan harga sekitar Rp 1,2 juta dan berat 9kg.

 

3. UPS LAPLACE TRIDENT 1300 LINE INTERACTIVE

trident



Kapasitasnya bisa untuk sebuah laptop + 1 monitor 17 inci selama 30 menit, jadi akan lebih awet lagi hanya untuk menyalakan modem.

Apalagi keuntungan menggunakan UPS selain berfungsi sebagai daya cadangan?

UPS seperti merek APC sudah dilengkapi stabilizer sehingga bisa membantu memelihara peralatan elektronik (termasuk modem di rumah) dari gangguan akibat sering mati listrik. Selamat mencoba!



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Ini Cara Agar Modem Internet Tetap Nyala Saat Mati Listrik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »