Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


9 June 2021

Hanya Selisih Rp 200 Ribu! Ini Perbedaan Spesifikasi OPPO A53 dan OPPO A54

By Cekresi .com
Hanya Selisih Rp 200 Ribu! Ini Perbedaan Spesifikasi OPPO A53 dan OPPO A54


Sebagai bagian dari jajaran ponsel kelas mid-range, OPPO A54 dibanderol dengan harga kisaran Rp 2,7 juta, di mana hargatersebut hanya selisih sekitar Rp 200 ribu dengan OPPO A53. Kira-kira seperti apa spesifikasi dan perbedaan dari kedua smartphone tersebut sehingga membuat harganya tidak berbeda jauh?



Berikut kami sajikan perbedaan spesifikasi antara OPPO A53 dan OPPO A54 lengkap beserta ulasannya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan mana yang lebih baik antara OPPO A53 atau OPPO A54 untuk dijadikan rujukan sebelum Anda ingin membelinya.

OPPO A53

foto-ini-perbedaan-spesifikasi-oppo-a53-dan-oppo-a54-01

Harga: Rp 2.599.000

Display
Type: IPS LCD (with Corning Gorilla Glass 3 protection)
Resolution: 720 x 1600pixel
Size: 6.5 inch

Network
2G/3G/4G LTE

Platform
OS: Android 10
UI: Color OS 7.2
GPU: Adreno 610
CPU: Octa-core
Memory card: microSDXC
RAM/ROM: 4GB/64GB, 4GB/128GB, 6GB/128GB
Chipset: Qualcomm Snapdragon 460

Camera
Main (Triple): 13MP + 2MP+2MP (Video: 1080p with 30fps)
Selfie: 16MP (Video: 1080p with 30fps)

Body
Dimension/size: 163,9 mm x 75,1 mm x 8.4 mm
Weight: 186 gram
SIM: Dual SIM
Colors: Electric Black, Fancy Blue, Fairy White

Other
Feature: Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, GPS, Infrared Port, FM Radio, Bluetooth 5.0,
Battery: 5000 mAh, Li-Po (non-removable, with fast charging 18W)
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
USB: USB Type-C 2.0, USB On The Go

  • Bodi stylish dan kekinian

OPPO sepertinya tidak pernah kehabisan ide dalam menghadirkan desain bodi yang unik dan berbeda dari ponsel lainnya. Misalnya pada OPPO A53 yang bagian bodinya diberi tema luar angkasa lengkap dengan corak berkilauan.

Desain bergelombang 3D yang penuh warna juga memberi tampilan berkilau yang memesona. Rasanya seperti sedang memandang aurora. Ada dua varian warna yang bisa Anda pilih sesuai selera, antara lain Electric Black serta Fancy Blue.



Selain itu, bagian ujung dari bodi OPPO A53 ini juga dilengkapi dengan tekstur matte serta sentuhan glossy. Hasilnya, tidak hanya memberi tampilan indah memesona, juga dapat memberi kenyamanan pada pengguna ketika menggenggam ponsel pintar ini.

Kalau biasanya smartphone Rp 2 jutaan hanya memakai desain bodi depan berponi atau waterdrop notch, OPPO A53 sudah menggunakan layar punch-hole yang bentang layarnya telah memenuhi seluruh bagian penjuru sisinya. Walau ukuran bezel dagu dan dahinya terlihat kurang begitu simetris.

  • Kamera cukup ok

Dari sisi kamera, OPPO A53 memang tidak menonjolkan fitur ini dalam penggunaannya. Ponsel ini menerapkan konfigurasi triple camera dengan lensa utama 13 MP, disertai lensa makro 2 MP dan sensor bokeh 2MP. Sementara untuk lensa kamera depannya memiliki resolusi 16 MP.

Yang cukup disayangkan adalah bagaimana OPPO memutuskan untuk “menyunat” lensa ultra wide dari fitur kamera pada varian A53 ini. Padahal seri OPPO A5 dan OPPO A52 yang rilis sebelumnya masih menggunakan lensa tersebut.

  • Performa andal

Untuk performanya, OPPO A53 dibekali dengan chipset Snapdragon 460. Versi ini digadang-gadang merupakan Snapdragon seri 400 terbaik sepanjang masa. Chipset ini diklaim mampu menghadirkan performa 70% lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Perangkat ini merupakan salah satu pertama di dunia yang menghadirkan chipset Snapdragon 460. Ya, ini merupakan chipset yang digadangkan sebagai Snapdragon seri 400 terbaik sepanjang masa.

Sebenarnya, chipset ini bisa dibilang cukup tangguh dan bagus. Namun, kalau dibandingkan dengan chipset Snapdragon 665 yang disematkan pada dua ponsel sebelumnya, OPPO A5 dan OPPO A52, jelas ponsel ini akan kalah saing.



  • Baterai tahan lama

Sementara untuk baterainya, OPPO A53 dibekali dengan baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas baterai yang besar tersebut diklaim dapat bisa awet seharian penuh untuk pemakaian normal.

Tidak hanya itu, ada juga fitur fast charging 18 W yang membuat Anda tidak perlu menunggu terlalu lama saat mengecasnya. Baterai tinggal 5% tapi sulit menemukan lokasi mengecas? Jangan khawatir. OPPO A53 dilengkapi sistem Super Power Saving Mode memungkinkan Anda untuk menelepon hingga durasi 1 jam dengan sisa baterai 5%.

Kelebihan OPPO A53

  • Hadirkan desain bodi dengan corak yang unik dan menawan.
  • Layarnya sudah menggunakan punch-hole display.
  • Dibekali dengan dual stereo speaker untuk meningkatkan kualitas suara.
  • Laju penyegarannya mencapai 90 Hz.
  • Diperkuat dengan chipset Snapdragon 460 yang menjadi seri Snapdragon 400 terbaik sepanjang masa.
  • Dibekali baterai Li-Po 5000 mAh yang tahan lama dengan fast charging 18 W untuk pengisian yang lebih cepat.

Kekurangan OPPO A53

  • Chipset-nya kalah saing dengan dua generasi sebelumnya, OPPO A5 dan OPPO A52.
  • Resolusi layarnya masih belum Full HD+.
  • Tidak dibekali dengan lensa kamera ultra wide.

OPPO A54

foto-ini-perbedaan-spesifikasi-oppo-a53-dan-oppo-a54-02

Harga: Rp2.799.000

Display
Type: IPS LCD
Resolution: 720 x 1600 pixel
Size: 6.5 inch

Network
2G/3G/4G LTE

Platform
OS: Android 10
UI: ColorOS 7.2
GPU: PowerVR GE8320
CPU: Octa-core
Memory card: microSDXC
RAM/ROM: 4GB/64GB, 4GB/128GB
Chipset: Mediatek MT6765 Helio P35

Camera
Main (Triple): 13MP + 2MP+2MP (Video: 1080p with 30fps)
Selfie: 16MP (Video: 1080p with 30fps)

Body
Dimension/size: 163,6 mm x 75,7 mm x 8,4 mm
Weight: 192 gram
Colors: Starry Blue, Crystal Black

Other
Feature: Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, GPS, Infrared Port, FM Radio, Bluetooth 5.0,
Battery: 5000 mAh, Li-Po (non-removable, with fast charging 18W)
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
USB: USB Type-C 2.0, USB On The Go

  • Bodi cantik dan tahan air

OPPO A54 menghadirkan desain bodi 3D dalam balutan warna hitam (Crystal Black) atau biru (Starry Blue) yang cantik dan premium. Sekilas, rancangan bodi ini terlihat cukup mirip dengan OPPO Reno 5 F.

Bukan hanya tampilannya yang cantik dan ciamik, bentukannya yang tipis juga dapat memberi kenyamanan lebih ketika Anda menggenggamnya. Terlebih, sensor fingerprint-nya terdapat di sisi samping sehingga bodi belakang tidak akan kotor oleh bekas sidik jari.



Selain itu, OPPO A54 juga sudah memiliki sertifikasi tahan air dan debu IPX4. Perangkat ini juga berhasil lulus dalam berbagai rangkaian tes pengujian. Di antaranya adalah tes ketahanan jatuh, tes ketahanan air, hingga tes kualitas sinyal. Jadi, sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

  • Layar lebih luas dan nyaman saat digunakan

Di sisi depan, OPPO A54 menggunakan desain layar punch hole berdiameter 6,5 inci dengan resolusi 1600 x 7200 pixel HD+. Desain punch hole inilah yang membuat tampilan layarnya jadi terlihat lebih luas dan kekinian.

Bagi Anda yang sering menatap layar dalam waktu lama, tidak perlu khawatir. OPPO A54 sudah dilengkapi fitur Eye Comfort. Fungsinya untuk membuat mata pengguna agar tidak mudah lelah. Jadi Anda bisa mendapat pengalaman menatap layar terbaik dalam waktu lama.

  • Kualitas kamera bagus

Beralih ke fitur kamera yang jadi incaran para kaum muda. OPPO membekali seri A54 dengan tiga kamera belakang dengan resolusi lensa utama 13 MP, lensa makro 2 MP, serta sensor bokeh 2 MP. Untuk kamera depannya dibekali satu lensa dengan resolusi 16 MP.

Terdapat berbagai fitur kecerdasan buatan (AI) yang disematkan pada kamera OPPO A54 ini. Dengan begitu, para pengguna muda dapat lebih mengekspresikan diri mereka dan membagikannya di akun sosial media masing-masing.

Fitur pada kamera tersebut di antaranya, Dazzle Color yang bisa meningkatkan kecerahan dan saturasi gambar, AI Scene Recognition untuk pengenalan 23 suasana secara otomatis, serta Ulra Night Mode untuk pengambilan foto kualitas terbaik di malam hari.

  • Performa kencang

Untuk dapur pacunya, OPPO A54 dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P35 yang kencang dan hemat daya.Ditambah dengan RAM LPDDR4X berkapasitas 4GB, performanya bisa 10% lebih tinggi dibanding versi sebelumnya. Penyimpanan internal berkapasitas 128 GB juga bisa memberi keleluasaan bagi Anda untuk menyimpan beragam dokumen dan file.



Teknologi kelas tinggi lain yang diterapkan pada OPPO A54 adalah Multi-layer Heat Dissipation. Fungsinya untuk menemukan sumber panas dan memilih skema pembuangan panas tersebut dengan cerdas dan optimal. Inilah yang membuat ponsel jadi tidak mudah panas ketika digunakan dalam waktu lama.

  • Baterai tahan lama

Sementara untuk baterainya, OPPO A54 menggunakan tipe Li-Po dengan kapasitas besar yakni 5000 mAh. Kapasitas baterai besar tersebut juga dibarengi dengan fitur fast charging 18 W sehingga waktu pengecasannya jadi lebih cepat.

Menariknya lagi, OPPO A54 telah dipasangi fitur Optimized Overnight Charging. Fitur ini berfungsi untuk melindungi ponsel dari overcharge dan over-discharge ketika Anda mengisi daya di jam tidur. Selain itu juga dapat memproteksi dari risiko arus pendek dan arus berlebih, serta ancaman kebakaran level V-0.

Kelebihan OPPO A54

  • Hadir dengan desain bodi yang cantik dan modern.
  • Bodinya memiliki dimensi yang tipis dan ringan sehingga nyaman digenggam serta mudah dimasukkan ke dalam saku.
  • Dibekali layar punch hole yang luas dan fituristik.
  • Adanya teknologi Smart Sunlight Screen & Moonlight Screen untuk mengatur pencahayaan layar otomatis, serta Eye Comfort yang membuat mata tidak mudah lelah saat menatap layar terlalu lama.
  • Menggunakan baterai tipe Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh yang cukup besar.
  • Memiliki fitur fast charging 18 W untuk pengisian daya baterai yang lebih cepat.
  • Telah dipasangi fitur Optimized Overnight Charging sehingga aman dari risiko overcharge dan over-discharge.
  • Resolusi kamera depannya 16 MP, dapat memberi hasil foto selfie yang sangat bagus dan memesona.
  • Dibekali dengan sertifikasi IPX4 yang tahan air dan debu.
  • Telah lulus dari serangkaian tes pengujian, seperti tes ketahanan jatuh dan tes kualitas sinyal.

Kekurangan OPPO A54

  • Laju penyegarannya hanya sampai 60 Hz.
  • Hanya dipersenjatai chipset lawas MediaTek Helio P35, kurang bagus untuk menjalankan aplikasi dan gim berat.
  • Absennya fitur NFC.
  • Konfigurasi lensa kamera belakangnya biasa saja.

Perbedaan OPPO A53 dan OPPO A54

Meski masih merupakan satu seri yang sama, baik OPPO A53 maupun OPPO A54 memiliki beberapa perbedaan, antara lain:

  • OPPO A53 memiliki bobot sebesar 186 gram, sedangkan OPPO A54 bobotnya lebih berat yakni 192 gram.
  • OPPO A53 dibekali dengan lapisan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3, sedangkan OPPO A54 tidak memiliki proteksi layar.
  • OPPO A53 memiliki laju penyegaran hingga mencapai 90 Hz, sedangkan OPPO A54 hanya sampai 60 Hz saja.
  • OPPO A53 dipersenjatai chipset Qualcomm SM4250 Snapdragon 460, lebih unggul dibanding OPPO A54 yang hanya memakai MediaTek MT6765 Helio P35.
  • OPPO A53 menyematkan sensor sidik jari di bagian belakang bodi, sedangkan pada OPPO A54 berada di sisi samping.
  • Varian warna yang ditawarkan OPPO A53 antara lain Fancy Blue, Fairy White, serta Eelctric Black, sedangkan OPPO A54 memiliki opsi warna Starry Blue dan Crytal Black.
  • Lensa selfie camera pada OPPO A54 dibekali dengan teknologi AI Beauty 2.0, sedangkan OPPO A53 tidak menggunakan teknologi tersebut.

OPPO A53 vs OPPO A54, mana yang lebih baik?

Pada dasarnya, spesifikasi dari OPPO A53 dan OPPO A54 tidak memiliki perbedaan yang begitu besar. Harganya pun hanya berbeda sekitar Rp 200 ribuan saja. Anda hanya perlu memilih yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan pemakaian Anda.

Bila Anda menginginkan handphone dengan performa lebih powerful, Anda bisa memilih OPPO A53 yang menggunakna chipset Qualcomm SM4250 Snapdragon 460.

Sementara jika Anda memiliki jiwa muda dan gemar membagiakn foto selfie di sosial media, OPPO A54 dengan desain modern serta teknologi AI Beauty 2.0 pada selfie camera-nya merupakan pilihan terbaik.



Tips Membeli Smartphone OPPO

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satu produk smartphone OPPO, sebaiknya Anda perhatikan dahulu tips agar tidak salah beli, yaitu:

  • Pastikan spesifikasi dan kelengkapan aksesorinya sudah sesuai dengan yang tertera pada preferensi resminya.
  • Perhatikan bagian bodi-nya. Pastikan tidak ada penyok, retak, atau bekas gesekan.
  • Produk OPPO terkenal akan tingkat kecerahan layarnya yang sangat baik. Karena itu, sebaiknya Anda lakukan tes sederhana untuk mengetahui tingkat kejernihan dari layarnya sebelum membeli.
  • OPPO juga memiliki julukan ‘Phone Camera’ karena kualitas hasil jepretannya yang sangat bagus. Jadi, periksalah dahulu hasil foto dari kameranya.
  • Jangan mudah tergiur produk OPPO dengan harga murah. Memang smartphone OPPO memiliki harga yang murah, sesuai dengan kualitas yang diberikan. Akan tetapi, kalau ada yang memberi harga lebih murah lagi, sebaiknya Anda waspada. Lebih aman kalau Anda membeli melalui situs resmi OPPO (oppo.com),official store OPPO di e-commerce, atau gerai resmi OPPO.

Kesimpulan

  • OPPO A53 dan OPPO A54 merupakan produk smartphone dari brandOPPO yang dirilis dalam waktu berbeda.
  • OPPO A53 dirilis pada Agustus 2020, sedangkan OPPO A54 resmi diluncurkan pada akhir Maret 2021.
  • OPPO A53 dan OPPO A54 memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda, terutama pada bagian kamera dan baterai.
  • Perbedaan yang dimiliki oleh OPPO A53 dan OPPO A54 terdapat pada bagian laju penyegaran, chipset, proteksi layar, sensor sidik jari, varian warna, teknologi selfie camera, peletakkan sensor sidik jari, serta harganya.
  • Pastikan Anda memperhatikan beberapa tips sebelum membeli handphoneOPPO,agar bisa mendapat produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Referensi

1. OPPO (2020), A53, https://www.oppo.com/id/smartphones/series-a/a53/specs/
2. GSM Arena (2020), OPPO A53, https://www.gsmarena.com/oppo_a53-10376.php
3. OPPO (2021), A54, https://www.oppo.com/id/smartphones/series-a/a53/specs/
4. GSM Arena (2021), OPPO A54, https://www.gsmarena.com/vivo_v20_se-10467.php
5. Tips Pintar (2018), Wajib Tau Sebelum Membeli! Cara Cek HP Oppo Asli atau Palsu, https://www.tipspintar.com/cara-cek-hp-oppo-asli-atau-palsu/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Elektronik Handphone HP Oppo


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Hanya Selisih Rp 200 Ribu! Ini Perbedaan Spesifikasi OPPO A53 dan OPPO A54", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »