Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


26 July 2021

Butuh Knalpot Motor Bebas Bising? Ini 10 Pilihan Terbaiknya

By Cekresi .com
Butuh Knalpot Motor Bebas Bising Ini 10 Pilihan Terbaiknya


Knalpot merupakan salah satu aksesori motor yang memiliki peranan sangat penting. Umumnya, alat ini difungsikan sebagai penambah akselerasi sekaligus penyalur gas pembuangan. Selain itu, knalpot juga dapat memberi kesan galak dan mengangkat performa terbaik pada motor.



Namun, suara dari knalpot kadang terdengar begitu menggelegar sampai-sampai mengganggu orang di sekitar. Untungnya beberapa produsen knalpot sudah membekali peredam kebisingan sehingga suara yang dihasilkan jadi lebih halus dan ramah di telinga.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi knalpot motor yang bebas bising dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai knalpot motor dan cara memilihnya.

Kenali fungsi knalpot pada motor!

Sekarang ini, ada berbagai jenis knalpot motor yang bisa Anda temukan di pasaran. Ada yang memiliki lubang tunggal dan ganda. Ada pula knalpot yang memiliki raungan nyaring atau ngebass.

Ukuran dan bentuk dari knalpot motor pun bervariasi. Mulai dari yang berukuran standar hingga besar.

Kebanyakan knalpot motor sering dijadikan objek modifikasi para penggemar otomotif. Tujuannya untuk menambah kesan dan gaya pada penampilan motor. Selain itu juga untuk meningkatkan akselerasi dan performa dari motor tersebut.

Untuk bisa mendapat hasil modifikasi yang maksimal, sangat penting memilih knalpot yang sesuai dengan kebutuhan. Termasuk soal suara yang dihasilkan.

Pilih material berkualitas

Material knalpot memiliki peranan penting terkait performa dan daya tahan pada knalpot. Ada beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat knalpot.

Pertama adalah titanium yang memiliki bobot ringan dengan tampilannya yang cantik dan indah. Namun, bahan ini cukup langka sehingga harganya tergolong mahal.



Selanjutnya adalah karbon. Bahan ini merupakan yang memiliki bobot paling ringan. Akan tetapi, karbon cenderung mudah retak dan rentan akan guncangan.

Lalu ada material alumunium yang memiliki pembuangan panas baik dengan harga yang rendah. Terakhir adalah stainless steel. Material ini jadi yang paling populer karena sifatnya yang kukuh dan antikarat.

Sesuaikan dengan jenis motor

Tiap knalpot memiliki kompanbilitas yang berbeda. Sesuai dengan jenis motor yang digunakan. Ada yang dirancang untuk jenis motor khusus, seperti motor mesin 150 cc atau motor matic, ada pula yang bisa digunakan untuk segala model motor.

Kalau salah membeli, knalpot yang dibeli tidak akan bisa digunakan. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih dengan sangat jeli.

Pastikan kalau knalpotnya sudah kompatibel dengan jenis motor yang Anda pakai. Dengan begitu, knalpot tersebut akan bisa dipasangkan pada motor dan tidak mubazir. Disarankan untuk memilih knalpot yang diperuntukkan bagi seluruh jenis motor.

Cek regulasi setempat

Inilah salah satu poin yang harus benar-benar diperhatikan sebelum memiliki knalpot motor. Pasalnya tiap daerah memiliki aturan atau regulasi masing-masing terkait penggunaan knalpot tersebut. Khususnya mengenai tingkat kebisingan yang diperbolehkan.

Di Indonesia sendiri, aturan tersebut tertuang pada dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor 7 tahun 2009 serta Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Berdasarkan peraturan tersebut, tingkat kebisingan yang diizinkan pada tiap motor berbeda-beda, sesuai kapasitasnya. Untuk motor berkapasitas 80 cc – 175 cc, tingkat kebisingan maksimalnya 83 dB. Sedangkan motor berkapasitas di atas 175 cc adalah 80 dB.



Pastikan knalpot yang Anda pilih sudah sesuai dengan regulasi setempat. Kalau tidak, Anda bisa menjadi sasaran tilang oleh petugas keamanan.

Perhatikan harganya

Ada berbagai jenis knalpot yang tersedia di pasaran. Seluruhnya hadir dalam kisaran harga yang bervariasi. Mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Tergantung pada spesifikasi dan keunggulan yang ditawarkan. Makin bagus kualitasnya, harganya akan makin tinggi. Pun begitu sebaliknya.

Apabila Anda memiliki bujet yang lebih, sebaiknya pilih knalpot berkualitas bagus dengan harga cukup mahal. Sedangkan bila Anda memiliki biaya terbatas, pilihlah produk dengan harga ekonomis. Namun, pastikan kalau kualitas dan performa yang dimilikinya tetap baik.

Cara merawat knalpot motor yang baik

Agar knalpot tidak mudah rusak dan bisa terus digunakan dalam jangka panjang, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat knalpot motor:

  • Jangan terlalu sering memanaskan mesin motor. Lakukan saja secukupnya agar knalpot tidak cepat berkarat atau menguning.
  • Bersihkan knalpot paling tidak dua bulan sekali. Gunakan oli untuk membersihkan lubang-lubang yang terdapat di bagian silincernya.
  • Apabila knalpot sudah terlanjut berkarat, segera bersihkan karat tersebut dengan menggunakan sabun dan sikat kawat. Dengan begitu, knalpot akan kembali bersih dan bebas dari noda karat dan kekuningan.
  • Segera bersihkan knalpot yang terkena air hujan. Kalau tidak dibersihkan cepat-cepat, akan timbul warna kekuningan dan akibat terparahnya adalah berkarat.
  • Perhatikan pula lubang pembuangan airnya. Apabila kondisinya tertutup, bukalah menggunakan paku atau alat tajam lainnya. Lubang pembuangan air tersebut terletak di bagian bawah silencer knalpot.
  • Pastikan juga baut-baut yang ada di sekitar knalpot masih kencang. Karena baut yang kendor bisa membuat proses keluaran suara jadi tidak sempurna. Akibatnya, pembuangan gas pun tidak akan lancar yang membuat motor jadi boros bahan bakar.

10 Rekomendasi knalpot motor yang bebas bising

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang knalpot motor lengkap dengan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi knalpot motor yang bebas bising dari berbagai merek berikut ini.

10. Slip-On Yoshimura RS-5

foto-butuh-knalpot-motor-bebas-bising-ini-10-pilihan-terbaiknya-10

Harga : Rp 12.549.000

Dengan lapisan pelindung panas di sisi luarnya

Penggemar otomotif pasti tidak asing dengan salah satu merek knalpot motor terbaik di pasaran. Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun, wajar bila mereka dapat terus memproduksi knalpot dengan kualitas yang sangat bagus. Termasuk Slip-On Yoshimura RS-5.

Knalpot ini menghadirkan desain stylish dalam bentuk trapesium yang unik dan menarik. Terbuat dari material knalpot disertai serat karbon, membuat bobotnya terasa ringan dan kukuh.



Di sisi luarnya terdapat lapisan pelindung panas untuk mencegah kaki risiko luka akibat tidak sengaja terkena knalpot. Suara yang dihasilkan juga ramah di telinga orang sekitar sehingga tidak terlalu mengganggu. Anda bisa membeli knalpot motor ini di Shopee.

9. Knalpot Fullsystem Scorpion Yamaha Xmax 250 UK

foto-butuh-knalpot-motor-bebas-bising-ini-10-pilihan-terbaiknya-09

Harga : Rp 13.750.000

Tingkatkan tenaga motor hingga 1,4 Dk

Bukan rahasia lagi kalau knalpot motor buatan Eropa biasa dibanderol dengan harga yang mahal. Seperti Knalpot Fullsystem Scorpion Yamaha Xmax 250 UK.

Harganya memang tergolong mahal, lebih dari Rp 10 juta. Wajar kalau harganya mahal. Sepadan dengan kualitas dan keunggulan yang didapat.

Produk ini bisa jadi pilihan terbaik bagi para pecinta motor jenis matic, khususnya Yamaha XMAX. Berkat bobotnya yang super ringan, tenaga motor Anda akan mengalami peningkatan sampai 1,4 Dk.

Bila Anda selalu merasa terganggu dengan suara bising, tak perlu khawatir. Pasalnya knalpot asal Inggris ini juga dibekali fitur peredam suara. Anda bisa membeli knalpot ini di Shopee.

8. Knalpot AHAU Ninja RR

foto-butuh-knalpot-motor-bebas-bising-ini-10-pilihan-terbaiknya-08

Harga : Rp 600.000

Harganya murah, cocok untuk pemula

Merek ini mungkin masih agak asing bagi beberapa penggemar otomotif. Meski begitu, pabrikan lokal asal Jakarta ini sudah mengeluarkan banyak produk knalpot terbaik untuk motor harian. Termasuk di antaranya ialah Knalpot AHAU Ninja RR.



Model knalpot ini umumnya digunakan pada motor kelas harian, seperti ninja. Biasanya produk ini jadi alternatif bagi mereka yang ingin mengubah suasana motor standarnya menjadi ala motor racing.

Harganya yang relatif murah membuat banyak pemula menjadikannya pilihan utama untuk memodifikasi motor mereka. Walau dentumannya tidak sebaik merek kenamaan lain, namun produk ini masih terdengar ramah di telinga banyak orang. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

7. Knalpot R9 Alpha Series 150cc

foto-butuh-knalpot-motor-bebas-bising-ini-10-pilihan-terbaiknya-07

Harga : Rp950.000

Tampilan yang sporty dan stylish

Satu lagi produk lokal yang harus Anda pertimbangkan. Perkenalkan knalpot racing R9. Jangan anggap remeh kemampuan dari knalpot ini. Sebab kualitasnya tidak kalah unggul dengan knalpot kelas premium lainnya.

Mengusung material titanium, stainless steel, dan karbon, tidak mengagetkan kalau knalpot ini jadi memiliki bobot yang ringan. Kualitas suara yang dihasilkan pun cukup nge-bass namun tetap halus.

Tampilannya yang sporty dan stylish juga dapat membuat penampilan motor Anda jadi terlihat lebih gagah dan tangguh. Anda bisa membeli knalpot motor ini di Shopee.

6. Knalpot AHRS F3

foto-butuh-knalpot-motor-bebas-bising-ini-10-pilihan-terbaiknya-06



Harga : Rp 354.700

Cocok untuk segala segmen motor

Tipe knalpot ini termasuk yang banyak diminati oleh para penggemar otomotif, terutama dari kalangan pemula yang sedang belajar memodifikasi.

Pasalnya, pabrikan asal Tangerang tersebut lebih memfokuskan soal performa ketimbang penampilan. Knalpot ini cocok digunakan untuk beberapa segmen motor, mulai dari motor bebek hingga matic.

Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, knalpot ini tetap memiliki banderol yang tidak begitu mahal. Hanya di kisaran ratusan ribu hingga satu juta rupiah saja. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Knalpot Nob1 Neo SS

foto-butuh-knalpot-motor-bebas-bising-ini-10-pilihan-terbaiknya-05

Harga : Rp520.000

Perakitannya sangat mudah

Knalpot motor NOB1 ini bisa jadi solusi Anda untuk berkendara harian di dalam atau luar kota. Dengan penambahan akselerasinya, knalpot ini sangat nyaman digunakan dalam melewati kemacetan wilayah kota. Penerapannya bisa dilakukan pada berbagai jenis motor, antara lain bebek, matic, hingga sport.

Knalpot berbentuk sporty ini menawarkan peningkatan performa saat berkendara. Meski begitu, suara yang ditimbulkan sangat halus dan tidak bising. Model plug & play, perakitan knalpot ini jadi makin mudah. Anda bisa membeli produk knalpot motor ini di Shopee.

4. Daytona New GP Taper

foto-butuh-knalpot-motor-bebas-bising-ini-10-pilihan-terbaiknya-04

Harga : Rp850.000

Tingkatkan daya dorong saat sedang akselerasi

Jepang begitu terkenal dengan produk otomotifnya. Bukan hanya alat transportasi, tetapi juga aksesorisnya seperti knalpot ini.

Sesuai namanya, knalpot ini memiliki bentuk hampir kerucut. Alasannya untuk membuat muffler-nya berdekatan dengan exhaust manifold. Dengan begitu, daya dorongnya akan meningkat ketika sedang berakselerasi.



Knalpot ini sangat disarankan bagi pengguna yang menyukai cornering. Memiliki desain yang ramping sehingga lebih aman untuk bermanufer. Ditambah lagi produk ini menggunakan material stainless steel yang awet dan tahan karat. Anda bisa membeli knalpot ini di Shopee.

3. Creampie King Standar Racing

foto-butuh-knalpot-motor-bebas-bising-ini-10-pilihan-terbaiknya-03

Harga : Rp 205.000

Terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan ringan

Knalpot motor merek Creampie menjadi salah satu produk yang banyak digunakan untuk memodifikasi kendaraan roda dua. Hal ini berkat kualitas dan keunggulannya yang memancing para penggemar otomotif. Siapa sangka kalau ternyata produk ini merupakan buatan asli Yogyakarta?

Jenis knalpot standard racing ini lebih dikhususkan untuk motor RX King. Cocok juga bagi pengguna motor sport 2 tak. Berkat penggunaan bahan stainless steel dalam bentukan silinder yang ramping, knalpot bebas bising ini jadi terlihat makin minimalis.

Dengan pengaplikasiannya yang mudah, produk ini mampu meningkatkan performa motor penggunanya. Anda bisa membeli produk knalpot motor ini di Shopee.

2. Knalpot Akrapovic Kawasaki Ninja 250fi/Z250 Slip on Karbon

foto-butuh-knalpot-motor-bebas-bising-ini-10-pilihan-terbaiknya-02

Harga : Rp 600.000

Bobotnya 60% lebih ringan ketimbang knalpot biasa

Siapa yang gemar menonton ajang MotoGP? Pasti tidak asing dengan produk knalpot satu ini. Memang knalpot ini juga ikut andil dalam balap motor yang populer di seluruh dunia tersebut. Membuat pabrikan asal Slovenia ini terus menjaga kualitas produk ciptaannya, seperti pada Knalpot Akrapovic Kawasaki Ninja 250fi/Z250 Slip on Karbon.



Dibekali dengan teknologi slip-on, pemasangan dan perawatan knalpot ini jadi begitu mudah. Ditambah lagi bobotnya yang 60% lebih ringan ketimbang knalpot biasanya. Hal ini berkat end cap dan muffler berbahan serat karbon yang terkenal kuat dan ringan.

Akselerasinya pun akan meningkat dan bisa memberi kenyamanan di kondisi jalanan macet sekalipun. Anda bisa membeli knalpot ini di Shopee.

1. Knalpot Arrow urban

foto-butuh-knalpot-motor-bebas-bising-ini-10-pilihan-terbaiknya-01

Harga : Rp 6.500.000

Dibekali sistem peredam suara terbarukan

Hadirkan desain yang ekslusif, knalpot besutan Arrow Exhaust juga dibekali beragam kelebihan yang mumpuni. Spesifikasinya sudah menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku sehingga tidak perlu khawatir akan terkena tilang petugas keamanan.

Keunggulan dari knalpot terbuat dari material alumunium/stainless steel ini juga terdapat pada peredam suaranya. Di mana knalpot ini menggunakan peredam suara berbentuk berlian race-tech yang terlihat cukup pendek.

Selain eksteriornya, bagian interiornya juga dibekali dengan sistem peredam suara yang terbarukan. Anda bisa membeli knalpot ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli knalpot motor, sebaiknya Anda mempertimbangkan kualitas material, jenis motor, regulasi setempat, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara merawatnya agar knalpot motor tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Knalpot Arrow urban,karena telah dilengkapi dengan sistem peredam suara terbarukan.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin knalpot motor yang cocok untuk segala segmen motor, Anda bisa memilih Knalpot AHRS F3.
  • Namun, jika Anda menginginkan knalpot motor yang mudah dirakit, maka Anda bisa memilih Knalpot Nob1 Neo SS.

Referensi

1. Astramotor (2020), Lakukan Hal Ini untuk Agar Knalpot Motor Awet, https://www.astramotor.co.id/lakukan-hal-ini-untuk-agar-knalpot-motor-awet/
2. Rezvilla (2013), Motorcycle Exhausts 101, https://www.revzilla.com/common-tread/motorcycle-exhaust-101



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja custom Kendaraan Motor


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Butuh Knalpot Motor Bebas Bising? Ini 10 Pilihan Terbaiknya", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »