Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


20 October 2021

Bisa Meningkatkan Selera Makan Anak, Inilah 10 Kotak Makan Lucu dan Unik

By Cekresi .com
Bisa Meningkatkan Selera Makan Anak, Inilah 10 Kotak Makan Lucu dan Unik


Kotak makan lucu dan unik memang sangat disukai anak-anak, terlebih bagi anak yang baru mulai sekolah. Tidak hanya karena bentuknya yang menarik, tapi kotak makan lucu dan unik juga bisa meningkatkan selera makan mereka.



Berbagai macam kotak makan tersebut bisa Bunda dapatkan dengan mudah di pasaran. Untuk memudahkan mencarinya, berikut kami sajikan kotak makan lucu dan unik untuk anak lengkap dengan harga dan juga ulasannya.

Tapi sebelum itu, berikut beberapa tips memilih kotak makan untuk anak-anak hingga cara merawatnya agar lebih awet dan tahan lama.

Pilih ukuran kotak makan sesuai kebutuhan

Bagi Bunda yang memiliki buah hati doyan makan atau mempunyai porsi makan yang cukup banyak, pastikan Bunda memilih kotak makan dengan ukuran yang lebih besar. Sehingga makanan bisa tertampung dengan pas dan anak tidak akan terus merasa lapar.

Namun, jika anak Bunda memiliki nafsu makan yang kurang dan terbiasa makan dengan porsi sedikit, maka pilih ukuran kotak makan yang sesuai. Tujuannya agar tidak terlalu banyak bagian yang kosong dan makanan di dalam kotak tidak mudah berantakan.

Selain tentang porsi makan, Bunda juga perlu memiih ukuran kotak makan berdasarkan jenis makan siang yang disukai anak. Jika anak akan membawa sandwich ke sekolah setiap hari, artinya kotak makan kecil lebih cocok.

Dan sebaliknya, jika anak Bunda lebih suka makanan yang bervariasi tentu lebih baik pilih kotak makan yang lebih besar atau kotak makan yang memiliki banyak sekat.

Perhatikan kualitas bahan yang digunakan

Saat memilih kotak makan yang berbahan plastik, pastikan bahwa bahan tersebut bebas BPA. Seperti diketahui BPA atau Bisphenol A merupakan bahan kimia industri yang berbahaya dan biasanya digunakan dalam pembuatan plastik dan resin.

Bahan kimia BPA dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti kanker dan masalah kelenjar prostat. Selain itu, bahan ini juga dapat berdampak buruk pada lingkungan. Akumulasi plastik yang terus meningkat menyebabkan masalah besar di dunia modern.



Untuk lebih aman dari kandungan kimia berbahaya, Bunda bisa memilih kotak makan berbahan stainless steel. Tapi, bahan ini kurang disukai oleh anak-anak, karena selain berat juga bentuknya kurang menarik.

Pertimbangkan kemudahan membuka dan menutup kotak

Hal ini sangat penting untuk pengguna anak kecil agar mereka tidak kesusahan membuka kotak pada saat akan menyantap makan siangnya. Untuk itu, pastikan memilih kotak makan dengan pengait yang lebih tebal agar mudah digunakan oleh anak kecil.

Dan jika anak masih terlalu kecil, Bunda juga perlu menghindari memilih kotak makan yang menggunakan banyak klip di tepinya dan sedikit susah untuk diputar. Mungkin hal itu memang baik agar kotak makan anti bocor, tetapi kurang pas untuk anak yang terlalu kecil.

Pilih kotak makan antibocor

Jika anak Bunda adalah seseorang yang suka membawa sup atau semur untuk makanan bekalnya, maka kotak makan antibocor adalah pilihan terbaik.

Hal itu karena tidak mudah bagi anak untuk menjaga agar kotak makan tetap lurus saat dibawa. Maka, dengan kotak makan antibocor, Bunda tidak perlu khawatir makanan tersebut akan merembes atau membuat kotor tas.

Selain itu, kotak makan antibocor juga dapat menjaga makanan agar tetap segar atau panas lebih lama, karena di dalamnya sudah terdapat lapisan karet yang membuat wadah kedap udara.

Perhatikan desain dan bagian/sekat kotak makan

Sebagian besar anak-anak memiliki masalah makan yang sama, mereka cenderung susah makan dan memiliki selera makan yang rendah. Akan tetapi hal tersebut dapat disiasati dengan berbagai cara salah satunya dengan kotak makan yang memiliki desain unik dan lucu.



Kotak bekal dengan karakter yang lucu dan menarik bisa membantu sang anak meningkatkan selera makannya. Tiap kali melihat kotak makannya yang lucu, mereka akan merasa ceria dan lebih bersemangat untuk makan.

Dan yang tidak kalah penting lagi adalah, mencari kotak makan yang memiliki bagian atau sekat didalamnya. Hal ini bertujuan agar makanan tidak tercampur satu sama lain.

Desain kotak makan dengan banyak sekat atau sections ini juga cocok untuk anak Bunda yang suka makanan bervariasi.

Selain itu, kotak makan desain banyak sekat bisa membuat Bunda lebih bebas berkreasi dengan varian menu bekal anak dan hasilnya pun lebih cantik. Sehingga dengan tips-tips tersebut diharapkan selera makan anak dapat meningkat.

Cara merawat kotak makan agar lebih awet

Selanjutnya, berikut cara perawatan kotak makan agar lebih awet dan tahan lama :

  • Mencuci kotak makan setiap hari atau tiap selesai dipakai, karena semakin cepat Bunda bersihkan maka semakin baik. Sebagian besar jenis kotak makan tidak boleh dicuci dengan mesin pencuci piring, kecuali bahan stainless steel untuk memperpanjang masa pakainya.
  • Setelah kotak makan selesai dicuci biarkan dengan keadaan terbuka hingga kering, karena kotak makan telah tertutup hampir sepanjang hari. Hal ini juga bertujuan agar mencegah jamur tumbuh didalam kotak makan.
  • Jangan pernah memasukkan kotak makan kosong ke dalam microwave. Karena wadah yang kosong tidak ada semacam cairan atau makanan dalam penyimpanannya yang dapat menyerap panas dari microwave. Sehingga microwave akan menyerap panasnya sendiri dan lambat laun akan mengalami kerusakan serta kemungkinan terburuk adalah memicu terjadinya kebakaran.

10 Rekomendasi kotak makan lucu dan unik untuk meningkatkan selera makan anak

Setelah mengetahui berbagai hal tentang kotak makan lengkap dengan cara perawatannya, maka selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi kotak makan yang lucu dan unik untuk meningkatkan selera makan anak.

10. Yumbox Bento Lunch Box

foto-bisa-meningkatkan-selera-makan-anak-inilah-10-kotak-makan-lucu-dan-unik-10

Harga : Rp 466.000

Desain antibocor dan mudah dibuka tutup



Kotak makan Yumbox dirancang tidak mudah bocor dengan tutup berlapis silikon yang dibentuk menyatu dengan kotak. Sehingga kotak makan ini aman dari rembesan atau tumpahan makanan. Cocok digunakan sebagai wadah bekal anak ke sekolah.

Adapun untuk ukuran kotak makan, 8.5 x 6 x 1.8 inci dengan bobot ringan yang mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, bahan bebas BPA yang telah teruji keamanannya.

Menariknya lagi, kotak makan ini memiliki 5 sekat yang dapat dilepas dan satu kait penutup yang mudah dibuka dan ditutup. Sekat nya pun didesain dengan sudut membulat sehingga membuat kotak makan ini mudah dibersihkan. Bunda bisa membelinya di Shopee.

9. Tum Tum Bugs Lunch Box Set

foto-bisa-meningkatkan-selera-makan-anak-inilah-10-kotak-makan-lucu-dan-unik-9

Harga : Rp 179.000

Lunch box dengan bahan berkualitas dan BPA free

Lunch box dari Tum Tum ini merupakan salah satu produk kotak makan yang terkenal dan memiliki kualitas tinggi. Bahan diproduksi bebas BPA dan phthalate sehingga dipastikan aman digunakan.

Selain bebas BPA, produk ini juga dirancang sebagai kotak makan yang antibocor. Cocok digunakan untuk anak kecil sebagai tempat bekal ke sekolah atau rekreasi.



Kotak makan ini juga didesain khusus untuk menambah keceriaan sang buah hati, karena gambar yang disajikan lucu dan menarik. Anak-anak akan lebih bersemangat saat makan siang. Bunda bisa membeli produk ini di Shopee.

8. Lunch Box Tomica Patrol Car 3D

foto-bisa-meningkatkan-selera-makan-anak-inilah-10-kotak-makan-lucu-dan-unik-8

Harga : Rp 225.000

Kotak makan 3D dengan wadah besar dan kecil

Kotak makan ini berbentuk mobil polisi yang didalamnya dilengkapi dengan 2 wadah sekaligus yang berbentuk kotak. Wadah kotak yang lebih besar berada di bawah dan kotak yang lebih kecil berada di atas.

Lunch Box Tomica Patrol Car 3D dapat memuat makanan lebih banyak, cocok bagi anak Bunda yang memiliki porsi makan banyak. Bunda juga bisa menggunakan kotak yang lebih kecil sebagai tempat snack.

Pada kotak yang besar juga dilengkapi oleh sekat tambahan sehingga makanan tidak akan mudah tercampur. Bunda bisa membelinya di Shopee.

7. Din Din Smart Stainless Divided Platter

foto-bisa-meningkatkan-selera-makan-anak-inilah-10-kotak-makan-lucu-dan-unik-7

Harga : Rp 374.000

Bahan stainless steel berkualitas tinggi lebih tahan lama



Kotak makan Din Din Smart Stainless Divided Platter memiliki bentuk mirip piring lebar dengan 5 kompartemen yang terpisah dan berbentuk bus. Piring bus ini terbuat dari stainless steel food grade tipe 304 berkualitas tinggi di Korea Selatan.

Produk ini juga dipastikan tidak beracun, bebas BPA, bebas phthalate, bebas PVC dan bebas timah, sehingga sangat aman digunakan.

Selain itu, bahan yang digunakan juga lebih tahan lama, tidak mudah berkarat, maupun pecah. Bunda bisa membeli kotak makan ini di Shopee.

6. Yooyee Lunch Box Stainless

foto-bisa-meningkatkan-selera-makan-anak-inilah-10-kotak-makan-lucu-dan-unik-6

Harga : Rp 99.000

Lunch box lucu tahan panas hingga 120 C

Kotak makan Yooyee ini terbuat dari bahan stainless steel 304 yang kuat dan tahan lama. Bahan yang digunakan ini berkualitas tinggi, mampu menahan panas pada suhu -20 C hingga 120 C dan aman digunakan karena free BPA dan no odor.

Selain itu,di dalam kotaknya juga dilengkapi dengan 3 sekat. Pada tutup kotak makan terdapat karet antar sekat, sehingga makanan tidak bercampur satu sama lain.

Adapun ukuran kotak makan ini 15 cm x 20 cm x 7 cm, yang pas dipakai sebagai wadah bekal makanan anak ke sekolah. Bunda bisa membelinya di Shopee.

5. Lunch Box Set Kotak Bekal Makan Wheat Straw Gandum 850 ml 4 In 1 Wheat

foto-bisa-meningkatkan-selera-makan-anak-inilah-10-kotak-makan-lucu-dan-unik-5

Harga : Rp 32.000



Lunch box berbahan wheat straw lebih ramah lingkungan

Kotak makan ini menggunakan 2 klip penutup yang mudah digunakan. Terdapat pula seal silikon kedap udara pada penutup atas yang bisa mencegah makanan tumpah.

Tidak hanya itu, bahan yang digunakan berasal dari wheat straw atau bahan serat gandum yang ramah lingkungan dan aman bagi anak-anak.

Kotak makan ini juga tahan pada suhu -20 hingga 110 derajat celcius. Sehingga aman dimasukkan ke dalam lemari es maupun microwave.

Adapun untuk ukuran 11,9 cm x 19,5 x 7,1 cm, dan tersedia beberapa warna menarik yaitu hijau, coklat dan pink. Bunda bisa membeli kotak makan ini di Shopee.

4. Bentgo Kids Lunch Box Yooyee 5 grid

Harga : Rp 65.000

Warna yang lebih cantik dan desain yang elegan

Bentgo Kids Lunch Box Yooyee memiliki ukuran 20,6 x 16 x 5,8 cm dengan kapasitas mencapai 800 ml. Produk ini mirip dengan Yooyee Thermal, namun memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan.

Menariknya, lunch box ini memiliki seal di tutupnya sehingga tidak mudah tumpah dan antibocor. Belum lagi tutup luar berbentuk mirip hard case dengan beberapa varian warna yang cantik yaitu biru, pink, abu-abu, dan hijau.

Bahan yang digunakan pun tahan pada suhu hingga 120 derajat celcius dan bisa dimasukkan ke dalam microwave. Selain itu, produk ini dijamin bebas BPA sehingga aman digunakan. Bunda bisa membelinya di Shopee.



3. Lunch Box Tutup 2 Klip

foto-bisa-meningkatkan-selera-makan-anak-inilah-10-kotak-makan-lucu-dan-unik-3

Harga : Rp 20.500

Gambar lucu dan menarik

Produk kotak makan ini tersedia dalam 2 macam model, yaitu bentuk kepala hewan dan persegi panjang. Dilengkapi dengan penutup 2 klip di samping yang memudahkan anak-anak saat membuka atau menutupnya dengan sempurna.

Selain itu, terdapat 2 sekat di dalamnya sehingga makanan tidak mudah tercampur. Menariknya lagi, warna dan gambar yang tersedia bisa digunakan untuk cewek maupun cowok. Bunda bisa membeli kotak makan ini di Shopee.

2. Afrakids Lunch Set

foto-bisa-meningkatkan-selera-makan-anak-inilah-10-kotak-makan-lucu-dan-unik-2

Harga : Rp 115.000

Lunch set berbahan kualitas tidak mudah pecah

Produk Afrakids Launch Set ini merupakan salah satu produk kotak makan yang dilengkapi dengan botol minum sekaligus. Bahan yang digunakan dalam memproduksi tempat makan berupa plastik polypropylene sedangkan untuk botol minum terbuat dari bahan tritan.



Selain berkualitas, bahan yang digunakan juga bebas BPA sehingga aman untuk digunakan anak-anak. Pada tutup kotak makan terdapat karet seal. Bunda bisa membelinya di Shopee.

1. Technoplast Lunch Box Set Puzzel

foto-bisa-meningkatkan-selera-makan-anak-inilah-10-kotak-makan-lucu-dan-unik-1

Harga : Rp 75.000

Kotak makan puzzle menambah ketertarikan anak

Technoplast Lunch Box Set Puzzel merupakan produk inovasi kotak makan terbaru dengan desain yang berkonsep puzzle. Sehingga dapat menambah ketertarikan dan kreativitas anak-anak. Satu set produk ini terdiri dari 1 lunch box, 1 botol minum, serta sendok dan garpu.

Bahan yang digunakan berkualitas, lebih awet, dan tahan pada suhu hingga 100 derajat celcius. Bunda bisa membeli kotak makan ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Ketika membeli kotak makan untuk anak, sebaiknya Bunda memperhatikan ukuran, bahan, kemudahan dalam membuka dan menutup tutup, tidak mudah bocor, desain, dan sekatnya sesuai kebutuhan.
  • Agar kotak makan yang Bunda beli bisa lebih awet dan tahan lama perhatikan cara merawatnya.
  • Bunda bisa membeli launch box tutup 2 klip, karena harganya lebih terjangkau dan memiliki gambar yang cukup menarik.
  • Selain itu, Bunda juga bisa memilih Bentgo Kids Lunch Box Yooyee 5 grid, karena desainnya lebih elegan dan tidak mudah bocor.
  • Namun, jika Bunda mencari kotak makan dengan desain yang unik, maka Bunda bisa memilih produk Technoplast Lunch Box Set Puzzel.

Referensi

  1. Adventure Snacks (2021), How To Choose The Right Lunch Box, https://www.adventuresnacks.com.au/blogs/news/how-to-choose-the-right-lunch-box
  2. Chamsi Pirson (2020), Ultimate Guide On How To Choose The Best Lunch Box, https://www.techsling.com/ultimate-guide-on-how-to-choose-the-best-lunch-box/
  3. Mari-Jane Williams (2013), How to Choose a Lunch Box for Your Child, https://www.washingtonpost.com/lifestyle/on-parenting/how-to-choose-a-lunchbox-for-your-child/2013/08/27/52ff7ff4-ff7d-11e2-9711-3708310f6f4d_story.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Anak-Anak


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Bisa Meningkatkan Selera Makan Anak, Inilah 10 Kotak Makan Lucu dan Unik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »