Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


16 October 2021

Bantu Ringankan Gejala Batuk Pilek, Ini Dia 10 Rekomendasi Humidifier Terbaik

By Cekresi .com
Bantu Ringankan Gejala Batuk Pilek, Ini Dia 10 Rekomendasi Humidifier Terbaik


Memilih humidifier terbaik memang tidak mudah. Apalagi kini banyak produk humidifier dengan beragam model dan fiturnya yang canggih, seperti fitur bebas debu dan bakteri yang bisa membantu meringankan gejala batuk pilek maupun alergi.



Untuk membantu Anda saat ingin membelinya, berikut kami sajikan rekomendasi humidifier terbaik lengkap dengan harga beserta ulasannya. Tapi sebelum itu, simak ulasan terkait humidifier dan cara memilihnya di bawah ini.

Kenali manfaat humidifier sebelum memutuskan untuk membelinya!

Pada dasarnya, humidifier terbaik tidak hanya menjaga kelembapan saja, melainkan juga memiliki manfaat lain. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

• Menjaga saluran pernapasan

Alat ini membantu menjaga lingkungan sekitar menjadi lembap, sehingga kelembapan hidung dan saluran pernapasan tetap terjaga. Ini karena lendir yang ada pada hidung merupakan salah satu pertahanan tubuh agar virus dan bakteri tidak mudah masuk ke tubuh.

Jadi, apabila kelembapan hidung terjaga, Anda akan terhindar dari batuk dan pilek. Hidung yang kering, selain rawan virus, juga mudah mengalami iritasi hingga berdarah. Sangat penting menjaga udara lingkungan tetap lembap agar sekeluarga lebih sehat.

• Menjaga kesehatan kulit

Udara yang kering juga bisa mengganggu kesehatan kulit. Umumnya, kulit akan bereaksi menjadi kemerahan, tampak kering, gatal, bahkan pecah-pecah. Kondisi ini juga bisa terjadi pada bibir, sehingga kadang muncul retakan berdarah.

Namun, apabila menggunakan humidifier terbaik, kondisi kelembapan udara di ruangan akan terjaga, sehingga dapat meminimalisir gangguan kesehatan kulit dan bibir. Alat ini akan membuat Anda tetap sehat meskipun berada di ruangan ber-AC dalam waktu lama.

• Mengatasi gangguan mendengkur

Apabila Anda tinggal bersama orang yang memiliki kebiasaan mendengkur, pasti mengalami terganggu akibat suara berisiknya.



Solusinya adalah menempatkan humidifier di meja sebelah tempat tidur. Alat ini bisa membantu menurunkan intensitas suara dengkurannya.

• Mencegah terjadinya listrik statis

Pada iklim kering atau musim dingin, udara akan lebih sering mengalami adanya listrik statis. Hal ini dapat berbahaya apabila listrik statis tersebut menimbulkan percikan api yang dapat menyambar benda mudah terbakar di dekatnya.

salah satu cara mencegah hal ini terjadi adalah dengan melembapkan ruangan menggunakan humidifier yang terbaik. Alat ini akan membuat udara di sekitar Anda penuh dengan partikel air halus yang dapat mencegah terjadinya listrik statis.

• Menjaga furnitur lebih awet

Lingkungan yang kering dapat membuat wallpaper mudah mengelupas. Selain itu, furnitur yang terbuat dari kayu juga akan mudah memuai, melengkung, dan terjadi retakan. Anda harus menjaga lingkungan tetap lembap menggunakan humidifier untuk menghindari hal ini.

Melihat banyaknya manfaat humidifier, sudah saatnya Anda memilikinya di rumah. Ditambah lagi kondisi pandemi saat ini yang membuat perlindungan terhadap risiko batuk pilek harus lebih ditingkatkan. Namun, Anda harus memahami pertimbangan ketika membelinya.

Perhatikan penggunaan dayanya

Humidifier terbaik yang Anda pilih, sebaiknya memiliki penggunaan daya lebih hemat. Hal ini akan membuat pemakaian listrik di rumah Anda juga tidak mengalami lonjakan drastis ketika menggunakannya.

Ada baiknya juga memperhatikan sumber daya humidifier tersebut. Apakah Anda harus mencolokkannya pada sumber listrik, atau alat tersebut menggunakan daya baterai rechargeable.



Pertimbangkan kemampuan melembapkan ruangan

Air humidifier terbaik mampu melembapkan ruangan dengan coverage yang luas. Dengan demikian, Anda tidak perlu menggunakan dua alat atau lebih untuk satu ruangan. Untuk memastikan hal itu, sebaiknya memilih alat yang humiditasnya lebih luas dari area ruangan.

Pada ruang kerja atau kamar tidur, jenis desktop humidifier sudah cukup. Namun, apabila ruangan lebih luas, ada baiknya memilih jenis alat pelembap ruangan yang lebih besar, seperti tipe stationary atau console. Ada juga tipe humidifier yang langsung terpasang pada AC.

Pilih humidifier terbaik yang tidak bising

Oleh karena humidifier merupakan alat elektrik, sangat mungkin akan menimbulkan bunyi pada saat sedang beroperasi. Namun, beberapa produk mampu mengatasi hal ini dengan sistem operasional yang lebih hening.

Dengan memilih perangkat yang lebih tenang, Anda tidak akan terganggu dengan adanya alat tersebut. Terutama apabila Anda meletakkan humidifier tersebut di ruang kerja atau kamar tidur.

Periksa apakah humidifier yang Anda pilih memiliki fitur tambahan

Beberapa fitur tambahan yang memberikan nilai plus pada humidifier adalah adanya lampu LED, timer, pengaturan pencahayaan, pengaturan mode penyemprotan kabut, dan auto shut off.

Fitur-fitur tersebut, selain menambah fungsinya, juga membuat alat menjadi lebih aman ketika sedang beroperasi.

Contohnya pada fitur auto shut off yang membuat alat otomatis mati ketika jumlah air menipis, sehingga mencegah terjadinya korsleting listrik. Fitur timer juga memudahkan Anda ketika akan mengatur berapa lama alat pelembap udara tersebut beroperasi.

Humidifier terbaik yang memiliki tambahan lampu LED juga bisa membuatnya menjadi pengganti lampu tidur. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan suasana kamar yang menenangkan.



Untuk lebih mengoptimalkan fungsinya, tak ada salahnya memilih humidifier yang juga bisa berfungsi sebagai diffuser. Dengan demikian, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak aromaterapi yang membantu meredakan stres dan mengatasi gangguan kesehatan.

Perhatikan kemudahan saat membersihkannya

Sebagai alat yang menyebarkan partikel air ke udara di ruangan, Anda harus memastikan humidifier tersebut selalu dalam keadaan bersih. Hal ini untuk menghindari risiko alat itu justru menyebarkan bakteri dan spora jamur ke seluruh ruangan.

Periksa apakah Anda mudah membongkar dan memasang ulang bagian-bagiannya ketika tiba waktunya membersihkannya. Cuci bagian tangki dan outlet kabutnya agar tidak terjadi kerak membandel.

Perhatikan jenis kabut yang dihasilkan produk humidifier

Produk humidifier bisa menghasilkan uap kabut hangat dan dingin. Oleh sebab itu, pastikan memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Alat yang mengeluarkan kabut hangat mampu membunuh spora dan bakteri. Biasanya jenis ini juga lebih hening ketika beroperasi.

Humidifier dengan kabut hangat juga cocok untuk Anda yang sedang mengalami batuk pilek, karena membuat kerja obat lebih baik. Alat ini juga membuat saturasi kelembapan menjadi lebih tinggi.

Adapun produk yang menghasilkan kabut dingin lebih hemat daya. Selain itu, lebih aman, terutama bagi anak-anak, karena minim risiko kebakaran. Alat ini juga membuat ruangan terasa lebih sejuk pada saat udara sangat panas.

10 Rekomendasi humidifier terbaik

Apabila Anda memutuskan membeli humidifier untuk membantu mengatasi gejala batuk pilek atau keluhan kesehatan lain, pastikan memilih yang tepat. Agar lebih mudah dan tidak bingung dalam memilihnya, silakan melihat daftar rekomendasi berikut ini.



10. Smart Frog Waterlily Mini Humidifier

foto-humidifier-terbaik-bantu-ringankan-gejala-batuk-pilek-10

Harga : Rp 150.800

Bisa pengisian daya menggunakan power bank

Ini merupakan humidifier mobil terbaik berukuran mini. Anda bisa meletakkannya di dashboard untuk menjaga kelembapan kabin. Pengoperasiannya juga cukup mudah, yaitu hanya dengan one button control.

Rechargeable battery alat ini bisa Anda isi ulang dengan menggunakan power bank atau laptop. Tak perlu khawatir terjadi korsleting, karena fitur auto off membuat alat otomatis mati ketika air habis. Anda bisa membeli humidifier ini di Shopee.

9. Aromatherapy Humidifier Preserved Fresh Flower

Harga : Rp 285.500

Bentuk unik, menyerupai bola kristal

Apabila Anda menginginkan humidifier terbaik yang bias sekaligus menjadi hiasan, produk ini adalah pilihan tepat. Modelnya menyerupai bola kristal dengan bunga di dalamnya dan lampu aneka warna cahaya.



Tidak hanya melembapkan, alat ini juga membantu menghilangkan bau tak sedap. Jadi, ruangan akan terasa lebih segar dan menyenangkan. Produk ini juga memiliki fitur auto off untuk keamanan. Humidifier ini juga tersedia di Shopee.

8. Deerma F628S Air Humidifier

foto-humidifier-terbaik-bantu-ringankan-gejala-batuk-pilek-8

Harga : Rp 282.000

Humidifier sekaligus diffuser dan purifier

Ingin produk dengan kegunaan komplet? Humidifier yang satu ini bisa jadi andalan menciptakan udara terbaik di rumah. Tidak hanya melembapkan dan memurnikan udara, tetapi juga sebagai alat aromaterapi.

Alat ini memiliki garis tangki transparan, sehingga Anda bisa dengan mudah mengetahui ketika air sudah habis. Humidifier tipe desktop ini memiliki kapasitas tangki 5 liter, dengan waktu operasi mencapai 12 jam.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial pada tangki, maka ruangan akan penuh dengan udara lembap yang sehat. Apabila ingin mengecek temperatur, cukup dengan melihat pada layar LED yang jernih. Humidifier ini tersedia juga di Shopee.

7. Crane USA Adorable Curtis The Cow Air Humidifier

foto-humidifier-terbaik-bantu-ringankan-gejala-batuk-pilek-7

Harga : Rp 990.000



Bentuk lucu, membuat kamar anak makin ceria

Humidifier terbaik untuk anak-anak ini memiliki desain lucu. Tidak hanya berbentuk sapi, melainkan juga Hello Kitty, bebek, dan kodok. Ruangan jadi lebih lembap dan anak-anak terhindar dari batuk pilek akibat udara kering.

Kapasitas tangkinya mencapai 3,8 liter dan apabila kosong, alat akan otomatis mati berkat fitur auto off. Tak perlu khawatir tidur anak terganggu, karena alat ini bekerja dalam mode senyap.

Keunggulan lainnya adalah humidifier ini memiliki antimicrobacterial yang sudah bersertifikat FDA. Bahkan, mampu membunuh mikroba hingga 99,96%. Lindungi kesehatan anak dengan membeli humidifier ini, yang tersedia di Shopee.

6. Dr Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier

foto-humidifier-terbaik-bantu-ringankan-gejala-batuk-pilek-6

Harga : Rp 880.000

Kendali mudah dengan satu tombol

Perlu humidifier dengan pengoperasian mudah? Alat yang satu ini cocok untuk Anda. Pengaturan pengoperasiannya cukup hanya dengan satu tombol saja. Humidifier dan diffuser terbaik ini mampu membuat udara ruangan jadi berkualitas.



Kapasitas tangkinya adalah 3,8 liter dan mampu menyala terus hingga 30 jam. Apabila Anda sering berada di ruangan ber-AC, gunakan humidifier yang menyemprotkan kabut dingin ke segala arah ini.

Meskipun meletakkannya di meja kerja, Anda tidak akan merasa terganggu suaranya. Alat ini bekerja cukup tenang dan senyap. Humidifier ini bisa Anda temui di Shopee.

5. Babymoov Air Humidifier Hygro Plus

foto-humidifier-terbaik-bantu-ringankan-gejala-batuk-pilek-5

Harga : Rp 1.699.000

Memiliki fitur silent ultrasonic

Kulit bayi memiliki sifat sangat sensitif, apalagi bagi yang baru lahir. Udara kering dapat membuat kulitnya kemerahan, gatal, bahkan bersisik. Oleh sebab itu, akan tepat jika meletakkan humidifier terbaik untuk bayi ini di kamarnya.

Fitur silent ultrasonic pada alat ini membuatnya bekerja cukup senyap, sehingga tidak mengganggu tidur bayi. Anda bisa mengatur level humidifying melalui smart touchscreen dengan mudah. Apabila air habis, alat ini akan mati otomatis.

Mist nozzle pada humidifier ini bisa mengarah ke 360 derajat, sehingga memenuhi ruangan dengan udara lembap. Fungsikan sebagai diffuser dengan menambahkan minyak esensial lavender agar bayi tidak diganggu nyamuk. Alat humidifier ini bisa Anda beli di Shopee.



4. Panasonic F-PXF35AHN air purifier

foto-humidifier-terbaik-bantu-ringankan-gejala-batuk-pilek-4

Harga : Rp 2.400.000

Hemat energi dengan teknologi econavi

Tidak hanya sebagai air purifier saja, alat ini juga berperan melembapkan udara di seluruh ruangan. Teknologi econavi yang membuatnya hemat energi merupakan nilai plus tersendiri.

Selain itu, teknologi nanopartikel menciptakan kabut ekstra kecil dan bertahan lama di udara. Humidifier terbaik tipe stasioner ini juga memiliki fitur timer dan child lock yang membuatnya aman. Anda bisa membeli humidifier ini melalui Shopee.

3. Sharp KCF3OY-W Air Purifier With Humidifying

foto-humidifier-terbaik-bantu-ringankan-gejala-batuk-pilek-3

Harga : Rp 2.590.000

Menghilangkan debu penyebab alergi

Bernapas lebih lega karena bebas debu dan bakteri bisa membuat Anda terhindar dari batuk pilek saat musim kering. Alat ini membantu mewujudkan hidup lebih sehat dengan udara bersih.



Humidifier ini juga melepaskan ion negatif dan positif untuk mengikat dan menghancurkan mikroba. Dengan demikian, lingkungan menjadi lebih sehat.

Produk tipe stasionery ini cocok untuk orang yang rentan alergi agar hidup lebih sehat. Anda bisa mendapatkan humidifier ini di Shopee.

2. New Crane 4 in 1 True HEPAAir Purifier Humidifier Anak

foto-humidifier-terbaik-bantu-ringankan-gejala-batuk-pilek-2

Harga : Rp 2.290.000

Bisa memilih uap panas dan dingin

Humidifier ini mampu memenuhi semua kebutuhan Anda. Selain melembapkan, memurnikan udara, sekaligus sebagai diffuser. Ketiga fungsi ini bisa memberikan kualitas udara terbaik bagi Anda.

Alat ini mampu menyerap debu, bakteri dan virus hingga 99,7% berkat True HEPA filternya. Ditambah dengan teknologi UV yang mampu membunuh kuman, membuat udara semakin bersih.

Fungsi humidifier-nya membebaskan Anda dari udara kering, dengan menyemprotkan uap hangat dan dingin. Uap hangat dan dingin membantu meringankan keluhan batuk, pilek, dan sinusitis. Anda bisa membeli pelembap udara ini di Shopee.



1. Boneco E2441A Humidifier

foto-humidifier-terbaik-bantu-ringankan-gejala-batuk-pilek-1

Harga : Rp 3.580.500

Pengisian ulang tangki sangat mudah

Humidifier Boneco ini tidak hanya melembabkan udara, tetapi juga mengharumkan ruangan, berkat fungsi tambahan sebagai diffuser. Desainnya simpel dan menarik, hingga memenangkan penghargaan Red DOT Design.

Pengoperasian humidifier ini cukup mudah, apalagi dengan adanya indikator air. Tidak usah membongkar humidifier ini untuk pengisian ulang. Anda hanya perlu menuangkan dari bagian atas saja.

Saat beroperasi, humidifier ini hanya mengeluarkan suara kurang dari 25 dB. Jadi, tidak berisik dan mengganggu. Anda bisa membeli produk humidifer ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Menjaga kelembapan udara menggunakan humidifier dapat membantu mengurangi gejala batuk, pilek, dan gangguan pernapasan lain.
  • Ketika membeli humidifier, perhatikan kapasitas tangki, tingkat kebisingan, fitur auto off, dan fungsi tambahan lainnya.
  • Apabila Anda membutuhkan produk berkualitas yang tidak berisik, mudah pengisian ulangnya, pilih Boneco E2441A Humidifier dengan keunggulan desainnya.
  • Agar kamar anak menjadi sehat dan makin ceria, Anda bisa memilih Crane USA Adorable Curtis The Cow Air Humidifier yang modelnya menarik bagi si buah hati.
  • • Adapun produk yang tidak hanya melembapkan, melainkan juga memurnikan udara, pilihannya adalah Sharp KCF3OY-W Air Purifier With Humidifying dengan fitur penyaring debu.

Referensi

  1. Allergy Buyers Club (2019), How to Choose a Humidifier, https://www.allergybuyersclub.com/learning/humidifiers-cool-mist-warm-review.html
  2. Sylvane (2021), 5 Things to consider When Buying a Humidifier, https://www.sylvane.com/humidifier-buying-tips.html
  3. Mariette Miflin (2021), 10 Things to Consider When Choosing a Room Humidifier, https://www.thespruce.com/room-humidifier-shopping-1908137



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Medis Obat


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Bantu Ringankan Gejala Batuk Pilek, Ini Dia 10 Rekomendasi Humidifier Terbaik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »