Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


26 October 2021

Bantu Naikkan Kualitas Hidup Sehat, Inilah 10 Rekomendasi Juicer Terbaik

By Cekresi .com
Bantu Naikkan Kualitas Hidup Sehat, Inilah 10 Rekomendasi Juicer Terbaik


Ingin memulai hari dengan asupan nutrisi yang menyehatkan? Memiliki juicer terbaik di rumah dapat membantu mewujudkan hal itu. Anda bisa menyiapkan sarapan sehat kaya nutrisi dari buah atau sayuran dengan cara praktis dan menyenangkan.



Anjuran dari ahli nutrisi adalah untuk tidak melewatkan sarapan, sebab ini adalah sumber nutrisi penting sebagai bekal aktivitas. Namun, perlu memperhatikan menu sarapan yang paling tepat bagi tubuh.

Sari buah-buahan dan sayuran merupakan pilihan yang tepat, karena mengandung banyak nutrisi untuk pemenuhan kebutuhan harian tubuh. Berbeda dengan sarapan nasi goreng yang membuat mengantuk, segelas jus buah dan sayur yang segar bisa menjadi mood booster di pagi hari.

Mengenal perbedaan antara juicer dan blender

Bisa jadi Anda bertanya mengapa memerlukan juicer jika di rumah sudah ada blender. Jawabannya, tentu saja karena fungsi dari kedua alat tersebut berbeda. Blender berfungsi sebagai alat yang menghancurkan dan mencampur bahan. Misalnya ketika ingin membuat bumbu halus.

Blender juga bisa menghancurkan dan mencampur buah dengan gula serta es batu untuk membuat minuman jus yang menyegarkan. Namun, produk akhirnya berbeda dengan juicer.

Juicer merupakan sebuah alat khusus yang berfungsi untuk memeras sari alami buah atau sayur. Cara kerjanya adalah menghancurkan bahan dan mengekstraksinya. Selanjutnya, alat ini akan memisahkan sari alami kaya nutrisi dengan ampas dari buah atau sayur tersebut.

Anda akan mendapatkan minuman yang kaya nutrisi, sehat, bercitarasa lembut, dan menyegarkan. Bagaimanapun, untuk apa meminum ampasnya jika Anda bisa mendapatkan saripatinya saja, bukan?

Macam-macam juicer

Dengan adanya banyak produk beragam tipe yang ada di pasaran, tidak jarang orang merasa kebingungan menentukan juicer terbaik merek apa. Namun, sebelum mulai memilah dan memilih, ada baiknya memahami dahulu macam-macam juicer.



• Juicer sentrifugal

Anda akan banyak menemui jenis ini di pasaran. Cara kerjanya adalah mendorong bahan ke alat pemarut, kemudian memisahkan antara saripati dengan ampasnya. Produk jenis ini bekerja cukup cepat, sehingga dapat membantu menghemat waktu di dapur saat pagi yang sibuk.

Namun, akibat proses operasionalnya yang cepat, akan timbul panas pada alat tersebut yang menyebabkan jus menjadi teroksidasi. Akibatnya, beberapa nutrisinya akan menjadi berkurang.

Oleh sebab itu, juicer terbaik jenis sentrifugal lebih cocok untuk membuat jus yang akan segera Anda minum. Meskipun menyimpannya dalam wadah tertutup di dalam kulkas, jus hanya akan bertahan kurang dari 24 jam.

• Slow juicer

Sesuai dengan namanya, jenis juicer ini bekerja dalam kecepatan yang lebih lambat. Oleh sebab itu, panas yang dihasilkan alat ini minim, sehingga saripati buah atau sayur tidak mengalami oksidasi. Dengan demikian, nutrisi di dalam jus lebih terjaga.

Proses yang lebih lambat juga membuat hasil akhir memiliki volume yang lebih besar. Artinya, Anda akan mendapatkan jus yang lebih sehat dan banyak. Dari segi ekonomis, tentu saja hal ini sangat menguntungkan.

Apabila ingin produk yang lebih optimal dalam menjaga nutrisi bahan, masih ada jenis juicer triturasi dan Norwalk hydraulic Press. Namun, proses pemerasan saripati jauh lebih lama. Jenis yang terakhir bahkan bisa membuat jus dari bahan yang minim kandungan air.

Biasanya, jenis tersebut lebih sering untuk penggunaan di pusat penyembuhan. Kualitas hasil jusnya juga mempengaruhi harganya menjadi lebih mahal.



Tentukan jenis bahan yang akan Anda ambil sarinya

Setelah mengetahui macam-macam juicer terbaik, tentunya bisa menentukan tipe mana yang lebih Anda butuhkan. Tips pertama dalam memilih produk juicer terbaik adalah menentukan akan lebih sering menggunakan bahan apa dalam membuat jus.

Apabila pilihannya adalah jus buah, maka juicer sentrifugal lebih tepat. Kecepatan operasionalnya membuat alat ini mampu membuat jus dari bahan buah dan sayuran yang tergolong keras, seperti apel atau melon.

Adapun pilihan tipe pengunyah (slow juicer), lebih cocok bagi Anda yang lebih sering membuat jus berbahan sayuran hijau. Dengan alat ini, jus sayuran akan terjaga nutrisinya dan lebih tahan lama.

Pilih yang memiliki kapasitas sesuai

Biasanya, ukuran juicer sebanding dengan volume hasilnya. Jadi, apabila akan membuat jus dalam jumlah sedikit saja, tidak perlu membeli alat yang terlalu besar. Dimensi alat juga semestinya menjadi perhatian, terkait dengan peletakannya nanti.

Apabila Anda akan sering menggunakan juicer terbaik ini, sebaiknya memilih produk dengan desain yang lebih ramping dan ringan. Jika tidak, mungkin akan membuat kesulitan ketika harus bolak-balik mengeluarkan dan memasukkannya ke lemari penyimpanan.

Berapa waktu yang Anda miliki dalam membuat jus?

Perhatikan waktu yang Anda miliki setiap harinya untuk membuat jus. Apabila pagi hari penuh dengan aktivitas dan selalu terburu-buru, pilihan jenis juicer sentrifugal tentu lebih tepat karena pengoperasiannya cepat.

Sebaliknya, jika memiliki waktu lebih longgar dan mengharapkan kualitas jus optimal, pilih jenis slow juicer. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa membuat stok jus malam sebelumnya untuk konsumsi di pagi hari.



Pastikan pengoperasiannya mudah

Juicer yang memiliki tabung umpan lebih besar tentu akan memudahkan Anda. Tidak perlu repot memotong bahan menjadi kecil-kecil, tinggal memasukkannya langsung ke tabung tersebut. Hal ini tentu menghemat waktu yang sangat berharga.

Periksa juga wadah ampasnya. Pada produk yang memiliki wadah ampas eksternal, memudahkan penggunanya untuk terus membuat jus tanpa harus berhenti dahulu untuk membuang ampasnya. Ini akan sangat berguna jika perlu membuat jus dalam jumlah banyak.

Pastikan juicer tidak berisik

Anda mungkin akan bangun lebih pagi daripada anggota keluarga lainnya untuk mempersiapkan sarapan sehat. Oleh sebab itu, sangat penting memilih produk juicer yang tidak berisik. Jadi, Anda lebih leluasa membuat jus tanpa khawatir mengganggu orang lain yang masih tidur.

Jenis slow juicer cenderung lebih hening, karena proses operasionalnya yang lambat. Meskipun demikian, ada juga juicer sentrifugal dengan desain sistem operasi yang tidak berisik.

Periksa kemudahan membersihkannya

Kebersihan merupakan salah satu hal yang berpengaruh pada kesehatan. Juicer yang notabene adalah produk pendukung kesehatan bisa berubah berbahaya jika menggunakannya dalam kondisi kotor.

Jadi, ada baiknya memastikan memilih alat yang membersihkannya mudah, sebab selain berpengaruh pada kesehatan juga terhadap usia pakainya. Bersihkan masing-masing bagian yang bersentuhan dengan bahan jus secara seksama.

Beberapa tips menjaga keawetan juicer adalah dengan menggunakan bahan yang sesuai. Selain itu, pastikan tidak ada bagian keras yang ikut masuk ke alat tersebut, misalnya biji buah. Hindari mendorong buah atau sayur menggunakan alat selain plunger juicer itu sendiri.



Segera cuci bersih juicer setelah menggunakannya. Apabila tidak sempat, guyur dengan air untuk menghilangkan sisa buah yang tersangkut. Segera setelah sempat, cuci bersih dengan cermat. Hal ini bertujuan untuk menghindari sisa buah yang menempel berjamur dan menyebabkan karat.

10 Rekomendasi juicer terbaik untuk naikkan kualitas hidup sehat

Apabila sudah menentukan jenis juicer yang akan Anda beli, mungkin masih perlu rekomendasi merek mana yang bisa menjadi pilihan. Oleh sebab itu, di bawah ini ada beberapa juicer terbaik dan harganya untuk memudahkan Anda dalam memilih.

10. Cosmos CJ-355 Juicer

foto-juicer-terbaik-bantu-naikkan-kualitas-hidup-sehat-10

Harga : Rp 299.000

Harga ekonomis, sehingga sangat terjangkau

Salah satu hal yang menonjol dari juicer terbaik ini adalah harganya yang ramah di kantong. Kapasitas produksinya adalah mampu menghasilkan volume jus 0,5 liter. Ukuran ini cukup untuk menyediakan asupan nutrisi sehat di rumah setiap pagi.

Mata pisau pemotong pada juicer ini terbuat dari bahan stainless steel, sehingga Anda tidak perlu khawatir adanya karat. Desainnya modern dan akan menambah keren penampilan dapur. Anda bisa membelinya di Shopee.

9. Sharp Juicer EJ 150 Juice Extractor

foto-juicer-terbaik-bantu-naikkan-kualitas-hidup-sehat-9

Harga : Rp 656.300



Mesin motor kuat, bisa untuk buah dan sayur

Juicer terbaik jenis sentrifugal ini bisa menjadi partner Anda dalam mempersiapkan minuman sehat setiap pagi. Menggunakan bahan buah maupun sayur, kreasikan aneka resep jus yang menyegarkan dan kaya nutrisi.

Mesin motornya yang bertenaga kuat mampu mengekstrak nutrisi dari buah atau sayuran yang memiliki tekstur keras sekalipun. Setelah membuat jus, pembersihannya pun mudah, karena gampang melepas dan mencuci bagian-bagiannya. Anda bisa membeli juicer ini di Shopee.

8. Philips Viva Collection Juicer HR1855

foto-juicer-terbaik-bantu-naikkan-kualitas-hidup-sehat-8

Harga : Rp 1.350.000

Kapasitas besar, bisa membuat jus untuk seluruh keluarga

Selanjutnya ada juicer terbaik dan murah dari Philips, dengan tipe centrifugal. Anda bisa membuat dua liter jus untuk seluruh keluarga hanya dalam waktu singkat. Volume hasil ekstraksinya juga lebih banyak.

Tidak perlu merasa khawatir ada sisa ampas yang terselip dan jadi menjamur, sebab desainnya yang bulat mencegah hal itu terjadi. Selain itu, ada fitur pre-clean yang memudahkan pembersihannya.



Anda hanya perlu menuangkan air pada bagian pendorong untuk membilas sisa-sisa ekstraksi. Seluruh ampas pun masuk dalam wadah penampungan, sehingga mudah membuangnya. Produk juicer terbaik ini bisa Anda dapatkan di Shopee.

7. Slow Juicer Sharp EJC20YRD

foto-juicer-terbaik-bantu-naikkan-kualitas-hidup-sehat-7

Harga : Rp 1.425.000

Proses pembuatan jus tidak berisik

Selanjutnya adalah slow juicer murah terbaik dari Sharp. Oleh karena merupakan tipe slow juicer, maka kecepatan kerja mesinnya hanya 60 RPM, sehingga tidak bising. Bahkan, tingkat kebisingannya hanya 70 dB saja.

Ingin membuat jus dini hari ketika keluarga sedang tidur pun, tetap tidak akan mengganggu mereka. Kapasitas mangkoknya juga cukup besar, yaitu 800 ml. Jadi, Anda bisa membuat jus untuk konsumsi berdua.

Awali hari dengan membuat jus apel, stroberi, atau mentimun menggunakan juicer terbaik ini. Anda pun akan siap menghadapi hari aktif penuh energi. Juicer ini dapat Anda beli di Shopee.

6. Panasonic Juicer MJ 68 M

foto-juicer-terbaik-bantu-naikkan-kualitas-hidup-sehat-6

Harga : Rp 1.437.500



Lengkap dengan safety lock clamp

Pengoperasian juicer terbaik dari Panasonic ini cukup mudah. Selain itu, keamanannya juga terjamin. Ada fitur safety lock clamp yang membuat juicer hanya bisa beroperasi saat semua komponen sudah terpasang dengan benar.

Fitur keamanan lain adalah auto off. Dengan adanya fitur ini, juicer akan otomatis mati apabila suhunya mencapai batas. Hal ini dapat membuat juicer terhindar dari kerusakan akibat overheat. Anda bisa membelinya di Shopee.

5. Kenwood JE680 Continuous Centrifugal Juicer

foto-juicer-terbaik-bantu-naikkan-kualitas-hidup-sehat-5

Harga : Rp 2.110.000

Fitur anti-drip membuat dapur tetap bersih

Juicer terbaik selanjutnya ini memiliki fitur anti-drip, sehingga tidak ada tetesan atau rembesan juice yang keluar dari alat tersebut. Dengan demikian, meja dapur akan tetap bersih dan kering. Kapasitas tangki ampasnya pun besar, yaitu mencapai 1,5 L.

Apabila memerlukan juicer yang memudahkan Anda membuat jus tanpa harus repot memotong buah menjadi kecil-kecil, inilah alat yang tepat. Tube entry pembuat jus ini berukuran XL, sehingga potongan besar buah atau sayur dapat masuk dengan mudah.



Tampilan juicer terbaik ini glossy dengan desain yang modern dan elegan. Pasti cocok untuk melengkapi counter dapur Anda. Untuk membersihkannya juga cukup mudah. Bahkan, beberapa bagian menggunakan bahan dishwasher safe. Juicer ini tersedia di Shopee.

4. Panasonic MJL500 Slow Juicer

foto-juicer-terbaik-bantu-naikkan-kualitas-hidup-sehat-4

Harga : Rp 2.450.000

Menjaga suhu normal agar jus tidak teroksidasi

Kecepatan slow juicer terbaik ini hanya 45 RPM, sehingga suhu jus tetap normal dan terhindar dari oksidasi. Anda akan mendapatkan saripati buah dengan nutrisi yang optimal. Selain itu, alat ini bekerja dalam hening, sehingga tidak ada suara berisik yang mengganggu.

Bahan pembuatnya BPA free dan mudah membersihkannya. Terdapat fitur wiper otomatis yang mampu mencegah filter tersumbat oleh serpihan ampas. Selain itu, juicer ini dapat bekerja terus menerus hingga 30 menit.

Penampungan jus dan ampasnya eksternal. Dengan demikian, Anda bisa terus menambahkan buah dan sayur untuk membuat lebih banyak jus. Produk juicer terbaik ini tersedia juga di Shopee.

3. Bosch Juicer Extractor MES3500

foto-juicer-terbaik-bantu-naikkan-kualitas-hidup-sehat-3

Harga : Rp 3.298.000



Memiliki fitur pengaturan kecepatan

Ingin membuat jus yang berbeda setiap harinya? Anda memerlukan juicer terbaik dengan pengaturan kecepatan ini. Jadi, bisa mengatur kecepatan tepat untuk membuat variasi jus dari buah dan sayur yang lunak maupun keras.

Corong berukuran besar membuat tidak perlu lagi repot memotong buah sebelum mengekstraksinya. Hasil jus lembut dan jernih, karena alat ini juga lengkap dengan fitur pemisah buih. Anda bisa membelinya di Shopee.

2. Omega Juicer H3000D Cold Press 365

foto-juicer-terbaik-bantu-naikkan-kualitas-hidup-sehat-2

Harga : Rp 6.199.000

Pembersihan mudah dengan auto cleaning

Mengonsumsi jus yang teksturnya halus dan kaya nutrisi setiap hari, pasti dapat membantu meningkatkan kualitas hidup sehat. Pilihan juicer terbaik ampas kering ini bisa mengoptimalkan asupan nutrisi Anda.

Alat ini menghasilkan sari buah dan sayur dalam jumlah yang lebih banyak. Oleh karena itu, ampasnya memang menjadi lebih kering. Jadi, tidak ada nutrisi yang terbuang. Bahkan, enzim dan nutrisi penting pada jus tetap terjaga, meskipun di dalam kulkas selama 72 jam.

Anda bisa membuat stok jus cukup untuk tiga hari dalam sekali pembuatan. Artinya, lebih hemat waktu, tenaga, dan listrik. Adapun untuk pembersihannya cukup mudah, karena ada fitur auto cleaning. Produk juicer terbaik ini mudah Anda temukan di Tokopedia.



1. Kuvings C7000 Whole Slow Juicer

foto-juicer-terbaik-bantu-naikkan-kualitas-hidup-sehat-1

Harga : Rp 4.400.000

Bisa membuat jus, shorbet, dan smoothie

Bosan minum jus setiap hari? Anda masih bisa mendapatkan nutrisi buah dan sayur dalam bentuk smoothie atau sorbet. Apapun pilihannya, alat ini mampu membuatnya. Dengan demikian, kualitas hidup sehat pun akan meningkat.

Alat ini menggunakan metode slow speed masticating, sehingga bekerja tanpa berisik dan menjaga nutrisinya tidak teroksidasi. Sediakan sorbet sehat dan lezat sebagai camilan anak menggunakan juicer ini.

Untuk keamanannya, juicer ini memiliki fitur safety lock yang membuatnya hanya bisa beroperasi ketika sudah terpasang dengan tepat. Anda bisa membeli juicer terbaik ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Juicer dapat memudahkan Anda membuat sari buah dan sayur kaya nutrisi untuk meningkatkan kualitas hidup sehat setiap hari.
  • Tips memilihnya adalah memperhatikan jenis bahan yang akan dibuat jus, mengecek fitur keamanan, tingkat kebisingan, dan kemudahan membersihkanya.
  • Bagi Anda yang membutuhkan juicer terbaik sekaligus pembuat sorbet dan smoothies, pilihannya adalah Kuvings C7000 Whole Slow Juicer.
  • Namun jika perlu juicer yang bekerja cepat, bisa memilih Kenwood JE680 Continuous Centrifugal Juicer, karena tube entry alat ini berukuran XL.
  • Adapun bagi Anda yang membutuhkan juicer terbaik dengan harga ekonomis, bisa memilih Cosmos CJ-355 Juicer.

Referensi

  1. Kimberly Holland (2019), Here’s How to Choose the Right Type of Juicer for You, https://www.realsimple.com/food-recipes/tools-products/appliances/types-of-juicers#:~:text=Look%20for%20a%20juicer%20with,cost%20in%20the%20long%20term.
  2. Kriss Carr (2021), How to Choose the Best Juicer, https://kriscarr.com/blog/how-to-choose-best-juicer/
  3. Sean Brennan (2021), 5 Tips to Maintain Your Juicer So It Lives Longer, https://juicerkings.com/tips-to-maintain-your-juicer/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Juicer


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Bantu Naikkan Kualitas Hidup Sehat, Inilah 10 Rekomendasi Juicer Terbaik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »