Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


25 October 2021

Bantu Cegah Demam Berdarah Sejak Dini, Inilah 10 Rekomendasi Mosquito Killer

By Cekresi .com
Bantu Cegah Demam Berdarah Sejak Dini, Inilah 10 Rekomendasi Mosquito Killer


Mencegah risiko terinfeksi penyakit berbahaya merupakan langkah kesehatan yang penting Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan mosquito killer sebagai pencegah terjangkit demam berdarah sejak dini.



Nyamuk merupakan salah satu serangga yang membawa beberapa penyakit berbahaya. Di antaranya adalah malaria, zika, dan demam berdarah. Oleh karena itu, keberadaannya pun harus dalam kontrol agar tidak merajalela dan membahayakan kesehatan.

Ada banyak cara untuk mengendalikan serangga hama ini. Menggunakan obat nyamuk bakar dan semprot adalah langkah umum. Namun, efek sampingnya, ada residu bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Alternatif lainnya adalah mosquito killer.

Mengenal mosquito killer dan cara kerjanya

Mosquito killer adalah suatu alat yang bekerja memikat nyamuk untuk mendekat, kemudian memerangkapnya hingga mati di dalam tabung penampung. Alat ini bekerja dengan membuat kondisi menyerupai mangsa si nyamuk.

Makanan bagi nyamuk betina adalah darah mamalia dan manusia. Untuk mengetahui keberadaan mangsanya, serangga ini bisa mendeteksi melalui suhu tubuh, cahaya, atau CO2. Itulah sebabnya, perangkap tersebut menirunya dengan membuat umpan yang menarik nyamuk.

Ada alat yang menggunakan lampu LED atau sinar UV intensitas rendah untuk meniru suhu tubuh. Alat lainnya menggunakan zat penghasil karbondioksida. Jadi, Anda pun harus jeli memilih alat yang tepat untuk masing-masing kebutuhan.

Cara kerja mosquito killer ini adalah mengeluarkan umpan agar nyamuk datang mendekat. Kemudian, kipas yang ada pada bagian dalam perangkat akan menyedot dan membuat nyamuk terperangkap hingga mati akibat dehidrasi.

Pada jenis lainnya, ada alat berisi cairan yang memiliki aroma menarik nyamuk. Nyamuk akan mengerubungi cairan tersebut dan terperangkap hingga mati tenggelam. Selain itu juga ada jenis mosquito killer yang menggunakan kertas berperekat untuk memerangkap serangga tersebut.



Pilih yang memiliki jangkauan memadai

Setelah mengetahui cara kerjanya, Anda bisa menyimak tips memilih mosquito killer trap yang sesuai untuk kebutuhan. Pertama adalah pastikan jangkauannya (coverage) memadai.

Untuk kamar tidur, perangkap yang hanya menjangkau area 20 meter persegi mungkin cukup. Berbeda halnya jika Anda perlu memerangkap nyamuk di luar ruangan. Tentu saja perlu menjangkau area yang lebih besar.

Dengan demikian, Anda akan bisa menikmati bersantai di halaman belakang rumah tanpa khawatir nyamuk menyerang.

Pilih tradisional atau elektrik?

Mungkin Anda masih mempertimbangkan antara penggunaan perangkap nyamuk tradisional maupun elektrik. Tentunya masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Perangkap nyamuk sederhana lebih murah dan bahkan bisa Anda buat sendiri.

Meskipun demikian, banyak orang lebih memilih perangkap nyamuk modern berbasis elektrik yang lebih praktis dan memiliki beragam fitur tambahan. Oleh sebab itu, kembali pada preferensi masing-masing penggunanya.

Cek saran kegunaannya

Ada jenis mosquito killer yang menggunakan lampu LED untuk memikat serangga itu. Jenis ini biasanya disarankan untuk penggunaan di dalam ruangan, contohnya kamar tidur. Bisa saja Anda memasang alat ini di luar rumah, tetapi biasanya kinerjanya kurang optimal.

Sebaliknya, perangkap nyamuk yang menggunakan umpan karbondioksida justru lebih tepat untuk penggunaan luar ruangan. Selain mampu memikat nyamuk dari jarak jauh, CO2 dari alat ini akan mengganggu pernapasan ketika Anda meletakkannya di dalam kamar.

Pastikan mudah memindahkannya

Perangkap nyamuk yang simpel, ringan, dan mudah memindahkannya tentu lebih fleksibel. Alat tersebut dapat berpindah mengikuti pergerakan Anda di rumah. Jadi, ketika sedang menonton televisi atau hendak tidur, tidak ada gangguan dari nyamuk.



Jenis portable mosquito killer yang menggunakan baterai juga bisa menjadi pilihan tepat apabila Anda tergolong memiliki mobilitas tinggi di rumah. Meskipun biasanya jangkauan perlindungannya tidak luas, tetapi kemudahan memindahkannya bisa menjadi nilai plus.

Periksa tingkat kebisingannya

Bisa jadi alat ini akan tetap bekerja ketika Anda tertidur lelap. Oleh sebab itu, pastikan memilih yang tidak berisik. Tingkat kebisingannya tertulis dalam simbol dB. Anda bisa mengecek pada kemasan, atau menanyakan pada penjualnya.

Semakin hening alat tersebut ketika beroperasi, lebih baik. Tentunya akan sia-sia jika terlindungi dari nyamuk, tetapi justru tidak bisa beristirahat karena terganggu suara mosquito killer yang berisik, bukan?

Cek kapasitas penampung nyamuk mati

Sebagaimana cara kerja utamanya, perangkap nyamuk akan mengurungnya hingga mati. Oleh sebab itu, pastikan mosquito killer pilihan Anda memiliki tabung penampung nyamuk mati yang memadai, terutama jika posisinya di dalam ruangan.

Anda tentu tidak ingin rumah tampak menjijikkan dengan adanya banyak bangkai nyamuk, bukan? Inilah yang membuat tangki penampung ini sangat penting.

Lain halnya jika Anda akan meletakkan perangkap nyamuk ini di luar ruangan. Dalam posisi ini, keberadaan tabung penampung nyamuk mati tidaklah terlalu penting, karena mereka akan berjatuhan ke tanah tanpa membuat jijik.

Pilih model atau bentuk yang menarik

Satu lagi yang perlu menjadi perhatian ketika memilih perangkap nyamuk untuk dalam ruangan, yaitu model yang menarik. Ya, ada baiknya alat tersebut memiliki bentuk cantik dan dapat berfungsi sekaligus sebagai dekorasi.



Alat yang terlalu besar dan tampak kaku bisa saja merusak konsep interior rumah. Itulah sebabnya, perangkap nyamuk elektrik hadir dalam desain unik dan menawan. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan hiasan lain yang ada di meja tempatnya berada.

Pastikan mudah membersihkannya

Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa akan mudah membersihkan alat tersebut. Kemudahan membongkar tabung penampung untuk membuang bangkai nyamuk sangat penting. Selain itu, sebaiknya juga mudah membersihkan kipas dan ventilasinya.

Debu yang menyumbat pada saringan ventilasi dan kipas bisa menghambat kinerjanya dalam menyedot dan memerangkap nyamuk. Oleh sebab itu, pembersihan rutin harus selalu Anda lakukan.

Pada alat yang menggunakan cartridge atraktan, Anda perlu melakukan penggantian setiap 21 hari sekali. Adapun mosquito killer yang menggunakan tangki propana, perlu adanya pengisian ulang berkala.

Bersihkan ventilasi menggunakan sikat atau kuas untuk menyingkirkan debu dan bangkai serangga yang menempel. Dengan demikian, tidak ada kotoran yang menyumbatnya.

Langkah perawatan lainnya adalah melakukan penggantian pada komponen lampu yang redup atau mati. Hal ini bertujuan agar kinerja perangkap nyamuk tersebut tetap optimal.

Pilih yang harganya sebanding dengan kualitasnya

Terakhir, tetapi tidak kalah penting adalah pertimbangan harga. Pastikan mosquito killer pilihan Anda memiliki harga yang sebanding dengan kualitas dan fitur tambahannya. Jadi, Anda bisa mendapatkan transaksi paling ekonomis dan menguntungkan.



Kisaran harga perangkap nyamuk antara puluhan hingga ratusan ribu rupiah, tergantung jenis tradisional atau elektrik. Wajar jika Anda menemui alat dengan banyak fitur memiliki harga cukup mahal. Oleh sebab itu, sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan dana.

10 Rekomendasi mosquito killer bantu cegah demam berdarah

Apabila Anda sering merasa terganggu dengan serbuan nyamuk, tak ada salahnya untuk memiliki alat ini di rumah. Agar mudah menentukan pilihan, berikut ini ada beberapa alat yang bisa menjadi pertimbangan sebagai pencegahan demam berdarah.

10. Jiyue Perangkap Nyamuk Lalat JY-001

foto-mosquito-killer-bantu-cegah-demam-berdarah-sejak-dini-10

Harga : Rp 60.000

Model tradisional, tanpa penggunaan listrik

Ini merupakan perangkap yang cukup kuat, bahkan tahan apabila terinjak. Piring penangkap terbuat dari plastik yang mudah mencucinya. Anda bisa meletakkan umpan di dalamnya untuk memikat tidak hanya nyamuk, melainkan juga lalat. Umpan ini bisa berupa ragi atau lainnya.

Oleh karena modelnya tradisional, alat ini tidak perlu tersambung dengan listrik. Harganya sangat terjangkau dan cukup efektif memerangkap nyamuk. Anda bisa membelinya di Shopee.

9. Perangkap Nyamuk dan Lalat SAP

foto-mosquito-killer-bantu-cegah-demam-berdarah-sejak-dini-9

Harga : Rp 167.500



Teknologi black hole, nyamuk tidak bisa kabur

Merek mosquito killer berikutnya menggunakan teknologi black hole untuk membuat nyamuk yang terperangkap tidak bisa keluar lagi. Alat ini memikat nyamuk menggunakan lampu, kemudian menghisapnya dengan kipas.

Penggunaan dayanya cukup hemat, sehingga tidak perlu khawatir menambah pengeluaran bulanan untuk biaya listrik. Kinerjanya cukup efektif, baik pada penggunaan di dalam, maupun luar ruangan. Perangkap nyamuk ini tersedia di Shopee.

8. Xiaomi Xiaoqingting Mosquito Killer

foto-mosquito-killer-bantu-cegah-demam-berdarah-sejak-dini-8

Harga : Rp 178.000

Durability mencapai 10.000 jam

Salah satu mosquito killer lamp terbaik ini cukup tangguh, yaitu mencapai 10.000 jam penggunaan lampu yang akan memikat nyamuk. Desain sederhana dan tampak modern membuatnya cocok berada di mana saja.

Selain tidak menimbulkan suara bising saat beroperasi, alat ini juga hemat daya. Anda tidak harus selalu menggunakan lampu, sehingga bisa mengurangi konsumsi listrik. Produk mosquito killer ini juga bisa Anda beli di Shopee.



7. Krisbow Mosquito Killer JS 30 Set 2 Pcs

foto-mosquito-killer-bantu-cegah-demam-berdarah-sejak-dini-7

Harga : Rp 215.000

Satu set terdiri dari dua alat

Produk mosquito killer yang satu ini tergolong hemat, karena di dalam satu set terdapat dua perangkat. Cara kerjanya adalah memikat menggunakan sinar lampu LED dan kemudian menyengat serangga yang datang dengan kejutan elektrik.

Tidak hanya meletakkannya di meja saja, Anda juga bisa memasang pembasmi nyamuk ini dengan cara menggantungnya. Oleh karena ada dua alat di dalam satu paket, harga mosquito killer ini jadi lebih ekonomis. Anda bisa membeli perangkap serangga ini di Shopee.

6. Xiaomi Yeelight Electric Mosquito Killer

foto-mosquito-killer-bantu-cegah-demam-berdarah-sejak-dini-6

Harga : Rp 350.000

Multi fungsi sebagai mosquito killer dan raket nyamuk

Pada perangkap nyamuk ini terdapat dua bagian terpisah. Di luar merupakan lampu yang berfungsi memikat nyamuk, sedangkan pada bagian dalam adalah penampang beraliran listrik untuk membunuhnya.



Bagian dalam ini dapat Anda cabut dan membuatnya berfungsi sebagai raket listrik pembunuh nyamuk. Pembasmi nyamuk ini sangat aman, karena tidak menggunakan zat berbahaya, sehingga bisa untuk menjaga kamar bayi bebas dari nyamuk penyebab demam berdarah.

Lampu LED sebagai umpan akan otomatis menyala dan mati, tergantung cahaya sekitarnya. Anda hanya cukup mengisi daya baterai hingga penuh dan alat ini mampu beroperasi membasmi nyamuk selama empat jam. Dapatkan perangkap nyamuk dua fungsi ini di Shopee.

5. Pest Control Lamp Insect Killer Idealife IL 20w

foto-mosquito-killer-bantu-cegah-demam-berdarah-sejak-dini-5

Harga : Rp 315.000

Mengatasi serangga terbang jenis apa saja

Anda mungkin tidak hanya ingin terhindar dari nyamuk penyebab demam berdarah saja, melainkan juga merasa terganggu oleh keberadaan serangga lain. Untuk mengatasinya, alat ini cukup mumpuni untuk membasmi serangga terbang jenis apa pun.

Terdapat rongga di keempat sisi, yaitu depan, belakang, samping kanan, dan kiri sebagai tempat lewatnya nyamuk. Dua lampu, masing-masing 10 watt, di bagian dalam akan memikat serangga agar kemudian terhalang kawat penghantar listrik yang menyengatnya.

Dengan metode ini, membasmi nyamuk tidak akan membawa efek buruk bagi kesehatan, karena tidak menggunakan zat berbahaya. Anda bisa dengan tenang meletakkannya di kamar bayi agar ia terhindar dari risiko demam berdarah. Alat pembunuh serangga ini tersedia di Shopee.



4. Basseus Original Star Mosquito Killing Lamp

Harga : Rp 307.000

Bisa berfungsi sebagai lampu tidur

Produk mosquito killer terbaik ini memiliki desain unik dengan bola kecil di bagian tengahnya. Alat ini menggunakan saklar magnetik, yaitu dengan menaikkan bola kecil itu untuk mengaktifkanya.

Daya hisapnya cukup kuat berkat tujuh bilah kipasnya. Nyamuk akan terperangkap hingga mati di dalam alat ini. Adapun sumber dayanya bisa menggunakan colokan listrik atau ke powerbank dan laptop dengan kabel USB.

Selain sebagai mosquito killer, alat ini juga bisa berfungsi menjadi lampu tidur yang menenangkan. Anda juga tidak akan terganggu suaranya, karena tingkat kebisingannya hanya 30 dB. Dapatkan pembasmi nyamuk ini di Shopee.

3. Krisbow Inhalant Indoor Mosquito Trap GM 909

foto-mosquito-killer-bantu-cegah-demam-berdarah-sejak-dini-3

Harga : Rp 409.000

Terdapat penutup rongga membuat aman dari debu



Produk perangkap nyamuk selanjutnya adalah Mosquito killer Krisbow. Cara pengoperasiannya cukup mudah, yaitu hanya dengan memutar bagian tengah untuk on dan off-nya. Alat ini juga memiliki jangkauan yang cukup luas, yaitu mencapai 60 m2.

Pada saat mati, penutup rongga otomatis terpasang, sehingga ventilasinya terlindung dari debu. Dengan demikian, tidak ada sumbatan yang membuat umur alat lebih pendek. Anda akan mudah memindahkannya, karena ada handle di bagian atas. Dapatkan mosquito killer ini di Shopee.

2. Portoti Mosquito Trap PR-25MB

foto-mosquito-killer-bantu-cegah-demam-berdarah-sejak-dini-2

Harga : Rp 536.000

Aman menyala 24 jam

Ingin selalu mencegah nyamuk penyebab demam berdarah datang mendekat? Pilih perangkap serangga yang bisa menyala 24 jam ini. Kinerjanya menggunakan lampu UV 368 nm yang lebih efektif daripada LED.

Lampunya akan memikat nyamuk untuk mendekat, kemudian ia akan terhisap kipas hingga masuk ke tabung perangkap. Nyamuk akan tetap terkunci di situ hingga mati akibat dehidrasi. Dengan demikian, Anda bisa tidur nyenyak tanpa khawatir gangguan dari serangga ini.

Area jangkauannya cukup luas, yaitu mencapai 200 meter persegi. Jadi, cukup satu alat ini saja di dalam ruangan, akan terbebas dari nyamuk. Anda bisa membeli mosquito killer ini melalui Shopee.



1. Sharp Air purifier FP-JM30Y-B With Mosquito Catcher

foto-mosquito-killer-bantu-cegah-demam-berdarah-sejak-dini-1

Harga : Rp 2.435.000

Air purifier yang berfungsi ganda sebagai mosquito killer

Anda mungkin akan tercengang melihat perbedaan harga antara alat ini dengan produk sebelumnya. Namun, ini bukan sekadar perangkap nyamuk saja, melainkan juga air purifier. Ruangan akan menjadi sehat baik dari segi kemurnian udara dan bebas nyamuk.

Dengan memiliki alat ini, risiko gangguan kesehatan, terutama akibat gigitan nyamuk demam berdarah dapat diminimalisir. Serangga yang terperangkap akan mati, sehingga populasinya di lingkungan rumah menjadi berkurang.

Meletakkan alat ini di ruang keluarga atau kamar bayi adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatannya dan menghindarkan dari demam berdarah. Anda bisa mendapatkan perangkap nyamuk sekaligus pemurni udara ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Nyamuk merupakan serangga berbahaya penyebab penyakit demam berdarah, malaria, dan zika, sehingga Anda harus membasminya menggunakan mosquito killer.
  • Pilih jenis elektrik yang efisien memikat dan memerangkap nyamuk, serta tidak bising, juga mudah membersihkannya.
  • Rekomendasi mosquito killer terbaik yang sekaligus berfungsi sebagai pemurni udara adalah Sharp Air purifier FP-JM30Y-B With Mosquito Catcher.
  • Apabila ingin semalaman terhindar dari nyamuk demam berdarah, pilihlah Basseus Original Star Mosquito Killing Lamp yang juga berfungsi sebagai lampu tidur.
  • Adapun untuk pilihan lebih ekonomis adalah Krisbow Mosquito Killer JS 30 Set 2 Pcs yang sekaligus mendapatkan dua alat.

Referensi

  1. Jim Jungle (2019), Buying Guide How to choose a Mosquito trap, https://mosquitojungle-com.cdn.ampproject.org/v/s/mosquitojungle.com/buying-guide-how-to-choose-a-mosquito-trap
  2. Knockout Mosquito (2021), How do Mosquito Traps Work, https://www.knockoutmosquito.com/how-do-mosquito-traps-work/
  3. Mosquito Magnet (2020), Maintenance and Storage Tips for Mosquito Traps, https://www.mosquitomagnet.com/articles/mosquito-traps-maintenance-storage#:~:text=Cover%20your%20mosquito%20trap%20to,left%20over%20in%20your%20trap.



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Kesehatan Obat Nyamuk


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Bantu Cegah Demam Berdarah Sejak Dini, Inilah 10 Rekomendasi Mosquito Killer", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »