Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


16 October 2021

Aromaterapi untuk Redakan Stres, Ini Dia 10 Rekomendasi Diffuser Terbaik

By Cekresi .com
Aromaterapi untuk Redakan Stres, Ini Dia 10 Rekomendasi Diffuser Terbaik


Diffuser adalah alat yang bekerja menyebarkan minyak esensial pada sebuah proses aromaterapi. Alat ini memiliki banyak manfaat, salah satunya mampu meredakan stres. Meskipun begitu, saat membeli produk diffuser terbaik, pastikan Anda jeli saat memilihnya.



Untuk memudahkan Anda, berikut kami sajikan rekomendasi 10 diffuser terbaik dari berbagai merek lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Tapi sebelum itu, simak berbagai hal terkait diffuser dan cara memilihnya.

Mengenal jenis diffuser dan manfaatnya

Ada beberapa jenis diffuser yang bisa Anda gunakan untuk aromaterapi, antara lain diffuser nebulizing, diffuser ultrasonik, dan diffuser bakar. Berikut penjelasannya.

• Diffuser nebulizing

Ini merupakan jenis diffuser yang berfungsi menyebarkan minyak esensial menggunakan proses pemanasan elektrik. Alat ini tidak memerlukan air dalam prosedurnya, sehingga umumnya membutuhkan jumlah minyak atsiri (esensial) yang lebih banyak.

Oleh karena tidak menggunakan campuran air, biasanya aroma yang menyebar di seluruh ruangan lebih kuat. Alat ini lebih cocok untuk aromaterapi dalam mengatasi gangguan pernapasan, sendi, dan lainnya.

• Diffuser ultrasonik

Tipe kedua adalah diffuser yang menggunakan tambahan air untuk memecah minyak esensial. Anda perlu mencampurkan air dan beberapa tetes minyak atsiri dalam diffuser ultrasonic terbaik. Selanjutnya, alat tersebut membuat getaran tinggi hingga membentuk partikel dan menyebar.

Udara di seluruh ruangan yang mengandung partikel minyak aromaterapi ini dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup. Hanya saja, aroma pada proses menggunakan alat ini tidak terlalu kuat, karena minyak atsiri tercampur dengan air.

• Diffuser bakar

Selanjutnya adalah jenis diffuser tipe manual, yaitu tidak memerlukan sumber daya elektrik. Cara penggunaannya adalah dengan melakukan pemanasan dengan membakar minyak dalam kayu dupa atau pada tungku aromaterapi.



Namun, saat ini orang lebih menyukai diffuser terbaik yang elektrik, baik nebulizer maupun ultrasonik, karena praktis. Selain itu, lebih aman dan minim risiko kebakaran karena tidak menggunakan api atau lilin, tidak seperti pada diffuser bakar.

Pilih diffuser elektrik yang hemat daya

Adanya beragam keunggulan pada diffuser elektrik nebulizer ataupun ultrasonik, membuatnya menjadi pilihan tepat. Namun, Anda harus memahami beberapa pertimbangan dalam memilihnya, karena di pasaran ada banyak produk yang mungkin membuat bingung.

Salah satu hal yang patut menjadi pertimbangan adalah penggunaan dayanya. Semakin hemat, tentu akan memberi tambahan nilai ekonomis bagi Anda.

Beberapa produk aromaterapi diffuser terbaik memiliki fitur tambahan berupa timer. Anda dapat mengatur berapa lama alat tersebut akan menyala. Umumnya ada pilihan waktu mulai dari 30, 60,120, hingga 180 menit.

Adanya timer ini dapat membuat alat menjadi lebih hemat daya, karena tidak perlu menyala terus-menerus. Selain itu, pengaturan waktu juga berguna bagi Anda yang sering lupa mematikan alat listrik.

Pilih diffuser dengan fitur auto off

Fitur auto off membuat alat akan mati secara otomatis apabila airnya habis. Dengan demikian, dapat meminimalisir terjadinya korsleting. Fitur pengaman ini sangat penting untuk melindungi rumah Anda dari risiko kebakaran.

Ada baiknya memilih alat dengan lampu indikator yang menyala saat diffuser tersebut sedang beroperasi. Jadi, saat indikator mati, Anda segera menyadari ketika perangkat aromaterapi tersebut dalam keadaan auto off.

Periksa apakah ada fitur pencahayaan

Beberapa merek diffuser terbaik melengkapi produknya dengan fitur lampu untuk pencahayaan ruangan ketika tidur. Dengan demikian, diffuser pilihan Anda juga bisa berfungsi sebagai lampu tidur.



Kualitas tidur pun akan semakin optimal. Otak dan tubuh menjadi rileks berkat adanya aromaterapi dan cahaya kamar yang menenangkan. Dengan demikian, Anda akan bangun dalam keadaan lebih segar keesokan harinya.

Ada juga diffuser ruangan terbaik yang memiliki lampu dengan pengaturan tertentu. Anda bisa mengatur kecerahannya atau ingin menampilkan warna cahaya apa. Jadi, bisa membuat ruangan memiliki mood yang sesuai, misalnya warna biru yang tenang atau kuning hangat.

Pilih yang memiliki fitur bluetooth

Ada baiknya memilih diffuser yang memiliki fitur koneksi bluetooth. Fitur ini memungkinkan Anda terhubung dengan smartphone untuk melakukan pengaturan melalui ponsel pintar. Dengan demikian, Anda bisa mengaturnya dari jarak jauh.

Anda suka mendengarkan musik sebelum tidur? Pilih diffuser terbaik yang lengkap dengan speaker. Hubungkan dengan smartphone dan putar lagu favorit sebagai pengantar tidur nyenyak. Anda perlu mengingat bahwa kualitas tidur berbanding terbalik dengan tingkat stres.

Pilih diffuser yang mudah dibersihkan

Cek apakah diffuser yang akan Anda beli mudah membongkar dan memasangnya kembali. Hal ini berpengaruh dalam proses pembersihan. Apabila sulit membersihkan alat tersebut, bisa jadi akan timbul kerak yang mengganggu penampilan, maupun kinerjanya.

Cuci bagian tangki penampung menggunakan sabun pencuci yang memiliki formula lembut. Jika perlu, gosok ringan dengan sikat berbulu halus. Setelah membilasnya, keringkan menggunakan lap dan angin-anginkan sebentar.

Untuk bagian yang tidak bisa terkena air, bisa Anda bersihkan menggunakan lap lembap. Gunakan cotton bud dan alkohol untuk membersihkan bagian chip kabutnya. Lakukan pembersihan secara rutin agar tidak ada minyak esensial yang tertinggal dan berkerak.



Pertimbangkan model diffuser

Model diffuser terbaik juga seharusnya menjadi perhatian Anda. Peletakan pada meja di samping tempat tidur, bufet ruang tamu, dan sebagainya, membuat alat ini juga menjadi pendukung interior rumah. Jadi, sebaiknya memilih model yang cantik dan menarik.

Essential oil terbaik untuk diffuser

Ketika melakukan aromaterapi menggunakan produk diffuser terbaik, Anda perlu menambahkan 10-15 tetes minyak esensial. Masing-masing minyak memiliki manfaatnya sendiri. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa di antaranya.

  • Minyak lavender: Membantu relaksasi, membuat tidur lebih nyenyak, mengatasi migrain, antiseptik alami, membantu mengusir nyamuk.
  • Minyak basil: Meredakan sakit kepala, migrain, dan gejala depresi, meningkatkan konsentrasi, cocok untuk menemani kerja atau belajar.
  • Minyak lemon: Meringankan gejala depresi, mengatasi stres, memperbaiki mood.
  • Minyak bergamot: Menurunkan tingkat stres, mengatasi masalah kulit akibat stres, memperbaiki pencernaan.
  • Minyak melati: Meningkatkan gairah seksual, memperbaiki fokus.
  • Minyak tea tree: Antiseptik, memiliki efek disinfeksi, antimikroba.
  • Minyak rosemary: Membantu melancarkan pernapasan dan peredaran darah.
  • Minyak geranium: Membantu mengatasi masalah kulit, meredakan stres, mengusir nyamuk.
  • Minyak cengkeh: Meredakan rasa nyeri, antioksidan, membersihkan udara dari jamur.

10 Rekomendasi diffuser terbaik

Apabila udara yang Anda hirup mengandung minyak esensial bermanfaat, tentu stres dan beberapa keluhan kesehatan akan mereda. Jadi, pilih diffuser terbaik untuk memecah minyak esensial menjadi kabut agar udara di sekitar Anda lebih sehat. Berikut ini rekomendasinya.

10. Wooden Carved Ultrasonic Essential Oil Diffuser 150 ml With 7 LED

foto-aromaterapi-untuk-redakan-stres-ini-dia-10-diffuser-terbaik-10

Harga : Rp 229.000

Ukiran kayu membuatnya jadi hiasan cantik

Produk diffuser terbaik murah ini tidak hanya bermanfaat dalam aromaterapi, tetapi juga mendukung interior rumah Anda. Bahannya terbuat dari wood grain dengan pola tekstur kayu yang cantik, sehingga cocok menjadi hiasan meja juga.

Alat ini memiliki fitur auto off yang akan membuatnya otomatis mati ketika air mencapai level minimal. Selain itu ada fitur lampu yang bisa Anda sesuaikan, sehingga cocok juga sebagai lampu tidur. Dapatkan produk diffuser ini di Shopee.



9. Innogear Portable USB Diffuser

foto-aromaterapi-untuk-redakan-stres-ini-dia-10-diffuser-terbaik-9

Harga : Rp 491.500

Seukuran kaleng soda, bisa membawanya ke mana saja

Selanjutnya adalah rekomendasi diffuser terbaik yang bisa Anda bawa ke mana saja, karena bentuknya mungil. Tidak hanya di rumah, alat ini juga berguna menghilangkan bau tidak sedap di mobil, menyegarkan udaranya, dan memberikan manfaat minyak esensial sekaligus.

Selain sebagai diffuser, alat ini juga bisa menjadi humidifier, sehingga udara di ruangan menjadi lembap dan sehat. Hadir lengkap dengan lampu LED, alat ini bisa memberikan efek menenangkan atau memberi semangat kepada Anda. Produk diffuser ini juga ada di Shopee.

8. Xiaomi Viomi Aromatherapy Diffuser

foto-aromaterapi-untuk-redakan-stres-ini-dia-10-diffuser-terbaik-8

Harga : Rp 620.000

Bentuk klasik dengan kaki nonslip

Diffuser portabel dengan desain klasik dan kaki nonslip ini juga bisa berfungsi sebagai humidifier. Anda bisa membuat pengaturan berapa lama alat tersebut akan menyala, karena adanya fitur timer. Tangkinya pun cukup besar, yaitu bisa menampung 200 ml cairan.



Alat ini juga lengkap dengan lampu LED yang bisa Anda atur dalam empat tingkat kecerahan. Dengan demikian, Anda bisa mengatur suasana menyenangkan menjelang tidur. Anda bisa membeli diffuser terbaik ini melalui Shopee.

7. Organic Supply Co Ultrasonic Diffuser

foto-aromaterapi-untuk-redakan-stres-ini-dia-10-diffuser-terbaik-7

Harga : Rp 395.000

Terdapat tiga pengaturan waktu operasi

Tidak ingin diffuser selalu menyala? Gunakan pengaturan waktu yang ada pada alat ini, dengan pilihan 30, 60, 120, hingga 180 menit. Desainnya minimalis, sehingga cocok untuk ruangan bergaya modern.

Perangkat diffuser ini sangat ringan dan berukuran kecil. Jadi, Anda bisa dengan mudah memindahkannya ke mana pun. dengan kapasitas tangki 180 ml, cukup untuk menyelimuti ruangan dengan aromaterapi dalam waktu lama. Produk diffuser ini bisa Anda beli di Shopee.

6. Vivi Ultransmit Aromatherapy Diffuser

foto-aromaterapi-untuk-redakan-stres-ini-dia-10-diffuser-terbaik-6

Harga : Rp 429.900

Tersedia dalam beragam pilihan warna menarik



Diffuser ini memiliki kapasitas tangki 200 ml, sehingga bisa beroperasi hingga 8-10 jam. Desain unik dengan warna-warni menarik memang menjadi keunggulan produk ini. Apabila isi tangki menipis, maka fitur auto off akan membuat alat ini mati secara otomatis.

Letakkan alat ini di meja ruang tamu atau kamar tidur dan gunakan minyak esensial lavender. Anda akan mendapatkan terapi menenangkan, menghilangkan rasa was-was, dan membuat tidur lebih nyenyak. Dapatkan diffuser terbaik ini melalui Shopee.

5. Bonnels Starter Pack

foto-aromaterapi-untuk-redakan-stres-ini-dia-10-diffuser-terbaik-5

Harga : Rp 648.000

Starter pack yang lengkap berisi diffuser dan essential oil

Baru ingin mencoba menggunakan diffuser terbaik di rumah? Pilihan starter pack Bonnels ini bisa menjadi pilihan. Tidak hanya alat aromaterapinya saja, melainkan sudah lengkap dengan tiga pilihan minyak esensial.

Pilihannya adalah happy tummy, imune booster, relieve oil, dan bugs away. Anda akan menjadi lebih sehat, minim stres, dan kualitas hidup pun meningkat. Diffuser ini memiliki lampu untuk memberi pencahayaan saat tidur dan fitur auto off. Alat aromaterapi ini tersedia di Shopee.

4. Young Living Sweet Aroma Diffuser

foto-aromaterapi-untuk-redakan-stres-ini-dia-10-diffuser-terbaik-4

Harga : Rp 500.000



Desain motif anyaman yang cantik sebagai hiasan

Diffuser terbaik Young Living ini memiliki kesan manis berkat desain anyaman pada bagian bodinya. Anda bisa memilih pengaturan penyemprotan kabut minyak esensialnya. Pada mode tinggi, alat akan menyemprotkan kabut selama empat jam.

Pada mode terputus-putus, kabut aromaterapi akan menyebar secara selang-seling mati dan nyala tiap satu menit. Ada 10 opsi lampu LED yang dapat Anda pilih, termasuk perubahan siklus warna. Namun, apabila tidak memerlukannya fitur lampu dapat bisa tetap pada posisi mati.

Alat ini mampu menyebarkan kabut aromaterapi ke seluruh ruangan seluas 50 meter persegi. Jadi, jika ruangan lebih luas, ada baiknya menggunakan dua diffuser. Anda bisa mendapatkan diffuser Young living ini melalui Shopee.

3. Feather The Owl Diffuser

foto-aromaterapi-untuk-redakan-stres-ini-dia-10-diffuser-terbaik-3

Harga : Rp 600.000

Bentuk lucu, cocok untuk kamar anak

Anda ingin anak tidur lebih rileks dan nyenyak agar daya tahan tubuhnya terjaga? Letakkan diffuser berbentuk owl. Ini di samping tempat tidurnya. Dengan memilih minyak esensial lavender atau geranium, tidurnya akan lebih nyenyak dan terbebas dari nyamuk.



Alat ini juga memiliki sepuluh pengaturan cahaya, sehingga bermanfaat sebagai lampu tidur. Keunggulan lainnya adalah bisa mengeluarkan suara hujan atau burung yang menenangkan.

Jika ingin meningkatkan fokus belajar anak, teteskan minyak esensial basil pada diffuser ini dan letakkan di meja belajarnya. Bentuknya yang lucu akan membuat anak merasa senang memilikinya. Anda bisa membelinya di Shopee.

2. Belli to Baby Nebulizer WF 914

foto-aromaterapi-untuk-redakan-stres-ini-dia-10-diffuser-terbaik-2

Harga : Rp 1.345.000

Diffuser jenis nebulizer yang membantu meredakan gangguan pernapasan

Sebagaimana pembahasan sebelumnya, jenis nebulizer memiliki aroma yang lebih kuat, karena tidak perlu mencampurkan air pada minyak esensial. Alat ini mampu membantu mengatasi gangguan pernapasan pada penderita asma, bronkitis, dan sinusitis.

Apabila anak Anda menderita bronkitis, letakkan nebulizing diffuser ini di kamarnya dan gunakan minyak esensial eucalyptus. Aromaterapi ini dapat membantu mengatasi keluhan pernapasannya.

Alat ini juga memiliki lampu LED yang bisa membantu istirahat lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup. Oleh karena tidak perlu menambahkan air, maka pastikan penggunaannya hanya selama tiga jam saja. Produk diffuser ini juga tersedia di Shopee.



1. Asakuki Diffuser Aromaterapi Cube

foto-aromaterapi-untuk-redakan-stres-ini-dia-10-diffuser-terbaik-1

Harga : Rp 653.000

Tangki besar, muat 700 ml

Hal yang menonjol dari diffuser terbaik ini adalah tangki besarnya yang memiliki kapasitas hingga 700 ml. Dengan demikian, tidak perlu repot bolak-balik mengisinya. Anda juga tidak perlu khawatir perangkat mengalami overheat ketika tangki kosong, berkat adanya fitur auto off.

Atur pencahayaan dengan tujuh warna berbeda dan sesuaikan dengan kondisi mood saat itu. Anda juga bisa melakukan pengaturan waktu beroperasinya dalam empat pilihan. Selain itu, ada dua pilihan tingkat ultrasonic mist function.

Dengan memiliki alat ini, Anda tidak hanya memiliki diffuser, tetapi juga lampu tidur dan humidifier. Anda bisa membeli diffuser kubus ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebagai alat aromaterapi, diffuser berfungsi memecah minyak esensial menjadi partikel kecil dan menyemprotkannya ke udara dalam bentuk kabut halus.
  • Saat akan membelinya, pastikan memilih yang memiliki kapasitas tangki memadai, ada fitur auto off, lampu, dan mudah membersihkannya.
  • Apabila Anda memerlukan diffuser dengan tangki besar, pengaturan waktu dan tingkat penyemprotan, pilih Asakuki Diffuser Aromaterapi Cube dengan kapasitas 400 ml.
  • Produk diffuser yang tepat untuk kamar anak adalah Feather The Owl Diffuser yang bentuknya lucu, dan mengeluarkan bunyi burung atau hujan.
  • Adapun jika Anda baru memulai menggunakan diffuser terbaik, pilihlah Bonnels Starter Pack yang sudah lengkap dengan minyak esensialnya.

Referensi

  1. Allison C. Cooper (2019), How to find the Best Essential Oil Diffuser for You, https://www.thehealthy.com/alternative-medicine/best-essential-oil-diffuser/
  2. Janice ferguson (2020), How to Choose an Essential Oil Diffuser!, https://inspiremenaturally.com.au/blogs/news/how-to-choose-essential-oil-diffuser
  3. Wikihow (2020), How to Clean Your Essential Oil Diffuser, https://www-wikihow-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.wikihow.com/Clean-Your-Essential-Oil-Diffuser



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Kesehatan


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Aromaterapi untuk Redakan Stres, Ini Dia 10 Rekomendasi Diffuser Terbaik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »