Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


23 October 2021

Anak Susah Makan? Coba 10 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak yang Bagus dan Optimal

By Cekresi .com
Anak Susah Makan? Coba 10 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak yang Bagus dan Optimal


Anak susah makan adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh para orang tua. Penyebabnya banyak, bisa karena kurang selera, efek samping obat, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba memberikan vitamin penambah nafsu makan anak.



Namun, jangan asal pilih saat membelinya. Pastikan vitamin penambah nafsu makan tersebut memiliki komposisi bahan yang bagus dan aman dikonsumsi anak. Sehingga hasil yang didapatkan lebih optimal dan masalah anak susah makan segera teratasi.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi vitamin penambah nafsu makan anak yang bagus dan optimal lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai vitamin penambah nafsu makan anak beserta cara memilihnya.

Alasan memberikan vitamin penambah nafsu makan untuk anak

Selama dalam masa pertumbuhan, anak-anak diharuskan untuk mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Dengan begitu, tumbuh kembang mereka bisa berlangsung dengan optimal.

Namun, seiring bertambahnya usia anak-anak malah sering kehilangan selera makan. Padahal nutrisi dan gizi dari makanan sangat diperlukan oleh mereka.

Apabila dibiarkan begitu saja, hal ini akan memicu masalah kesehatan yang lebih serius. Misalnya penurunan daya tahan tubuh, kurang gizi, masalah pencernaan, dan gangguan kesehatan lainnya. Anak-anak juga akan rentan terkena penyakit, seperti demam dan flu.

Oleh sebab itu, pemberian vitamin penambah nafsu makan anak yang bagus dan optimal sangat disarankan.Sekarang ini, Anda bisa menemukan berbagai merek vitamin penambah nafsu makan anak di toko obat atau apotek, baik online maupun offline.

Kenali jenis-jenis vitamin anak sebelum membelinya!

Ada berbagai macam vitamin penambah nafsu makan anak yang bisa Anda temukan di apotek atau toko obat. Masing-masing memiliki bentukan yang berbeda.



Anda boleh memberikan jenis vitamin apapun, selama disukai oleh si kecil.Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis vitamin anak.

• Vitamin tablet

Anak Anda suka menghisap permen? Kalau begitu vitamin berbentuk tablet ini bisa jadi pilihan tepat untuk mereka. Berbeda dengan jenis lain, vitamin tablet memerlukan waktu agak lama untuk tertelan. Anak Anda perlu mengisapnya hingga habis seperti permen.

• Vitamin sirop

Jenis vitamin ini bisa jadi yang paling sesuai untuk si kecil. Karena bentuknya yang cair kental memungkinkan anak-anak menelannya dengan mudah. Selain itu, vitamin berbentuk sirop juga mudah dicerna.

• Vitamin gummy

Kalau anak Anda sering menolak saat diberikan vitamin, sebaiknya berikan ia jenis gummy. Teksturnya mirip dengan jeli yang memberi sensasi tersendiri saat dikunyah. Apalagi rasanya cenderung cukup manis sehingga sering membuat anak-anak ketagihan.

Namun, pastikan kalau anak Anda tetap mendapat dosis yang sesuai kebutuhan. Kalau berlebihan, justru akan mengganggu kesehatan si keci.

Periksa komposisi bahannya

Saat membeli vitamin untuk anak, Anda harus memperhatikan keterangan komposisinya dengan baik. Apakah kandungan bahan-bahan di dalamnya sudah sesuai dengan kebutuhan gizi si kecil atau tidak.

Untuk meningkatkan nafsu makan si kecil, sebaiknya pilih vitamin yang mengandung vitamin B1 dan zinc.

Selain itu, omega-3 juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Akan tetapi, jangan mengonsumsi omega-3 secara berlebihan karena bisa membuat berat badang meningkat secara drastic.

Sesuaikan vitamin dengan usia anak

Memberikan vitamin kepada anak tidak boleh sembarangan. Ada beberapa produk yang lebih dikhususkan untuk anak usia tertentu. Hal itu memengaruhi dosis atau takaran yang harus diberikan.

Anda bisa mengetahui target usia yang diperuntukkan pada kemasan vitaminnya. Bacalah petunjuknya dengan cermat. Pastikan kalau vitamin tersebut boleh dikonsumsi oleh si kecil. Kalau ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.



Pertimbangkan rasanya

Sedih rasanya kalau melihat si kecil tidak punya nafsu makan. Anak yang sulit makan biasanya akan merasa lemas karena kurangnya asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Namun, bukan hal yang mudah juga untuk memberikan vitamin kepada mereka. Padahal itu merupakan salah satu cara untuk membangkitkan nafsu makan mereka.

Untuk itu, perlu trik khusus agar ia mau mengonsumsi vitamin. Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan memberi vitamin dengan rasa yang disukai mereka.

Beberapa merek vitamin sudah menyediakan berbagai opsi rasa yang disukai anak-anak, misalnya lemon, jeruk, dan stroberi.

Pilih yang aman dikonsumsi

Anda mungkin bisa menemukan berbagai merek vitamin penambah nafsu makan anak dalam bentuk, warna, dan rasa yang berbeda. Namun, belum tentu semuanya aman untuk si kecil yang cenderung rentan dan sensitif.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih vitamin dengan menggunakan pewarna dan perasa alami yang lebih aman untuk anak.

Jangan memilih suplemen yang mengandung bahan pengawet tambahan. Alangkah lebih baik bila Anda mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga ahli.

10 Vitamin penambah nafsu makan anak yang bagus dan optimal

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang vitamin penambah nafsu makan anak dengan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi vitamin penambah nafsu makan anak yang bagus dan optimal dari berbagai merek berikut ini.

10. Blackmores Superkids Multichewable

foto-vitamin-penambah-nafsu-makan-anak-yang-bagus-dan-optimal-10

Harga : Rp 159.000



99,5% bebas kandungan pemanis buatan

Suplemen anak satu ini kaya akan kandungan vitamin, antara lain vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, serta vitamin D.

Kemudian, ada pula odine, folat, biotin, serta zinc yang dapat membantu tumbuh kembang dan meningkatkan fungsi otak.

Blackmores Superkids Multichewable nyaris tidak mengandung pemanis buatan. Selain itu, vitamin penambah nafsu makan anak ini juga bebas dari bahan pengawet dan bahan berbahaya lainnya.

Dalam satu botolnya berisi 60 tablet. Vitamin ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak usia 2 tahun ke atas. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

9. Vegeblend 21 Junior

foto-vitamin-penambah-nafsu-makan-anak-yang-bagus-dan-optimal-09

Harga : Rp 101.500

Diproduksi dengan teknologi freeze drying sehingga nutrisinya tetap terjaga

Kebanyakan anak-anak selalu menolak saat diminta memakan sayuran. Alasannya karena rasa sayuran yang cenderung hambar dan pahit.

Padahal, sayur-sayuran mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tumbuh kembang si kecil. Untuk itu, Anda bisa memberikan VegeBlend 21 Junior.

Vitamin ini terbuat dari 21 jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Karena diproduksi dengan teknologi freeze drying, nutrisi di dalam VegeBlend 21 Junior tidak mudah rusak dan dapat tetap terjaga dengan baik. Anda bisa membelinya di Shopee.



8. Madu Antariksa

foto-vitamin-penambah-nafsu-makan-anak-yang-bagus-dan-optimal-08

Harga : Rp 90.000

Dibuat dengan proses berstandar nanoteknologi

Madu Antarksa merupakan salah satu suplemen yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami. Di dalamnya terkandung berbagai manfaat baik yang diperlukan oleh anak-anak, seperti menambah nafsu makan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan ketika sakit.

Produk ini dibuat dengan proses berstandar nanoteknologi. Menjadikan Madu Antarika sebagai salah satu suplemen yang aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Sangat disarankan untuk si kecil yang memiliki beberapa masalah, misalnya kurang nafsu makan, kurang berat badan, hingga terlambat bicara. Anda bisa membelinya di Shopee.

7. Sangobion Kids

foto-vitamin-penambah-nafsu-makan-anak-yang-bagus-dan-optimal-07

Harga : Rp 34.000

Tidak berbau besi, pas untuk si kecil



Ada beberapa hal yang sering membuat nafsu makan anak menurun. Salah satunya adalah anemia atau kurang darah.

Anemia bisa membuat si kecil jadi terlihat lesu dan pucat.Ia pun tidak akan merasa semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Supaya anak Anda terbebas dari masalah anemia, berikan ia Sangobion Kids.

Suplemen satu ini telah lama dikenal berkhasiat untuk mengatasi anemia. Bukan hanya untuk orang dewasa, tapi juga anak-anak. Khusus Sangobion Kids, diolah sedemikian rupa agar sesuai dengan lidah anak-anak.

Oleh sebab itu, produk ini memiliki cita rasa tutti frutti yang khas. Fungsinya untuk meyamarkan aroma besi yang biasanya terdapat pada suplemen penambah darah.

Disarankan untuk meminumnya sekali sehari setelah makan.Bisa juga dengan anjuran dokter. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

6. Fitkom Tablet

foto-vitamin-penambah-nafsu-makan-anak-yang-bagus-dan-optimal-06

Harga : Rp 12.000

Hadir dalam bentuk bintang yang lucu dan imut

Anak-anak cenderung sulit diberikan vitamin atau suplemen. Karena itulah para produsen mulai berinovasi untuk membuat produk yang disukai anak-anak. Salah satunya SOHO Global Health dengan Fitkom Tablet-nya.

Produk jenis tablet ini hadir dalam bentuk bintang yang lucu dan imut. Dijamin anak-anak akan tertarik untuk mengonsumsinya. Apalagi Fitkom Tablet juga tersedia dalam tiga rasa buah yang disukai si kecil, antara lain stroberi, jeruk, dan anggur.



Berkat kandungan sepuluh vitamin, mineral, serta kalsium di dalamnya, suplemen ini efektif dalam mendukung tumbuh kembang si kecil sekaligus meningkatkan nafsu makannya. Anda bisa membelinya di Shopee.

5. Apialys Sirup

foto-vitamin-penambah-nafsu-makan-anak-yang-bagus-dan-optimal-05

Harga : Rp 36.000

Mudah dikonsumsi oleh anak-anak

Selanjutnya ada Apialys Sirup. Vitamin anak ini hadir dalam bentuk sirup dan drop yang mudah dikonsumsi si kecil. Produk ini dilengkapi kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, D-pantothenol, lysine HCI, I-glutamic acid, dan nicotinamide.

Seluruh kandungan tersebut berkhasiat untuk menambah nafsu makan, memenuhi asupan vitamin harian, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu pertumbuhan gigi dan tulang anak. Suplemen ini sangat dianjurkan untuk bayi dan anak-anak.

Dosis pemberiannya bisa dilihat pada kemasan atau sesuai petunjuk dokter. Anda bisa membeli produk vitamin penambah nafsu makan anak ini di Shopee.

4. Vidoran Gummy Multivitamin

foto-vitamin-penambah-nafsu-makan-anak-yang-bagus-dan-optimal-04

Harga : Rp13.090



Tersedia dalam wujud jeli berbentuk karakter lucu yang disukai anak

Memberikan vitamin pada anak kini jadi lebih mudah dengan Vidoran Gummy Multivitamin. Produk merupakan vitamin jeli berbentuk karakter lucu yang disukai anak-anak.

Tidak perlu khawatir karena jeli tersebut dibuat dari buah-buahan asli sehingga aman untuk si kecil. Tekstur jelinya asyik dikunyah, seperti sedang menyantap camilan.

Suplemen ini memiliki kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, serta lysine yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menangkal paparan radikal bebas.

Ada pula kandungan curcuma yang mampu meningkatkan nafsu makan sang buah hati. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Vitabumin

foto-vitamin-penambah-nafsu-makan-anak-yang-bagus-dan-optimal-03

Harga : Rp 32.000

Perpaduan madu dan temulawak untuk penuhi asupan tumbuh kembang anak

Vitamin satu ini bisa dibilang merupakan paket lengkap. Pasalnya di dalam Vitabumin ini terdapat kandungan madu, temulawak, ikan gabus, serta pegagan.



Suplemen ini dipercaya mampu memenuhi asupan vitamin dan protein albumin yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak.

Ada berbagai manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi Vitabumin. Beberapa di antaranya adalah membantu perbaikan gizi buruk, menambah nafsu makan dan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh dan kecerdasan anak, sebagai pendamping obat TBC, mempercepat penyembuhan penyakit pada anak, serta melancarkan pencernaan.

Namun, vitamin ini tidak disarankan untuk dikonsumsi anak usia kurang dari 1 tahun, ADHD, memiliki alergi ikan dan madu, serta mengalami diare. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

2. Scotts Emulsion Vita

foto-vitamin-penambah-nafsu-makan-anak-yang-bagus-dan-optimal-02

Harga : Rp 45.000

Mendukung pertumbuhan otak dan fisik anak

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan vitamin merek Scotts Emulsion. Produk ini sudah lama beredar di Indonesia. Pamornya masih tetap bagus hingga kini.

Para orang tua yang dulu mengonsumsinya juga menurunkan kebiasaan tersebut pada anak-anaknya. Maka tak heran kalau Scotts Emulsion tidak pernah lekang di makan zaman.

Vitamin jenis sirup cair ini terbuat dari minyak ikan kod yang kaya akan kandungan omega-3 (DHA dan EPA), vitamin A, vitamin D, dan kalsium.

Sangat dianjurkan untuk mendukung pertumbuhan fisik dan otak serta menjaga daya tahan tubuh anak. Terutama bila si kecil sedang aktif bergerak ke sana kemari. Rasa jeruknya yang khas membuat anak-anak menyukainya. Anda bisa membelinya di Shopee.



1. Mollers Tran Cod Liver Oil

foto-vitamin-penambah-nafsu-makan-anak-yang-bagus-dan-optimal-01

Harga : Rp 247.000

Dijamin aman untuk kesehatan anak dan keluarga

Mollers Tran Cod Liver Oil dibuat menggunakan ikan yang hidup di perairan murni dan bebas polusi. Karena itulah vitamin ini dijamin aman dikonsumsi si kecil karena terbebas dari paparan logam berat.

Produk Mollers Tran Cod Liver Oil sudah mendapat sertifikasi dari Marine Stewardship Council (MSC) berkat proses produksinya yang mengikuti standar GOED dan European Pharmacopoeia.

Produk asal Norwegia ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin D, vitamin E, omega-3 dan DHA. Pilihan terbaik untuk menambah nafsu makan, membantu perkembangan otak, serta menjaga daya tahan tubuh anak.

Tersedia dua varian rasa yang disukai anak-anak, yakni tutti fruit dan lemon. Suplemen ini juga dapat dikonsumsi oleh orang dewasa. Anda bisa membelinya di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli vitamin penambah nafsu makan anak, sebaiknya Anda mempertimbangkan komposisi bahan, usia, rasa, dan keamanannya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan jenis-jenis vitamin agar bisa menemukan produk yang sesuai kebutuhan.
  • Anda bisa memilih Scotts Emulsion Vita, karena mampu mendukung perkembangan otak dan fisik anak.
  • Sedangkan untuk Anda yang mencari vitamin yang terjamin aman dikonsumsi, Anda bisa memilih Mollers Tran Cod Liver Oil.
  • Namun, jika Anda menginginkan vitamin dengan bentuk yang disukai anak-anak, maka Anda bisa memilih Vidoran Gummy Multivitamin.

Referensi

  1. Halodoc (2021), Jangan Sembarangan, Ini 7 Tips Beri Suplemen untuk Anak, https://www.halodoc.com/artikel/jangan-sembarangan-ini-4-tips-beri-suplemen-untuk-anak
  2. Hellosehat (2019), Agar Tidak Keliru, Ketahui Aturan Pemberian Vitamin untuk Anak, https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/gizi-anak/vitamin-untuk-anak/





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Medis Obat Vitamin


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "Anak Susah Makan? Coba 10 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak yang Bagus dan Optimal", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »