Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


8 June 2020

9 Masker Respirator Terbaik untuk Para Pekerja

By Cekresi .com
9 Masker Respirator Terbaik untuk Para Pekerja


Masker respirator merupakan alat yang dirancang dengan tujuan untuk melindungi pengguna dari gas, asap dan mikroorganisme yang berbahaya. Alat ini sebagai juga sebagai masker gas atau debu.



Masker respirator biasanya dipakai untuk para pekerjaan lapangan maupun industri, seperti pertambangan, namun juga dapat dipakai untuk melindungi Anda ketika berada dalam kerumunan massa.

Untuk itu, kami menyajikan artikel mengenai beberapa masker respirator terbaik berikut dengan harga dan ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai masker respirator dan cara menggunakannya.

Mengenal masker respirator dan jenis-jenisnya

Anda mungkin mengira bahwa respirator bekerja dengan menyaring partikel-partikel yang ada di udara, menjernihkan udara dari berbagai zat kimia, atau mengambil udara bersih dari luar. Tapi itu semua tergantung kategori dari respirator yang Anda pilih.

Ketika memilih respirator yang cocok untuk kebutuhan Anda, pahami hal terpenting yaitu jenis respirator. Anda harus mengetahui setiap jenis respirator sehingga Anda dapat dengan mudah memilih salah satu spesifikasi yang Anda sangat butuhkan.

Berikut ini beberapa jenis respirator berdasarkan fungsi yang dimilikinya:

Pertama, Respirator Partikulat. Respirator ini digunakan untuk memurnikan udara dari partikel-partikel yang tersuspensi di udara (aerosol). Filter dari respirator menangkap partikel atau aerosol dari udara dengan metode penyaringan, sehingga udara yang melewati respirator menjadi bersih dari particulate.

Mekanisme filtrasi oleh fiber ini disebut juga penyaringan secara mekanik, dan ini akan sangat tergantung dari kerapatan density serat dari filter. Untuk meningkatkan daya saring dari respirator, biasanya diberikan muatan listrik statis (elektrostatis) pada bahan fiber sehingga mampu menyaring partikel yang jauh lebih kecil.

Misalnya, jika suatu repirator memiliki spesifikasi N95, ini artinya bahwa respiraor tersebut memiliki efesiensi penyaring 95% terhadap partikel dengan ukuran 0.3 mikron.



Kedua, Respirator Gas dan Uap. Umumnya jenis alat ini dikenal dengan “Chemical Cartridge Respirator atau Gas Masks”. Perbedaannya adalah gas masks menggunakan elemen pemurni udara yang disebut canister dengan ukuran lebih besar dari cartridge yang digunakan pada chemical cartridge respirator.

Gas dan uap ditangkap oleh sorbent (bahan penyerap gas dan uap) dan menyimpannya. Kemampuan serap sorbent sangat tergantung dari jenis dan luas permukaan yang dapat menyerap uap dan gas.

Umumnya sorbent memiliki permukaan luas yaitu sekitar 1500 m2 / gram. Gas atau uap yang melewati sorbent akan terikat pada permukaan sorbent baik secara fisik atau secara kimia yang dikenal dengan absorbsi. Absorbsi adalah kemampuan sorbent untuk mengikat melekul gas atau uap baik secara kimia atau fisika.

Sedangkan, catridge dan canister memiliki kemampuan serap yang tinggi pada awal penggunaan dan akan mengalami penurunan hingga akhir masa pakai (masa jenuh). Lama masa jenuh sangat tergantung dari konsentrasi uap atau gas di udara dan perawatan terhadap respirator tersebut.

Ketiga, Powered Air-Purifying Respirator(PAPR). PAPR adalah respirator pemurni udara dengan menggunakan pompa udara untuk mendorong atau menarik udara menuju respirator atau penyaring. Umumnya pompa atau blower udara tersebut menggunakan baterai.

NIOSH hanya mensyaratkan bahwa PAPR harus menggunakan HEPA filter efesiensi tinggi yang sudah diuji ketahanannya terhadap panas pada kondisi uji yang sudah ditetapkan. Karena PAPR adalah sistem pemurnian udara maka PAPR tidak boleh digunakan pada area Immediate Dangerous to Life and Health (IDLH) atau pada area yang kondisi atmosfernya mengandung oksigen dibawah 19.5%.

Keempat, Alat Bantu Pernafasan (SCBA). Self Contained Breathing Apparatus atau dikenal dengan SCBA adalah alat bantu atau pernapasan untuk waktu tertentu sesuai dengan jumlah oksigen yang tersedia pada alat tersebut.



SCBA menyimpan udara (oksigen) terkompresi, terkompresi atau oksigen cair, atau bahan kimia yang menghasilkan oksigen. Alat ini tidak memerlukan pasokan udara dari tempat lain atau dari luar.

SCBA biasanya digunakan pada area yang kontaminasi udaranya sangat tinggi, sehingga perlu juga diperhatikan kemungkinan paparan terhadap tubuh seperti kulit.

Uap dan gas tertentu pada konsentrasi tinggi dapat merusak bagian tubuh lain selain pernapasan. Misalnya, udara yang terkontaminasi ammonia pada konsentrasi sekitar 3% dapat menyebabkan luka bakar pada kulit.

Asam Hydrocyanic dalam bentuk gas, pada suhu sedikit diatas suhu kamar dapat menembus kulit dan menyebabkan keracunan sistemik. Untuk menghindari potensi bahaya terhadap bagian tubuh lain, maka sangat disarankan untuk memilih pakaian pelindung yang tepat.

Pilih respirator dengan ketahanan yang sangat baik

Dalam kebanyakan kasus, masker respirator dapat diperkirakan bertahan berdasarkan lamanya waktu penggunaan filter.

Dalam hal ini, Anda dapat mengharapkan filter respirator bertahan maksimal lima tahun jika belum dibuka dan masih dalam kemasan aslinya. Setelah dibuka, masa pakai filter akan berkurang hingga enam bulan.

Cara menggunakan respirator yang benar

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan respirator sebagai pelindung, pastikan Anda menggunakannya dengan baik dan benar. Sebab, jika Anda tidak menggunakannya baik dan benar, kontaminan udara akan tetap masuk dan tubuh akan tercemar dengan sehingga menyebabkan gangguan pada pernafasan.



Berikut ini cara menggunakan alat pelindung pernafasan yang baik dan benar :

  • Sebelum dipergunakan, pastikan bahwa respirator serta elemennya dalam kondisi baik, katup saluran pembuangan pernafasannya sudah pada tempatnya.
  • Pasanglah respirator dengan cara memegang bagian depan dengan satu tangan serta tangan yang satunya memegang tali respirator keatas kepala.
  • Selanjutnya, letakkan tali bagian atas dengan cara menumpangkannya diatas kepala, sehingga tali bagian atas berada di atas telinga serta tali bagian bawah berada di bawah telinga. Kaitkanlah tali bawah di belakang leher lalu kencangkan sehingga pas di muka serta nyaman.
  • Demikian juga dengan tali bagian atas, kencangkan dengan cara menarik tali di kedua sisi sampai respirator benar benar menutupi hidung, jangan terlalu kencang sebab akan mengakibatkan hidung tertekan.
  • Lalu, kencangkan tali bawah dengan cara menarik tali di kedua sisi, sampai respirator benar-benar pas menutupi pipi.

9 Masker respirator terbaik untuk para pekerja

Setelah Anda mengetahui berbagai macam pengetahuan tentang masker respirator, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi beberapa masker respirator terbaik untuk para perja dari berbagai merek berikut ini :

9. Respirator MIRA Safety CM-6M

respirator_mira_safety_cm_6m

Harga : Rp 6.500.000

Melindungi Anda dari bahan kimia dan radiasi nuklir

CM-6M merupakan perangkat NBC (Nuclear, Biological, Chemical) dengan sedikit tambahan perlindungan Radiasi. Masker NBC dapat melindungi dari kejatuhan nuklir. Sekarang “R” ekstra melindungi terhadap kejatuhan isotop bom kotor.

Respirator ini memiliki karet butil yang jauh lebih tahan terhadap kejatuhan, bahan kimia, dan bahan kimia industri beracun. Anda dapat memasang filternya di kedua sisi atau satu sisi saja sesuai dengan keinginan Anda.

CM-6M lebih dirancang untuk bidang pandang penuh sehingga cocok untuk mendapatkan jarak pandang yang bagus ketika dipakai. Respirator ini juga dilengkapi sebuah sedotan yang sesuai dengan botol minum tentara.

Respirator CM-6M bisa menggunakan filter dari Mestel atau dari MIRA itu sendiri. Filter ini dapat bertahan selama 20 tahun ketika tidak dipakai. Terdapat filter baru yang lebih kecil, yaitu P3 Virus Filter dengan 6 paket berbeda.

Filter P3 ini dapat digunakan ketika Anda tidak memerlukan perlindungan dari radiasi nuklir. CM-6M ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan perlindungan ekstrem dan juga bidang pandang yang luas. Anda dapat membeli masker respirator ini di Tokopedia.



8. Respirator 3M Ultimate FX

respirator_mira_safety_cm_6m

Harga : Rp 4.600.000

Kompatibel dengan berbagai filter

Dengan respirator ini Anda dapat melihat dengan jernih melalui lensa terproteksi Scotchgard. Selain untuk perlindungan, lensa ini juga mudah untuk menghapus noda, cairan, dan cat yang menumpuk di lensa tersebut.

Bahannya terbuat dari silikon lembut tetapi kuat dan kokoh. Respirator ini memiliki bidang pandang yang luas, yang secara signifikan memperlebar penglihatan Anda.

Dengan desainnya yang sangat serbaguna, kompatibel dengan berbagai filter partikulat, dan kartrid uap atau gas dari 3M. Terdapat katup aliran dingin (Cool Flow Valve) yang bermanfaat untuk memudahkan Anda dalam bernafas karena mencegah penumpukan panas yang mengganggu.

Beberapa fitur yang dirancang yaitu, dudukan kepal untuk mengurangi titik tekanan serta pengencang silikon untuk memastikan bahwa Anda tidak akan longgar atau lepas ketika dipakai. Anda dapat membeli masker respirator ini di Tokopedia

7. Respirator 3M Full Facepiece 6800

respirator_3m_full_facepiece_6800

Harga : Rp 622.000

Andal dan nyaman melindungi pernapasan Anda

Respirator ini memiliki standar yang ditetapkan oleh NIOSH, yang membuktikan bahwa itu memang disetujui oleh pemerintah karena keselamatan dan perlindungan maksimumnya.



Ini adalah produk yang andal dan nyaman yang sesuai untuk semua kebutuhan perlindungan pernapasan Anda. Anda dapat menggunakan respirator ini dengan aman ketika penanganan bahan kimia, percikan, dan pembersihan, operasi tungku, pahat, permesinan, pengecatan, dan lain sebagainya. Anda dapat membeli masker respirator ini di Shopee.

6. Respirator 3M Paint Project R6200

respirator_3m_paint_project_r6200

Harga : Rp 147.000

Efektif dalam menyaring udara

Respirator ini adalah salah satu produk yang dijamin akan memberikan kepuasan maksimal karena efektif jika digunakan ketika bernafas, terutama bagi para profesional. Alat ini berguna untuk menyemprot cat, pestisida, dan pelarut.

Respirator ini dilengkapi kartrid menghadap belakang yang dapat membantu memaksimalkan dan meningkatkan visibilitas. Dengan posisi itu, Anda dapat dengan mudah dan jelas melihat proyek atau tugas yang sedang Anda kerjakan.

Respirator ini telah disetujui NIOSH, yang berarti telah melewati standar dari pemerintah, terutama dalam hal efisiensi penyaringan. Bahkan, itu efektif dalam menyaring setidaknya 95 persen partikel cair dan padat tanpa minyak.

Dalam hal perlindungan, tidak ada yang mengalahkan respirator ini dari 3M karena dapat menahan debu dan partikel. Anda dapat membeli masker respirator ini di Lazada.

5. Respirator 3M Rugged 6503

respirator_3m_rugged

Harga : Rp 390.000

Cocok digunakan untuk kondisi lingkungan yang keras dan kotor



Respirator ini dapat memberikan perlindungan pernapasan di lingkungan yang keras dan kotor terhadap kontaminan di udara ketika digunakan dengan kartrid dan filter 3M yang terjamin.

Penutup wajahnya terbuat dari silikon bertekstur ringan dan konstruksi yang kuat. Desain pengencangnya menggunakan mekanisme drop-down yang mudah untuk mengencangkan dan melepasnya saat bergerak.

Walaupun penutup 3M silikon yang paling ringan, tetapi cukup kokoh bertahan berjam-jam pada kondisi ekstrem, dan lingkungan kerja yang sangat panas. Anda dapat membeli masker respirator ini di Shopee.

4. Respirator 3M 6291

respirator_3m_6291

Harga : Rp 330.000

Efektif sebagai pelindung pernapasan, serta nyaman dan ringan saat digunakan

Respirator ini disetujui untuk lingkungan yang mengandung partikel berbasis minyak dan non-minyak tertentu dan membantu memberikan perlindungan dalam berbagai aplikasi termasuk pengelasan, penuangan logam, penyolderan, dan lain sebagainya.

Alat ini sangat nyaman, lembut, dan ringan, dan fitur tali kepala yang mudah disesuaikan. Desain penyapu-balik kartrid membantu meningkatkan keseimbangan dan visibilitas dan memiliki tali pengikat yang mudah disesuaikan oleh pengguna, namun, tidak seperti respirator 3M lainnya, respirator ini tampaknya memerlukan ukuran tambahan.

Untuk keperluan lain, kartrid yang disertakan dapat dilepas dan diganti dengan P100 Filter / Kartrid baru atau Filter Seri 3M ™ 2000 atau 2200 Series yang disetujui NIOSH atau Kartrid 6000 Series. Respirator juga dapat dibongkar, dibersihkan, dan digunakan kembali dengan mudah. Anda dapat membeli masker respirator ini di Shopee.



3. Respirator 3M 6200

respirator_3m_6200

Harga : Rp 175.000

Ringan, nyaman, dan bisa diatur dengan mudah

Respirator ini memiliki fitur yang dirancang untuk memberikan perlindungan total dari partikel dan berbagai uap dan gas. Penutup mukanya begitu lembut dan cukup ringan, sehingga memberikan kenyamanan begitu Anda memakainya.

Tali pengikat kepalanya dapat disesuaikan dan diatur sesuai kemauan. Kartrid yang digunakan dalam produk ini juga dapat diganti, sehingga mengurangi pengeluaran keuangan Anda.

Filternya dapat mengunci dengan kuat tetap pada posisinya untuk waktu yang cukup lama. Pemakaiannya yang cukup nyaman elama berjam-jam setiap hari tidak akan pernah menjadi masalah. Anda dapat membeli masker respirator ini di Shopee.

2. Respirator 3M Dual Kartrid

respirator_3m_dual

Harga : Rp 378.000

Desain simple dan andal

Dengan persetujuan NIOSH dapat menjamin keandalan dan fungsionalitas dari respirator ini. Hal itu semacam persetujuan tingkat perlindungan tertinggi dari partikel berbahaya dan uap organik. Respirator ini dilengkapi dengan filter yang cukup luar biasa karena dapat bekerja hingga 40 jam saat berurusan dengan pelarut ringan.

Waktu pemakaian filternya layak ketika menangani pelarut terkonsentrasi dan berat karena mereka perlu diganti setelah 8 jam pemakaian. Respirator ini menggunakan filter karbon di interiornya sementara filter partikulat digunakan di eksteriornya.



Dengan desainnya yang simple, Anda akan merasa nyaman saat menggunakannya dengan kacamata. Anda dapat membeli masker respirator ini di Shopee.

1. Respirator Partikulat 3M P100

respirator_partikulat_3m_p100

Harga : Rp 215.000

Simple dan harganya terjangkau

Jika Anda mencari respirator yang terjangkau dan ringkas, maka respirator ini sangat cocok untuk Anda. Normalnya N95 tidak tahan minyak dan hanya menyaring 95% partikel yang ada di udara.

Sementara P100 adalah anti-minyak dan menyaring setidaknya 99,97% partikel di udara. Filter 3M P100 adalah pilihan tepat karena terjangkau dan juga memiliki katup pernafasan sehingga tidak menjadi terlalu pengap saat digunakan untuk waktu yang lama. Anda dapat membeli masker respirator ini di Tokopedia.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli masker respirator, pastikan Anda menyesuaikan dengan pekerjaan yang akan Anda lakukan. Sebab, biasanya alat ini dipakai pada pekerjaan lapangan maupun industri, contohnya pertambangan.
  • Anda juga harus memperhatikan cara menggunakan respirator yang baik dan benar agar tidak terjadi penyumbatan pernafasan.
  • Anda bisa memilih Respirator MIRA Safety CM-6M, jika bekerja di pertambangan atau sejenisnya.
  • Namun, jika Anda ingin hasil yang maksimal untuk bernapas dengan kemampuan alatnya yang terbaik, maka Anda bisa memilih Respirator 3M Paint Project R6211.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan masker respirator yang praktis dan harganya lebih terjangkau,Anda bisa memilih Respirator Partikulat 3M P100.

Referensi

  1. 3M (2020), Selecting Respirators for Your Workplace, https://www.3m.com/3M/en_US/safety-centers-of-expertise-us/respiratory-protection/respirator-selection/
  2. CDC (2020), Respirator Fact Sheet, https://www.cdc.gov/niosh/npptl/topics/respirators/factsheets/respfact.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Kesehatan Masker


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "9 Masker Respirator Terbaik untuk Para Pekerja", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »