Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


4 July 2021

8 Rekomendasi Dispenser Terbaik yang Bagus dan Hemat Listrik

By Cekresi .com
8 Rekomendasi Dispenser Terbaik yang Bagus dan Hemat Listrik


Memilih dispenser terbaik dan bagus tentu tidak mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah penggunaan daya listrik. Semakin rendah daya listrik dispenser, semakin hemat biaya listrik yang dikeluarkan setiap bulan.



Untuk itu, kami menyajikan dispenser terbaik yang bagus dan hemat listrik lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi tentang dispenser dan cara perawatannya.

Alasan memilih dispenser hemat listrik

Anda pasti akan mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli dispenser, salah satunya adalah pemakaian listrik pada dispenser. Penggunaan dispenser biasanya bisa menjadi salah satu faktor membengkaknya pengeluaran dalam membayar tagihan listrik.

Hal tersebut karena penggunaan dispenser yang terus disambungkan pada aliran listrik non stop, sehingga membuat tagihan listrik menjadi lebih besar.

Dispenser low watt atau hemat energi biasanya memiliki pilihan suhu lebih sedikit, yaitu hanya dua pilihan, panas dan normal.

Selain itu, Anda juga bisa menghemat listrik dengan memilih dispenser dengan saklar yang terpisah, agar Anda bisa mengontrol sesuai kebutuhan. Apabila Anda sedang tidak membutuhkan air panas, Anda bisa mencabut saklarnya agar dispenser tidak terlalu memakan banyak daya listrik.

Perhatikan bahan dan ukuran dari tangki air dispenser

Tangki adalah tempat penyimpanan air saat akan dipanaskan atau didinginkan di dalam dispenser.Jadi, tangki merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari dispenser air.

Anda harus memastikan bahwa tangki yang akan dipilih adalah tangki yang terbuat dari bahan berkualitas, seperti stainless steel food grade yang anti karat dan aman bagi kesehatan.

Selain itu, ukuran tangka dari dispenser juga harus diperhatikan.Ukuran standar dari tangki biasanya berisi 1 liter air yang cukup digunakan untuk Anda dan keluarga.



Namun, ada juga ukuran tangki yang lebih besar hingga 3.5 liter yang bisa Anda gunakan untuk banyak orang, seperti untuk memenuhi kebutuhan air minum karyawan di kantor.

Pilih dispenser dengan fitur yang dapat memudahkan Anda

Di era serba canggih ini, sudah banyak sekali dispenser-dispenser yang dilengkapi oleh beragam fitur yang bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhan airnya.

Anda juga harus memperhatikan fitur-fitur pada dispenser yang akan Anda beli nanti. Salah satunya adalah fitur child-lock.

Fitur child-lock ini adalah fitur pengaman yang digunakan untuk menjaga dan melindungi anak Anda dari air panas yang dapat keluar dari dispenser apabila sengaja dilakukan untuk bermain.

Tentu Anda tidak ingin anak Anda terluka, bukan? Maka dari itu, fitur child-lock ini sangat membantu Anda agar dispenser aman dari jangkauan anak-anak.

Pilih jenis air untuk dispenser Anda

Terdapat beberapa jenis air yang dapat diminum dan sangat aman untuk tubuh manusia, yaitu;

  • Air mineral berkarbonasi (sparkling water). Jenis air ini mengandung karbon dioksida dan berkarbonasi, namun tidak mengandung gula maupun kalori sehingga aman apabila dikonsumsi.
  • Air tanah (spring water). Jenis air ini mengalir dari bawah tanah yang mengalir secara alami pada permukaan bumi.
  • Purified water merupakan jenis air yang dihasilkan dari beberapa tahapan pengolahan atau proses sehingga menghasilkan air murni tanpa ada lagi mikroorganisme seperti bakteri dan lain-lain.
  • Air bawah tanah (artesian water). Air bawah tanah atau bernama lain Artesian water ini berasal dari lapisan tanah paling dalam, air ini bisa didapatkan dengan cara mengebor hingga menembus tanah dan bebatuan.
  • Air mineral (mineral water). Air mineral atau air yang sering dijumpai di beberapa mini market ini adalah air yang memiliki kandungan mineral alami maupun buatan. Biasanya air mineral dihasilkan dari mata air pegunungan yang telah diproses dan di dalamnya kaya akan mineral, garam dan senyawa sulfur.
  • Air keran (tap water). Jenis air ini biasanya didapatkan secara langsung dan mengalir ke rumah-rumah melalui pipa-pipa penyaluran air.
  • Air RO (reverse osmosis water). Jenis air yang terakhir adalah air RO atau reverse osmosis water adalah air yang dibuat melalui proses penyaringan dengan tujuan agar dapat menyingkirkan kontaminan aestetisk yang menimbulkan rasa tidak sedap, warna, dan bau.

Cara merawat dan membersihkan dispenser dengan benar

Dalam membeli sebuah barang, Anda tentu ingin barang tersebut bisa awet dan bertahan lama Ketika digunakan. Maka dari itu, Anda harus selalu rajin membersihkan dan merawat dispenser. Berikut adalah beberapa cara merawat dan membersihkan dispenser dengan benar, yaitu:

  • Sebelum membersihkan dispenser, Anda harus memastikan bahwa galon air minum dari dispenser sudah kosong. Karena, hal tersebut tentu akan mengurangi resiko air yang tumpah dan memudahkan Anda untuk mengangkat galon tersebut.
  • Cabutlah stopkontak dan aliran listrik lain yang berada di sekitar dispenser agar Anda terhindar dari bahaya listrik.
  • Angkatlah galon kosong yang ada di dispenser agar memudahkan Anda untuk membersihkan bagian dalam dispenser.
  • Cucilah bagian dalam dari dispenser dengan menggunakan larutan cuka dan air hangat lalu kocokkan dan cuci mengenakan sarung tangan apabila Anda memiliki kulit yang sensitif.
  • Seka bagian dalam reservoir hingga bersih menggunakan larutan cuka dan kain microfiber.
  • Kemudian kuraslah larutan tadi ke dalam ember dan bilaslah sebanyak 2 kali dengan menggunakan air bersih.
  • Lalu pasang Kembali bagian sekat atau pelindung air yang Anda buka sebelum mencuci bagian dalam dari dispenser.
  • Pasang kembali galon yang sudah berisi air minum dan hidupkan mesin dispenser dan tunggu 30 menit hingga 1 jam sebelum digunakan.

8 Rekomendasi dispenser terbaik yang bagus dan hemat listrik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang dispenser hingga cara perawatannya, maka perkenankan kami untuk memberikan rekomendasi dispenser terbaik yang bagus dan hemat listrik dari berbagai merek berikut ini.



8. DENPOO Zpipa Stainless DDB29

foto-dispenser-low-watt-yang-dapat-menghemat-listrik-08

Harga : Rp1.547.000

Dispenser low watt dilengkapi dengan fitur galon bawah yang fleksibel

Dispenser dari DENPOO ini memiliki desain yang sangat elegan dan modern, jadi cocok sekali digunakan di ruangan Anda. Belum lagi tempat galon air yang terletak di bawah, sehingga memudahkan Anda tidak perlu mengangkat galon saat memasangnya.

Selain itu, dispenser ini hemat energi listrik dengan daya-nya yang hanya 190 watt. Menariknya lagi, dispenser ini dilengkapi dengan fitur child-lock sehingga aman dari jangkauan anak-anak. Anda bisa membeli dispenser ini di Shopee.

7. Sanken HWD-C535IC

foto-dispenser-low-watt-yang-dapat-menghemat-listrik-07

Harga: Rp1.385.000

Dispenser anti bocor dan karat

Dispenser Sanken HWD-C535IC ini menggunakan pipa yang dilapisi full stainless steel. Dengan tangki air yang terbuat dari 100% stainless steel ini Anda tidak perlu khawatir lagi akan terjadi kebocoran dan karat pada dispenser.

Selain itu, produk dari Sanken ini memiliki tiga keran air yaitu air dingin, normal dan panas. Dilengkapi fitur child-lock yang aman bagi anak-anak.

Adapun daya listrik pada dispenser ini juga sangat kecil, yaitu sebesar 170 watt sehingga cocok digunakan untuk di rumah maupun kantor.

Kelebihan lain dari dispenser ini yaitu desainnya modern dan elegan, serta memiliki posisi galon bawah dengan kapasitas air sebanyak 5 liter. Untuk mendapatkannya, Anda dapat membeli dispenser ini di Shopee.



6. Denpoo Xavier II

foto-dispenser-low-watt-yang-dapat-menghemat-listrik-06

Harga: Rp195.000

Cocok digunakan untuk ruangan minimalis

Dispenser Denpoo dengan Xavier II adalah dispenser portable yang memiliki desain minimalis sehingga sangat cocok untuk Anda yang menginginkan dispenser dengan ruang yang lebih kecil.

Meskipun bentuknya yang mini, Anda tidak perlu khawatir dengan kelengkapan fiturnya, karena dispenser ini juga memiliki fitur child-lock yang aman dari jangkauan anak-anak.

Dengan besaran daya listrik 190 watt, dispenser ini memiliki dua keran air, yaitu air panas dan normal. Kelebihan lain dari dispenser ini terletak pada body yang terbuat dari bahan plastik aman dan kuat.

Selain itu, dispenser ini juga dilapisi bahan stainless steel pada bagian tangki air dalam, sehingga dapat membuat dispenser awet dan menjaga kehigienisan pada airminum. Anda bisa membeli dispenser minimalis ini di Shopee.

5. Modena DD 65 L

foto-dispenser-low-watt-yang-dapat-menghemat-listrik-05

Harga: Rp2.249.000

Dispenser canggih dan elegan yang dilengkapi berbagai fitur menarik

Dipenser bertipe DD-65 L dari Modena ini sangat canggih karena dilengkapi beragam fitur menarik, salah satunya adalah fitur water storage sensor yang berfungsi untuk memberikan sinyal apabila isi air dalam galon sudah habis, Wah, keren ya?



Selain itu, dispenser bottom loading atau posisi galon bawah ini juga memiliki fitur child-lock yang aman dari jangkauan anak-anak dan tiga keran air, yaitu panas, normal dan dingin.

Dengan desain berwarna hitam dispenser membuat kesan mewah pada ruangan Anda. Meskipun memiliki banyak fitur, dispenser ini juga tetap hemat listrik, besar daya listrik pada dispenser ini sebesar 190watt. Jika berminat, Anda dapat menemukan dispenser ini di Shopee.

4. Philips ADD4962 70 GY-GH

foto-dispenser-low-watt-yang-dapat-menghemat-listrik-04

Harga: Rp2.350.000

Dispenser galon bawah kompresor yang lebih cepat dan efisien

Dispenser modern selanjutnya ialah, dispenser dari Philips dengan tipe ADD4962 GY-GH yang memiliki kompresor yang berfungsi untuk mendinginkan air secara efisien dan lebih cepat dibandingkan dengan pendinginan termoelektrik konvesional.

Dispenser dengan posisi galon bawah ini memiliki fitur child-lock yang berfungsi untuk menjaga anak-anak dari luka bakar akibat air panas yang tidak disengaja. Selain itu hemat listrik dengan besaran daya listrik 85 watt untuk suhu air dingin dan 170watt untuk air panas.

Menariknya lagi, dispenser ini dilengkapi dengan tiga keran air yaitu, panas, normal, dan dingin yang memungkinkan Anda lebih mudah dan praktis saat menggunakannya. Anda bisa membeli dispenser ini di Shopee.

3. MITO MD-666

foto-dispenser-low-watt-yang-dapat-menghemat-listrik-03



Harga: Rp995.000

Dispenser hemat listrik dan anti karat dengan tabung air stainless steel

Dispenser hemat listrik selanjutnya adalah dispenser dari Mito MD-666. Dengan stainless steel yang melapisi tabung air sehingga membuat dispenser awet dan tidak mudah berkarat.

Selain itu, dispenser ini memiliki 3 keran air, yaitu panas, normal dan dingin dengan posisi galon bawah yang memudahkan Anda tanpa perlu menaikkan galon air.

Kapasitas air dari dispenser ini adalah sebanyak 5 liter/jam untuk air panas dan 2 liter/jam untuk air dingin. Daya listrik dari dispenser ini adalah 380 watt untuk memanaskan air dan 65 watt untuk mendinginkan air.

Suhu pada air dingin dispenser dengan tipe MD-666 ini 16℃ dan 85-95℃ untuk air panas. Jika berminat, Anda dapat memesan dan membelinya di Shopee.

2. Toshiba RWF-W1830BN

foto-dispenser-low-watt-yang-dapat-menghemat-listrik-02

Harga: Rp2.550.000

Canggih dengan fitur ice-cold tech

Dispenser merek Toshiba ini memiliki desain fitur ice-cold tech sehingga membuat air lebih segar dan air dingin setara dengan air dicampur dengan es batu.

Selain itu, dispenser ini memiliki tingkat efisiensi yang tinggi, kecepatan pemanasan dan pendinginan pada air yang tetap terjaga.

Kelebihan lainnya terdapat pada tangki air dispenser ini yang terbuat dari stainless steel tebal sehingga dispenser lebih tahan lama atau awet dan anti karat.



Anda juga tidak perlu khawatir, dispenser ini juga hemat listrik kok! Daya listrik dispenser ini sebesar 100watt untuk mendinginkan air dan 190watt untuk pemanasan air.

Dengan tipe pendingin R134A dispenser ini memiliki kapasitas air panas 1,8L/ jam dan 4L/jam untuk air dingin. Selain itu, suhu air panas pada dispenser ini 95℃ dan 3-10℃ pada air dingin. Jika menginginkannya, Anda dapat membeli dispenser canggih ini di Shopee.

1. Sharp SWD-72EHL-BK

foto-dispenser-low-watt-yang-dapat-menghemat-listrik-01

Harga: Rp2.050.000

Dispenser air dengan 4 LED Indicator dan 2 step selectable switch

Dispenser Sharp dengan tipe SWD-72EHL-BK ini dilengkapi 4 LED Indicator dan 2 step selectable switch untuk menghangatkan air. Dengan body color hitam membuat dispenser tampak lebih mewah.

Selain itu, dispenser ini memiliki 3 tombol air, yaitu panas, normal dan dingin. Konsumsi listrik pada dispenser ini sebesar 185-385 watt untuk menghangatkan air dan 100 watt untuk mendinginkan air. Jika menginginkannya, Anda dapat memesan dan membelinya di Shopee.

Kesimpulan

  • Ketika hendak membeli dispenser hemat listrik, Anda harus benar-benar mengetahui spesifikasinya, besarnya daya listrik dari dispenser tersebut serta fitur yang ada, seperti child-lock agar aman dari jangkauan anak-anak.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara merawat dan membersihkannya, agar dispenser tetap higienis, lebih awet dan tahan lama.
  • Anda bisa memilih Dispenser Modena DD-65, karena dispenser ini didesain dengan model yang mewah dan canggih, serta terdapat fitur water storage sensor yang dapat membantu Anda untuk memeriksa isi air pada galon.
  • Namun, jika Anda ingin dispenser yang minimalis dan murah, maka Anda bisa mencoba dispenser Denpoo Low Watt Xavier II.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin dispenser hemat listrik yang sudah dilengkapi dengan dengan berbagai fitur menarik dan canggih, maka Anda bisa membeli dispenser Sharp SWD-72EHL-BK.

Referensi

Merry Maids, How To Clean Water Cooler, https://www.merrymaids.com/cleaning-tips/quick-tips/how-to-clean-water-cooler/
Cekresi.com (2019), 10 Dispenser Galon Bawah Bagus dan Berkualitas, https://cekresi.com/plus/article/10-dispenser-galon-bawah-bagus-dan-berkualitas
https://www.philips.co.id/c-p/ADD4962_70/dispenser#see-all-benefits



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Pompa Galon


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "8 Rekomendasi Dispenser Terbaik yang Bagus dan Hemat Listrik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »