Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


2 May 2020

7 Rekomendasi WiFi Router Terbaik yang Membuat Akses Internet Semakin Cepat dan Lancar

By Cekresi .com
7 WiFi Router Terbaik Akses Internet jadi Cepat dan Lancar


Di zaman yang serba teknologi ini, hampir semua aktivitas memerlukan internet. Sebagaimana online shop, streaming, bermain game, dan kegiatan lainnya, memerlukan akses internet yang baik.



Namun, tidak cukup hanya memiliki layanan kabel cepat atau modem yang hebat. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari internet, Anda memerlukan router yang luar biasa. Router yang baik akan membuat jaringan internet Anda terakses dengan cepat dan lancar.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa WiFi router terbaik dan tercepat berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai WiFi router serta cara pemilihannya.

Kenali hal mendasar tentang WiFi router

Pertama, modem vs router. Modem diperlukan untuk terhubung ke internet dengan ISP Anda, sedangkan router dibutuhkan untuk menghubungkan banyak perangkat dalam jaringan termasuk juga modem.

Router memungkinkan untuk akses banyak perangkat dan mentransfer data dari satu lokasi ke lokasi lain. Sementara, modem adalah saluran yang mengirim data ke internet. Komputer dan perangkat seluler menggunakan sinyal digital, sementara internet bekerja pada sinyal analog.

Kedua, router kabel dan nirkabel. Router kabel hanya memiliki port kabel LAN, sedangkan router nirkabel (dikenal sebagai router Wi-Fi) mempunyai antena dan adaptor nirkabel yang memungkinkan perangkat terhubung tanpa kabel.

Perlu Anda ingat sebelum memilih router Wi-Fi mana yang akan dibeli, pastikan bahwa Anda memilih yang tepat sesuai kondisi yang dibutuhkan.

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan

Saat hendak memilih WiFi router, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan Anda. Memiliki klien banyak dan besar, tentu membutuhkan kecepatan internet serta jenis perangkat yang langsung terhubung ke router.

Namun, tidak semua jenis pekerjaan membutuhkan model terbaru dan terhebat hingga pada akhirnya tidak pernah digunakan dan biaya membengkak.

Hidup seorang diri di sebuah apartemen satu kamar, mungkin tidak masalah jika menggunakan kecepatan 50 Mbps. Tetapi, bagaimana jika punya rumah besar? Sebaiknya membeli router tercepat. Hindari membeli router atau modem combo (CNET) karena sulit untuk diperbaiki jika terjadi kesalahan.



Pilih WiFi router yang memberikan hasil maksimal

Saat ini, layanan kabel cepat atau modem yang hebat tidak cukup. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari internet Anda, Anda memerlukan router yang luar biasa.

Kebanyakan orang hanya menyewa router mereka dari penyedia internet langganan dan tidak memikirkannya lagi. Namun, memiliki koneksi yang berkualitas sangat penting, terlepas dari apakah Anda ingin meningkatkan bandwidth internet game Anda, menghubungkan beberapa perangkat sekaligus, atau untuk memperluas area jangkauan dengan sinyal yang kuat.

Anda mungkin akan mengalami sinyal yang sering putus jikalau menyewa router dari penyedia internet. Sedangkan, WiFi router nirkabel akan memberikan koneksi hingga menembus batas dunia. Dipastikan tidak ada gangguan saat bermain game PC, streaming Netflix dalam HD atau 4K, atau bekerja di cloud.

Cari tahu terlebih dahulu tentang kecepatan internet

Anda perlu menghubungi penyedia layanan internet atau ISP untuk mengetahui kecepatan internet yang terbaik. Anda dapat memeriksa detail akun layanan untuk mengetahui informasi tersebut.

Kecepatan internet diukur menggunakan Mbps atau megabit/detik. Pengukuran ini memungkinkan untuk mengetahui kecepatan minimum yang ada pada router Anda.

Misalnya, jika Anda mendapatkan kecepatan maksimum 100 Mbps, Anda akan memerlukan router yang dapat dengan mudah mengelola kecepatan setidaknya 100 Mbps. Itulah mengapa memahami kecepatan internet Anda penting bahkan sebelum Anda berpikir untuk melihat router Wi-Fi apa pun.

Kenali jenis WiFi router yang akan Anda butuhkan

Anda mungkin memerlukan membeli router saja, router dan modem terpisah, atau modem-router. Hampir semua ISP menggunakan DSL atau serat untuk layanan mereka yang membutuhkan konversi sinyal oleh modem.



Sebagian besar router modern memiliki modem bawaan sehingga memudahkan untuk membawa satu perangkat. Namun, ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan layanan internet (ISP) Anda. Anda harus melihat kebutuhan router mana yang paling penting bagi Anda.

Mengetahui cara untuk mengamankan dan mengoptimalkan WiFi router

Setelah mendaftar melaui internet layanan (ISP) dan membeli router, langkah selanjutnya adalah menyetel ulang di rumah atau kantor. Optimalkan posisi fisik router Anda dan arah antena, pastikan mendapatkan jangkauan yang baik. Area dengan sinyal rendah dapat ditingkatkan menggunakan extender Wi-Fi.

Karena router adalah ujung tombak masuknya jaringan, perhatikan juga keamanan jaringan. Sebagian besar router memiliki nama pengguna dan kata sandi yang mudah untuk dimasuki. Sangat penting untuk mengubah kata sandi Wi-Fi Anda setiap 1 bulan sekali, sebab peretas sering mencoba login sandi yang tidak berubah.

Perhitungkan budget yang Anda miliki

Bergantung pada fitur yang Anda pilih, buat anggaran yang layak untuk memilihnya. Buka beberapa pilihan router untuk memahami kisaran anggaran yang harus Anda buat.

Tidak perlu memilih router yang paling mahal tanpa mengetahui seberapa bermanfaat fitur-fiturnya bagi Anda. Namun, jika budget yang dimiliki sedikit fleksibel, maka Anda akan mendapatkan router dengan kecepatan internet sedang.

Catat setiap perangkat yang akan didukung router Anda

Menuliskan daftar perangkat yang akan terhubung ke router (misalnya, ponsel, komputer, konsol, dll.) akan membantu menentukan ukuran router. Anda mungkin memerlukan router besar untuk mendukung beberapa perangkat aktif sekaligus dan sebaliknya .

Router berdaya kecil biasanya dapat menangani sekelompok komputer standar yang melakukan operasi bandwidth rendah, sementara Anda akan membutuhkan router yang lebih cepat untuk menangani operasi bandwidth untuk banyak perangkat.



Pertimbangkan juga bagaimana Anda akan menggunakan Internet, karena penelusuran biasa dan pekerjaan ringan akan memakan waktu pemrosesan yang jauh lebih sedikit daripada bermain game atau transfer file konstan (contohnya mengunduh).

Baca beberapa rekomendasi dan ulasan terkait router yang akan Anda beli

Anda dapat mulai mencari jenis router yang diinginkan dengan melihat ulasan pemakai lainnya, mengecek model, dan berkonsultasi dengan penyedia ISP Anda. Anda harus teliti pada nilai yang akan ditawarkan.

Ulasan bagus tidak cukup untuk membuat sebuah keputusan. Anda harus berkonsultasi pada ahlinya untuk memahami lebih lanjut tentang teknologi model router.

Tips memasang WiFi router

Ketika Anda akan membeli atau sudah membeli WiFi router, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara memasangnya. Mungkin mudah jika Anda membeli melalui penyedia jasa, namun bagaimana jika membeli sendiri? Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memasang WiFi router di rumah atau kantor :

  • Sambungkan modem ke router. Nyalakan stopkontak kemudian sambungkan kabel jack router ke stopkontak. Beberapa tipe dan seri router, sudah terhubung ke USB. Pastikan kabel sudah terhubung dengan baik dan router sudah mengetahui perangkat modem Anda.
  • Hubungkan komputer ke router. Satukan kabel jaringan kekomputer dan router. Jika menggunakan WiFi yang terkoneksi router, instalasi awal tidak diperlukan sebab WiFi belum terkonfigurasi dengan baik. Hal ini bertujuan agar konektivitas tetap terjaga.
  • Menu Admin dan Login. Setelah terhubung dengan komputer, buka browser dan masukan alamat router kedalam admin router. Lalu, masukan nama pengguna dan sandi. Untuk mengetahui admin router, Anda dapat melihatnya pada buku panduan. Atau dapat menggunakan CD instalasi yang adapada router.
  • Masukkan informasi konektivitas. Masukkan data dan konfigurasi sesuai dengan provider yang digunakan. Periksalah apakah lampu sudah menyala, kabel terhubung semua, dan berfungsi dengan baik.
  • Setting router. Untuk menjaga keamanan router, lakukan pengaturan dengan mengganti nama pengguna dan sandi. Selain itu gunakan fitur WPA2 Wireless Encryptuin agar tidak mudah diretas.

7 Rekomendasi WiFi router terbaik yang membuat akses internet semakin cepat dan lancar

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang jenis-jenis WiFi router, perbedaan WiFi router dan modem, cara memilihnya, dan tips memasang WiFi router, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi WiFi router tercepat, terbaik, dan andal dari berbagai merek berikut ini :

7. D-Link DIR-867

d_link_dir_867

Harga : Rp 1.784.000

Akses internet lebih cepat

Jika Anda merasa perlu untuk meningkatkan kualitas router nirkabel yang lebih cepat, tetapi dengan biaya minim, D-Link DIR-867 pilihan tepat. D-Link DIR-867 memiliki kecepatan super dengan fitur yang lengkap. Hebatnya lagi, router ini berada pada router gaming papan atas.



DIR-867 mampu mengunduh kecepatan rata-rata pita 2,4 GHz. Router Wi-Fi ini juga memiliki frekuensi 5 GHz, mengalahkan beberapa router yang harganya jauh lebih mahal. Router ini cocok untuk rumah minimalis atau pekerjaan yang tidak memerlukan internet tercepat. Anda bisa membeli produk ini di Lazada.

6. Totolink N300RT

totolink_n300rt

Harga : Rp 160.000

Harga lebih terjangkau

Fitur lengkap dengan harga terjangkau, Totolink solusinya. Mampu menembus jarak yang sangat jauh, keamanan internet juga sangat ketat dengan adanya WDS dan repeater meski jauh tetap stabil. Kecepatan dalam mentrasnfer data mencapai 300 Mbpbs sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendownload atau streaming film favorit Anda.

Router ini telah dilengkapi dengan MIMO, yakni teknologi canggih yang mampu meningkatkan throughput. Ucapkan selamat tinggal pada internet lambat. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Synology RT2600ac

synology_rt2600ac

Harga : Rp 4.159.900

Kemudahan berbagi dengan perangkat lain

Jika Anda memiliki budget lebih dan menginginkan router terbaik, maka Synology RT2600AC adalah alternatif yang tepat. Dilengkapi dengan prosesor dual-core 1.7GHz. Synology adalah router quad stream (4 x 4) yang mendukung MU-MIMO dan dilengkapi dengan sejumlah fitur, namun masih tetap terjangkau.

Router dapat menampung lebih dari satu koneksi broadband dan juga berfungsi sebagai server penyimpanan jaringan yang kuat ketika digabungkan dengan hard drive eksternal.



Synology sangat tidak disarankan bagi Anda seorang gamer, tetapi ini adalah pilihan yang sangat baik untuk bisnis di rumah atau seorang pekerja lepas. Nilai tambah router ini, yakni memiliki server penyimpanan jaringan berlipat ganda. Anda bisa membeli produk ini di Lazada.

4 .TP-Link Archer A20

tp_link_archer_a20

Harga : Rp 2.849.889

Layanan garansi terpanjang ketika router bermasalah

Pilihan terbaik dengan harga terjangkau dan memiliki fitur khusus yang tak dimiliki perangkat lain, seperti radio tri-band dan prosesor quad-core. Fitur-fitur tersebut membantu meningkatkan kinerja router untuk menangani lebih banyak koneksi secara bersamaan.

TP-Link Archer A20 merupakan router tri-band yang menawarkan dua saluran, yakni 2,4 GHz untuk koneksi yang lebih lambat pada rentang yang lebih panjang dan 5 GHz untuk komunikasi cepat pada rentang yang lebih pendek. Sebagian besar router dalam pasarannya hanya menawarkan satu band 5 GHz.

Archer A20 juga memiliki prosesor quad-core 1.8 GHz Broadcom dan RAM 512B sehingga memudahkan semua jenis perangkat. TP-Link Archer A20 hadir dengan garansi dua tahun. Anda bisa membeli produk ini di Tokopedia.

3. Asus RT-AC86U

asus_rt_ac86u

Harga : Rp 3.640.000

Nikmati bermain game sepanjang hari tanpa gangguan

Menjanjikan performa kinerja tinggi dan latensi rendah untuk game yang tinggi. Dijual seharga 1 juta hingga 7 juta rupiah. Router dual-band RT-AC86U memiliki kecepatan rata-rata pada 5 GHz.



Anda dapat mengontrol router nirkabel menggunakan aplikasi dan fitur yang lengkap yang menawarkan banyak kontrol jaringan canggih, termasuk kontrol orangtua untuk jaringan Wi-Fi Anda, dan opsi untuk memprioritaskan perangkat. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

2. Netgear Nighthawk X10 AD7200 Smart Wi-Fi Router (R9000)

netgear_nighthawk_x10_ad7200_smart_wifi_router_r9000

Harga : Rp 9.799.000

Tercepat tanpa hambatan

Kecepatan kinerja 5GHz hingga 60 GHz yang luar biasa. Transfer file pun sangat cepat. Didukung Multiple Input, Multiple Output (MU-MIMO), Multi-User, 802.11ad, dan jaringan 160MHz. Juga, dilengkapi fitur lengkap.

Router ini tergolong mahal. Untuk So-so MU-MIMO masih dalam pengujian dan tidak memiliki pengaturan Quality of Service (QoS) yang terperinci. Walaupun tergolong mahal, tetapi ini menjadi pilihan terbaik untuk jaringan nirkabel Anda di masa depan. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

1. Google Wi-Fi

google_wifi

Harga : Rp 2.700.000

Fleksibilitas hanya dengan satu genggaman

Kinerja kecepatan normal 802.11ac 5GHz yang paling buruk 101.41 Mbps, 2.4GHz jika terjadi gangguan sekitar 47.53 Mbps. Konektivitas 2 x Gigabit Ethernet port setiap titik Wi-Fi (masing-masing 1 WAN dan 1 port LAN). Lengkap dengan fitur bluetooth cerdas, AC1200 2 x 2 Wave 2 Wi-Fi, dan TX beamforming

Ucapkan selamat tinggal pada nirkabel tradisional. Google Wi-Fi sangat memudahkan Anda dalam pemasangannya. Anda tidak perlu menginstal sejumlah ekstender nirkabel. Cukup letakan di tempat-tempat strategis pada area rumah atau kantor. Kemudian pindai kode QR. Anda pun akan terhubung di seluruh area rumah ataupun kantor. Router ini sangat mudah untuk diatur dan digunakan. Ubah masa depan gelapmu bersama Google Wi-Fi.



Router memodifikasi protokol internet Anda (IP) dan sinyal internet disiarkan secara nirkabel ke sejumlah perangkat. Router nirkabel sangat penting untuk potensi online penuh di rumah. Namun, tidak semua router nirkabel memiliki spesifikasi sama. Anda bisa membeli produk ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum memutuskan untuk menggunakan WiFi router di rumah atau kantor, sebaiknya Anda mempertimbangkan kebutuhan pemakaian, jenis router yang akan digunakan, kecepatan internet, rekomendasi dan ulasan, serta keamanan agar tidak dibobol oleh peretas.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara memasang dan meletakkan router yang baik agar internet Anda berjalan tanpa hambatan sedikitpun.
  • Anda dapat membeli D-Link DIR-867 jika dana yang dimiliki sangat minim. Router ini dilengkapi fitur yang lengkap dan kemampuan mendownload hingga 2,4 GHz.
  • Sedangkan, bagi Anda seorang gamer, internet cepat adalah kebutuhan. Anda dapat memilih Asus RT-AC86U untuk kebutuhan sehari-hari. Asus RT-AC86U menjanjikan performa kinerja tinggi dan latensi rendah untuk game yang tinggi. Router ini memiliki kecepatan rata-rata pada 5 GHz.
  • Namun, untuk Anda yang menyukai kemudahan, Google Wi-Fi pilihan tepat untuk Anda. Karena Google Wi-Fi sangat memudahkan Anda dalam pemasangannya. Anda tidak perlu menginstal sejumlah ekstender nirkabel. Cukup letakan di tempat-tempat strategis pada area rumah atau kantor. Kemudian pindai kode QR, Anda pun akan terhubung di seluruh area rumah ataupun kantor.

Referensi

  1. Topten Review Pro (2020), Top Best Wireless Router Brands In 2020, https://toptenreviewpro.com/top-10-best-wireless-routers/
  2. USA Today (2019), The best WiFi Routers of 2019,
    https://www.usatoday.com/story/tech/reviewedcom/2019/10/16/best-wifi-routers-best-ways-improve-your-internet/3995426002/
  3. Jendela 360 (2019), 7+ Rekomendasi Router WIFI Terbaik yang Bisa Anda Gunakan di Hunian Anda, https://jendela360.com/info/router-wifi-terbaik/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "7 Rekomendasi WiFi Router Terbaik yang Membuat Akses Internet Semakin Cepat dan Lancar", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »