Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


29 May 2018

7 Sebab Nomor Resi Gagal Dicek, No 5 Paling Fatal!

By Cekresi .com
7 Sebab Nomor Resi Gagal Dicek, No 5 Paling Fatal!


Saat belanja online, mungkin kamu sering merasa galau begitu paket disebutkan sudah dikirimkan oleh pihak penjual (seller). Kamu mendapatkan bukti pengiriman yang disebut resi (airway bill) dan mulai melacak keberadaan paket tersebut secara online.



Nah, saat tracking barang kiriman itulah biasanya tidak selalu berjalan mulus. Begitu kita memasukkan nomor resi — yang bikin kaget– ternyata hasilnya resi tersebut not found alias tidak ditemukan!

Atau kadang-kadang, pertama kali dicek resi tersebut bisa dilacak, tapi waktu di-tracking lagi dibilang tidak ditemukan. Nah, jadi bingung kan?

Agar kamu tidak khawatir berlebihan, sekarang sudah saatnya kamu mengetahui beberapa penyebab kenapa cek resi pengiriman tidak bisa dilacak.

Secara umum ada tiga penyebab kegagalan kenapa cek resi tidak memberikan hasil. Pertama, resi gagal dilacak disebabkan pihak ekspedisi pengiriman.

Kedua, paket tidak bisa diketahui posisinya karena tools (web atau aplikasi) yang dipakai mengecek bermasalah.

Dan ketiga, resi pengiriman tidak berhasil dilacak karena kesalahan kamu sendiri.

Berikut ini sebab-sebab kegagalan yang umumnya terjadi saat melakukan cek resi:

1. Server pihak jasa pengiriman bermasalah
Penyebab pertama yang lumayan sering terjadi, resi gagal dilacak karena insfrastruktur pihak ekspedisi sedang mengalami gangguan. Bisa jadi kelebihan beban (terlalu banyak yang cek resi bersamaan) atau akibat masalah teknis lainnya.

Lamanya gangguan bisa bervariasi, tergantung kendala yang terjadi dan penanganannya. Akibatnya, akses menjadi lambat, putus mulai dari hitungan detik hingga web ekspedisi tidak bisa dibuka seharian.

Nah, apabila jaringan server pihak ekspedisi sedang mengalami gangguan seperti itu dipastikan kamu tidak akan bisa melakukan cek resi.

2. Tidak real time
Yang perlu kamu ketahui, sebagian agen pengiriman kecil masih menggunakan pencatatan manual. Terutama untuk agen-agen di daerah yang memang jaringan internetnya masih terbatas.

Biasanya, resi jenis ini bukti pengirimannya masih ditulis dengan tangan.

Baca Juga: Kiriman Paket Sering Telat? Lakukan 7 Hal Ini Biar Kamu Tidak Galau Lagi



Jika kamu mendapatkan bukti kiriman jenis tersebut silakan bersabar sampai nomor resi tersebut diinput ke komputer (online) di cabang ekspedisi bersangkutan.

Karena itu, kamu mungkin baru bisa cek status kiriman beberapa jam hingga satu hari sejak paket dikirim. Jadi sebaiknya jangan khawatir dulu, silahkan cek resi kembali setelah satu hari paket dikirim.

3. Nomor resi yang dimasukkan salah
Kegagalan saat cek resi banyak terjadi akibat salah memasukkan nomor resi. Akibatnya, di sistem pengecekan akan muncul keterangan nomor resi yang dimasukkan invalid.

Di kertas bukti pengiriman biasanya ada sejumlah nomor identifikasi dan berbeda-beda untuk setiap ekspedisi. Jika kamu mendapatkan kiriman dengan ekspedisi yang baru, misalnya, mungkin pertama kali akan bingung memastikan bagian mana nomor resinya.

Untuk itu, bisa dicoba satu-satu dilakukan tracking resi tersebut. Seharusnya, salah satu merupakan nomor resi yang benar untuk pelacakan kiriman paket tersebut.

Nomor resi itu bisa merupakan gabungan antara angka dan huruf. Tetapi banyak juga yang hanya terdiri dari deretan angka saja. Jumlah digit berlainan untuk setiap ekspedisi, bahkan ada sejumlah jasa pengiriman yang mengeluarkan beberapa format nomor resi.

4. Salah input digit resi
Jika nomor resi yang diinput kurang, lebih, atau salah ketik satu digit saja, sudah pasti tracking akan gagal. Jadi selalu pastikan bahwa nomor yang diinput benar dan sesuai sebagaimana tertera di bukti pengiriman.



Untuk menghindari kesalahan seperti itu, apabila menerima nomor resi dalam format digital, sebaiknya copy paste saja supaya tidak keliru.

Meski begitu, kamu tetap harus hati-hati juga saat proses copy paste, pastikan juga nomor yang dipilih (highlight) sudah sesuai dan tidak kelebihan atau kekurangan digitnya (ada blank space).

Sebaliknya, bukti pengiriman itu dikirim berupa file digital (foto), berarti kamu yang harus hati-hati agar tidak salah tulis digit resi.

“Jangan tergiur harga miring karena itulah salah satu trik penipuan yaitu dengan menawarkan harga rendah padahal bodong.”

5. Nomor resi yang diterima palsu
Biasanya ini terjadi kalau kamu menjadi korban penipuan. Namanya juga penipuan, jadi resi yang diberikan juga palsu sehingga tidak akan pernah bisa dilacak.

Agar terhindar dari penipuan, pastikan bahwa kamu telah berbelanja dari toko online terpercaya. Selalu hati-hati jika terpaksa berbelanja dari penjual di medsos. Jangan tergiur harga miring karena itulah salah satu trik penipuan yaitu dengan menawarkan harga rendah padahal bodong. Waspadalah!

6. Kesalahan pihak pengirim
Jika kamu menerima kiriman dari pihak lain, pastikan kembali nomor resi yang diterima sudah benar. Kalau gagal dicek, coba tanya lagi kepada pihak pengirim paket untuk memastikan apakah no resi tersebut sudah betul.

Biasanya para penjual/pengirim paket mendapat bukti kirim secara tertulis (lembaran kertas) dan nomor resinya kemudian ditulis ulang via SMS/WA sebelum kemudian dikirimkan kepada kamu sebagai bukti bahwa paket sudah dikirim.

Baca Juga: Inilah Daftar 5 Ekspedisi Pengiriman Paling Populer di Indonesia. Mana Favorit Kamu?

Jika pengirim kurang teliti, bisa jadi nomor resi yang dikirimkan keliru akibat salah ketik. Dan akibatnya gagal dilacak keberadaan paketnya.

7. Alat pelacakan pihak ketiga mengalami gangguan
Penyebab lainnya, bisa saja tools untuk melacak paket yang disediakan pihak ketiga –baik yang berbasis web atau aplikasi– sedang bermasalah.



Jenis gangguannya, bisa respon saat pelacakan lambat, hasil pencarian resi tidak ditemukan, hingga aplikasi/web tidak bisa digunakan sama sekali.

Untuk mengetahui gangguan semacam ini, coba lakukan pelacakan resi langsung di web ekspedisi pengiriman. Jika di sana bisa, berarti tools pihak ketiga yang sedang mengalami gangguan. Jika ini terjadi, kamu bisa membuat laporan agar segera dilakukan perbaikan.

Demikan beberapa penyebab utama kegagalan cek resi yang perlu kamu ketahui. Semoga kamu tidak cemas lagi, apalagi panik apabila gagal saat cek resi paket kiriman.

Dan selalu waspada agar kegagalan saat cek resi bukan akibat dari poin kelima di atas. Waspadalah dari sergapan penipuan!



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Pengiriman


Artikel Terkait





3,626 comments

    1. Paket sudah dalam pengiriman, sbb:

      24 Sep 2023 19:11:43 Terkirim: Drop Point, SLEMAN (NIA)
      24 Sep 2023 09:38:47 Sedang Diantar: Drop Point, SLEMAN
      24 Sep 2023 09:33:24 Sedang Diantar: Drop Point, SLEMAN

      https://cekresi.com/?r=w&noresi=JD0342378576. Apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman paket, bisa kamu cek di sini untuk info lebih lanjut https://cekresi.com/plus/article/status-paket-sudah-terkirim-delivered-tapi-barangnya-belum-diterima-apa-yang-harus-saya-lakukan.

      Terima kasih

  1. Halo kak, bisa tolong cek resi standard express JA8109145781, saya cek ktanya data tidak ditemukan

    1. Paket sedang dalam proses pengiriman, sbb:

      14 Oct 2023 09:33:08 Telah Berangkat: Pusat Transit, SAMARINDA
      14 Oct 2023 08:39:09 Telah Tiba: Pusat Transit, SAMARINDA

      https://cekresi.com/?r=w&noresi=JA8109145781, paket menggunakan jasa ekspedisi J&T Express. Bisa kamu cek disini untuk informasi lebih lanjut mengenai masalah paket yang terhenti https://cekresi.com/plus/article/paket-tidak-bergerak-dan-status-tidak-berubah-ini-penyebab-dan-solusinya.

      Terima kasih



    1. Hai kak,

      Boleh disebutkan jasa ekspedisinya? Supaya kami bisa bantu lacak/tracking.

      Terima kasih



  2. Kak tolong bantu cek resi aku dong plisss, sudah bberapa kali di cek ttep tidak bisa di lacak takut no resinya palsuu
    202310221342224065306 pengiriman reguler

    1. Hai kak,

      Boleh disebutkan jasa ekspedisinya? Supaya kami bisa bantu lacak/tracking.

      Terima kasih

  3. Hai kak, bisa tolong cek resi ini 110100036853423 JNE sudah 7 hari belum sampai….terima kasih

    1. Hai Kak,

      Nomor resi tersebut kemungkinan salah atau masih dalam proses penginputan data. Coba minta kembali kepada pengirim paket.
      Saat ini pengecekan dengan menggunakan nomor resi yang lain normal.

      Terima kasih



  4. Tolonglah…kinerja pengiriman jangan lelet begini…
    harus berapa lama lgi prosas prosesnya…paketan udah 2 hari masih saja dalam diproses, tidak bergerak..
    kenapa J&T jadi begini kinerjanya, super lelet…
    tolong cek paketan JP8896794407 J&T express, dri tgl kemaren prosas proses trus…prosesnya bagaimana sih….!

  5. Ka tlg cek resi j&t no resi JP9618461050, dr tanggal 24 Desember kmrn sampai dgn hari ini msh tdk bergerak



    1. Hai kak,

      Untuk menjaga privasi dan keamanan pengguna, mohon untuk memasukkan 4 digit terakhir nomor handphone pengirim/penerima untuk nomor resi J&T Express ketika ingin melakukan pengecekan nomor resi melalui cekresi.com.

      Terima kasih

    1. Hai kak,

      Boleh disebutkan jasa ekspedisinya? Supaya kami bisa bantu lacak/tracking.

      Terima kasih



  6. Minta tolong bantu saya melacak paket dengan SICEPAT dengan nomer resi 0002240482647 dari tadi tidak di temukan saat cek resi

    1. Hai Kak,

      Nomor resi 0002240482647 kemungkinan salah atau masih dalam proses penginputan data. Coba minta kembali kepada pengirim paket.
      Saat ini pengecekan dengan menggunakan nomor resi yang lain normal.

      Terima kasih

    1. Hai kak,

      Untuk menjaga privasi dan keamanan pengguna, mohon untuk memasukkan 4 digit terakhir nomor handphone pengirim/penerima untuk nomor resi J&T Express ketika ingin melakukan pengecekan nomor resi melalui cekresi.com.

      Terima kasih



  7. hai kak tolong bantu cek no resi ini kak LNID2401A8MXAD85 itu no resinya pengirimannya dari palembang dari jasa kurir apa ya sampai sekarang saya belum bisa cek itu apa itu no resi palsu kak

    1. Hai kak,

      Boleh disebutkan jasa ekspedisinya? Supaya kami bisa bantu lacak/tracking.

      Terima kasih



    1. Paket sedang dalam proses pengiriman, sbb:

      16 Feb 2024 07:13 Package has been arrived at CIREBON Drop Point.
      15 Feb 2024 06:13 Package has been arrived at CIREBON Drop Point.
      14 Feb 2024 05:48 Package has been arrived at CIREBON Drop Point.

      https://cekresi.com/?r=w&noresi=JD0369952469. Bisa kamu cek disini untuk informasi lebih lanjut mengenai masalah paket yang terhenti https://cekresi.com/plus/article/paket-tidak-bergerak-dan-status-tidak-berubah-ini-penyebab-dan-solusinya.

      Terima kasih

    1. Hai Kak,

      Nomor resi JD0076706558 kemungkinan salah atau masih dalam proses penginputan data. Coba minta kembali kepada pengirim paket.
      Saat ini pengecekan dengan menggunakan nomor resi yang lain normal.

      Terima kasih



  8. Halo kak mohon dibantu cek an paket saya
    JX0168357203 j&t express
    Terimakasih.

    1. Hai Kak,

      Nomor resi JX0168357203 kemungkinan salah atau masih dalam proses penginputan data. Coba minta kembali kepada pengirim paket.
      Saat ini pengecekan dengan menggunakan nomor resi yang lain normal.

      Terima kasih




Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "7 Sebab Nomor Resi Gagal Dicek, No 5 Paling Fatal!", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »