Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


20 October 2021

11 Rekomendasi Suplemen Zat Besi yang Kaya akan Manfaat Bagi Kesehatan

By Cekresi .com
11 Rekomendasi Suplemen Zat Besi yang Kaya akan Manfaat Bagi Kesehatan


Ada berbagai produk suplemen zat besi yang bisa Anda temukan di pasaran. Mereknya pun bermacam-macam dengan berbagai kandungan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti Sangobion, Etabion, Feroglobin, dan masih banyak lagi yang lainnya.



Karena itu, kami menyajikan beberapa produk suplemen penambah zat besi lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Tapi sebelum itu, kami akan berbagi informasi mengenai manfaat suplemen zat besi, tips memilih, hingga cara mengonsumsinya.

Kenali manfaat suplemen penambah zat besi pada tubuh!

Zat besi merupakan salah satu mineral yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Mineral ini mempunyai manfaat utama, yakni membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah.

Seperti diketahui, hemoglobin ini berfungsi untuk mengikat dan mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh. Jadi jika di dalam tubuh kekurangan zat besi, maka seseorang bisa terkena anemia defisiensi besi.

Hal tersebut bisa mengakibatkan berbagai gejala seperti lemah, letih, lesu, sakit kepala, hingga denyut jantung meningkat. Karena itu, pentingnya asupan zat besi bagi kesehatan tubuh.

Meskipun zat besi ini bisa Anda peroleh dari berbagai makanan seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, tahu, tempe, hingga bayam. Tapi jika kebutuhan zat besi dalam tubuh kurang, maka diperlukan suplemen zat besi untuk mengatasinya.

Adapun manfaat dari suplemen zat besi selain bisa membantu pembentukan hemoglobin di dalam darah, yaitu dapat menstimulus tubuh agar imunitas di dalam tubuh bisa meningkat. Apabila imun tubuh meningkatkan, maka Anda tidak akan mudah terserang penyakit.

Suplemen zat besi juga dapat mengatasi berbagai masalah tidur, seperti tidur kurang nyenyak atau tidur tidak teratur. Jika dibiarkan terus menerus, masalah tidur ini akan berakibat pada masalah kesehatan.



Selain itu, manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari suplemen zat besi, antara lain dapat meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kekuatan otot, hingga baik untuk kehamilan.

Pilih bentuk suplemen sesuai dengan kebutuhan mengonsumsinya

Secara umum ada tiga bentuk suplemen zat besi yang dijual di pasaran, yaitu tablet, kapsul, dan sirop. Untuk kebutuhan anak-anak, Anda bisa memilih suplemen bentuk sirop agar lebih mudah saat dikonsumsi.

Sedangkan untuk orang dewasa, Anda bisa memilih bentuk tablet, kapsul, maupun sirop. Tergantung pada selera Anda, mana yang lebih mudah saat dikonsumsi.

Sesuaikan dosis zat besi berdasarkan usia dan jenis kelamin

Kebutuhan akan zat besi seseorang bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Jadi saat mengonsumsi suplemen zat besi, pastikan Anda mengetahui jumlah dosisnya. Pastikan dosis sesuai dengan kebutuhan, misalnya suplemen zat besi untuk anak-anak tentu dosisnya berbeda dengan orang dewasa.

Begitupun juga dengan wanita yang sedang menstruasi, yang pastinya jumlah dosis akan berbeda dengan laki-laki. Karena itulah, penting untuk mengetahui kebutuhan jumlah dosis sebelum mengonsumsinya.

Perhatikan jumlah dosisnya

Jumlah dosis zat besi yang digunakan untuk mengatasi anemia defisiensi besi pada orang dewasa, biasanya diperlukan antara 100-200 miligram (mg) suplemen per hari.



Jumlah tersebut sebaiknya diminum 2 kali sehari. Tapi semuanya akan tergantung pada kebutuhan Anda. Agar tidak ragu, Anda bisa menanyakan perihal jumlah dosis ini kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

Perhatikan efek sampingnya

Mengonsumsi obat atau suplemen tentu tidak lepas dari faktor efek samping yang bisa ditimbulkan. Misalnya, efek samping mengonsumsi suplemen zat besi biasanya berakibat pada mual, sembelit, sakit perut, dan diare.

Bahkan akan sangat berbahaya jika sampai overdosis. Seperti yang bisa terjadi pada anak-anak, misalnya muntah berat dan kulit pucat kebiruan.

Belum lagi jika zat besi berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Di mana hal ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

Jadi pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen zat besi, terutama jika berbarengan dengan obat-obatan tertentu.

Cara mengonsumsi suplemen penambah zat besi yang benar

Setelah Anda membeli suplemen penambah zat besi, maka pastikan Anda juga memperhatikan cara mengonsumsinya agar nutrisi yang ada dalam suplemen penambah zat besi tersebut dapat diserap oleh tubuh secara maksimal.

Berikut ini beberapa tips cara mengonsumsi suplemen penambah zat besi yang benar :

  • Jika Anda hamil, beritahu dokter agar dosisnya dapat disesuaikan.
  • Hindari mengonsumsi makanan berserat tinggi bersamaan dengan jadwal minum suplemen. Karena bisa menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh sekaligus menghilangkan manfaatnya.
  • Selain dengan air putih, Anda bisa minum suplemen zat besi dengan jus jeruk atau suplemen vitamin C.
  • Usahakan meminumnya sesuai dengan anjuran dokter.

11 Rekomendasi suplemen zat besi yang kaya akan manfaat bagi kesehatan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang suplemen zat besi hingga cara mengonsumsinya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi suplemen zat besi dari berbagai merek berikut ini.

11. Natures Plus Iron

foto-rekomendasi-suplemen-terbaik-penambah-zat-besi-11

Harga : Rp159.000

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kelebihan dari suplemen zat besi merek Natures Plus Iron ini adalah mengandung iron amino acid chelate yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.



Suplemen zat besi ini juga dapat menjaga kesehatan pencernaan, mengobati penyakit anemia dan vertigo.

Menariknya, NaturesPlus Iron ini memiliki formula biotron process sehingga membuat kandungan nutrisi yang ada pada suplemen ini bisa diserap dengan maksimal oleh tubuh. Anda bisa membeli suplemen zat besi ini di Shopee.

10. Feroglobin

foto-rekomendasi-suplemen-terbaik-penambah-zat-besi-10

Harga : Rp93.000

Bisa diminum oleh segala usia

Jika Anda ingin membeli suplemen zat besi yang bisa diminum oleh segala usia, maka suplemen Feroglobin ini adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Suplemen ini memiliki kandungan zat besi, zinc, mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Adapun komposisi bahannya, Fe 24 mg, Zn 12 mg, Copper 2 mg, Folic Acid 500 mcg, vit.B12 10 mcg, vit.B6 5 mg.

Cara mengonsumsinya, cukup satu kapsul saja untuk 1 kali sehari. Anda bisa membeli suplemen zat besi ini di Shopee.

9. Garden of Life Vitamin Code Raw Iron

foto-rekomendasi-suplemen-terbaik-penambah-zat-besi-9

Harga : Rp299.900

Nutrisi lengkap untuk menjaga kesehatan

Garden of Life Vitamin Code Raw Iron adalah suplemen nutrisi lengkap dengan kandungan vitamin kompleks yang diformulasikan dengan zat besi.

Suplemen ini sudah halal, terverifikasi non GMO, dan bebas gula serta RAW yaitu tidak ada panas tinggi, pengikat sintetis, pengisi, perasa dan pemanis buatan serat warna atau aditif yang biasa digunakan dalam tablet.



Meskipun begitu, jauhkan suplemen ini dari jangkauan anak-anak. Jika terjadi masalah seperti overdosis yang tidak disengaja, maka segera hubungi dokter. Anda bisa membeli suplemen ini di Shopee.

8. Etabion

foto-rekomendasi-suplemen-terbaik-penambah-zat-besi-8

Harga : Rp21.500

Mengatasi kekurangan sel darah merah

Etabion adalah suplemen penambah zat besi yang dapat dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi kekurangan sel darah merah. Cocok digunakan untuk penderita anemia yang sering letih, lesuh, dan berkunang-kunang.

Suplemen memiliki kandungan asam folat, vitamin B, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Ketika mengonsumsinya, Anda hanya perlu 1 kapsul tiap hari pada saat atau setelah makan.Anda bisa membeli suplemen Etabion ini di Shopee.

7. Nutrimax Vital

foto-rekomendasi-suplemen-terbaik-penambah-zat-besi-7

Harga : Rp176.250

Tidak membuat lambung terasa perih



Nutrimax Vital adalah suplemen zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan mengobati penyakit anemia.

Kelebihan dari suplemen Nutrimax Vital adalah menggunakan formula chelated hydrolized protein sehingga tidak akan membuat lambung terasa perih.

Suplemen ini dilengkapi dengan vitamin B, cobalt, sorbitol, calcium ascorbate, folic acid, copper sulphate, dan selenium sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli suplemen ini di Shopee.

6. Hufabion

foto-rekomendasi-suplemen-terbaik-penambah-zat-besi-6

Harga : Rp29.000

Cocok untuk ibu yang baru melahirkan

Hufabion adalah suplemen zat besi yang diperkaya dengan vitamin B12, asam folat, vitamin C. Selain itu juga terdapat kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti mangan sulfat dan tembaga sulfat.

Kandungannya cocok digunakan untuk mengatasi anemia, serta menjaga kesehatan tubuh karena beragamnya nutrisi dan vitamin yang ada di dalam Hufabion.

Untuk penderita anemia, Anda hanya perlu meminum 1 kapsul Hufabion 1 kali dalam sehari setelah makan. Anda dapat membeli suplemen Hufabion ini di Shopee.



5. Nutrilite Chewable Iron Kids

foto-rekomendasi-suplemen-terbaik-penambah-zat-besi-5

Harga : Rp139.000

Suplemen zat besi spesial untuk anak-anak

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah merah, di mana prosesnya akan mengikat oksigen dan mengantarkan sari makanan ke seluruh tubuh. Hal ini yang kemudian membuat buah hati Anda tetap aktif dan lincah.

Jadi sangat tepat jika Anda memilih Nutrilite Chewable Iron Kids sebagai sulusinya. Selain sebagai penambah zat besi, suplemen ini juga memiliki bentuk tablet yang dapat dikunyah sehingga anak-anak bisa mengonsumsinya dengan mudah.

Adapun aturan dosisnya adalah minum 1-2 tablet per hari untuk anak yang berusia dibawah 3 tahun. Sedangkan untuk anak yang berusia 4 tahun keatas dapat meminum 1-3 tablet per hari. Anda bisa membelinya di Shopee.

4. Sangobion

foto-rekomendasi-suplemen-terbaik-penambah-zat-besi-4

Harga : Rp29.000

Mengobati penyakit anemia



Untuk Anda yang sering terserang penyakit anemia, tentu suplemen penambah zat besi dari brand Sangobion ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Suplemen penambah zat besi ini memiliki kandungan zat besi, asam folat, mangan, dan berbagai vitamin yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Sangobion ini sudah memiliki sertifikat halal dari MUI sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Anda bisa membeli suplemen penambah zat besi ini di Shopee.

3. FeRRIZ

foto-rekomendasi-suplemen-terbaik-penambah-zat-besi-3

Harga : Rp28.900

Suplemen penambah zat besi untuk bayi dan anak-anak

Suplemen dari FeRRIZ ini khusus diperuntukkan untuk bayi dan anak-anak. Rasanya pun enak dan tidak pahit sehingga mereka akan menyukainya.

Tidak hanya itu, kandungannya juga efektif mengatasi kekurangan zat besi (anemia defisiensi besi) yang menjadi penyebab nafsu makan berkurang.

FeRRIZ sendirimemiliki dua jenis produk, yakni drops untuk anak-anak dan bayi, serta sirup untuk anak-anak dan dewasa. Anda bisa memilihnya sesuai usia dan kebutuhan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli suplemen penambah zat besi ini di Shopee.

2. Durol Tonik

foto-rekomendasi-suplemen-terbaik-penambah-zat-besi-2

Harga : Rp25.300



Nutrisi kompleks, cocok untuk penderita anemia

Suplemen Durol Tonik cocok digunakan untuk penderita anemia yang sering lemah, letih, lesu, pucat, dan berkunang-kunang.

Untuk orang dewasa, Anda cukup mengonsumsinya 3 kali sehari dengan takaran 15 ml atau satu sendok makan. Sementara untuk anak-anak , 1 kali sehari 1 sendok teh (5ml).

Adapun kandungan untuk setiap 15 ml, yakni Vit. B1 1,18 mg, Vit B2 1,5 mg, Vit B6 HCL 1 mg, Vit. B12 10 mcg, dan Vit. B3 12,5mg.

Selain itu juga mengandung Na gliserolfosfat 150 mg, Gliserofosfat 5 mg, Mangan Sulfat monohydrate 2.24 mg, Ferrazone (Sodium feredetate 76.92 mg), etanol 0.735 ml, sorbitol qs. Anda bisa membeli suplemen penambah zat besi ini di Shopee.

1. Renovit Gold

foto-rekomendasi-suplemen-terbaik-penambah-zat-besi-1

Harga : Rp80.000

Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh

Suplemen dari Renovit Gold ini terkenal ampuh untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh karena mengandung multivitamin dan mineral yang komplit.

Kandungan yang terdapat dalam suplemen ini antara lain zat besi, vitamin A, B kompleks, D, C, E, calcium, magnesium, kalium, B-carotane, folic, bioton, pantothenat, zinc, selinum dan fosfor. Komplit sekali bukan?



Selain itu, suplemen penambah zat besi ini dapat dikonsumsi oleh orang lanjut usia, karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan dapat mencegah penurunan fungsi kognitif tubuhnya. Anda bisa membeli suplemen penambah zat besi ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli suplemen penambah zat besi, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting seperti bentuk, dosis, hingga efek samping yang ditimbulkan akibat mengonsumsi suplemen penambah zat besi.
  • Selain itu, usahakan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.
  • Anda bisa memilih suplemen zat besi dari NaturesPlus Iron dan Garden of Life Vitamin Code Raw Iron, karena memiliki kualitas yang sangat baik dan efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin membeli suplemen yang efektif untuk mengobati penyakit anemia, Anda bisa memilih suplemen penambah zat besi dari Sangobion dan Hufabion.
  • Namun, jika Anda ingin suplemen penambah zat besi yang bisa dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak dengan kualitas terbaik, maka Anda bisa memilih Ferriz atau Nutrilite Chewable Iron Kids.

Referensi

  1. Ariane Lang (2021), The 13 Best Iron Supplements for 2021, https://www.healthline.com/nutrition/best-iron-supplement
  2. Eliza Savage (2021), The 8 Best Iron Supplements of 2021, According to a Dietitian, https://www.verywellhealth.com/best-iron-supplements-4177178
  3. Melissa Anzelone (2020), 5 Ways to Tell if You Have an Iron Deficiency, https://id.iherb.com/blog/iron-deficiency/1107?gclid=Cj0KCQjwl_SHBhCQARIsAFIFRVUKfqLu5fZb1EITMIC7gYTMZ5eBPM7eP2q_Pf2HqhD6LaHYn5JaUEoaApxJEALw_wcB&gclsrc=aw.ds



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Medis Obat Vitamin


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "11 Rekomendasi Suplemen Zat Besi yang Kaya akan Manfaat Bagi Kesehatan", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »