Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


19 August 2020

10 Wajan yang Bagus untuk Kompor Induksi

By Cekresi .com
10 Wajan yang Bagus untuk Kompor Induksi


Ada berbagai macam jenis wajan untuk memasak. Ketika Anda ingin memilih wajan yang bagus, pastikan terlebih dahulu jenis kompor apa yang biasa Anda pakai di rumah, apakah kompor gas, listrik, induksi, dan lain-lain.



Untuk kompor induksi, sebaiknya Anda memilih wajan dengan permukaan bagian bawah yang datar serta terbuat dari jenis bahan yang bersifat magnetik. Selain itu, perhatikan juga kualitas bahan, ukuran, dan gagangnya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa wajan yang bagus untuk kompor induksi berikut dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan tentang wajan yang cocok untuk kompor induksi, mengetahui kualitas bahan dari wajan yang akan Anda beli, dan memilih ukuran yang tepat untuk memasak Anda sehari-hari.

Selain itu, kami juga akan menjelaskan fitur anti lengket apa yang terbaik, dan juga cara memilih gagang yang tepat. Kemudian, kami juga akan menjelaskan kepada Anda cara merawat wajan kompor induksi dengan benar, agar wajan lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Mengenali wajan yang cocok untuk kompor induksi

Kompor induksi merupakan jenis kompor modern yang menggunakan energi elektromagnetik untuk memanaskan berbagai perlengkapan memasak secara langsung.

Lain halnya dengan kompor listrik yang cara memanaskannya tidak secara langsung, yang berarti menggunakan alat lain, yaitu elemen pemanas untuk mengalirkan energi radiasi ke perlengkapan memasak.

Kompor induksi ini lebih praktis dan efisien, serta memiliki kemampuan menghantarkan panas yang lebih baik bila dibandingkan dengan kompor listrik. Namun, tidak semua perlengkapan memasak bisa dipakai untuk kompor induksi.

Karena itu, ketika Anda ingin membeli wajan untuk kompor induksi, maka yang perlu Anda perhatikan adalah permukaan bagian bawah wajan berbentuk datar dan terbuat dari material dengan daya magnet yang sangat baik.



Perhatikan kualitas material wajan untuk kompor induksi

Wajan untuk kompor induksi biasanya menggunakan material yang berasal dari besi atau stainless steel. Hal ini dikarenakan kedua material tersebut memiliki daya magnet, meskipun kandungannya bisa berbeda-beda untuk setiap produknya.

Koki profesional biasanya menggunakan wajan dari material stainless steel, di mana wajan memiliki inti aluminium dan tembaga yang diapit di antara lapisan baja di bagian dalam dan luar. Sehingga menghasilkan konduktor panas yang jauh lebih baik daripada baja tahan karat itu sendiri.

Namun sayangnya wajan tersebut harganya sangat mahal.Karena itu beberapa produsen membuat peralatan masak mereka hanya dengan lapisan stainless steel dan aluminium di bagian bawah panci dan wajan, sehingga harga lebih terjangkau dan bisa digunakan untuk kompor induksi.

Yang perlu Anda perhatikan disini adalah, tidak semua produk memiliki stainless steel yang dapat bereaksi secara magnetis (terlalu banyak kandungan nikel), sehingga bisa membuat wajan tidak bekerja dengan baik.

Pilih ukuran yang tepat

Beberapa jenis wajan memiliki ukuran yang berbeda-beda, tentu saat memilihnya Anda harus mengetahui seberapa sering Anda menggunakannya untuk memasak setiap hari.

Jika sudah memastikan hal tersebut, maka yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan ukuran yang tepat untuk wajan yang akan Anda beli. Seperti, untuk kebutuhan memasak yang tidak terlalu banyak, Anda bisa memilih ukuran yang minimalis sehingga lebih praktis dan mudah menyimpannya.

Ukuran paling kecil wajan yang ada di pasaran biasanya memiliki diameter 12 cm. Dengan ukuran tersebut, Anda bisa menggunakan untuk membuat masakan, seperti mini pancake atau menggoreng telur.



Demikian juga sebaliknya, jika Anda terbiasa memasak dalam jumlah porsi yang banyak untuk keluarga besar Anda, maka Anda bisa memilih wajan yang berukuran besar, seperti ukuran 30 cm atau 32 cm.

Namun, kami sarankan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga di rumah, pilih wajan ukuran standar dengan diameter 28 cm.

Pilih fitur anti lengket yang terbaik

Mungkin Anda biasa menemukan lapisan wajan yang terbuat dari bahan teflon. Tapi tahukah bahwa teflon yang digunakan bervariasi kualitasnya, ada yang tipis hingga tebal.

Secara umum, lapisan teflon ini dapat mencegah wajan menjadi lengket dan juga sekaligus mempermudah Anda ketika membersihkannya. Tapi jika suhu terlalu tinggi, lapisan teflon ini bisa saja mengelupas dan memiliki risiko tercampur makanan.

Untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga, sebaiknya Anda mengunakan wajan yang dilengkapi dengan anti lengket yang terbuat dari bahan keramik. Harganya memang cenderung mahal, namun memiliki kekuatan anti lengket yang sangat baik.

Selain itu, lapisan anti lengket berbahan keramik juga kuat dan tahan lama, serta mudah dibersihkan. Jadi tidak ada salahnya kan, jika Anda berinvestasi untuk kesehatan keluarga Anda dengan memilih lapisan yang terbuat dari bahan keramik.

Pilih pegangan wajan yang kuat dan tahan panas

Bahan yang digunakan untuk gagang wajan biasanya terbuat dari jenis bahan konduktor, di mana bahan tidak dapat menghantarkan panas, sehingga aman ketika digunakan untuk mengangkat atau memindahkan wajan saat memasak.

Bahan koduktor untuk gagang ini biasanya berasal dari bahan seperti kayu atau plastik. Namun ada juga yang berasal dari bahan aluminium yang ringan, tahan karat dan bersifat konduktor.



Untuk keamanan dan kenyamanan, Anda juga bisa memilih gagang yang dilapisi dengan lapisan karet, karena selain tahan panas juga bersifat anti slip.

Cara merawat wajan kompor induksi

Ketika Anda sudah membeli wajan untuk jenis kompor induksi, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar wajan yang Anda miliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat wajan dengan baik:

  • Hindari wajan dari benturan yang keras seperti terjatuh, karena bisa merusak lapisan dan menyebabkan panas yang dihasilkan saat memasak di kompor induksi tidak sempurna.
  • Bersihkan dengan menggunakan spon, dan jangan memakai sikat besi saat menggosoknya.
  • Untuk kotoran yang sulit dan membandel. Anda bisa menggunakan perasan air lemon, baking soda yang telah direndam air.Selain itu, Anda juga bisa membersihkan dengan air hangat yang telah dicampur sabun cuci.
  • Setelah Anda cuci, maka segeralah tiriskan dan lap hingga benar-benar kering. Sebab, air yang tersisa disela-sela peralatan dapat menimbulkan karat. Apalagi jika ada bekas jatuh atau benturan.
  • Setelah digunakan, biarkan dingin. Kemudian isi wajan dengan air dan rendam selama 15 sampai 20 menit.
  • Sebaiknya Anda menggunakan sutil yang terbuat dari kayu, nilon, atau silikon saat memasak agar wajan tidak mudah rusak atau tergores.
  • Simpan wajan dengan posisi digantung saat tidak digunakan, dan jangan ditumpuk begitu saja.

10 Wajan yang bagus untuk kompor induksi

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang wajan serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi 10 wajan yang bagus untuk kompor induksi dari berbagai merek berikut ini:

10. Wajan Carote Essential

wajan-terbaik-untuk-kompor-induksi-10

Harga : Rp 320.000

Wajan berkualitas Eropa dan anti lengket

Wajan ini dapat digunakan untuk kompor induksi, karena dilengkapi dengan Itotech Induction Technology yang dapat dapat mendistribusikan panas secara merata.Masakan Anda pun dapat matang secara merata dan sempurna.

Selain itu, wajan ini dilengkapi dengan handle yang telah didesain senyaman mungkin dengan adanya silicone thumb rest dan bersifat anti slip. Pegangan terbuat dari kayu berkualitas terbaik ILAG swirc batu Maifan natual dengan 5 lapisan lapisan non-stick.

Kemudian, lapisan yang digunakan anti gores, sehingga membuat wajan lebih awet dan tahan lama. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

9. Wajan Solarpi

wajan-terbaik-untuk-kompor-induksi-9

Harga : Rp 346.900



Wajan serbaguna dengan harga terjangkau

Produk dari Solarpi ini terbuat dari bahan keramik, sehingga aman digunakan untuk segala jenis masakan Anda. Dilengkapi juga dengan lapisan anti gores yang semakin menambah kenyamanan Anda ketika memasak.

Adapun ukuran diameter wajan ini adalah 24 cm, cukup luas untuk memasak aneka makanan untuk keluarga Anda di rumah.

Selain itu, pegangan yang digunakan pada wajan ini dilapisi dengan karet sehingga lebih nyaman saat dipegang. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

8. Wajan Kangaroo KG-176

wajan-terbaik-untuk-kompor-induksi-8

Harga : Rp 210.000

Nyaman digunakan memasak aneka makanan dengan panas yang lebih merata

Wajan berbahan material keramik dari Kangaroo ini memiliki ukuran diameter 24 cm. Modelnya cantik, simpel, dan mudah menggunakannya.

Produk ini memiliki berat hanya 1.5 kg, sehingga memudahkan Anda saat memindahkan atau mengangkat berbagai aneka masakan dalam jumlah yang cukup.

Selain itu, pegangan wajan ini terbuat dari bahan stainless yang kuat dan tidak mudah berkarat. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

7. Wajan Calypso

wajan-terbaik-untuk-kompor-induksi-7__

Harga : Rp 196.000

Anti lengket dan tahan lama

Wajan Calypso ini terbuat dari bahan keramik berkualitas tinggi. Memiliki ukuran diameter 32 cm yang tentunya bisa menampung masakan Anda dalam jumlah porsi yang besar.

Selain itu, wajan ini juga dilengkapi dengan fitur anti lengket yang dapat membuat memasak Anda lebih nyaman dan ringan. Belum lagi panas yang dihasilkan merata yang memungkinkan hasil masakan lebih cepat matang secara sempurna.



Untuk perawatan wajan ini pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti panduan yang sudah tertera pada produknya. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

6. Wajan Justcook JSHS-IH2001J-7

wajan-terbaik-untuk-kompor-induksi-6

Harga : Rp 415.000

Cocok digunakan untuk memasak telur atau pun mini pancake

Produk dari Justcook ini tersedia dalam dua warna, yaitu dark blue dan brown. Memiliki dimensi ukuran 20 cm dan cocok dipakai untuk memasak dalam jumlah porsi yang mini atau kecil, seperti menggoreng telur mata sapi, dan lain-lain.

Material utama dari wajan ini adalah aluminium alloy yang berkualitas dan tahan lama. Selain itu, dilengkapi dengan fitur anti lengket sehingga memudahkan Anda memasak lebih cepat dan tidak mudah hangus. Anda bisa membeli wajan ini di Lazada.

5. Wajan Tefal

wajan-terbaik-untuk-kompor-induksi-5

Harga : Rp 297.000

Wajan pintar, anti lengket, dan panas merata sempurna

Wajan dari Tefal ini terbuat dari material berkualitas yang kuat dan tahan lama. Dilengkapi dengan lapisan titanium anti lengket yang tentunya membuat Anda lebih mudah ketika membersihkan atau mencucinya.

Produk ini berdiameter 24 cm dan memiliki gagang ergonomis. Selain itu, dilengkapi juga dengan teknologi Thermosignal yang dapat menunjukkan suhu ideal kepada Anda ketika memasak.



Keunggulan lain, bentuk wajan ini multi masak dan ringan yang tentunya semakin membuat kegiatan memasak Anda di dapur menjadi lebih mudah dan nyaman. Dan, produk dari tefal ini aman bagi kesehatan karena bebas PFOA. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

4. Wajan Maspion

wajan-terbaik-untuk-kompor-induksi-4

Harga : Rp 75.000

Mudah dibersihkan dan harga ekonomis

Wajan untuk kompor induksi dari Maspion ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk dapur Anda. Selain harganya terjangkau, wajan ini juga memiliki kualitas dan ketahanan, serta nyaman saat digunakan.

Produk ini tersedia dua ukuran dalam 1 (satu) set-nya, yaitu 18 cm dan 23 cm. Dilengkapi juga fitur anti lengket sehingga memudahkan Anda ketika mencucinya.

Selain itu, wajan ini ringan dan tentunya memudahkan Anda saat mengangkat atau memindahkannya. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

3. Wajan Modena Reinmar ZF 2430

wajan-terbaik-untuk-kompor-induksi-3_

Harga : Rp 304.000

Desain modern dan pegangan ergonomis

Wajan dari Modena ini terbuat dari bahan aluminium yang telah melalui proses die-casting sehingga bentuknya sangat bagus dan ringan ketika digunakan.

Untuk ukuran, wajan ini memiliki dimensi 240 X 60 mm, dengan ukuran Body Thickness 3.2mm dan Bottom Thickness berukuran 4.2mm. Dilengkapi juga pegangan yang terbuat dari bakelit yang anti panas dengan bentuk ergonomis.



Selain itu, wajan ini modelnya sangat bagus dan cantik, sehingga bisa menambah tampilan dapur Anda lebih modern dan elegan. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

2. Wajan Demeyere 32 Cm

wajan-terbaik-untuk-kompor-induksi-2

Harga : Rp 1.647.000

Berkualitas dan terbaik di kelasnya

Produk dari Demeyere ini merupakan salah satu jenis wajan berkualitas terbaik di kelasnya. Wajan ini terbuat bahan stainless steel yang kuat dan anti karat.

Selain itu, dilengkapi dengan 5 lapisan bawah dengan ketebalan 3 mm yang membuat wajan lebih awet meskipun digunakan berkali-kali. Wajan ini juga memiliki lapisan keramik anti lengket sehingga mudah dibersihkan.

Anda bisa menggunakan wajan ini untuk memasak dalam jumlah porsi yang lebih besar, karena diameternya berukuran 32 cm.

Untuk Anda yang sedang menjalani gaya hidup sehat, wajan ini sangat tepat untuk Anda miliki, karena produknya aman dan bebas PTFE serta bebas PFOA. Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

1. Wajan Scanpan 30 Cm TechnIQ

wajan-terbaik-untuk-kompor-induksi-1

Harga : Rp 4.466.000

Wajan berkualitas terbaik dan banyak dipakai oleh kalangan profesional

Produk ini memiliki spesifikasi terbaik dan cocok dipakai untuk berbagai macam kebutuhan Anda ketika memasak di dapur. Biasanya produk ini banyak digunakan oleh para koki profesional untuk mendapatkan hasil masakan yang sempurna.



Wajan ini memiliki lapisan stratanium yang anti lengket sehingga lebih mudah saat membersihkannya. Selain itu, desainnya optimal, lebih awet, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Adapun untuk ukuran, wajan ini berdiameter 30 cm. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli wajan ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli wajan untuk kompor induksi, Anda harus memperhitungkan beberapa hal penting, seperti kualitas bahan, ukuran, pegangan atau handle, harga, serta mereknya.
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar wajan tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih wajan Scanpan 30 Cm TechnIQ, karena kualitas wajan ini sangat baik dan banyak digunakan oleh kalangan profesional.
  • Namun, jika Anda ingin membeli wajan pintar dengan harga terjangkau yang memiliki fitur anti lengket, kuat, dan tahan lama, maka Anda bisa memilih wajan Tefal.
  • Sedangkan,jika Anda ingin wajan dengan ukuran dimensi yang lebih besar dan terbuat dari bahan berkualitas,maka Anda bisa memilih wajan Demeyere.

Referensi

  1. Ashley Martell (2019), What’s the Best Cookware for Induction Ranges?,https://foodal.com/kitchen/pots-pots-skillets-guides-reviews/guides/whats-best-cookware-induction-ranges/
  2. Modena (2020), Reinmar – ZF 2430, https://www.modena.co.id/detail-1-191-1330.php
  3. Stone Frying Pans (2020), The 6 Best (and Tested) Induction Cookware Sets, Pots & Pans in 2020, https://www.stonefryingpans.com/tips-buy-induction-cookware-set/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Wajan yang Bagus untuk Kompor Induksi", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »